Cara Mudah Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer / Laptop Anda!

Cara Mudah Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer / Laptop Anda!

Cara Mengembalikan File yang Terhapus – Saat ini data softcopy memang sangat penting apalagi jika mereka adalah para pengusaha yang memiliki mobilitas yang tinggi, jangankan pengusaha masyarakat umum pun pasti menyimpan data pentingnya menggunakan word atau notepad atau mungkin kalian yang hobi mengkoleksi software atau game pasti membutuhkan waktu, kesabaran dan uang kuota yang besar.

Jika kalian adalah seorang “King Oil untuk bisa mendownload file aplikasi atau game yang besarnya bisa lebih dari 2GB. Atau kalian yang hobinya mengkoleksi film-film drakor alias drama korea pastinya butuh waktu untuk mendownload drama itu bukan?

Terus bagaimana jika data tersebut hilang? Jika hilang atau terhapusnya tidak permanen masih bisa di restore melalui recycle bin. Tapi bagaimana jika di recycle bin tidak ada? Terhapus secara permanen? Pastinya kalian bingung, panik, atau mungkin emosi bisa meledak jika file penting kita atau film dan software yang kita download secara susah payah hilang begitu saja.

Tapi tunggu dulu, jangan panik, bingung, dan juga emosi. Karena file kalian yang terhapus secara permanen itu masih bisa kembali lagi loh. Caranya? Caranya dengan menggunakan aplikasi yang bernama EaseUS Data Recovery Wizard. Dengan aplikasi ini data kalian yang terhapus secara permanen masih bisa kembali, dengan tingkat keberhasilan 97%.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? Langsung aja simak langkah-langkahnya di bawah ini. Dan sebelumnya jangan lupa untuk memfollow website saya agar kalian bisa mendapatkan informasi unik lainnya secara berkala.

1. Download Aplikasi Recovery

Cara Mengembalikan File yang Terhapus yang Pertama, Jika kalian belum punya aplikasinya, kalian bisa download aplikasinya melalui google tapi hanya bersifat trial dan hanya bisa merecovery data sebesar 500mb saja. Jika kalian ingin bisa merecovery tanpa batasan ukuran kalian bisa membeli lisensinya atau bisa dengan cara “jahat” yaitu crack. Kalian bisa cari bajakannya di internet dan juga cara aktivasinya. Setelah download install aplikasi seperti biasanya.

2. Buka EaseUS Data Recovey

Cara Mengembalikan File yang Terhapus yang Kedua, buka aplikasi EaseUS Data Recovery Wizardnya dan kalian akan melihat tampilan aplikasi seperti gambar dibawah. Pilih drive atau partisi mana yang ingin anda scan atau dimana lokasi file yang terhapus tersebut. Jika sudah dipilih klik tombol Scan.

Gambar: Langkah1.png

3. Proses Scanning

Cara Mengembalikan File yang Terhapus yang Ketiga, tunggu sampai proses scanning data selesai lama tidaknya tergantung dari jumlah file yang pernah terhapus dari partisi tersebut. Anda juga bisa menghentikan proses scanning ketika file yang ingin anda recovery sudah muncul. Tapi, terkadang hal tersebut menyebabkan file yang kita recovery mengalami kerusakan.

Alangkah baiknya jika menunggu sampai proses scanning selesai. Anda juga bisa mensave data hasil scanning jika sewaktu-waktu kalian ingin merecovery data yang lain tanpa perlu melakukan scanning lagi.

Gambar: Langkah2.png

4. Recovery Hasil Scanning

Cara Mengembalikan File yang Terhapus yang Keempat, jika proses scanning sudah selesai pilih atau centang file yang ingin anda recovery, file yang besar kemungkinan untuk masih bisa di recovery di tandai dengan adanya huruf “d” pada file seperti pada gambar. Disini saya akan merecovery file webmin-1.820.tar.gz. jika sudah di pilih file yang ingin di recovery, klik tombool Recover.

Gambar: Langkah3.png

5. Menentukan Letak Hasil Recovery

Cara Mengembalikan File yang Terhapus yang Kelima, jika kalian mengklik tombol recover maka kalian akan diberikan pilihan dimana file yang anda recovery untuk di letakkan. Disini saya akan taruh di data E. jika sudah memiih lokasi untu file recovery kemudian klik OK.

Gambar: Langkah4.png

6. Menunggu Hasil Recovery File

Cara Mengembalikan File yang Terhapus yangKeenam, tunggu sampai file yang di recovery selesai. Semakin besar file yang direcovery semakin lama pula waktu yang diperlukan. Kecepatan recovery juga berpengaruh terhadap performa processor dan harddisk yang digunakan jika menggunakan SSD dan processor yang digunakan core i7 pasti akan lebih cepat ketika melakukan proses recovery.

Gambar: Langkah5.png

7. Proses Recovery Selesai | Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus yang Ketujuh, jika proses recovery sudah selesai maka secara otomatis computer akan menampilkan file yang sudah direcovery di weindows explorer jika tidak, kalian bisa mengklik tulisan biru yang muncul ketika proses recovery selesai. Jika sudah cek data tersebut apakah mengalami kerusakan atau tidak.

Dan disini saya berhasil merecovery file webmin yang tadi terhapus secara permanen dan file tersebut masih bisa dibuka dan tidak mengalami kerusakan. Memang tidak menjamin 100% file yang direcovery kembali dengan normal tapi setidaknya masih ada data-data yang berhasil diselamatkan.Biasanya ketika melakukan recovery dalam jumlah file yang lebih dari 5 lebih baik merecovery secara bertahap untuk menghindari kerusakan file yang di recovery.

Gambar: Langkah6.png
Gambar: Langkah7.png

Baik cukup sekian turorial kali ini, jadi mulai sekarang kalian enggak usah khawatir, panik, bingung atau pun emosi ketika file penting anda terhapus. Tinggal download aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard dan melakukan recovery, data anda yang terhapus secara permanen bisa kembali lagi dengan selamat.

Sebenarnya masih banyak aplikasi recovery yang lain tapi akan di jelaskan di lain waktu. Semoga apa yang saya bagikan kali ini bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Leave a Comment

%d bloggers like this: