Penjelasan Kain Babyterry Lengkap dengan Kelebihan, Kekurangan, Ciri Ciri, dan Tekstur

Penjelasan Kain Babyterry Lengkap dengan Kelebihan, Kekurangan, Ciri Ciri, dan Tekstur

Bahan Babyterry – Sahabat mungkin tak asing lagi dengan bahan ini. Kebanyakan orang mengenal jaket baby terry. Pada umunya orang menyebut kain baby terry dengan sebutan baby tray. Kain Babyterry ini sebenarnya dijuluki kain terry, terry adalah jenis kain yang unik dan berbeda dengan jenis kain lainnya.

Kain Babyterry dan Keunikkan yang dimilki adalah terletak pada teksturnya yang sangat lembut. Kain terry sendiri terasa begitu lembut karena sebagian besar bahan yang digunakan untuk membuat jenis kain ini terbuat dari cotton (katun atau serat kapas).

Kain Babyterry Sebenarnya tergantung terhadap produsen kainnya, ada yang 100 % cotton ada juga yang 80 % cotton dan 20 % poly terry loop. Jenis kain terry tidak cuma 2 macam, namun ada beberapa macam, yaitu Baby Terry, Terry biasa, dan French Terry (Terry Dorr).

Penggunaan kain jenis terry pada awalnya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan handuk, alasannya karena teksturnya yang lembut dan menyerap. Dalam perputaran zaman hingga perkembangannya Kain Babyterry jenis terry tidak hanya digunakan sebagai bahan dasar handuk, tetapi Kain Babyterry juga digunakan sebagai bahan untuk keset, bahan pelapis sandal, dan pakaian serta jaket dari Kain Babyterry.

Sisi bagian luar Kain Babyterry mirip dengan sisi luar kain kaos (jersey) double knitted, hanya saja lebih lentur dibandingkan dengan kain double knitted jersey.

Sudahkah anda menjumpai deskripsi suatu produk pakaian yang menggunakan kain yang berupa bahan Kain Babyterry? Sudah tahukah anda apa sih bahan Kain Babyterry tersebut? Kain babyterry merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan untuk membuat pakaian terasa hangat seperti jaket, sweater dan lain-lain.

Bahan Kain Babyterry yang satu ini terbuat dari serat kapas dan biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian terasa hangat. Kain Babyterry tidak cuma memiliki nama babyterry, bahan ini juga memiliki nama lain yaitu baby tray, tray, dan ada juga yang menyebutnya dengan nama terry saja.

Ciri-Ciri Bahan Babyterry

Bahan Babyterry
Ciri-Ciri Bahan Babyterry

Untuk anda yang belum tahu ciri-ciri bahan babyterry, sebaiknya jangan lewatkan poin-poin yang ada di bawah ini,

  • Kain Babyterry – Strukturnya sangat lembut dan juga halus, namun tidak berbulu, kalaupun ada hanya berupa bulu-bulu yang juga sangat halus.
  • Kain Babyterry -Tetap nyaman dan ringan saat dikenakan pada tubuh.
    Memiliki daya serap yang tinggi namun tidak memberikan kesan panas pada tubuh.
  • Kain Babyterry – Meskipun bisa memberikan rasa hangat saat dikenakan, bahan ini tidak akan membuat pemakainya merasa gerah ketika digunakan.
  • Kain Babyterry – Sanggup menahan suhu tubuh sehingga bila digunakan pada musim dingin, pemakainya tidak akan merasa kedinginan dengan suhu di sekitarnya.
  • Kain Babyterry- Cenderung tebal, namun ada juga kain babyterry yang tipis hampir menyerupai bahan kain kaos.
    Bila diamati kembali dengan teliti, bagian luar kain babyterry seperti sisi luar bahan jersey double knitted yaitu berupa rajutan ganda.
  • Kain Babyterry – Yang membedakan keduanya yaitu bahan babyterry ini lebih lentur dibandingkan dengan bahan jersey double knitter tersebut.
  • Kain Babyterry – Bagian sisi dalamnya lembut seperti selimut.
  • Kain Babyterry – Rajutan bagian sisi dalam tampak seperti bulatan-bulatan.
  • Kain Babyterry – Pada bagian perut bahan babyterry terdapat semacam rongga kecil yang berfungsi meningkatkan daya serap suhu bahan ini.
  • Kain Babyterry – Hal ini terjadi karena rongga kecil tersebut seolah memperluas permukaan bahan babyterry.
  • Kain Babyterry – Beberapa bahan babyterry mirip seperti kain kaos, namun sedikit lebih tebal.

Kelebihan Bahan Babyterry

Kelebihan Bahan Babyterry
Kelebihan Bahan Babyterry

Kain Babyterry – Sebagai bahan yang terbuat dari serat kapas, sudah pasti kain babyterry ini memiliki banyak kelebihan dan keunggulan sendiri. Diantara berbagai kelebihan dan keunggulannya babyterry tersebut akan dijelaskan di bawah ini:

1. Kain Babyterry | Teksturnya lembut dan halus

Kenapa banyak orang yang meminati kain babyterry? Jawabannya sudah pasti karena bahan ini memiliki tekstur yang lembut dan juga halus. Kelebihan dan keunggulan ini lah yang membuat babyterry tidak hanya nyaman dipakai oleh orang dewasa saja, tetapi juga nyaman untuk bayi dan anak-anak.

Dahulunya pun, bahan kain babyterry ini banyak dijadikan pakaian untuk bayi dan anak-anak. Ternyata, hal ini lah yang kemudian di sebutkan dalam istilah ‘baby’ ini muncul di depan kata ‘terry’nya.

2. Kain Babyterry | Mudah menyerap keringat

Jika anda memiliki problem dengan keringat berlebihan yang bisa menyebabkan bau badan, anda pasti akan disarankan untuk menggunakan pakaian yang bahannya bisa menyerap keringat dengan baik bukan?

Bahan kain babyterry cocok untuk Anda pilih karena bahan ini memiliki kemampuan tersebut.Kemampuan kain babyterry dalam menyerap keringat ini terjadi karena adanya rongga kecil pada bahan ini seperti yang sudah disebutkan diatas.

3. Kain Babyterry | Walaupun memberikan efek hangat, tetapi tidak membuat merah

Inilah kelebihan bahan babyterry yang ketiga, yaitu bisa membuat badan menjadi hangat. Hal ini disebabkan kain babyterry memilik bulu-bulu yang halus dibaliknya, dimana bulu-bulu inilah yang nantinya akan membantu menahan suhu tubuh sehingga pemakainya bisa merasa hangat.

Walaupun bahan ini bisa menghangatkan badan, tetapi perlu dicatat bahwa bahan ini tidak akan membuat gerah pada tubuh. Peran kain babyterry yang satu ini akan tampak ketika anda menggunakannya pada saat cuaca sedang dalam suhu dingin, fleksibel bukan?

Kemudian saat cuaca sedang musim panas, anda juga bisa menggunakannya karena bahan ini akan membantu menyerap keringat sehingga anda akan terhindar dari bau badan akibat keringat yang berlebihan pada tubuh anda.

4. Kain Babyterry | Harganya Terjangkau

Anda bisa mrnjumpai kain babyterry ini dengan mudah baik itu secara online maupun secara offline. Kemudahan untuk memperoleh babyterry ini juga didukung dengan harganya yang sangat terjangkau. Oleh sebab itu, anda tidak akan merasa sayang mengeluarkan uang demi mendapatkannya kain berbahan babyterri.

Kekurangan Bahan Babyterry

Ciri-Ciri Bahan Babyterry
Kekurangan Bahan Babyterry

Dibalik berbagai kelebihan bahan babyterry seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahan ini juga memiliki berbagai kekurangan sendiri. Diantara kekurangan bahan babyterry adalah sebagai berikut:

1. Kain Babyterry | Kurang awet

Karakter bahan babyterry ini kurang rapat, enteng dan juga tidak tebal. Sehingga jika bahan ini dijadikan baju, baju tersebut tidak akan awet. Apalagi jika digunakan secara terus menerus dan mencucinya dengan mesin cuci, pastilah bahan ini cepat rusak.

2. Kain Babyterry | Bahan babyterry lebih tipis bila dibandingkan dengan bahan cotton fleece

Tidak cuma bahan babyterry, ada juga bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat jaket atau sweater, namanya adalah fleece. Terdapat kekurangan kain babyterry, dimana bahan ini cenderung lebih tipis bila dibandingkan dengan bahanfleece.

3. Kain Babyterry | Harganya lebih mahal

Walaupun harganya masih bisa anda jangkau dan termasuk dalam salah satu kelebihannya, nyatanya bahan babyterry ini dihargai lebih mahal dibandingkan dengan bahan yang lainnya. Kenapa begitu? Karena bahan untuk kainj ini terbuat dari serat kapas yang asli.

Tetapi untuk masalah mahar ini sebenarnya bisa menjadi kekurangan sekaligus kelebihan, tergantung pada siapa yang menilainya dan yang membelinya. Jika yang memberikan penilaian adalah orang-orang yang mempunyai budget lebih tentu ini bukanlah masalah bagi isi dompet.

Namun beda halnya jika yang menilainya adalah orang-orang yang budgetnya terbatas, masalah harga ini bisa menjadi kekurangan terhadap bahan babyterry.

Kemudian masalah mahal dan murah ini juga menyangkut pada jenis kain babyterry yang bagaimana. Sepertihal-nya yang kita ketahui, setidaknya ada 2 jenis bahan babyterry yaitu babyterry polyester dan babyterry katun.

Untuk bahan babyterry polyester harganya lebih murah dibanding dengan kain babyterry katun adalah sebaliknya, harganya lebih mahal. Namun dengan harga tersebut, Anda tidak akan sia-sia membelinya, karna sebanding dengan kualitas yang dibawanya, dimana bahan babyterry yang katun memang lebih nyaman untuk dipakai dibandingkan dengan bahan polyester.

4. Kain Babyterry | Gampang melar

Kekurangan kain babyterry selain kurang awet dan harganya lebih mahal adalah bahan ini gampang melar ketika sering di pakai. Kelemahan dari bahan yang satu ini tidak terlepas dari pengaruh sifat bahan itu sendiri yang kurang rapat, sehingga ada banyak rongga, terutama pada jenis baju sweater.

Tekstur Bahan Babyterry

Kekurangan Bahan Babyterry
Tekstur Bahan Babyterry

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, tekstur bahan babyterry ini yaitu lembut sehingga tidak akan membuat kulit iritasi. Kain babyterry memiliki tekstur yang demikian karena memang sebagian besar dari bahan dasarnya adalah serat kapas.

Tetapi ini juga tergantung pada produsennya, ada produsen yang memang menggunakan serat kapas 100%, ada juga yang hanya menggunakan serat kapas 80% saja sementara 20%sisanya menggunakan bahan lain berupa polyterry dan sebagainya.

Tekstur lembut yang dimilik kain babyterry ini menjadikannya cocok bila digunakan untuk membuat handuk. Mengingat meninjau dari pada awalnya. bahan ini hanya dijadikan bahan dasar untuk pembuatan handuk, selain karena lembut, juga daya serap airnya tinggi.

Namun, seiring dengan perputaran waktu, penggunaan kain babyterry menjadi lebih beragam seperti dijadikan jaket, hoodie, jumper, blazer, sweeter, pakaian bayi, bahan pelapis sandal bahkan juga termasuk keset.

Cara Pembuatan kain babyterry

Dalam proses pembuatannya secara tradisional, bahan mentah Terry ditenun tidak menggunakan mesi melainkan menggunakan tangan dengan cara membagi antara dua benang. Satu benang diset dengan tegang, yang satunya dengan longgar agar mudah proses pelekukan kanya.

Setalh iyu benang longgar tadi didorong pada bagian belakang, lalu untuk benang yang tegang dijalin bersama untuk menciptakan perputaran dan perpaduan yang sempurna. Begitulah kira-kira cara pembuatan bahan Baby Terry pada masa lampau.

Kain Babyterry Di saat ini, dengan kemajuan teknologi, pembuatan bahan tersebut sudah dengan mesin yang tentunya dapat mempercepat proses pembuatan nya dan mempermudah para pekerja.

Mengetahui Karakteristik Bahan Babyterry

Bahan Babyterry
Karakteristik Bahan Babyterry

Jikala kamu mencoba meraba kain Baby Terry dari luar, kamu akan merasakan begitu halus serta rata nya bahan ini. Bila dari dalam, kamu bisa menemukan “loop” kecil bulat yang bisa menghangatkan serta menyerap panas tubuh dan keringat pada tubuh.

Untuk Terry yang terbuat dari cotton 100%, dikatakan mampu menyerap keringat sebanyak 27 kali lebih banyak dari berat air yang dikeluarkan. Lewat keunikan itu, Kain Babyterry pun dibedakan dari yang ringan sampai sedang. Namun yang umum di pasaran adalah Baby Terry ringan yang banyak tersedia.

Tidak hanya menghangatkan serta menyerap, kelebihan lain dari bahan Terry adalah kelenturannya. Jadi, bilamana Kamu coba untuk menarik, menggosok, dan melebarkan nya, Kain Babyterry akan kembali pada bentuk semulanya.

Bahan Babyterry

Leave a Comment

%d bloggers like this: