ARTI FILOSOFI : Definisi dan Pengertian Filosofi Secara Umum

Arti Filosofi – Sahabat Amanah? bagaimana kabarnya? semoga Anda semua dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Sahabat kali ini kami akan membahas tentang Arti filosofi. Sudah tahukah Anda Arti Filosofi adalah kata penyerapan dari bahasa Inggris, filsafat. Sedangkan kata filsafat itu sendiri adalah kata serapan dari bahasa Yunani.

Dalam bahasa Yunani, kombinasi kata philo (ιλο) yang berarti “cinta” dan sopho (σοφός) yang berarti “kebijaksanaan” adalah kata khusus, yaitu filsafat (iaιλοσοφία) yang berarti “cinta kebijaksanaan”. Inilah asal mula kata filsafat di Indonesia.

Jadi apa perbedaan antara filosofi dan filsafat? Bahwasannya tidak ada perbedaan mendasar antara kedua kata tersebut, akan tetapi jika digunakan dalam konteks formal, misalnya untuk pendidikan, kata filsafat lebih banyak digunakan daripada kata filsafat.

Di universitas, tidak ada fakultas filsafat, ada fakultas filsafat; Tidak ada filsafat ilmiah, filsafat pendidikan, atau filsafat manusia di Fakultas Filsafat, tidak ada filsafat ilmu, filsafat pendidikan, dan filsafat manusia.

Penggunaan kata filsafat lebih sering terdengar dalam kehidupan sehari-hari, seperti “Ayo berfilsafat” atau “orang ini sangat filosofis”. Kata filosofis digunakan untuk menunjukkan bahwa seseorang memiliki kekuatan filosofis pikiran.

PENGERTIAN FILOSOFI

Arti Filosofi
Arti Filosofi

Jika filsafat didefinisikan, itu adalah kerangka kerja untuk refleksi kritis untuk menemukan solusi untuk semua masalah.

Solusi yang ditemukan untuk mengatasi masalah dengan pemikiran kritis adalah buah dari pemikiran filosofis. Jika solusi masalah tidak dipikirkan dengan baik dan kritis, itu bukan pemikiran filosofis, tetapi hanya asal suara.

Melalui pemahaman di atas, tampaknya filsafat mencakup hal yang sangat umum, ya itu benar. Filsafat berkaitan dengan nilai-nilai, baik dan buruk, estetika, pengetahuan dan topik umum lainnya.

Selama subjek dapat diperiksa secara kritis, subjek tersebut menjadi bahan filosofis. Menurut Louis O. Filsafat tidak membuat roti! Apa maknanya? Kattsoff dalam buku Pengantar Filsafat.

Filsafat tidak membuat roti berarti bahwa filsafat tidak membahas masalah teknis seperti membangun jembatan yang solid untuk 500 mobil.

Namun, filosofi sedang membahas latar belakangnya, apakah pembangunan jembatan ini akan memiliki efek positif pada kehidupan manusia. Apakah pembangunan jembatan cenderung membahayakan makhluk hidup dan, jika demikian, bagaimana membuat keputusan?.

Melalui ilustrasi di atas, sangat jelas bahwa filsafat dapat dibuat oleh siapa saja. Ini sangat benar, tetapi tidak semua orang menyadari bahwa adalah mungkin untuk berfilsafat untuk meningkatkan kehidupan seseorang.

APA GUNANYA BERFILOSOFI ?

arti filosofi
arti filosofi

Mencapai kehidupan yang lebih baik adalah penggunaan filosofi utama. Orang awam yang tidak sadar akan pentingnya berpikir kritis akan menjalani kehidupan yang sangat datar.

Salah satu karakteristik orang awam adalah bahwa orang yang bekerja hanya menerima pesanan, tetapi tidak mengerti mengapa perintah itu harus dilaksanakan. Lihatlah perbedaan di bawah ini dalam hal pekerjaan sehari-hari.

  1. Orang dengan tingkat berpikir kritis rendah: Terima tugas berat dari atasan Anda. Alasannya adalah bahwa jika pesanan tidak dieksekusi atau didiskusikan, ia takut bahwa gaji akan berkurang,ketakutan akan ditangguhkan, dan jika Anda dipecat? Kemudian, orang ini akan memenuhi tugasnya dengan hati yang berat dan penuh. Dengan demikian, orang yang tidak berpikir kritis dengan cara ini tidak akan membuat hidup mereka lebih baik atau lebih buruk.
  2. Orang dengan pemikiran kritis tingkat tinggi: Jangan mengambil tugas berat dari atasan Anda, seperti itu. Dia akan merefleksikan tujuan tugas dan dampaknya pada keberhasilan karier dan perusahaannya. Dia bertanya-tanya apakah ada cara untuk membuat tugas lebih mudah dan lebih cepat. Dia akan memberikan ide kepada atasannya untuk mencapai kualitas kerja yang lebih baik. Dia akan melihat masyarakat sebagai sesuatu yang dapat dimanipulasi untuk menjadi tempat yang indah untuk meningkatkan pengembangan keterampilan pribadi dan cara untuk berkontribusi pada kehidupan orang lain.

APA GUNANYA BELAJAR FILSAFAT

arti filosofi
arti filosofi

Telah dikemukakan di atas bahwa berfilsafat itu mudah, cukup sadari bahwa masalahnya perlu dipelajari secara mendalam. Kalau begitu, bukankah lebih baik Fakultas Filsafat dibubarkan di seluruh dunia? Jawabannya adalah tidak.

Belajar filsafat bukanlah belajar berpikir kritis. Jangan berasimilasi belajar filsafat dengan filsafat! Diskusi dalam filsafat bisa berupa apa saja, misalnya kita membahas meja yang diletakkan di sudut ruangan, lalu kita bertanya-tanya mengapa meja di sudut? Kenapa terlihat seperti ini?

Ini adalah diskusi mahasiswa baru dalam bidang filsafat atau orang yang mencoba mempelajari filsafat, lanskap pengetahuan masih kecil dan biasanya hanya membutuhkan waktu.

Mempelajari filsafat berarti mempelajari pikiran orang lain tentang sesuatu. Ilmuan ahlifilosofi yang bernama Empedocles menganggap bahwasannya api, bumi, udara dan air merupakan alam semesta; mengapa Karl Marx, dalam bukunya Das Kapital, menganggap bahwa sistem ekonomi kapitalis akan hancur dengan sendirinya;

Apa yang bisa kita pelajari dari pemikiran tokoh-tokoh ini untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Ini tentang deskripsi singkat tentang bagaimana filsafat dapat dipelajari.

Semakin banyak kita membaca dari literatur, semakin banyak pemahaman kita tentang konteks dan pemikiran kritis para pemimpin dunia mempengaruhi peradaban.

Tanpa mempelajari filsafat, kita tidak akan mengerti, mengapa? antara sosialis dan komunis, liberal dan kapitalis tidak pernah setuju dalam sejarah peradaban modern.

Salah satu kegunaan studi filsafat dalam konteks ini adalah bahwa jika Anda bergabung dengan partai politik di Indonesia dan ingin sukses, jangan bergaul dengan orang-orang dengan ide-ide komunis.

Bagaimana Anda mengenal orang-orang yang pikirannya komunis? Anda harus terlebih dahulu belajar dari karya Karl Marx dan Friedrich Engels.

Inilah artikel kami tentang arti filosofi, definisi dan pengertian filosofi secara umum. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Baca Juga : PENGENALAN FILSAFAT: APAKAH FILSAFAT ITU??

Leave a Comment