Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang 100% Work! Wajib Anda Coba

Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang 100% Work! Wajib Anda Coba

Cara Mengatasi Laptop Lemot– Hallo Sahabat amanah? Bagaimana kabarnya? Semoga Anda semua dalam lindungan Allah SWT Aamiin. Sahabat, kali ini kami akan membagikan tips bagaimana cara mengatasi laptop lemot yang kebanyakan sering di alami semua penguna laptop atau komputer, pasti pernah mengalami semuanya dan inilah Cara Mengatasi Leptop Lemot.

Permasalahan yang muncul di tengah pesatnya perkembangan teknologi adalah kemampuan laptop atau PC yang tidak memadai. Banyaknya cache atau file sampah dari aplikasi yang kita instal membutuhkan ruang yang lebih besar untuk menjaga kestabilan operasi dari aplikasi tersebut.

Banyaknya aplikasi yang terbuka menyebabkan berkurangnya kemampuan PC untuk menjalankan semua aplikasi tersebut secara bersamaan. Sempitnya ruang yang tersisa serta banyaknya beban yang harus dijalankan oleh RAM, akan menyebabkan PC anda menjadi lelet atau lemot.

Cara Mengatasi Leptop Lemot

cara mengatasi leptop lemot
Sumber Image: qo2robert.net

Permasalahan ini akan hilang ketika anda menginstal ulang laptop anda, namun akan banyak data anda yang ikut terhapus. Berikut ini merupakan cara mengatasi laptop lemot pada berbagai sistem operasi tanpa harus instal ulang :

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10,

Ada berbagai cara pilihan yang bisa digunakan untuk mengatasi laptop yang lemot, berikut adalah cara-caranya secara singkat :

Menutup semua program yang tidak digunakan

1. Buka Task Manager dengan pencet tombol Ctrl + Shift + Esc
2. Klik pilihan More detail
3. Klik Startup
4. Muncul kotak dialog yang berisi list program yang sedang bekerja pada background
5. Klik kanan pada program yang akan ditutup kemudian pilih disable
6. Untuk memastikan program yang akan ditutup memiliki hubungan dengan program yang sedang anda jalankan, anda dapat mengeceknya pada menu Properties

Non aktifkan fitur yang tidak terlalu penting dalam pekerjaan seperti shadow dan animasi pada background

1. Klik icon start, kemudian ketik sysdm.cpl > enter
2. Muncul kotak dialog System Properties, kemudian pilih tabs Advanced
3. Klik Setting pada kolom Perfomance
4. Muncul kotak dialog Perfomance Options yang berisi list fitur pada laptop anda
5. Uncheck fitur yang tidak penting seperti animations in the taskbar, fade or slide menus into view, Show shadow under windows, dsb.
6. Apabila anda tidak mengerti fitur apa saja yang dapat melemahkan kinerja laptop, anda dapat memilih opsi Adjust for best perfomance

Mengecek masalah pada Windows Troubleshooter

1. Buka control panel, kemudian pilih menu troubleshooter
2. Muncul kotak dialog System and Security > Klik Run maintenance task
3. Kemudian pilih Troubleshoot and help prevent computer problems yang akan membetulkan secara otomatis apabila terdapat masalah pada laptop anda

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7

cara mengatasi leptop lemot
Sumber Image: infodantutorial.com

Mengurangi dan menutup program dan service yang tidak digunakan

1. Klik icon start > ketik msconfig pada mesin pencari > enter
2. Muncul kotak dialog System Configuration > klik tab Service
3. Pilih opsi Hide all Microsoft service
4. Kemudian pilih opsi Dissable all
5. Klik tab Startup > klik Dissable all, kemudian pilih program yang harus diaktifkan seperti antivirus
6. Klik OK dan restart laptop anda

Menghapus file yang tidak diperlukan

1. Buka Windows Disk Clean Up, kemudian klik Properties
2. Pada bagian hard disk, klik Disk Cleanup
3. Muncul list file dan pilih file yang akan dihapus, kemudian klik OK

Melakukan defragmentasi hardisk

1. Buka Windows Disk Defragmenter
2. Klik kanan pada bagian hard disk, kemudian klik kanan dan pilih Properties
3. Muncul kotak dialog Disk Defragmenter > Pilih opsi Analyze, kemudian klik Defragment Disk.

 

Mengurangi efek dan animasi pada background

1. Buka Properties dengan cara klik kanan pada background
2. Pilih Advanced System Setting
3. Muncul kotak dialog System Properties, kemudian pilih tab Advanced
4. Pilih opsi Visual Effect pada kotak Perfomance Options
5. Cara lain apabila anda ingin memilih efek yang dinonaktifkan secara manual yaitu dengan memilih opsi custom
6. Cara apabila anda ingin laptop anda diatur secara otomatis adalah dengan memilih Adjust for Best Perfomance.

Permasalahan laptop lemot tidak hanya terjadi ketika sedang dijalankan, namun dapat terjadi dari awal kita menyalakan laptop. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan laptop lemot saat dinyalakan, antara lain terlalu banyak aplikasi yang ada di startup atau desktop, memori laptop habis, atau laptop terkena virus. Berikut ini adalah cara mengatasi laptop lemot pada saat dinyalakan:

Cara Mengatasi Laptop Lambat Booting Windows 7

Cara Mengatasi Leptop Lemot
Sumber Image: neoaztec.net

1. Menghapus aplikasi yang jarang digunakan dari desktop

Icon pada desktop mempermudah anda untuk mengakses lokasi sebuah program, namun apabila terlalu banyak program yang anda tempel pada background akan berdampak pada proses booting laptop anda. Anda dapat mengatur program yang anda tempel dengan langkah yang sama seperti yang telah disebutkan diatas. Cara Mengatasi Leptop Lemot

2. Mengganti hard disk

Hard disk merupakan salah satu komponen penting dalam laptop untuk beroperasi. Kerusakan pada komponen ini berdampak pada kinerja sistem. Apabila anda mendapati laptop yang lemot, coba periksa kondisi hard disk untuk mengetahui adanya kerusakan. Apabila hard disk mengalami kerusakan yang parah, maka dianjurkan untuk menggantinya dengan yang baru agar kinerja laptop anda kembali normal.

3.Mengupgrade spesifikasi laptop

Berkembangnya teknologi memicu programer untuk membuat software yang lebih praktis dan tidak memakan banyak memori. Namun perkembangan ini tidak dapat berlangsung apabila tidak didukung oleh peralatan yang memadai. Apabila anda ingin menggunakan program terbaru yang ada, anda harus memastikan spesifikasi yang dimiliki oleh laptop anda. Anda dapat mengupdate secara online atau membawa laptop anda ke service center.

4. Menginstall Anti Virus

Masalah leletnya laptop dapat disebabkan oleh virus yang ada dalam laptop anda. Susunan file program yang terjangkit virus akan teracak sehingga butuh waktu yang lama untuk mengaktifkan program. Hal ini yang menyebabkan proses booting menjadi lama. Anda dapat mengaktifkan antivirus untuk mengatasi virus di laptop anda. Virus yang terdeteksi dihapus atau anda dapat menginstal ulang program yang terjangkit.

Cara Mengatasi Jaringan Lemot Di Laptop

cara mengatasi leptop lemot
Sumber Image: pricebook.co.id

Internet merupakan kebutuhan setiap manusia yang memiliki smartphone atau laptop untuk kepentingan pendidikan ataupun pekerjaan. Berikut ini merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jaringan lemot di laptop:

1. Memasang alat penguat sinyal

Apabila anda tinggal di perkotaan yang memiliki banyak gedung pencakar langit atau tinggal di desa yang masih banyak pohon pohon tinggi, anda dapat memasang alat penguat sinyal agar sinyal terkumpul dan masuk ke laptop anda.

2. Mengatur Bandwidth | Cara Mengatasi Leptop Lemot

Ketik Run pada mesin pencari > open gpedit.msc, kemudian pilih computer configuration > administrative templates > network > pilih QoS Packet Scheduler, double klik Limit reversable bandwidth > isi angka 0 pada Bandwidth limit > Apply. nah itulah Cara Mengatasi Leptop Lemot pada jaringan

3. Mengganti DNS server

Buka control panel > Network and Internet > pilih Network Sharing center > klik Local Area connection > klik properties > pada opsi internet protocol v.4, klik properties kemudian ganti DNS dengan Alternate DNS > OK > simpan.

Nah sahabat, itulah artikel dari kami Cara Mengatasi Leptop Lemot, semoga apa yang kami jabarkan di atas ada manfaatnya, kurang lebihnya kami mohon maaf.

Cara Mengatasi Leptop Lemot

Leave a Comment

%d bloggers like this: