Cara Membuat Gaplek Singkong Sederhana dan Mudah yang Berkualitas Baik

Cara Membuat Gaplek Singkong Sederhana dan Mudah yang Berkualitas Baik

Cara Membuat Gaplek – Hallo Sahabt Amanah, bagaimana kabarnya? Semoga Anda semua dalam lindungan Allah SWT, Aamiin. Sahabat, Gaplek ialah meupakan makanan yang terbuat dari singkong atau ketela pohon. Ubi dari singkong pohon akan dikupas, kemudian dibersihkan, dan dipotong-potong lalu dijemur.

Sahabat, Tahapan demi tahapan tersebut itu merupakan gambaran yang sederhana dalam pembuatan gaplek dari singkong yang sangat enak.

Banyak orang mengatakan, katanya, awal mula pembuatan gaplek tersebut karena singkong itu kurang begitu awet untuk disimpan dan akan sangat sulit untuk dijadikan perbekalan ketika orang-orang perjalanan jauh. Oleh sebeb itu, Mungkin hal itulah singkong itu di perlukan diolah agar menjadi bentuk lain yang lebih awet, kemudian bisa dijadikan gaplek, tepung kanji, tepung gaplek, atau olahan singkong lainnya.

Di wilayah Indonesia yang strategis, masih ada beberapa daerah yang makanan pokoknya adalah singkong. Penduduk yang tersebut biasanya akan menjadikan singkong sebagai makanan pokok, biasanya singkong tersebut akan diolah agar lebih awet. Untuk cara pengolahan pun sangat sederhana, dikupas, dibelah, dicuci, kemdian dijemur sampai kering, sampai menjadi gaplek.

Sahabat Amanah, dari bahan Gaplek inilah yang nanti akan diolah kembali menjadi berbagai macam olahan makanan tradisional. Gaplek ini mempunyai dua jenis yang umum di masyarakat. Yang pertama gaplek warna putih yang biasanya akan ditepungkan kemudian dimasak menjadi nasi tiwul. Yang kedua gaplek hitam yang biasanya diolah menjadi gatot tradisioanl.

Resep Membuat Gaplek yang Lezat

Inilah bahan dan juga cara membuat gaplek singkong di masyarakat.
Bahan Membuat Gaplek.

Cara Membuat Gaplek

Cara Membuat Gaplek
erjalanandanrutinitas.blogspot.co.id

• Ketela yang masih segar dan yang kualitasnya sangat baik.

Alat-alat yang dibutuhkan Membuat Gaplek

• Tikar
• Karung Goni
• Pisau
• Ember

Cara Membuat Gaplek Singkong

1. Yang pertama, Kupaslah singkong terlebih dahulu setelah itu cuci sampai bersih.
2. Irislah singkong tersebut dengan ukuran yang tidak terlalu panjang, kemudian belah menjadi dua bagian singkongnya.
3. Taruhlah singkong untuk dijemur di bawah terik sinar matahari selama kurang lebih 2-3 hari biasanya tergantung panas yang ada disekitar lingkuangan. lalu tutuplah singkong tersebut yang sudah dijemur dan kering kemudian tutuplah menggunakan tikar yang bersih selama kurang lebih 1 hari. Selanjutnya Tahapan ini bertujuan untuk menghilangkan racun-racun yang berada pada singkong.
4. Jemur kembali singkong tersebut sampai kering.
5. Setelah Singkong kering inilah yang disebut dengan nama gaplek.
6. Kemudian Masukkanlah gaplek ke dalam karung yang sudah di sediakan dan simpan di tempat yang sangat kering agar kualitasnya baik dan terjaga.

Inilah caranaya membuat gaplek yang cukup sederhana dan mudah dilakukan. Kalau yang sudah jadi gaplek tentu memiliki syarat dan ketentuan agar gaplek tersebut di anggap sebagai kualitas yang terbaik.

Syarat-syarat Gaplek yang Berkualitas Baik

• Gaplek dikemas dalam wadah yang bersih dan tertutup dengan baik.
• Bentuk gaplek gelondongan atau belahan memanjang, palet atau tepung.
• Tidak ada kulit yang tertinggal di gaplek.
• Gaplek tidak berjamur
• Gaplek warna putih
• Dan yang terakhir Gaplek benar-benar kering.

Sahabat Amanah, Gimana Anda tertarik untuk membuat gaplek oalahan sendiri? Gaplek ini biasanya selain dibuat tepung, ada juga olahan lain yang berbentuk tapung tradisional, namanya mocaf.

Sekian Pembahasan kami tentang cara membuat gaplek, mudah-mudahan ada manfaatnya untuk Anda. Terima kasih.

Cara Membuat Gaplek

Leave a Comment

%d bloggers like this: