17+ Macam Macam Jenis Bunga, Gambar, Keterangan, yang Enak dipandang!

17+ Macam Macam Jenis Bunga, Gambar, Keterangan, yang Enak dipandang!

Gambar bunga – Selamat datang di website saling amanah, sebuah website yang menerangkan semua jenis informasi dari semua hal yang ada di dunia. Kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang berbagai macam bunga dari jenis, keterangan, dan gambar.

Yang diperlukan pertama kali untuk merawat bunga ini adalah keuletan atau ketelatenan karena merawatnya tergolong mudah.

Di antara bunga-bunga yang akan saya bahas terdapat bunga yang mempunyai berbagai macam manfaat dan yang bisa budidayakan di rumah.

Gambar bunga

Selain mempuanyai banyak manfaat beberapa jenis bunga juga mempunyai sebuah arti. Bahkan bisa untuk menyampaikan perasaan seseorang kepada pasanganya dengan memberikan bunga tersebut.

Sekarang saya akan menjelaskan beberapa contoh dan Gambar bunga yang akan kita bahas secara lengkap.

1. Gambar bunga mawar

Gambar bunga
Gambar bunga / Digiyan.com

Pada dasarnya bunga mawar termasuk salah satu bunga yang mempunyai beraneka ragam jenis. kurang lebih terdapat sekitar ratusan spesies dengan -berbagai macam warna yang berbeda beda.

Dari beraneka warna-warna yang terdapat pada bunga mawar, terdapat beberapa arti yang tidak sama antara jenis warna satunya dengan jenis warna yang lainnya. Makna pada warna bunga mawar tersebut akan diterangkan pada jenis bunga mawar di bawah.

1. Gambar Bunga Mawar merah

Gambar bunga
Gambar bunga / memeflorist.com

Memberikan setangkai bunga mawar berwarna merah adalah salah satu cara untuk mengungkapkan perasaan seseorang kepada orang yang dicintainya. Selain untuk menggungkapkan rasa cinta bunga mawar merah juga dapat digunakan untuk mengungkapkan rasa lain seperti rasa rindu kepada seseorang yang jauh.

2. Gambar Bunga Mawar peach

Bunga mawar yang lainnya adalah bunga mawar yang berwarna peach yang mempunyai warna hampir sama dengan warna pink kekuningan, warna peach mengandung makna tentang perasaan hangat, serius dan juga sebagai bentuk kesopanan seseorang.

3. Gambar Bunga Mawar kuning

Gambar bunga
Gambar bunga / tokopedia.com

Bunga mawar yang memiliki warna kuning sering dijadikan simbol kebahagiaan. Selain itu bunga yang terdapat warna yang cerah itu pula biasanya menlambangkan tentang kepeduliaan terhadap sesama dan rasa persahabatan.

2. Gambar bunga matahari

Gambar bunga
Gambar bunga / RedDoorz.com

Kita mungkin pernah menjumpai bunga matahari yang sekarang sudah terdapat di mana mana karena Di negara Indonesia sendiri sudah banyak masyarakat yang membudidayakannya.

Di balik keindahan yang terdapat pada bunga matahari sebagian orang belum mengetahui bahwa bunga tersebut mempunyai manfaat yang sangat banyak.

  • Sebagai penghasil minyak

Manfaat yang pertama adalah di dalam biji bunga matahari mengandung minyak yang bisa didapatkan jika bisa bersungguh sungguh membudidayakan dan merawatnya dengan baik.

Bunga matahari yang di maksud tersebut banyak mempunyai cangkang biji yang tipis yang mana di dalam kacang tersebut mengandung minyak yang terdapat dalam biji bunga matahari sangat banyak yaitu kira-kira 53%.

Sehingga bunga matahari jenis ini memang banyak di cari dan di ambil minyaknya karena memiliki manfaat yang sangat menguntungkan bagi yang membudidayakannya.

  • Pupuk serta pakan

Tidak hanya minyaknya saja manfaat lainnya adalah untuk di jadikan pupuk.

Dengan cara mengambil daunnya yang sudah jatuh ke tanah lalu dijadikan pupuk, selain bunganya yang untuk pupuk bijiny pun bisa digunakan sebagai makanan hewan.

Bunga matahari ini berbeda dari jenis lainnya, karena ukuranya yang lebih kecil di bandingkan bunga matahari lainnya.

Oleh karena itu bunga matahari jenis ini lebih cocok jika dijadikan pupuk atau makanan ternak daripada untuk di ambil bijinya

  • Bunga matahari sebagai tanaman hias.

Setelah itu pembahasan selanjutnya ialah bunga matahari dengan bagus dijadikan untuk tanaman hias.

Yang membedakan Jenis yang satu ini ialah mahkota bunganya yang besar, warnanya yang menarik dan cocok untuk di jadikan sebagai tanaman hias.

Bunga matahari yang tergolong pada kelompok tanaman hias biasanya mempunyai warna warna yang sangat beragam dan indah serta pada setiap cabangnya juga terdapat bunganya.

3. Gambar bunga sakura

Gambar bunga
Gambar bunga / wanita.me

Sekarang tidak harus mengunjungi Negara Jepang untuk merasakan bagaimana keindahan bunga sakura karena di Indonesia sekarang sudah ada yang menanam bunga sakura seperti di Karangasem Bali.

Bunga sakura dan bunga seruni menjadi bunga nasional Jepang.

Keindahan bunga sakura terdapat pada warna pink atau merah muda yang dapat membuat orang yang melihatnya langsung berdecak kagum dan terpesona akan keindahan dari warna bunga sakura apabila sedang mekar.

Ada berbagai jenis bunga sakura dilihat dari bentuk bunga dan warna yang terdapat di bunga sakura seperti :

  • Bunga sakura edo higan
Gambar bunga
Gambar bunga / 123rf.com

bunga jenis ini berbeda dengan sakura yang lain karena sakura ini mekar pada musim dingin.

Selain itu sakura edohigan juga mempunyai umur yang lebih lama di bandingkan dengan bunga sakura jenis yang lain.

Bunga sakura edohigan mempunyai macam-macam jenis tapi yang terkenal adalah izhiwarizakura dan yamadakashinyozakura, dua jenis bunga tersebut sudah dikategorikan bunga langka dan dilarang untuk memburunya pada masa sekarang.

Ciri khas Bunga ini yaitu mempunyai warna yang sangat indah dan mecolok yakni putih, dan rantingnya menjulang ke atas dengan sangat indah.

Satu lagi jenis dari endhoigan adalah yaebenisshidare yaitu bunga sakura yang memiliki warna yang sangat cerah dan ditambah banyak daunnya sehingga membuatnya lebih inadah.

  • Bunga sakura shidarezakura
Gambar bunga
Gambar bunga / majestictrees.co.uk

Bunga sakura jenis shidarezakura memiliki ciri ciri bunganya saat mekar bertumbuh mekar seperti air mancur, Bunga jenis ini di kota Kyoto di namai juga dengan bunga bersedih.

4. Gambar bunga tulip

Gambar bunga
Gambar bunga / bukalapak.com

Bunga tulip bunga nasional Negara Belanda ini sudah tak perlu lagi di pungkiri keindahannya, karena bunga tulip adalah salah satu bunga yang yang hampir di ketahui oleh semua masyatakat dunia dan keindahannya pun telah mendapat pengakuan khusus di berbagai negara.

Walaupun dari ukuran bunga ini tergolong dalam kelompok bunga kecil dan sederhana namun apabila dilihat dari jarak yang lebih dekat bunga ini kelihatan sangat indah ditambah jika berkelompok, sehingga orang yang melihatnya akan terpesona dengan keindahan bunga tulip apabila telah melihat bunga tersebut.

Jenis-jenis bunga tulip:

  • Bunga tulip merah
Gambar bunga
Gambar bunga / kumpulanbunga.blogspot.com

Hampir sama dengan kegunaan mawar merah, bunga tulip berwarna merah di gunakan untuk menyampaikan perasaan seseorang kepada kekasihnya yang sangat di cintai.

Jika tidak ada mawar merah untuk diberikan kepada kekasih, bunga tulip merah a dapat mengganti bunga mawar yang warna merah sebagai penggantinya.

  • Bunga tulip kuning
Gambar bunga
Gambar bunga / macammacam-bunga.blogspot.com

Bunga tulip yang berwarna kuning mengandung arti tentang pertemanan, kebahagiaan dan kehangatan.
Warna kuningnya yang indah memberikan rasa bahagia kepada setiap orang yang melihatnya.

Maka, biasanya bunga ini diberikan kepada para sahabat yang sedang terkena musibah, sakit ataupun yang lainnya, sehingga para sahabat yang sedang dalam masalah bisa kembali bahagia dan cepat selesai masalah yang sedang dihadapi.

  • Bunga tulip pink
Gambar bunga
Gambar bunga / alihamdan.id

bunga tulip warna pink atau merah muda ini bermakna tentang harapan yang baik dan kesuksesan yang ingin di raih. Di negara Belanda yang siapa yang menang dalam perlombaan akan di diberi penghargaan dan di beri rangkaian bunga tulip yang berwarna merah muda sebagai lambang kesuksesan.

Tak hanya itu bunga tulip warna merah muda juga biasa di pakai untuk berbagai acara seperti pesta dan pernikahan, dimana sang mempelai wanita biasanya akan di kalungkan rangkaian bunga tulip warna merah muda supaya masa depan pernikahan mereka berjalan baik kedepanya.

5. Gambar bunga anggrek

Gambar bunga
Gambar bunga / outerbloom.com

Warna pada bunga anggrek kebanyakan didominasi oleh warna putih dan warna ungu.

Tak hanya itu, terdapat berbagai macam jenis anggrek yang dapat di jumpai baik yang di budidayakan atau yang tumbuh di alam liar.

Jika ingin membudidayakan bunga anggrek tergolong cukup sederhana. Caranya yaitu dengan meletakkan bibit bunga anggrek itu di pohon yang di anggap cocok untuk bunga anggrek seperti manga atau rambutan, lalu bungkus akarnya dengan serabut kelapa.

Manfaat dari bunga anggrek banyak sekali, dan masih banyak yang belum di ketahui oleh masyarakat luas, di bawah ini adalah beberapa manfaat dari bunga anggrek:

  • Sebagai simbol dan obat-obatan

Di dalam masyarakat yunani kuno bunga anggrek melambangkan tentang kekuatan para kaum pria.

Berbeda dengan masyarakat dunia modern seperti saat ini bunga anggrek sering digunakan untuk melambangkan kemegahan suatu perusahaan dan untuk lambang jatuh cinta sama seperti bunga mawar merah.

Bebeda dengan masyarakat yunani di negara tiongkok, bunga anggrek di gunakan untuk wewangian atau parfum pada zaman dinasti di masa lampau.

Dan di negara yang maju seperti China fungsi bunga anggrek sudah tidak lagu hanya untuk tanaman hias terapi di gunakan untuk ramuan obat.

  • Sebagai penghilang untuk stress

Bunga anggrek pernah di teliti, bahwa jika seseorang dapat membudidayakan bunga anggrek di dalam rumah dengan baik, maka bisa sedikit bisa membantu mengurangi stress yang di alami karena ada semacam relaksasi.

6. Gambar bunga melati

Gambar bunga
Gambar bunga / manfaat.co.id

Salah satu Jenis bunga yang sering di budidaya oleh masyarakat adalah bunga melati. bunga melati mempunyai berbagai manfaat, bisa di gunakan untuk wewanginan ataupun untuk obat penyakit.

  • Batang bunga melati
Gambar bunga
Gambar bunga / hujantengahhari.wordpress.com

Jika di lihat dari batangnya, maka dapat di ketahui bahwa bunga melati adalah jenis bunga atau tumbuhan yang biasa hidup di semak belukar.

Cabangnya biasanya mencapai tinggi sampai 5 cm bahkan lebih dan batangnya terasa lembut berbeda dengan batang batang tumbuhan lainya.

  • Daun melati
Gambar bunga
Gambar bunga / bungahiass.blogspot.com

Daun bunga melati yang berwarna hijau, biasanya memiliki bentuk daun beraneka macam bentuk dan mempunyai anak daun yang tumbuh di kanan maupun di kiri sisinya.

Bentuk tulang daun biasanya berbentuk mirip sirip ikan.

Daun bunga melati sendiri memiliki helaian dan tangkai yang berbentuk bulat dan di bagian ujung daun berbentuk setengah bulat dengan bagian pangkal yang sedikit runcing ke bawah.

  • Bunga melati

Di dunia ini hanya terdapat 3 macam warna bunga melati yakni putih, kuning, dan merah muda atau pink.

Ukuran bunganya kecil atau mungil tetapi melati aroma baunya wangi sehingga biasanya di gunakan untuk di buat campuran the dan dapat di gunakan untuk meredakan stress bagi orang yang sedang mempunyai masalah.

7. Gambar bunga teratai

Gambar bunga
Gambar bunga / dagangcanang.blogspot.com

Jika di lihat dari Gambar bunga teratai yang berada di atas pastinya banyak orang yang mengira bahwa bunga teratai hanya dapat hidup di atas permukaan air.

Ternyata Bunga teratai pun dapat hidup di air yang aliran arus nya sangat sedikit, seperti di sawah atau rawa.

Selain itu Bunga teratai juga mempunyai banyak manfaat untuk kegunaan hidup manusia salah satunya yaitu:

Manfaat Bunga Teratai

  • Mengobati batuk darah
  • Mengobati penyakit batuk
  • Mengobati Batuk berdarah
  • Mengatasi diare dan muntah

Karena di dalam bunga teratai ini mengandung zat yang tersembunyi yaitu asam nikotinat.

Dengan caranya bunga teratai bagian rimpangnya di olah menjadi jus.

Tak hanya untuk menyembuhkan batuk manfaat yang lain yang terkandung dalam tumbuhan ini adalah bisa menyenbuhkan penyakit diare bahkan muntah-muntah atau mutaber.

Caranya hampir sama dengan obat batuk yaitu buatlah jus rimpang untuk di minum agar dapat mengembalikan cairan di tubuh yang hilang.

Karena mineral yang terkandung di dalam teratai sangat bagus untuk memulihkan tenaga akibat kehilangan cairan, biasanya jus teratai di tambahi dengan campuran tanaman herbal seperti jahe agar bertambah manfaat dan rasanya sedikit enak.

  • Dapat mengobati disentri

Penyakit disentri cairan dapat mengurangi cairan di dalam badan secara drastis, maka biasanya di anjurkan agar meminum jus rimpang secara teratur agar kondisi badan akibat kehilangan cairan segar kembali.

Cara membuatnya sangat mudah, yaitu siapkan 55 gr rimpang teratai lalu di tambahkan 10 gr jahe yang sudah di parut.

Campur kemudian peras semua campuran tersebut dengan air 100cc, setelah itu rebus bahan tersebut sampai matang tambahkan madu 10 cc dan segera di minum saat masih hangat.

8. Gambar bunga sepatu

Gambar bunga
Gambar bunga / dekoruma.com

Di seluruh penjuru dunia terdapat banyak jenis bunga sepatu yang berbagai macam salah satunya yaitu yang berbentuk seperti terompet dengan diameter tengah mencapi 7 cm dan bahkan bisa mencapai 20 cm.

Ciri khas dari bunga ini adalah putiknya menjuntai sampai bagian luar dan sangat terlihat jelas karena berukuran sedikir besar. Setelah mekar bunga ini bisa mengarah ke berbagai penjuru arah, ke samping, ke atas, dan ke bawah, mengikuti arah datangnya cahaya matahari.

Di negara jepang bunga sepatu biasanya di pakai untuk hiasan di dalam rumah.

Di bagian selatan negara jepang bunga sepatu di sebut dengan bunga kehidupan. Bunga sepatu di negara jepang biasanya digunakan untuk acara pemakaman.

Sedangkan manfaat lain bunga sepatu yaitu bisa di jadikan untuk bahan membuat kertas.

Bunga yang biasa di gunakan untuk bahan pembuatan kertas adalah bunga sepatu jenis kenaf.
Selain itu manfaat lainya dapat di gunakan sebagai bakal teh.

Khasiatnya pun tak kalah jauh dengan teh biasa, dengan mengonsumsi teh dari bunga sepatu sangat baik untuk menjaga kesehatan badan.

9. Gambar bunga kamboja

Gambar bunga
Gambar bunga / pengobatanherbaljawa.blogspot.com

Cara mengetahui lebih banyak jenis bunga kamboja yaitu dengan dating ke pemakaman umum karena biasanya terdapat banyak pohon, jenis dan bunga kamboja yang berbeda beda.

Sedangkan yang biasanya di jadikan untuk bunga hiasan yaitu jenis bunga kamboja berukuran kerdil atau biasa di sebut bunga kamboja jepang.

Di bawah ini adalah macam-macam bunga kamboja.

  • Adenium obesum
Gambar bunga
Gambar bunga / ilmubudidaya.com

Kamboja ini jenis ini sering di jumpai di Afrika bagian timur.

Yaitu di selatan negara Arabia dan biasa di sebut dengan desert rose atau karo rose.

Sedangkan di negara Indonesia bunga jenis ini sekarang sangat di cari untuk di budidayakan sendiri.

Di habitat aslinya, bunga kamboja biasa hidup di sekitar semak belukar dan mempunyai tinggi bisa sampai 11-12m.

Berbeda dengan daerah lain di Indonesia bunga ini tumbuh hanya sekitar 2-3m saja, ukuran pohonnya tidak sebesar di negara lain.

Ciri khas dari bunga kamboja jenis ini biasanya berwarna merah di tepi dan terdapat warna putih padabagian tengah bunga.

Manfaat bunga kamboja untuk obat bisul

bunga kamboja pun dapat menyembuhkan penyakit bisul yang anda rasakan walaupun biasanya Bisul sangat di remehkan bagi sebagian orang, tetapi penyakit bisa sangat mengganggu jika sudah parah.

cara sangat mudah yaitu cukup menyiapkan daun kamboja yang sudah di panaskan hingga alum dan di tambahkan sedikit olesan minyak zaitun di bagian daun yang sudah di panaskan.

Setelah itu letakkan daun di bagian yang terkena bisul, dan biarkan sampai racikan bunga kamboja kering.

10. Gambar bunga bangkai

Gambar bunga
Gambar bunga / portaltiga.com

Di indonesia terdapat bunga yang langka yakni bunga bangkai. Untuk dapat mengetahui lebih jauh bisa di lihat melalui Gambar bunga di atas.

Di namakan Bunga bangkai karena bisa mengeluarkan bau yang sangat busuk, tetapi ternyata bunga bangkai mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia seperti berikut ini.

Manfaat Bunga Bangkai bagi Kesehatan

  • Dapat menjaga kesehatan tulang

Bunga bangkai sangat berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit tulang karena di dalam bunga bangkai terdapat kandungan yang dapat mempercepat penyembuhan penyakit tulang seperti tulang keropos atau osteoporosis.

  • Sebagai sumber energi

Tak hanya itu manfaat lain dari bunga bangkai yaitu dapat digunakan untuk sumber energi. Terutama bagi orang yang mengalami sering mengalami kecapekan dan lelah karena berkurangnya sumber energi di dalam tubuh manusia.

  • Dapat menjaga tubuh dari berbagai penyakit.

Bagi setiap orang yang kurang teratur dalam menjaga pola makan pasti mempunyai tubuh yang akan mudah terkena berbagai bermacam macam penyakit.

Maka dari itu di anjurkan untuk makan secara teratur dan mengkonsumsi ekstrak bunga bangkai agar tidak mudah terserang penyakit.

11. Gambar bunga raflesia

Gambar bunga
maymay19.blogspot.com

Jika di lihat dari jenisnya ini pasti dapat diketahui bahwa bunga di atas mempunyai diameter ukuran yang besar di bandingkan bunga lainya. Bunga jenis tersebut mempunyai bau yang sangat tidak enak.

Bunga raflesia juga di sebut bunga bangkai raksasa karena baunya yang sangat busuk adapun ciri-ciri dari bunga raflesia di bawah ini.

Ciri-ciri bunga Raflesia:

1. Bunga berbobot berat yang sangat besar

Bunga raflesia mempunyai diameter tengah yang sangat tidak umum yaitu 1 meter garis tengah. Beratnya pun dapat mencapai 10 kg. dan memiliki tinggi sampai 50 cm dari tanah.

mahkota Bunga raflesia biasanya mempunyai jumlah 5 buah mahkota.

Dan di setiap helai bunganya memiliki warna merah dan terdapat bintik-bintik putih yang tersebar merata pada semua mahkota bunga raflesia ini.

Sedangkan Bunga kecilnya saja mencapai ukuran kurang lebih 20 cm atau sama dengan bunga matahari.

2. Bukan tumbuhan yang sejati

Bunga raflesia tidak mempunyai akar, dan tidak memiliki daun atau batang karena tumbuhan ini berupa parasit atau sering di namai tumbuhan tidak sejati.

Bunga raflesia mendapatkan makanannya berbeda dengan tumbuhan lain, bunga raflesia memperoleh makanan dengan cara menempel pada tumbuhan lain atau inang tumbuhan.

3. Jenis tanaman endoparasit

Seperti yang telah di jelaskan di atas bunga raflesia tidak bisa memperoleh makanan sendiri atau fotosintesis, maka bunga raflesia ini hidup sebagai parasit atau inang.

Cara makannya menggunakan sulur dengan cara menyerap nutrisi yang terdapat di tumbuhan tempatnya tinggal.

12. Gambar Bunga dahlia

Gambar bunga
Gambar bunga / khasiat.co.id

Keindahan dari bunga dahlia sangat menarik bagi siapa pun yang telah melihatnya sehingga ingin memilikinya.

Ciri khas bunga dahlia adalah salah satu bunga yang mekar pada musim panas dan gugur.

Negara meksiko menjadikan bunga dahlia sebagai bunga nasional negaranya.

Bunga dahlia masuk dalam golongan tumbuhan hias yang banyak dicari dan di budidayakan serta betumbuh tegak ke atas. Bunga dahlia berasal dari negara meksiko.

Manfaat bunga dahlia

Bunga dahlia yang berwarna putih di jadikan untuk bunga dukacita maka sering berada di pemakaman. sedangkan bunga dahlia yang berwaba lain seringnya dijual sebagai tanaman hias di dalam polybag atau pot langsung.

Tanaman ini juga mempunyai ubi yang megandungan sekitar 70 persen pati yang berbentuk inulin. inulin dari ubi bunga dahlia sering di manfaatkan oleh dokter kecantikan untuk perawatan.

Sedangkan manfaat lain dari inulin yaitu bisa difermentasikan untuk di jadikan enzim atau jamur tanah yang biasa di gunakan untuk mengawetkan makanan.

13. Gambar bunga Edelweis

Gambar bunga
Gambar bunga / muhammadyunus94.wordpress.com

Perlu diketahui bahwa bunga endelwees mempunyai bentuk yang sangat menarik dan sangat indah, bisa di lihat secara langsung dari gambar di atas.

Bunga endelwees mudah di kenali bagi orang yang suka mendaki. Karena bunga ini hanya dapat tumbuh di dataran tinggi yang bersuhu dingin seperti pegunungan.

Sebutan lain Bunga ini yaitu bunga abadi karena meskipun berada dalam suhu yang dingin dalam waktu yang lama, bunga ini tidak akan rontok.

Karena mempunyai senyawa sejenis etilen yang berfungsi menekan hormon bunga tersebut dan dapat bertahan hingga 15 tahun usia bunga.

Manfaat dari bunga endelwees:

1. Membunuh jamur, virus dan bakteri

dapat membunuh bakteri jahat yang berada di dalam tubuh manusia seperti diare demam atau penyakit yang di sebabkan virus pada jamur.

Karena bunga edelweeis terdapat kandungan seperti anti mikroba yang sangat mujarab untuk membunuh bakteri, virus jahat, ataupun virus jamur yang berada dalam tubuh manusia.

2. Dapat menghentikan diare

Manfaat lain yaitu dapat menybuhakan diare yang biasanya di sebabkan pola makan yang tidak tepat waktu atau terlalu banyak makan makanan yang terlalu pedas.

14. Gambar bunga krisan

Gambar bunga
Gambar bunga / suarapetani.com

Bunga krisan bisa dilihat dari gambar di atas. Tanaman ini tergolong jenis tanaman hias oleh karena itu sekarang banyak orang yang membudidayakan bunga tersebut.

Selain untuk hiasan, bunga dahlia juga bisa di jadikan untuk minuman kesehatan. Bunga dahlia masih tergolong sejenis dengan bunga daisy.

Karena dari segi bentuk hampir sama satu sama lain. Banyak yang menganggap bahwa bunga ini mempunyai khasiat yang sama padahal tidak.

Bunga ini mengandung vitamin A, B, dan C. di mana vitamin tersebut sangat di butuhkan oleh tubuh manusia.

Banyak orang yang percaya bahwa bunga dahlia sangat bagus untuk kesehatan tubuh jika di minum bersama segelas anggur.

Bisanya di lakukan oleh orang jepang. Keterangan lebih jelasnya dapat di lihat di bawah ini.

1. Dapat melindungi kesehatan jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena bisa meninggal. tetapi tidak perlu takut dengan mengkonsumsi bunga ini dapat mengurangi potensi dari penyakit jantung.

Karena bunga krisan terdapat zat besi yang bisa mencegah penyumbatan pembuluh.

Dengan Cara menjadikan bunga krisan minuman dan di minum secara teratur. Karena chrysantenum yang terkandung dalam tanaman ini bisa menjaga kesehatan tubuh manusia.

2. Menjaga fungsi telinga dan mata

Manfaat lain yang berada dalam bunga ini yaitu dapat menjaga kesehatan telinga dan juga mata. Vitamin A yang terkandung dalam bunga krisan juga bisa menjaga kesehatan dan mencegah mata kemerahan ataupun iritasi mata.

3. Melawan infeksi bakteri

Manfaat terakhir dalam bunga ini yaitu dapat membunuh bakteri.

Dan bisa memanfaatkan bunga krisan untuk obat melawan virus bakteri karena infeksi bakteri.

Antispirochete yang terkandung di dalam bunga ini mampu menyembuhkan penyakit yang telah lama.

15. Gambar Bunga aster

Gambar bunga
Gambar bunga / ilmubudidaya.com

Bunga aster yang cantik dapat di lihat dari gambar di atas. Bunga ini berasal dari negara Tiongkok, tetapi tak sedikit orang yang menganggap jika bunga aster berasal dari Amerika Utara.

Setelah di survei di temukan sekitar 600 jenis bunga aster, tingginya pun bermacam macam dari 30 sampai 70 cm.

Bunga aster banyak di budidayakan oleh masyarakat indonesia khususnya daerah pacet. Kalau di lihat lebih dekat lagi bunga aster hampir mirip sekilas dengan bunga matahari yang memberbedakan hanya ukuran daun dan warna bunga. Daun dari bunha aster pun berbentuk tersusun tak seperti bunga matahari yang berpisah pisah.

Sedangkan warna bunga aster yaitu putih, ungu, da nada yang biru.

Ciri ciri utama bunga aster adalah pada bunganya berwarna kuning di bagian tengah.

Bunga aster bisa hidup sampai usia kurang lebih 1 tahun atau lebih. Di negara indonesia bunga aster ini merupakan salah satu bagian yang terpenting dari sebuah karangan bunga.

Bunga aster bisa mekar hampit sepanjang tahun dan serta tidak mengenal musim, bunga aster ini adalah salah satu bunga yang indah dan bunga yang mempunyai bentuk yang sangat sempurna.

Jenis jenis bunga aster

  • Bunga aster warna kuning (Eucephalus Breweri)

bunga aster kuning berasal dari negara Amerika Utara, di sebut juga aster brewer.

Bunga jenis ini masuk dalam golongan jenis bunga endemik dari California. Namun Bunga jenis ini sekarang meluas dari barat Nevada sampai barat daya kota Oregon.

  • Bunga aster kayu biru (Symphytrichum cordifolium)

Selanjutnya bunga aster kayu biru adalah jenis bunga aster yang berasal dari negara Amerika Utara bagian timur.

Saat musim semi tiba, bunga ini punya warna yang cantik yakni berwarna putih keungu unguan dan bagian tengah bunga berwarna ungu tua.

jenis ini bisa mekar sampai pada ketinggian 1200 mdpl.

  • Bunga aster putih (symphyotrichum dumosum)

Jenis bunga aster ini berbeda dengan jenis lain karena bunganya sangat lebat dan umur bisa sangat lama, biasa juga disebut dengan nama aster dumosus.

Bunga ini bisa temukan di wilayah Amerika Serikat timur. Dari kota Texas, Wisconsin sampai Florida.

Bunga yang bisa hidup di atas ketinggian mencapai 100 m ini memiliki warna yang sangat lembut, yaitu berwarna putih dan mahkota bunganya berwarna kuning pada bagian tengah.

16. Gambar Bunga asoka

Gambar bunga
Gambar bunga / khasiat.co.id

Bunga asoka mungkin kurang terkenal dengan mawar ataupun bunga matahari, tetapi bunga ini sangat indah dan cantik dapat di lihat dari gambar di atas.

Ciri khas bunga asoka sangat mudah di kenali yaitu bunga ini mempunyai bentuk yang runcing pada ujungnya dan ukurannya tergolong kecil.

Bunga ini hidup secara bergerombol satu sama lain, bunganya berwarna kuning cerah dan sedikit kemerahan.

Bunga ini sekarang banyak di cari oleh masyarakat untuk di budidayakan sebagai tanaman hias yang biasa di letakkan di halaman depan rumah.

Walaupun bunga ini tidak mempunyai bau yang wangi, tetapi bunga ini terdapat nectar yang cukup banyak. sehingga kupu-kupu sering hinggap di bunga asoka.

Manfaat dari bunga asoka yaitu biasa digunakan menyembukan penyakit seperti:

  • Untuk obat wasir

bunga asoka dapat di manfaatkan sebagai obat herbal untuk penyakit wasir.

Caranya membuat ramuan herbal dari bunga asoka tergolong sangat simple, pertama cuci bunga asoka, kemudian rebus denga air hingga mendidih. Setelah itu minum ramuan tersebut.

  • Bunga asoka sebagai luka obat memar

Jika mengalami luka memar karena terjatuh atau terkena pukulan, dapat di sembuhkan dengan bunga asoka untuk Mengobati luka memar.

Cara nya yaitu mencampurkan bunga asoka beserta daunnya, setelah itu bersihkan kedua bahan dengan cara di cuci lalu di rebus dengan air 600 cc. setelah itu minum air rebusan bunga asoka secara rutin dua kali sehari.

17. Gambar Bunga cempaka

Gambar bunga
Gambar bunga / wiwiksetiyowati22.wordpress.com

Setelah melihat Gambar bunga cempaka di atas, pasti bisa membuat orang yang melihatnya terkagum.

Bunga cempka sangat banyak jenis dan sangat beragam ada yang berwarna putih, ungu, dan merah darah.

bunga cempaka mempunyai jenis yang banyak yaitu sekitar 50 jenis dan sudah tersebar di seluruh penjuru bumi.

Di indonesia terdapat 4 spesies bunga cempaka yang banyak di budidayakan.

4 bunga cempaka tersebut mempunyai warna dan jenis yang berbeda beda yakni:

Bunga cempaka warna putih

Bunga cempaka berwarna putih sering di jumpai dan sering di sebut dengan bunga kantil. Bunga kantil bisa tumbuh sampai tinggi 30 meter.

Ciri ciri khasnya adalah terdapat bulu halus pada dahan dan warnanya abu abu.

Cempaka putih bisanya hanya mempunyai daun tunggal. Bunga cempaka jenis ini ketika bunganya masih kuncip mempunyai warna hijau muda, tetapi jika sudah mekar, warnanya akan menjadi putih bersih.

Cempaka biasanya di budidayakan oleh masyarakat jawa dan mudah di temui di daerah tersebut. Macam macam manfaat bunga kantil bagi orang jawa yaitu biasanya bunga kantil di pakai untuk upacara adat atau tradisi.

Contoh untuk memandikan pusaka seperti keris, acara pernikahan, dan bahkan untuk acara upacara kematian.

Bunga cempaka warna kuning

Spesies cempaka ini biasa di namai cempaka wangi karena baunya ini sangat wangi. Sedangkan Tinggi bunga cempaka yang berwarna kuning bisa mecapai 25 m.

Ciri ciri nya yaitu daun mirip telur bulat berwarna hijau pada ujungnya dan juga meruncing pada bagian ujungnya.

Bunga cempaka yang berwarna kuning warnanya cenderung keruh tetapi hampir mirip warna orange atau jingga.

Tidak perlu mendekat dengan jika hanya ingin mencium wangi dari bunga cempaka karena dari jarak yang lumayan jauh pun wangi masih bisa tercium.

Jika ingin membudidayakan bunga cempaka caranya sangat mudah yaitu dengan cara menanam bijinya.
Cara lain yaitu dengan cara mencangkok batangnya, karena pohon bunga cempaka tumbuh yang tidak terlalu tinggi.

Kesimpulan Gambar bunga

Itulah macam macam penjelasan ragam bunga, semoga dapat menjadi pelengkap ilmu bagi kitau. penjelasan ini juga dapat dijadikan rekomondasi bagi yang ingin membudidayakan tanaman hias di rumah.

Gambar bunga

Leave a Comment