6+ Minuman Khas Betawi yang Wajib Anda Coba!!! [Update 2019]

Minuman Khas Betawi – Assalamu’alaikum sahabat saling amanah bagaimana kabar kalian semua, tentunya baik kan. Sudah lama kita tidak bertemu pasti kangen ya dengan saling amanah. Baik untuk menanggung rindu kalian semua kali ini saling amanah akan membagikan sedikit informasi buat kalian semua.

minuman khas betawi

minuman khas betawi

Minuman Khas Betawi

Informasi yang akan kami sampaikan adalah minuman khas betawi yang mungkin akan membuat pengetahuan anda lebih tambah lagi. Berikut adalah minuman khas Betawi yaitu :

1.Bir Pletok

minuman khas betawi

minuman khas betawi

Bir pletok merupakan salah satu minuman khas Betawi. Embel-embel bir pada minuman ini bukan berarti mengandung alkohol ya, kawan. Bir pletok justru adalah minuman kebugaran dari rempah alami yang mempunyai beragam khasiat.

Salah satunya, dapat mengatasi masalah sulit tidur alias insomnia. Orang Betawi juga gemar sekali lho minum minuman ini . Tapi jangan salah, bir yang satu ini terbuat dari rempah-rempah yang aman dan nyaman  untuk dikonsumsi.

Pada acara-acara adat Betawi,  bir pletok ini disajikan bersama dengan camilan-camilan khas Betawi lainnya. Bir pletok ini terbuat dari rempah-rempah seperti jahe merah, kayu angin, kayu manis, serai, kapulaga, dan sebagainya.Minuman ini mempunyai sensasi hangat ketika diminum dan cocok diminum dimalam hari atau pada saat udara dingin.

2. Es Selendang Mayang

minuman khas betawi

minuman khas betawi

Bagi masyarakat khususnya masyarakat Betawi pasti tidak asing lagi mendengar jenis minuman yang juga mengenyangkan dengan nama selendang mayang.

Minuman ini dapat mengenyangkan karena bahan utama dari selendang mayang adalah tepung sagu dan tepung beras yang berbentuk kue seperti agar-agar serta disiram dengan kuah santan yang gurih dan segar.

Warna merah maupun  hijau dari adonan kue yang seperti agar-agar dan juga disajikan dalam potongan kotak-kotak yang berpadu dengan warna putih santan membuat tampilannya mengingatkan kita dengan bentuk selendang maka dari itu minuman khas betawi ini disebut dengan minuman selendang mayang.

Sayangnya akhir-akhir ini minuman ini sudah mulai sulit sekali ditemukan, tetapi masih ada beberapa penjual yang menjual selendang mayang yang dapat Anda temui di kawasan Kota Tua, Glodok, dan kawasan Kelapa Gading.

Selendang Mayang adalah jajanan asli betawi yang sudah jarang keberadaannya saat ini sebagai salah satu makanan tradisional Indonesia.

Warna dari minuman ini beraneka ragam, seperti merah, hijau, dan putih, membuat makanan ini disebut Selendang Mayang yang juga mempunyai banyak warna.

Meskipun hanya berbahan dasar dari  sagu aren dan dengan siraman kuah santan dan gula merah, jajanan ini masih diminati oleh para penikmat kuliner.

3. Es Doger

minuman khas betawi

minuman khas betawi

Es doger banyak ditemukan di Ibu Kota Jakarta. Salah satu Minuman yang menyegarkan ini memang banyak digemari oleh masyarakat. Es doger merupakan minuman es serut dengan santan yang berisi tape singkong, ketan hitam, dan ditambah sirup dan juga susu kental manis. Kadang roti tawar juga ikut ditambahkan sebagai pelengkap es doger ini. Rasanya sih, Dijamin bikin ketagihan.

4. Es Goyang

minuman khas betawi

minuman khas betawi

Siapa tak kangen kepada es unik ini? Ya, es goyang atau ada pula yang menyebutnya sebagai es lilin memang bikin kangen kita semua ya kawan. Disebut dengan es lilin karena bentuknya panjang menyerupai dengan lilin, meski sebetulnya es ini berbentuk batangan. Disebut dengan es goyang karena proses pembuatannya memang harus digoyang-goyang.

5. Es Cendol Betawi

minuman khas betawi

minuman khas betawi

Cendol adalah salah satu minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa dari  minuman ini yaitu manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman es cendol ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet.

6. Minuman Khas Betawi Es Campur Betawi

minuman khas betawi

minuman khas betawi

Hampir semua orang pernah menikmati es campur yang banyak dijajakan mulai dari warung kaki lima sampai dengan kelas restoran. Memang tidak ada aturan untuk mengenai bahan apa yang digunakan untuk membuat es campur karena pada dasarnya es campur merupakan es yang dibuat dari bermacam-macam campuran bahan yang terdiri dari aneka buah, cincau hitam, tapai singkong, dan lian-lain.

Itulah sahabat saling amanah artikel tentang minuman khas Betawi yang bisa saya sampaikan semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah ilmu pengetahuan anda dan juga khususnya buat saya sendiri. Sekian dan terimakasih.

Minuman Khas Betawi