√ Cara Mengatur Keuangan Pribadi, Perusahaan, Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Cara Mengatur Keuangan – Bagaimana sih mengatur keungan yang baik itu? kalian pasti ingin mempunya strtegi atau cara agar uang kalian tertata dengan rapi.

Seberapa banyak pun penghasilan kalian jika kalian tidak bisa mengatur dan tidak ada strategi  maka itu akan percuma saja, tapi kalau penghasilan sedikit, tapi kita pandai atau bisa mengaturnya maka akan terasa cukup.

Begitu  juga degan perusahaan apabila tidak bisa mengatur keuangan maka akan terjadinya kerugian yang sangat besar.

A. CARA MENGATUR KEUANGAN

Cara Mengatur Keuangan

Cara Mengatur Keuangan

Anda dapat mengatur keuangan pribadi adnda denga cara memahmi du konsep yaitu pemasukan dan pengeluaran.

Pendapatan adalah uang yang anda miliki dari hasil kerja keras anda, baik itu pendapatan usaha uang sewa dan lain-lainnya, Sedangkan pengeluara ialah pembayaran produk atau jasa dengan penghasilan.

Keuangan pribadi tediri atas berbagai macan, seperti kelola keuangan, catatan keuangan pribadi dan mengelola pinjaman dengan bijak.

Baca juga : Akuntansi Manufaktur

1. SELALU MENCATAT PENDAPATAN

Ketika anda mempunya pendapatan atau uang masuk, lebih baiknya melakukan pencatatan agar keungan anda jelas dan ter tata rapi, supanya anda dapat mengetahui apakah anda rugi atau tidak.

2. MENCATAT PENGELUARAN

Setelah anda mencatat rincian pendapatan, selanjutnya anda alokasika pendapatan anda ke anggaran pengeluaran, seperti berikut.

3. BERSEDEKAH ATAU BERGAI

dengar cara anda bersedekah atu berbagi kepada orang lain tidak akan jatuh miskin dan menjadi susah. Justru semakin banyak anda bersedekah kepada orang lain potensi rezeki seseorang akan berlimpah ruah.

4. KEBUTUHAN RUTIN SETIAF HARI ATU PUN SETIAP BULAN

Setiap bualn atau setiap hari ada saja kebutuhan anda baik itu yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan setidaknya 50% dari pendapatan anda perbulannya harus anda sisihkan untuk kebutuhan yang rutin.

Baca juga : Akuntansi Keperilakuan Selemba Empat

5. CARA MENGATUR KEUANGAN – TABUNGAN/ SIMPANAN

Tabungan adalah salah satu hal yang sangat penting,yang harus anda lakukan tanpa terkecuali, karena dapat anda gunakan untuk berbagai hal seperti membeli rumah dan masa depan anda Pendapatan yang harus anda sisihkan minimal 100000.

6. CARA MENGATUR KEUANGAN – INVESTASI

Investasi sangat penting anda lakukan jika ada hal yang tidak kita duga anda dapat menikmati finansial anda ketika memiliki investasi.

Oleh karna itu, alokasi 12,5% pendapatan anda untuk investasi dibergai sektor, seprti properti, forex, reksadana, atau lainnya. Investasi tersebut juga dapat digunakan untuk menyiasati mahalnya bianya pendidikan anak atau untuk mempersiapakan dana pensiun anda di hari tua.

Baca juga : Cara Menghitung HPP

7. BIAYA LIBURAN ATAU JALA-JALAN

Tidak dapat dimungkinkan anda stres dapaT dialami oleh setiap orang. jika anda biarkan berlarur larut maka semakin stres bahkan sampai depresi.

Maka karna itu anda butuh jala-jalan atau memanjaka diri anada, guna melepaskan stres anda. Anda kumpulkan dan sekitar 10% untuk keperluan liburan baik sendirian atau bersama keluarga anda.

8. CARA MENGATUR KEUANGAN – DANA DARURAT

Terkadang  banyak hal-hal kita rencanakan tidak terjadi, maka timbullah hal yang tidak terduga seperti adanya musibah dan lain-lan , hal tersebut akan membuat berantakan rencana keuangan anda.

Oleh karna itu anda wajib menyisihkan keuangan anda 10% dari pendapatan anda untuk keadaan darurat.

Namun jika dalam sebulan anda tidak mengalami hal-hal yang tidak terduga atau harus membayar keperluan lain, sebaiknya uang darurat tersebuat anda simpan di tabungan ntuk mempersiapkan dihari kemudian.

B. MENGELOLA PINJAMAN DENGAN BAIK

Cara Mengatur Keuangan

Cara Mengatur Keuangan

1. MEMISAHKAN DANA UANG PRIBADI ANDA DENGN DAN USAHA

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah berkomirmen untuk memisahkan dana pribadi anda dengan dan usaha anda.

Anda dapat mengontrol pendapatan anda dan pengeluaran-pengeluaran dana usaha anda.Oeh karna itu anda wajib membuat tabungan atu rekening berbeda supaya mempermudah anda dalam memisahkan uang pribadi dan  usaha.

2. MEMBUAT LAPORAN ATAU PEMBUKUAN KEUANGAN

Mencatat Pengeluaran dan penghasilan yang anda peroleh kemudian keuangan anda bukukan merupakan salah satu cara memnpermudah anda dalam mengontrol keuangan  apakah anda untuung atu malah sebaliknya yaitu rugi.

Tidak menutup kemungkinan anda dapat memperoleh pinjaman dana yang lebih besar lagi, kedepannya jika anda memiliki pembukuan yang rutin dan teratur.

Baca juga : Pengertian Finansial

3. CARA MENGATUR KEUANGAN – MAMPU MENGATUR ALUR KAS

Bagi Anda untuk mendukung keberlangsungan sebuah bisnis perusahaan Anda harus mengatur keuangan arus keuangan di perusahaan, jadi anda harus monitor dan teliti yang meliputi pengelolaan utang piuatang dan persediaan barang berjalan dengan sangat tertata dan baik tidak ada keterlambatan.

4. HINDARI PENGGUNAAN DANA PINJAMAN UNTUK KEBUTUHAN PRIBADI

Menghindari penggunaan pinjaman untuk kebutuhan yang bersifat pribadi seperti belanja,jala-jalan , makan-makan, liburan dan lain-lain.

Yang anda harus ada dalam pikiran anda tujuan awal untuk perintisan atau pengembangan bisnis. Jika anda berpikiran seperti itu maka anda akan sukses dalam merintis usaha anda kedepannya.

5. SELALU MENGHITUNG KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN SEDETAIL MUNGKIN

Semua pekrjaan memiliki tugas dan janggung jawab sendi-sendiri tak terkecuali seorang pengusaha. Sebagai soarang pengusaha anda memiliki tugas dan tanggung jawsb terhadap perusahaan anda.

Dalam manajemen keuangan anda harus memperhitungkan kerugian dan keuntungan anda itu adalh sal satu hal yang wajib nada lakuakn secara teratur dan sedetail mungkin.

Dengan anda mengatur dengan baik dan benar, perhitungan akan pajak, bunga yang harus dibayar, kredit, dan pembayaran pinjaman akan menghasilkan nilai sangat menguntungkan perusahaan anda kedepannya.

6. MELAKUKAN PENGAWASAN AKAN HARTA, HUTANG, DAN MODAL DENGAN SEBAIK MUNGKIN

Melakukan stok opnamen atau memeriksa jumlah barang adalah wajib yang anda lakukan. Hal ini untuk memastiak bahwa laporan arus keluar masuk sesuai dengan kenyatan lapangan, tidak hanya soal barang anda juja harus melakukan pengawasan terhadap segala sesuatu mengenai hutang dan piutang anda.

7. SISIHKAN  KEUNTUNGAN ANDA UNTUK PENGEMBNGAN USAHA

Berapa keuntungan yang adnda dapatkan, sebaiknya anda sisihkan untuk pengembangan usaha yang adnda miliki.  Tujuan dari mengatur manajemen keuangn adalah untuk menjaga dan memberikan sebuah bisnis tak hanya hidup akan tetapi juga berkembang.

C. ATUR MANAJEMEN RESIKO

Bagaimanapun, resiko setiap bisnis pasti ada dan itu akan terjadi pada setiap perusahaan, oleh karna itu anda harus mempersiapkan setiap kemungkinan yang ada.

Untuk mengatur manajemen resiko, anada bisa melakukannya dengan menyisihkan uang untuk asuransi dan dana darurat apa bila perusahaab anda dalam kondisi bermasalah.

1. HINDARI UANG MENGINAP DIKARYAWAN

Banyak kejadian uang yang dipegang oleh para kariyawan dibawa pulang kerumah, cenderung akan mudah dipakai untuk kebutuhan kariyawan tersebut.Muali dari alsan keluarga sakit, kebutuhan mendesak hingga pulang kampung tapi ujung-ujungnya korupsi terhadap uang perusaan.

D. KESIMPULAN CARA MENGATUR KEUANGAN

Cara Mengatur Keuangan

Cara Mengatur Keuangan

Sebarapa banayak pun uang yang kita punya atau sebanyak apapun usaha yang jkita miliki bahkan pendapatan kita juga terbilang banyak itu percuma saja, apabila kita tidak tahu bagaimna cara memanajemen kan uang tersebut maka kita akan mengalami yang namanya kerugian bahkan usaha kita juga bisa-bisa bangkrut.

Semoga artikel ini bermaanfaat bagi para pembaca yang setia dan semoga ilmunya bernilai ibadah dan menjadi amal jariyah bagi sang penulis, maupun yang membaca artikel ini.

inilah artikel cara mengatur keuangan apabila banyak kesalahan dalam penulisan atrikel kami mohon dimaafkan, kami mengharapkan kritik saran dari pembaca agar selalu menjadi motivasi untuk sang penulis.

Baca juga : Pengertian Audit