Pengertian Bahan Spandek, Ciri ciri, Tekstur, Kelebihan serta kekurangannya [LENGKAP]

Pengertian Bahan Spandek, Ciri ciri, Tekstur, Kelebihan serta kekurangannya [LENGKAP]

Bahan Spandek – Istilah lain dari bahan spandek adalah elastane. Bahan ini merupakan sejenis serat buatan yang mempunyai karakter utama elastis atau mampu untuk meregang. Kemampuan kain spandek untuk meregang ini bahkan bisa mencapai 5 kali lipat dari ukuran sebenarnya. Kain spandek ini merupakan bahan sintetis 100% yang memang sengaja diciptakan untuk menggantikan peranan karet.

Pada awalnya, spandex hanya digunakan untuk pakaian wanita seperti korset dan pakaian dalam. Namu sekarang bahan yang satu ini telah digunakan untuk berbagai hal, seperti membuat pakaian olahraga, kostum atau pakaian dansa, gulat (wrestling), pakaian renang, celana pendek pengendara sepeda, penutup atau pengencang pinggang (korset), bra (BH), lingerie, legging, pakaian kompresi bedah dan masih banyak lagi.

Bahan Spandek
Bahan Spandek

Fiber atau serat bahan spandex terdiri dari banyak benang/helai polimer. ‘Benang-benang’ ini terdiri dari dua segmen, yaitu segmen panjang yg tidak beraturan, dan segmen pendek dan kaku. Segmen pendek dan kaku berperan untuk mengikat atau menghubungkan satu dengan yg lainnya (kekuatan) dan segmen panjang berfungsi untuk memanjang (elastis).

Bahan ini juga sangat mudah untuk diberi warnai sekaligus juga kompatibel dengan berbagai bahan lainnya, sehingga apabila dikombinasikan, bisa menghasilkan bahan yang unik, yang mempunyai karakteristik dari serat spandek dan serat bahan yang menjadi campurannya itu.

Ciri-Ciri Bahan Spandek

Bahan Spandek
Bahan Spandek / itinline.com

Bahan spandek merupakan salah satu bahan yang lumrah digunakan dalam dunia fashion. bahan ini merupakan salah satu jenis bahan katun yang dihasilkan dari campuran polyurethane dan kapas, dengan ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

1. Bahan spandek cenderung tipis.
2. Meskipun tipis, kain spandek juga lebih awet dan lebih kuat jika dibandingkan dengan bahan katun yang biasa.
3. Bahan spandek akan terasa lebih ketat serta cenderung panas apabila persentase polyurethane-nya tinggi.
4. Bahan spandek memiliki efek yang berkilau, tetapi tidak semuanya demikian.
5. Bahan spandek memiliki sifat yang elastis.
6. Nyaman saat digunakan.
7. Tidak membatasi gerak orang yang memakainya.
8. Bahan spandek memiliki kemampuan untuk mempertahankan ukuran aslinya, sehingga apabila diregangkan juga tidak akan mudah rusak.
9. Bahan spandek menepel pada tubuh, sehingga apabila dipakai bisa menampilkan bentuk tubuh pemakainya.

Penjelasan Kain Fleece Lengkap dengan Keunggulan, Kekurangan, Ciri Ciri dan Tekstur

Kelebihan Bahan Spandek

Bahan Spandek
fitinline.com

Sama seperti bahan lain yang juga banyak digunakan di industri konveksi, bahan spandek ini memiliki berbagai kelebihan. Secara garis besar, kelebihan kain spandek adalah sebagai berikut:

1. Terdiri dari berbagai varian

Sebelum akhirnya dijadikan sebagai kain, kain spandek ini dikombinasikan dengan berbagai bahan lain terlebih dahulu sehingga memberikan hasil akhir berupa kain dalam beberapa varian dengan karakteristik tertentu. Kehadiran varian kain spandek ini membuat konsumen memiliki beberapa pilihan mengenai kain spandek yang mana yang dibutuhkannya.

Setidaknya ada 9 varian bahan campuran spandek yang beredar di pasaran yaitu bahan nilon spandek, bahan katun spandek, rayon spandek, spandek semi rayon, polyester spandek, spandek rayon super, spandek korea, spandek jersey, dan spandek denim.

Masing-masing dari varian spandek tersebut mempunyai ciri-ciri dan kelebihannya tersendiri. Sehingga jika anda memiliki salah satunya atau beberapa diantaranya sekaligus, harus mengenali masing-masing karakter karena memiliki cara perawatan yang berbeda.

2. Ringan dan tidak membatasi gerakan

Sepertinya konsumen yang akan setuju dengan kelebihan bahan spandek yang satu ini. Kain spandek memang ringan saat digunakan dan karena sifatnya bisa meregang, maka bahan ini juga tidak akan membatasi gerakan pemakainya.

Oleh karena itu bahannya yang relatif ringan, maka banyak digunakan untuk membuat pakaian olahraga serta pakaian dansa. Bahan ini juga pas bila dijadikan sebagai pengerat pinggang ataupun kostum ketat yang lainnya.

3. Tahan terhadap sinar UV dan minyak dari kulit

Kelebihan kain spandek yang selanjutnya adalah kebal terhadap sinar UV dan minyak dari kulit, sehingga apabila bahan ini terpapar kedua hal tersebut, itu tidak menjadikannya rusak.

4. Mudah kembali ke ukuran asalnya

Bahan spandek memang bisa diregangkan hingga 5 kali lebih besar dari ukuran aslinya. Namun ini tidak serta-merta membuatnya langsung rusak, karena bisa kembali ke ukuran aslinya dengan cepat.

5. Tidak mudah berkerut

Apabila bahan ini digunakan dan dicuci dengan cara biasa, maka dia tidak akan mudah lusut berkerut. Kelebihan kain spandek yang satu ini tidak akan begitu merepotkan karena begitu selesai mencuci dan mengeringkannya, anda tidak perlu menyetrikanya lagi.

6. Lembut dan daya elastisnya bisa mengikuti bentuk tubuh

Nah, ini kelebihan yang membuat bahan spandek nyaman dipakai dan tidak akan membatasi gerakan pemakainya. Jadi, selain bahan ini sangat lembut, daya elastisnya juga sangat baik, karena bisa mengikuti bentuk tubuh.

7. Tahan

Ketahanan bahan spandek yang dimaksudkan di sini adalah tahan terhadap alkali dan asam, bahkan juga termasuk keringat, suntan lotion (sejenis lotion untuk menggelapkan kulit) dan air laut. Selain itu, warna bahan spandek juga cenderung bisa bertahan dengan baik dan tidak mudah memudar.

Penjelasan Kain Wolfis, Kelebihan, Kekurangan, Ciri Ciri, dan Teksturnya [PALING LENGKAP]

Kekurangan Bahan Spandek

Bahan Spandek
Bahan Spandek/ gamisjilbabsyari.com

Jika kita telah berbicara mengenai kelebihan kain spandek, akan kurang lengkap rasanya jika tidak sekalian diikuti dengan kekurangannya. Adapun kekurangan kain spandek ini adalah sebagai berikut:

1. Kurang ocok untuk kegiatan olahraga

Nah, inilah kekurangan kain spandek yang pertama. Jadi, kain spandek ini kurang sesuai jika dijadikan pakaian olahraga karena ketidak mampuanya untuk bisa menyerap keringat.

Ini jelas bertentangan dengan kelebihan kain spandek yang nomer 2 di atas, makanya pada tahun 2011 yang lalu, para desainer pakaian olahraga menggunakan bahan ini tetapi mencampurkannya dengan bahan lain yang lebih bisa ‘bernafas’ terlebih dahulu.

2. Daya serap kurang baik

Karena kain spandek memiliki daya serap yang kurang efektif seperti yang sudah disinggung sebelumnya,hal itu membuat uap air atau bisa juga keringat menjadi terjebak dan tidak bisa ditransfer keluar. Tetapi ini masih tergantung pada seberapa banyak material spandek yang digunakan.

3. Menimbulkan bau dan infeksi ragi

Bahan spandek ini berpotensi menimbulkan bau tidak sedap serta infeksi ragi pada kulit. Tentu hal ini adalah sesuatu yang pastinya kurang menyenangkan karena selain bisa menurunkan rasa percaya diri juga bisa membuat pemakainya merasa tidak nyaman.

4. Seratnya licin

Semua orang pasti sudah tahu bahwa serat spandek ini licin. Licinnya serat kain spandek membuat para pemakainya bisa terkena bahaya jika sedang berada di permukaan tertentu atau sedang menggunakan peralatan jika tidak berhati-hati.

5. Sensitif terhadap panas

Perlu anda ketahui bahwasanya bahan spandek ini adalah bahan yang sensitif terhadap panas. Jadi, jika anda mencucinya dengan menggunakan air panas, mengeringkannya dengan menggunakan mesin pengering yang mengeluarkan panas atau menyetrikanya, ini bisa menimbulkan kerutan sekaligus kerusakan pada bahan spandek secara permanen.

6. Menunjukkan bentuk tubuh

Ini adalah kekurangan spandek yang selanjutnya, yaitu menunjukkan bentuk tubuh. Karena sifatnya yang elastis tadi membuat bahan ini bisa mengikuti lekukan bentuk tubuh, jadilah bahan ini hanya sebagai ‘pembungkus’ tubuh saja. Oleh karena itu, bahan ini kurang cocok jika dijadikan pakaian luar untuk muslimah.

7. Tidak bisa berdiri sendiri

Kemudian dalam proses pembuatannya, kain spandek ini ternyata tidak bisa berdiri sendiri. Artinya, kain spandek perlu dikombinasikan dengan bahan lainnya supaya bisa menjadi kain yang akan siap digunakan untuk membuat pakaian.
Berdasarkan survey-survey kain, berikut merupakan jenis-jenis kain spandek beserta dengan ciri-cirinya yang telah beredar dan lumar di pasaran.

Jenis Jenis Kain Spandek mulai dari harga murah sampai yang mahal

Mulai dari urutan kain yang paling tipis (murah) hingga kain yang paling tebal (biasanya lebih mahal), diperolehlah data-data sebagai berikut:

1. Spandek Polyester

Bahan mirip kaos tapi lebih tipis.
Kelebihan: lembut dan elastis
Kekurangan: nempel kulit, tipis

2. Spandek Katun

Perpaduan antara serat spandek+benang katun.
Kelebihan: elastis, adem, tahan lama
Kelemahan: agak mudah kusut, cukup tipis, nempel kulit.

3. Spandek Rayon

Perpaduan antara serat spandek+benang rayon. Hampir mirip spandek katun tapi lebih lembut.
Kelebihan: lembut, elastis, tidak mengkilat, adem, halus
Kekurangan: agak mudah kusut, cukup tipis, nempel kulit

4. Spandek Rayon Super

Material dan tekturnya hampir sama dengan spandek rayon tapi kualitasnya lebih bagus.
Kelebihan: lembut, elastis, adem, tidak mengkilat,halus
Kekurangan: nempel kulit, lumayan tipis tapi masih lebih tebal dibandingkan dengan spandek rayon.

5. Spandek Jersey

Perpaduannya adalah antara serat spandek ditambah benang rayon+benang dari serat bambu.
Kelebihan: permukaan kain sedikit mengkilat, lembut, elastis, adem, halus, jatuh, tebal
Kelemahan: nempel kulit tapi dapat disiasati dengan memilih ukuran yang besar atau cutting yang lebar.

6. Spandek Korea

Hampir mirip dengan spandek jersey tapi permukaan kainnya lebih mengkilat dan lebih tebal.
Kelebihan: elastis, halus, adem, mengkilat, jatuh, tebal
Kelemahan: nempel kulit tapi dapat kita disiasati dengan memilih ukuran yang besar atau cutting yang lebar.

7. Spandek Sutra

Kasta tertinggi di jajaran spandek.
Kelebihan: kain yang sangat elastis, sejuk, halus, agak mengkilap, tebal tapi ringan dipakai, jatuh, tahan lama.
Kekurangan: nempel kulit tapi dapat disiasati dengan memilih ukuran kain yang lebih besar atau cutting yang lebar.

Demikian penjelasan tentang jenis-jenis kain spandek dari yang paling tipis dengan harga yang paling murah hingga yang paling tebal dengan harga yang paling mahal. Banyak konsumen yang suka dengan kain spandek ini karena sifatnya yang elastis dan adem dipakai untuk sehari-hari. Akan tetapi ada juga yang tidaak suka karena sifatnya yang nempel kulit, tenang, bisa disiasati kok dengan memilih yang ukurannya besar.

Penjelasan Kain Babyterry Lengkap dengan Kelebihan, Kekurangan, Ciri Ciri, dan Tekstur

Tekstur Bahan Spandek

Tekstur kain spandek ini adalah halus dan lembut. Tidak heranlah kenapa banyak kalangan masyarakat yang menyukainya. Selain itu, setelah meninjau berbagai kelebihan yang ada di atas, tampaknya bahan ini memiliki tingkat ketahanan dan keawetan yang tinggi, kecuali terhadap panas tentunya.

Jadi, jika anda ingin supaya tekstur kain spandek yang halus dan lembut ini bertahan lama, jangan lakukan berbagai hal yang bisa merusaknya.

Bahan Spandek

Leave a Comment

%d bloggers like this: