Penjelasan Kain Wolfis, Kelebihan, Kekurangan, Ciri Ciri, dan Teksturnya [PALING LENGKAP]

Penjelasan Kain Wolfis, Kelebihan, Kekurangan, Ciri Ciri, dan Teksturnya [PALING LENGKAP]

Bahan Wolfis – Bahan wolfis telah lama populer terutama dalam pembuatan gamis atau baju muslimah. Bahan ini dibuat dari campuran bahan katun, bahan sutra, serta tambahan bahan sintetis.

Nama wolfis ini sendiri sebenarnya berasal dari kata woolpeach, hanya saja karena lidah orang Indonesia lebih suka menyebut sesuatu dengan cara yang mudah, maka jadilah woolpeach ini diganti dengan kata wolfis.

Bahan Wolfis

Bahan ini banyak digunakan oleh para produsen sebagai bahan dasar gamis, karena bahan ini memang memiliki keistimewaan tersendiri yang mampu membuat siapa saja pemakainya merasa nyaman.

Selain digunakan sebagai bahan untuk gamis, kain wolfis juga banyak digunakan untuk bahan pembuatan rok celana. Rok celana tentunya masih ngetrend hingga sekarang dan banyak digandrungi oleh para muslimah. Hal ini dikarenakan rok nya membuat mereka bisa bergerak aktif sekaligus tampil syar’i.

Ciri-Ciri Bahan Wolfis

Bahan Wolfis
Ciri Ciri Bahan Wolfis / bukalapak.com

Bahan kain yang tidak jarang digunakan untuk membuat busana muslim ataupun muslimah ini ternyata memiliki karakteristik dan ciri-ciri yang istimewa dan tak dimiliki oleh bahan kain pada umumnya. Bagi orang yang belum begitu familiar dengan jenis-jenis bahan kain, mungkin akan sedikit merasa kesulitan untuk menentukan kain wolfis atau bukan. Agar tidak bingung, adapun ciri-ciri bahan wolfis sudah terangkum dalam poin-poin berikut ini:

Sifatnya Tidak Tahan Panas

Kain wolfis memiliki sifat yang tidak tahan panas. Oleh karena itu, jika anda memiliki baju yang berbahan wolfis dan hendak menyetrikanya, aturlah setrika tersebut supaya tidak terlalu panas.

Mudah untuk Disetrika

Meskipun kain wolfis tidak tahan akan panas, bahan ini sangat mudah untuk disetrika, dengan kata lain juga mudah untuk dirapikan. Jadi, walaupun anda menggunakan setrika yang tidak seberapa panas, anda tidak akan mengalami kesulitan untuk merapikannya.

Tidak Tembus Pandang

Jika berbicara tentang bahan yang tidak tembus pandang, biasanya akan identik dengan bahan yang tebal. Begitupun dengan kain wolfis, bahannya tidak tembus pandang sehingga tidak menerawang.

Ringan

Meskipun jenis bahan ini cukup tebal, namun salah satu kelebihan dan yang menjadi pencirinya adalah bobotnya ringan. Jadi, tidak perlu khawatir merasa terbebani ketika menggunakan bahan ini.

Tidak Mudah Kusut dan Dingin

Ciri sebelumnya yang berkata bahwa kain wolfis sangat mudah untuk dirapikan, ternyata ini juga didukung oleh ciri lainnya yang juga tidak merepotkan, yakni tidak mudah kusut. Selain tidak mudah kusut, kain wolfis juga adem atau memberikan sensasi dingin yang tidak akan membuat gerah para pemakainya.

Warnanya Lebih Hidup

Bagi para pecinta warna, kain wolfis ini bisa dijadikan pilihan. Pasalnya, salah satu karakteristik bahan ini adalah memiliki pilihan warna yang banyak dan warna-warnanya juga lebih hidup bila dibandingkan dengan jenis bahan yang lainnya seperti siffon atau katun.

Bahannya Halus

Kain wolfis mempunyai karakteristik bahan yang halus sehingga lembut di kulit dan tidak akan menyebabkan rasa gatal.

Kelebihan Bahan Wolfis

Bahan Wolfis
Kelebihan Bahan Wolfis / tokokaintextileonline.com

Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh kain wolfis tersebut juga sekaligus menjadi kelebihannya, seperti yang dijabarkan di bawah ini:

Halus

Kelebihan kain wolfis yang pertama adalah halus. Selain halus, bahan kain ini juga lentur. Tekstur permukaan kain yang halus sehingga menimbulkan rasa lembut pada kulit. Kelebihan ini bisa membuat siapa saja yang mengenakannya merasa nyaman dan tidak akan merasa risih.

Khusunya bagi muslimah yang sehari-harinya terbiasa mengenakan busana besar dan menutup aurat sesuai syariah, elemen kenyamanan dalam mengenakan busana yaitu hal pokok yang membuat mereka konsisten istiqomah mengenakannya. Sehingga dibutuhkan bahan kain halus yang akan membuat mereka nyaman dalam melakukan aktifitasnya.

Tidak Mudah Kusut

Karena bahan ini tidak mudah kusut, sudah pasti cara perawatannya bisa lebih mudah. Oleh karena itu ketika dikenakan, pemakainya tidak perlu merasa khawatir bahan ini akan lecek atau tampak tidak rapi. Kecuali itu busana muslimah berbahan kain wolfis ini tak memerlukan perawatan khusus.

Tidak Transparan

Kelebihan kain wolfis yang lainnya adalah tidak transparan. Kelebihan ini juga yang membuat kain wolfis banyak dipilih oleh produsen baju muslimah, mengingat para muslimah tersebut harus menutupi tubuhnya dengan kain yang tidak tembus pandang.

Busana muslimah yaitu pakain yang dikenakan untuk menutup segala anggota badan yang termasuk dalam klasifikasi aurat, kecuali kedua telapak tangan dan wajah. Termasuk juga dengan lekukan anggota badan yang dapat terbayang menjadi aurat. Dengan mengenakan baju berbahan wolfis Insya Allah segala kekhawatiran tadi akan sirna karena sifat kainnya yang tebal melainkan tak panas.

Harganya Terjangkau

Meskipun bahan ini memiliki sejumlah ciri-ciri yang sekaligus menunjukkan kelebihannya, nyatanya bahan ini tetap dibanderol dengan harga yang ekonomis.
Bahan kain wolfis ini banyak dijual di pasaran (online ataupun offline) dengan harga yang relatif relatif murah sehingga dapat dibeli oleh beragam-ragam tipe kalangan, mulai dari kelas bawah, menegah hingga kelas atas.

Pilihan Warnanya Banyak

Bahan wolfis juga dibuat dalam warna yang beraneka ragam. Ini juga sekaligus membuat orang-orang termasuk anda memiliki pilihan yang beragam mengenai warna yang mana yang lebih disukai.
Bagi kalangan wanita, memperhatikan warna yang beragam-ragam yaitu sesuatu yang menarik. Itu juga ketika memperhatikan bahan busana yang akan dikenakan. Dimana banyaknya pilihan warna yang ditawarkan karenanya akan membuat sang wanita akan lebih berminat untuk mengenakannya.

Adanya banyak pilihan warna yang ditawarkan oleh bahan kain wolfis ini karenanya membuka kesempatan lebar terhadap penjahit dan desainer busana. Dengan leluasa mereka dapat berkreasi lebih kreatif lagi dengan adanya banyak pilihan warna yang dapat dicampurkan. Sehingga hal ini akan membuat para muslimah menyenangi busana berbahan kain wolfis.

Mudah untuk Didapatkan

Banyaknya penggemar kain wolfis juga membuat para produsen sering memproduksinya. Hal ini membuat kain wolfis bisa dikategorikan sebagai bahan yang mudah untuk ditemukan dan didapatkan. Tak hanya itu, para produsen juga membuat bahan kain wolfis ini dalam beragam-ragam tipe dan kwalitas.
Sesuai dengan tata tertib pasar yang berlaku yaitu dimana terdapat permintaan karenanya barang yang diminta haruslah telah siap. Sehingga bahan kain ini bukanlah sebuah produk langka yang susah untuk diperoleh.

Jatuh

Jatuh yang dimaksudkan di sini adalah karena kain wolfis ini termasuk ringan, maka ketika dipakai akan terasa seperti jatuh. Tetapi efek jatuhnya bahan ini juga tidak sampai memperlihatkan bentuk tubuh apabila dijadikan baju. Padahal bahan kain tebal akan tetapi bahan ini mempunyai massa yang ringan sehingga tidak merepotkan bagi penggunanya apalagi ketika mencuci.

Kekurangan Bahan Wolfis

Bahan Wolfis
Kekurangan Bahan Wolfis / kainwolfis.blogspot.com

 

Sama seperti kelebihan bahan wolfis yang telah disebutkan sebelumnya, beberapa diantara ciri-ciri bahan wolfis di atas juga sebagian menjadi kelemahannya, seperti yang dijabarkan di bawah ini.

Terlalu Banyak Pilihan Warna

Meski banyaknya pilihan warna menjadi kelebihan kain wolfis, nyatanya ini juga menjadi kelemahannya. Mengapa? Karena selalu ada kemungkinan anda akan menjumpai warna yang agak berbeda pada setiap penjual, sekalipun nama warna tersebut adalah sama.

Kita ambil contoh begini, anda membeli kain wolfis 2 meter untuk dibuat baju. Ukuran 2 meter ini ternyata masih kurang untuk anda sehingga anda perlu membeli bahan wolfis dengan warna yang sama.

Ketika membeli bahan yang kedua inilah kemungkinan perbedaan warna yang disampaikan sebelumnya akan terlihat, apalagi jika anda membelinya di pedagang yang berbeda dari sebelumnya.

Tingkat Ketebalan

Bahan wolfis memang merupakan kain yang tebal. Tetapi perlu diketahui juga bahwasanya bahan ini terdiri dari beragam tingkat ketebalan, mulai dari yang paling tebal hingga yang paling tipis, bahkan mendekati transparan.

Untuk itu, jika anda hendak membeli bahan wolfis ini, perhatikan dengan seksama supaya anda bisa mendapatkan bahan wolfis dengan tingkat ketebalan yang sesuai dengan keinginan.

Tingkat Kualitas

Ternyata dari segi kualitas pun masih ada orang yang menganggap bahan wolfis ini kurang bagus, terutama karena tidak sebagus bahan katun. Penilaian ini muncul karena memang tingkat sensitifitas kulit serta rabaan setiap orang itu berbeda.

Perbedaan tingkat sensitifitas seperti itu juga bisa menghasilkan anggapan yang berbeda pula. Jadi, jika menurut anda bahan wolfis sudah bagus dan nyaman untuk dikenakan, belum tentu orang lain akan mengatakan demikian.

Kemudian, sama dengan tingkat ketebalan juga, produk bahan wolfis ini memiliki tingkatan kualitas. Ada yang memproduksi bahan wolfis dengan kualitas bagus dan ada juga yang memproduksi bahan wolfis dengan kualitas yang kurang bagus.

Menyikapi hal ini, sebaiknya anda memeriksa bahan wolfis yang hendak anda beli dengan seksama terlebih dahulu, sehingga anda bisa merasakan yang manakah yang benar-benar bagus. Atau jika anda ragu, anda bisa meminta rekomendasi dari penjualnya.

Tekstur Bahan Wolfis

Bahan Wolfis
Tekstur Bahan Wolfis / penjualan.co

Melihat pada komposisi pembuatan bahan wolfis sebelumnya yang terdiri dari campuran katun, bahan sutra serta tambahan serat sintetis, sudah bisa kita bayangkan bahwa bahan ini memiliki tekstur yang halus.

Dikarenakan bahan jersy dan wolfis itu sama sama tidak bisa disetrika dengan suhu panas (apabila kena setrika suhu panas ada bekas cap seperti kilap), maka dari itu cara mencuci dan menjemurnya harus disiasati supaya hasilnya tidak perlu setrika.

Cara mencucinya Bahan Wolfis

Sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan mesin cuci

Mencuci cukup dengan merendam sebentar, boleh menggunakan detergent, kucek halus lalu bilas sampai bersih (menambahkan pelembut pakaian lebih baik hasilnya). Boleh dikeringkan dengan mesin pengering pada mesin cuci, tapi jangan dicampur dengan pakaian yang berbahan tebal atau kasar.

Cara menjemurnya yaitu dengan digantung menggunakan hanger baju. Setelah kering pakaian berbahan wolfis bisa langsung masuk lemari tanpa disetrika (dengan catatan baju tidak disimpan/ditaruh dalam posisi terlipat lipat). Apabila terlanjur terlipat lipat dan terdapat kusut, bisa disetrika dengan cara dialasi kain tipis agar suhu panas setrikaan tidak merusak permukaan gamis berbaban wolfis ataupun jersy.

Bahan yang dikenal dengan sebutan woolpeach ini meskipun memiliki tekstur halus namun tidak licin sehingga tetap nyaman untuk dipakai.
Dikarenakan bahan jersy dan wolfis itu sama sama tidak bisa disetrika dengan suhu panas (apabila kena setrika suhu panas ada bekas cap seperti kilap), maka dari itu proses mencuci dan menjemurnya harus disiasati supaya hasilnya tidak perlu setrika.

Penutup

Itulah Penjelasan dari kami semoga bermanfaat untuk Anda Semua, tentunya untuk yang mencari kain wolfis mungkin ini jadi salah satu referensinya.

Bahan Wolfis

1 thought on “Penjelasan Kain Wolfis, Kelebihan, Kekurangan, Ciri Ciri, dan Teksturnya [PALING LENGKAP]

Leave a Comment

%d bloggers like this: