36 Macam Makanan Khas Cirebon yang Paling Enak dan Wajib Anda Ketahui !

36 Macam Makanan Khas Cirebon yang Paling Enak dan Wajib Anda Ketahui !

Makanan khas Cirebon – Nah di kesempatan kali ini kita akan membahas makanan khas dari kota penghasil udang, ada yang tau kota mana? Yap, kita akan membahas makanan khas kota udang Cirebon. Cirebon merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Barat.

Meskipun dianggap kota kecil, Cirebon mampu menarik banyak wisatawan. Salah satu yang paling menarik wisatawan adalah makanan khasnya. Kota Cirebon memang memiliki makanan khas yang beraneka ragam. Mulai dari makanan ringan untuk camilan sampai makanan berat yang bikin perut kita kenyang. Kira-kira apa aja sih makanan khas dari kota udang ini? Kalau udah penasaran langsung aja simak pembahasan makanan khas Cirebon di bawah ini.

1. Nasi Jamblang

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: febrymeuthia.com

Makanan khas Cirebon yang pertama adalah Nasi Jamblang. Nasi Jamblang ini sudah sangat terkenal di antara pemburu kuliner. Jamblang yang menjadi nama pada makanan khas ini merupakan nama suatu wilayah di daerah Cirebon. Daerah jamblang merupakan awal makanan khas ini berasal.

Makanan khas Cirebon ini merupakan hidangan yang berupa nasi putih dengan lauk pauk yang beraneka ragam dan yang membuatnya unik adalah makanan ini dibungkus menggunakan daun jati. Tapi sekarang daun jati hanya sebagai pengganti piring karena rata-rata pengunjung membeli makanan ini dan langsung menyantapnya di tempat.

Makanan khas Cirebon ini sangat mudah ditemui karena masih banyak pedagang atau warung-warung yang menyediakan menu nasi jamblang ini.

2. Mie Koclok

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: foodrooter.blogspot.co.id

Makanan khas Cirebon yang selanjutnya adalah Mie Koclok. Nama makanannya sangat aneh ya. Karena jika dalam Bahasa jawa koclok itu sama seperti bodoh. Tapi tenang aja mie ini enggak bakal bikin kalian bodoh. Mie ini berbeda dengan mie pada umumnya yang di jual di pasar-pasar.

Mie koclok ini menggunkanan mie kuning yang biasanya di gunakan untuk membuat mie ayam dan diberi campuran sayur kol, telur, tauge dan suran daging ayam. Nah yang membuat beda adalah mie ini disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan yang diberi campuran bumbu-bumbu khas Cirebon dan disajikan ketika masih panas karena akan menambah rasa nikmat pada mie koclok.

3. Empal Gentong

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: wacana.co

Makanan khas Cirebon yang selanjutnya adalah Empal Gentong. Makanan khas dengan nama unik ini merupakan makanan yang berasal dari desa Battembat yang menggunakan santan sebagai kuah dan daging sapi serta jeroan sebagai pelengkap. Jika kalian lihat secara sekilas makanan khas ini mirip dengan gulai tapi memiliki rasa gurih dan manis.

Dinamakan empal gentong karena media yang digunakan untuk memasak makanan ini adalah gentong atau priuk yang dibuat menggunakan tanah liat dan dimasak diatas kompor kayu tradisional. Jeroan yang dipakai adalah usus, babat, limpa dan paru. Empal gentong biasanya disajikan dengan lontong atau nasi dan diberi tambahan perasan jeruk nipis dan irisan daun kucai.

4. Docang

Makanan khas Cirebon
Sumber Image: ksmtour.com

Makanan khas Cirebon selanjutnya adalah Docang. Makanan khas ini merupakan olahan yang terbuat dari campuran daun singkong, tempe gembus, tauge sebagai lauk yang menemani lontong dan ditambah dengan parutan kelapa muda. Makanan khas Cirebon ini sering digunakan oleh masyarakat sebagai menu sarapan karena satu porsinya sudah bias bikin perut kenyang.

5. Nasi Lengko

Makanan khas Cirebon
Sumber Image: cireboninternet.com

Makanan khas Cirebon yang berikutnya adalah nasi lengko. Makanan khas yang satu ini juga tidak kalah terkenalnya dengan makanan khas Cirebon lainnya yaitu Docang. Nah buat kalian yang vegetarian atau yang suka dengan olahan sayur hidangan ini cocok banget buat kalian.

Kerna makanan ini tidak mengandung daging sama sekali dan hanya berisikan sayur-sayuran dan protein nabati. Dalam satu piring nasi lengko berisi nasi putih, tahu dan tempe goreng, timun, tauge, taburan daun kucai dan di tambah dengan taburan bawang goreng. Dan terakhir ditambahkan bumbu kacang yang kental yang membuat rasa makanan ini semakin nikmat dan segar.

6. Sate Kalong

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: saegaleri.com

Makanan khas Cirebon yang selanjutnya adalah sate kalong. Meskipun memiliki nama sate kalong bukan berarti makanan ini menggunakan daging kelalawar sebagai bahan dasarnya, melainkan karena makanan ini hanya ada ketika menjelang maghrib sampai tengah malam, sama seperti aktifnya seekor kalong. Sate kalong menggunakan daging kerbau sebagi bahan utamanya. Rasa dari sate kalong ini lebih cenderung kerasa manis dan asin.

7. Teh Poci

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: jadiberita.com

Minuman khas Cirebon yang pertama adalah teh poci. Teh poci juga masuk dalam minuman khas Cirebon. Sama seperti the dari daerah lain the poci memiliki rasa yang tidak terlalu berbeda yang mnggunakan the hijau melati. The ini disajikan didalam poci yang terbuat dari tanah liat yang membuat rasa khasnya muncul.

8. Kerupuk Melarat

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: jadiberita.com

Makanan khas Cirebon selanjutnya adalah kerupuk melarat. Namanya memang melarat, tapi makanan ini gak bikin kamu jadi melaratatau jatuh miskin kok. Dinamakan kerupuk melarat karena kerupuk ini dibungkus menggunakan plastik dan diikat dengan tali rafia.

Kerupuk melarat ini memiliki tampilan yang sangat menarik karena memiliki warna yang beraneka ragam atau warna-warni. Biasanya kerupuk melarat ini disajikan dengan sambal yang memiliki rasa asam.

9. Bubur Sop

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: wangimatahari.blogspot.co.id

Makanan khas Cirebon selanjutnya adalah bubur sop. Bubur sop ini tidak berbeda dengan bubur yangada pada umumnya. Hanya saja jika bubur hadir sebagai menu sarapan makan bubur sop ini hadir ketika malam hari. Yang membedakan bubur sop dengan bubur biasanya bukan hanya dari waktu penyajiannya tapi juga penggunaan sayur sop yang digunakan sebagi kuah pada bubur sop.

Kalau kalian lagi berkunjung ke Cirebon ketika malam hari jangan lupa beli bubur sop karena makanan ini sangat mudah ditemui di pedagang atau warung-warung ditepi jalan.

10. Tahu Gejrot

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: myedosinggih.blogspot.co.id

Makanan khas Cirebon yang selanjutnya adalah tahu gejrot. Jika dilihat dari tampilan dan namanya makanan ini sama seperti makanan khas dari semarang yang memiliki nama yang sama. Tapi ketika kalian mulai menyantap tahu gejrot khas Cirebon kalian pasti akan tahu perbedaan rasa tahu gejrot khas Semarang dengan tahu gejrot khas Cirebon. Jika kalian tidak percaya, kalian bias langsung mencicipinya ke kota asalnya Cirebon.

11. Empal Asem Amarta

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: ksmtour.com

Makanan khas Cirebon berikutnya adalah Empal Asem Amarta. Makanan ini wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke kota udang Cirebon. Makanan ini merupakan makanan hasil olahan belimbing wuluh yang memiliki rasa asam ditambah dengan daun bawang, irisan daging sapi, tomat dan yang terkahir disiram dengan kuah bening yang dibuat dengan bumbu khusus.

Rasa asam dari belimbing wuluh membuat makanan khas ini memiliki rasa yang segar dan yang enaknya lagi dagingnya yang empuk membuat kalian tidak perlu bersusah payah untuk mengunyah dagingnya. Makanan khas ini bisa kalian beli di warung makan Empal Asem Amarta.

12. Serabi

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: aryanirahmadita.blogspot.co.id

Makanan khas Cirebon selanjutnya adalah serabi. Makanan khas ini memang memiliki nama yang sama seperti makanan khas Jawa tapi yang membedakan adalah jika serabi disiram dengan gula merah atau kinca tapi serabi khas Cirebon dimakan dengan lontong atau buras di diberi kkuah santan. Serabi khas Cirebon ini sering menjadi menu sarapan masyarakat sekitar.

13. Gado-Gado Ayam

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: Cirebonkuliner

Makanan khas Cirebon selanjutnya adalah gado-gado ayam. Siapa sih yang enggak kenal dengan makanan ini? Yap, gado-gado tapi di Cirebon memiliki jenis gado-gado yang berbeda yaitu gado-gado ayam.

Isinya sama seperti gado-gado pada umumnya, hanya saja diberikan tambahan suwiran daging ayam dan selain bumbu kacang gado-gado ayam Cirebon ini ditambah dengan kuah kari ayam yang membuat rasanya semakin nikmat dan bikin kita nambah lagi. Jika kalian ingin membeli makanan khas yang satu ini kalian bisa mengunjungi warung yang berada di jalan Lawanggada atau di dekatnya pasar Sumber.

14. Terasi Cirebon

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: oleholehmami.com

Makanan khas Cirebon yang selanjutnya adalah Terasi Cirebon. Untuk yang ini bisa dibilang bukan makanan tapi bumbu makanan. Siapa sih yang enggak kenal dengan terasi Cirebon? Dijuluki sebagai kota udang dikarenakan produksi udang yang dihasilkan oleh kota Cirebon ini sangat banyak dan yang paling terkenal adalah hasil olahan udangnya yaitu terasi.

Terasi Cirebon dikenal karena memiliki rasa yang enak dan memiliki aroma harum yang khas. Terasi Cirebon ini terbuat dari udang rebon yang berukuran sangat kecil. Saat ini terasi Cirebon sudah dikemas dengan kemasan yang lebih modern sehingga cocok untuk dijadikan buah tangan untuk dibawa pulang.

15. Sirup Tjampolay

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: mirnaronie.blogspot.co.id

Minuman khas Cirebon yang selanjutnya adalah sirup tjampolay. Sirup ini merupakan sirup khas Cirebon dan juga salah satu oleh-oleh terfavorit bagi para wisatawan. Rasanya yang khas dan memiliki berbagai varian rasa membuat sirup ini jadi primadona masyarakat dan juga wisatawan. Rasa yang paling sering dicari dari sirup tjampolay ini adalah rasa pisang susu. Sirup ini bisa dibeli di swalayan atau toko oleh-oleh di Cirebon.

16. Tape Ketan Daun Jambu

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: cirebonkuliner.com

Makanan khas Cirebon yang selanjutnya adalah tape ketan daun jambu. Makanan yang satu ini bisa dibilang sebagai jajanan khas Cirebon. Tape ketan daun hijau ini terbuat dari ketan putih yang difermentasikan dan kemudian dibungkus dengan daun jambu yang menjadikan ciri khas tape ketan daun jambu itu sendiri. Tape ketan ini memiliki rasa yang asam dan tape ketan ini bisa kalian temui di daerah Cibeureum.

17. Kerupuk Udang

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: saegaleri.com

Makanan khas Cirebon yang selanjutnya adalah kerupuk udang. Sebagai kota penghasil udang sudah pasti tidak lepas dengan olahan yang menggunakan bahan dasar udang. Salah satunya dalah kerupuk udang. Kerupuk udang khas Cirebon memiliki rasa yang khas yang membutanya berbeda dengan kerupuk udang yang lain.

Rasa gurih dan rasa udang yang dominan membuat kerupuk udang asli Cirebon ini memiliki rasa yang nikmat. Kerupuk udang ini sangat cocok sebagai pendamping ketika makan atau hanya dimakan langsung. Jika kalian ke kota Cirebon jangan lupa bawa juga kerupuk udangnya dan yang pasti cari yang masih mentah ya, biar bisa dibagi dan tidak melempem nantinya.

18. Rengginang

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: tokokitasemuah.blogspot.co.id

Makanan khas Cirebon yang berikutnya adalah rengginang. Sama seperti rengginang pada umumnya yang menggunakan ketan sebagi bahan dasarnya. Hanya saja pada rengginang Cirebon diberikan berbagai macam rasa seperti rasa udang, keju dan rasa yang lain. Teksturnya yang renyah dan empuk membuat kita tidak kesulitan ketika memakan rengginang Cirebon ini. Rengginang Cirebon pas dijadikan sebagai camilan ketika bersantai.

19. Ikan Asin

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: news.kkp.go.id

Makanan khas Cirebon ang selanjutnya adalah ikan asin. Ya, sebagai kota yang terletak di pesisir laut jawa. Cirebon banyak menghasilkan tangkapan laut. Selain udang ada juga yang banyak ditangkap yaitu ikan. Hasil olahan ikan yang sering dibuat oleh masyarakat adalah dengan cara diasinkan. Diolah dengan cara diasinkan agar ikan bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama. Ikan asin ini sebagai buah tangan untuk dibawa pulang ke rumah.

20. Kerupuk Kulit

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: shop.khairunnas.com

Makanan khas Cirebon yang selanjutnya adalah kerupuk kulit. bentuk dan teksutrnya sama seperti kerupuk kulit pada umumnya. Hanya saja kerupuk kulit khas Cirebon ini menggunakan kulit kerbau sebagai bahan dasarnya. Kerupuk kulit Cirebon dengan bahan dasar kulit kerbau ini dijual dengan harga yang lebih murah yaitu kisaran harga 10 ribu sampai 20 ribu perbungkusnya.

21. Growolan

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: jadiberita.com

Makanan khas Cirebon yang selanjutnya adalah grawolan. Makanan khas ini menggunakan gaplek yang dicampur dengan parutan kelapa. Makanan khas dengan warna coklat ini sudah ada sejak jaman dulu dan sampai sekarang pun makanan khas ini masih tetap eksis di pasaran dan makanan ini masih menjadi jajanan favorit masyarakat Cirebon.

22. Ondal Andil

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: jadiberita.com

Makanan khas yang selanjutnya adalah ondal andil. Makanan khas yang satu ini tidak kalah eksisnya dengan grawolan. Makanan dengan bahan dasar tepung tapioka ini masih menjadi jajanan favorit masyarakat Cirebon.

23. Gadungan

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: jdlines.com

Makanan khas Cirebon yang selanjutnya adalah gadungan. Memiliki nama gadungan bukan berarti makanan ini palsu loh ya. Makanan dengan nama unik ini terbuat dari campuran kelapa dan singkong. Makanan ini masih jadi primadona masyarakat bahkan untuk mencari jajanan ini tidaklah sulit karena masih banyak penjual keliling yang menjual gadungan ini.

24. Gepu

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: travel.kompas.com

Makanan khas yang selanjutnya adalah gepu. Makanan ini dengan bahan dasar singkong ini memiliki betuk bulat dan memiliki isian oncom atau dage dan kemudian digoreng. Jika kalian mencari jajanan ini tidaklah sulit karena masih banyak pedagang yang menjual gepu ini di pinggir-pinggir jalan. Memiliki rasa yang lezat menjadikan orang-orang penasaran akan cara membuatnya. Gepu ini lebih nikmat disantap ketika masih dalam keadaan hangat.

25. Rarauwan

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: masakandapurku.com

Makanan khas Cirebon berikutnya adalah rarauwan. Sama seperti ondal andil yang terbuat dari bahan dasar tepung tapioka. Hanya saja dicampur dengan parutan kelapa dan kacang gendolo. Makanan khas ini cocok sebagai camilan.

26. Apem

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: jdlines.com

Makanan khas Cirebon yang selanjutnya adalah apem. Makanan khas yang tebuat dari tepung beras, tape ketan, ragi dan gula dan kemudian di kukus. Makanan ini memiliki rasa yang manis. Jika kalian berkunjung ke Cirebon jangan lupa untuk membeli jajanan khas yang satu ini. Dijamin bikin nambah lagi dan lagi.

27. Wajik Komplang

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: jdlines.com

Makanan khas yang selanjutnya adalah wajik komplang. Makanan khas ini merupakan makanan tradisional dari kekeratonan Cirebon. Wajik ini memiliki isi kismis keju dan kacang almond. Wajik komplang hanya bisa kamu ketahui ketika malam jum’at kliwon saja.

28. Kue Gapit

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Cirebon yang selanjutnya adalah kue gapit. Makanan yang satu ini sering dijadikan buah tangan oleh wisatawan yang berkunjung ke Cirebon. Makanan ini memiliki bentuk yang pipih dan mirip seperti kue simping. Jajanan khas ini cocok dijadikan camilan ketika bersantai dengan keluarga. Harganya yang murah menjadikan jajanan khas ini primadona untuk jadi oleh-oleh.

29. Emping

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: empingmelinjomanis.blogspot.co.id

Makanan khas Cirebon yang selanjutnya adalah emping. Makanan ini terbuat dari melinjo meskipun memiliki rasa yang enak makanan ini tidak begitu bersahabat bagi para pengidap asam urat. Biasanya emping ini disajikan atau ditambahkan dengan berbagai macam bumbu seperti manis, asin, udang dan rumput laut.

30. Jeniper

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: busepuh.blogspot.co.id

Minuman khas Cirebon kali ini adalah jeniper. Minuman khas yang satu ini memiliki nama seperti artis terkenal internasional. Juniper merupakan singkatan dari jeruk nipis peras. Seperti namanya, minuman ini merupakan olahan dari perasan jeruk nipis. Minuman ini memiliki rasa yang segar jadi cocok banget diminum ketika siang hari yang terik.

31. Gula Batu

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: gulabatucirebondijakarta.blogspot.co.id

Makanan khas Cirebon yang selanjutnya adalah gula batu. Makanan ini bukan berarti batu yang memiliki rasa seperti gula loh ya. Melainkan gula ini berbentuk seperti batu dan berbeda seperti gula pasir. Gula ini jauh lebih menyehatkan dari pada gula pasir karena gula batu lebih mudah diserap oleh pankreas. Selain original, gula batu khas Cirebon ini memiliki berbagai varian rasa seperti leci dan lemon.

32. Tahu Petis

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: wcjuli2.blogspot.co.id

Makanan khas yang selanjutnya adalah tahu petis. Makanan khas Cirebon identik dengan rasa asin dan gurih, tidak jauh berbeda dengan tahu petis khas Cirebon ini. Tahu yang memiliki rasa asin dan gurih di makan dengan didampingi sambal petis. Petisnya terbuat dari udang segar yang membuat rasanya lebih nikmat.

33. Sambal Asem

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: lesatkuliner.blogspot.co.id

Makanan khas yang selanjutnya adalah sambal asem. Sambal asem ini memiliki tampilan seperti rujak yang isinya terdiri dari sayur-sayuran dan diberikan saus kacang atau asam jawa dan kemudian dihaluskan dengan cabai rawit. Makanan ini cocok untuk kalian yang gemar akan makanan pedas.

34. Aci Dikoko

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: cirebonasli.blogspot.co.id

Makanan khas Cirebon yang selanjutnya adalah aci dikoko. Makanan ini terbuat dari aci atau tepung tapioka yang diolah hingga memiliki tekstur kenyal yang kemudian dipotong kecil-kecil berbentuk dadu dan kemudian disiram dengn sau oncom dage yang pedas.

35. Cirebon Sultana

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: bukalapak.com

Makanan khas Cirebon selanjutnya adalah Cirebon sultana. Makanan ini bukanlah makanan tradisional melainkan makanan modern milik artis Indra Bekti. Makanan ini merupakan pastry atau kue bolu yang padat dan berlapis dengan topping beraneka rasa dan dibalut dengan croissant. Saat ini Cirebon sultana memilik 5 macam rasa yaitu double choco, choco banana, mango, cheese, dan blueberry.

36. Cirebon Kelana | Makanan Khas Cirebon

Makanan Khas Cirebon
Sumber Image: wonderfulcirebon.com

Makanan khas Cirebon yang terakhir yaitu Cirebon kelana. Sama seperti Cirebon sultana Cirebon kelanan merupakan makanan modern. Cirebon kelana ini memiliki varian rasa yang lebih banyak ketimbang Cirebon sultana antara lain cheesy lovers, gedong kaya, green tea red bean, double choco crunchy, durian puff, choco vanilla dan yang terkhir red velvet.

Baiklah cukup itu saja pembahasan kali ini. Ternyata kota kecil seperti Cirebon menyimpan banyak sekali makanan khasnya mulai dari yang manis sampai pedas dan bahkan memiliki nama-nama yang unik yang bikin para wisatawan penasaran dan ingin membelinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ketika berkunjung ke Cirebon untuk membeli makanan khas Cirebon.

Makanan Khas Cirebon

Leave a Comment

%d bloggers like this: