√ 25 Macam Makanan Khas Jambi yang Enak dan Mantab Bikin Ngiler

√ 25 Macam Makanan Khas Jambi yang Enak dan Mantab Bikin Ngiler

Makanan Khas Jambi – Mendengar nama Jambi pasti yang tersirat di kalian adalah nama provinsi yang ada di pulau Sumatra – provinsi Jambi. Tapi selain provinsi, Jambi juga nama ibu kota Provinsi Jambi. Membicarakan kota Jambi, daerah ini memiliki pesona alam yang sangat kaya. Selain wisata yang menarik dari Jambi adalah kulinernya.

Buat kalian yang sudah pernah ke Jambi dan mencicipi makanannya pasti kalian ingin kembali mencicipi makanan khasnya yang sangat lezat dan unik. Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Jambi jangan lupa juga mencicipi makanan dan minuman khasnya.

Nah, berikut ini adalah sajian khas jambi yang memiliki rasa yang lezat dan membuat kalian menjadi ketagihan. Oke langsung simak aja pembahasannya berikut ini.

1. Tempoyak, Makanan Khas Jambi

Makanan Khas Jambi
Sumber Image: friedchillies.com

Makanan khas jambi yang pertama ada Tempoyak. Makanan ini adalah makanan yang paling terkenal di Jambi. Tempoyak terbuat dari durian yang yang sudah melalui tahap fermentasi, biasanya masyarakat memakan tempoyak ini dengan sepiring nasi putih atau juga bisa dikonsumsi langsung.

Tapi karena rasanya yang sangat asam tidak banyak masyarakat yang mau mengkonsumsi temoyak secara langsung. Selain itu, biasanya tempoyak dijadikan bahan / bumbu untuk sebuah masakan. Tempoyak ini bisa bertahan lama karena mengandung garam yang cukup banyak dalam proses pembuatannya. Karena bisa bertahan lama, tak jarang pula para wisatawan yang menjadikan tempoyak sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

2. Gulai Tepek Ikan, Makanan Khas Jambi

Makanan Khas Jambi
Sumber Image: sakurrivaldo.com

Makanan khas Jambi yang kedua adalah gulai tepek ikan. Makanan yang stau ini terkenal akan kelezatan rasanya, makanan ini hanya bisa anda jumpai ketika ada acara adat atau pesta pernikahan. Makanan ini tidak beda dengan gulai pada umumnya, yang membedakan adalah penggunaan tepek ikan.

Tepek ikan ini mirip seperti pempek, jadi bisa dibilang makanan ini adalah pempek yang menggunakan kuah gulai bukan cuko. Ikan yang digunakan membuat tepek ikan ini adalah jenis ikan tengiri atau ikan gabus. Cita rasa segar ada dalam makanan ini, karena adanya irisan nanas yang menghiasi kuah gulainya.

3. Daging Masak Itam, Makanan Khas Jambi

Makanan Khas Jambi
Sumber Image: resepilazat.com

Makanan khas jambi yang ketiga adalah hampir mirip dengan semur betawi tapi kuah dari daging masak hitam ini ada penambahan 1 bahan lagi yaitu jintan. Meskipun memiliki kesamaan dengan semur betawi tapi rasanya tetap bikin kita ketagihan dengan rasa manis dari kuahnya, tekstur lembut dari dagingnya dan bumbunya yang meresap sampai ke dalam dagingnya.

4. Gulai Patin, Makanan Khas Jambi

Makanan Khas Jambi
Sumber Image: nesia.id

Makanan khas Jambi yang keempat adalah hidangan yang ini ada hubungannya dengan makanan khas sebelumnya sudah di bahas yaitu tempoyak. Gulai patin ini terbuat dari santan yang dicampur dengan tempoyak. Rasa gurih dari santan dan rasa asam dari tempoyak membuat gulai ini memiliki cita rasa yang unik. Gulai patin ini juga dikenal sebagai kari khas Indonesia.

5. Kue Padamaran, Makanan Khas Jambi

Makanan khas jambi
Sumber Image: resepdanmasakan.com

Makanan khas Jambi yang kelima adalah kue padamaran. Kue ini terbuat dari santan dan tepung beras, rasa gurih dan teksturnya lembut seperti bubur sumsum. Yang membedakan dengan bubur sumsum adalah jika di bubur sumsum kinca gula merahnya hanya disiram di bagian atas saja.

Jika kue padamaran tidak hanya dibagian atas saja tapi juga sebagai alas di bagian bawah. Kue padamaran ini berwarna hijau karena menggunakan daun suji sebagai campurannya bukan daun pandan.

6. Mie Celor, Makanan Khas Jambi

Makanan Khas Jambi
Sumber Image: goodindonesianfood.com

Makanan khas Jambi yang keenam adalah Mie celor merupakan sajian khas Jambi. Mie celor ini terbuat dari adonan tepung terigu dan disajikan dengan sayuran seperi tauge dan seledri atau daun sop. Di jambi sendiri sangat mudah untuk menemui makanan yang satu ini. Karena disepanjang jalanan daerah Jambi sangat banyak pedagang yang menjual mie celor ini.

Selain terkenal di Jambi, makanan ini juga terkenal di daerah Palembang, Bengkulu dan Padang. Yang membedakan mie celor jambi adalah kuahnya yang tidak sekental mie celor dari daerah lain. Memakan seporsi mie celor saja sudah membuat perut kenyang karna penggunaan tepung terigu sebagai pengganti protein.

7. Kue Putri Kandis, Makanan Khas Jambi

Makanan Khas jambi
Sumber Image: cantik.tempo.co

Makanan khas Jambi yang ketujuh adalah kue putri kandis, kue putri kandis ini hamper mirip seperti kue lapis. Kue ini memang sangat cantik seperti namanya, berbentuk kotak dan memiliki tiga lapis warna yaitu kuning, hijau dan coklat. Untuk membuat kue ini membutuhkan sangat banyak kuning telur. Kue ini biasanya hadir ketika ada perayaan adat jambi.

8. Kue Muso, Makanan Khas Jambi

Makanan Khas Jambi
Sumber Image: imgrid.net

Makanan khas Jambi yang kedelapan adalah kue yang cukup popular di jambi yaitu, kue muso. Kue ini memiliki bentuk yang hampir sama seperti kue pie. Memiliki bentuk seperti mangkok dengan coklat padat yang berfungsi sebagai mangkok untuk menampung adonan tepung ketan berwarna hijau di tengahnya. Biasanya kue ini hadir sebagai takjil ketika berbuka di bulan Ramadhan.

9. Rambutan Goreng, Makanan Khas Jambi

Makanan Khas Jambi
Sumber Image: wanitaindonesia.co.id

Makanan khas Jambi yang kesembilan adalah ada rambutan goreng. Ya, seperti namanya hidangan ini merupakan rambutan yang digoreng. Cara membutanya sama seperti membuat nanas goreng. Yang jelas yang di goreng hanya daging rambutannya bukan bersama kulitnya. Sebelum membuat rambutan goreng, rambutan yang akan digoreng harus di biarkan dulu sampai kering.

Setelah rambutan benar-benar kering, rambutan diolesi dengan bumbu kemudian di goreng.
Sebagian orang yang pernah mencicipi makanan ini berkata jika rasanya mirip seperi buah kurma. Rambutan goreng bisa bertahana sampi 6 bulan loh. Jadi cocok banget untuk dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

10. Kerutup Ikan, Makanan Khas Jambi

Makanan Khas Jambi
Sumber Image: sajiansedap.grid.id

Makanan khas jambi yang kesepuluh adalah memnggunakan bahan dasar ikan tawar seperti ikan gurame, ikan mas, dan ikan nila. Bahan dasar ikan tadi diolah dengan bumbu khusus dan kemudian digoreng dengan daun kunyit. Kerutup ikan sangat mudah dijumpai di rumah makan / warung – warung pinggir jalan yang ada di kota jambi.

11. Pempek Jambi, Makanan Khas Jambi

makanan khas jambi
Sumber Image: pempekselamat.com

Makanan khas Jambi yang kesebelas adalah Pempek jambi, makanan ini tidak meiliki perbedaan dengan pempek Palembang. Tapi ada sajian pempek yang sangat legendaris dijambi yaitu, pempek yang terbuat dari ubi jalar. Sayangnya pempek ubi jalar ini tidak terlalu popular dan kalah popular dengan pempek ikan pada umumnya. Penggunaan bumbu khusus juga merupakan yang menjadi pempek khas Jambi sedikit berbeda.

12. Lempok Durian, Makanan Khas Jambi

makanan khas jambi
Sumber Image: bukalapak.com

Makanan khas Jambi yang kedua belas adalah terkenal sebagai penghasil durian dan pastinya banyak juga olahan dari durian. Selain tempoyak ada juga hidangan lain yang berbahan dasar durian yaitu lempok durian. Lempok durian ini sudah sangat terkenal jadi tidak sulit untuk menemukan lempok durian di Jambi.

13. Duku Kumpeh, Makanan Khas Jambi

makanan khas jambi
Sumber Image: id.wikipedia.org

Makanan khas Jambi yang ketiga belas adalah bukan makanan olahan atau pun kue tapi adalah buah. Selain durian ada juga buah yang banyak tumbuh di jambi yaitu duku. Duku ini berbuah di kecamatan Kumpeh, kabupaten Muarojambi. Karena berbuah di kumpeh maka duku ini dinamakan duku kumpeh. Duku kumpeh memiliki rasa yang sangat manis dan daging bua yang berukuran besar. Duku ini juga sudah di ekspor keseluruh daerah di Asia Tenggara.

14. Dodol Nanas, Makanan Khas Jambi

Makanan Khas Jambi
Sumber Image: youtube.com

Makanan khas Jambi yang keempat belas adalah olahan dodol, dodol khas Jambi ini terbuat dari nanas jambi. Nanas Jambi memiliki rasa yang sangat enak dan kemudian diolah menjadi dodol yang memiliki tekstur lembut dan legit. Dodol nanas ini banyak diproduksi di daerah Tangkit.

15. Kue Srikaya, Makanan Khas Jambi

Makanan khas Jambi
Sumber Image: bellygenic.blogspot.co.id

Makanan khas Jambi yang kelima belas adalah kue srikaya. Meskipun memiliki nama srikaya tapi kue ini tidak terbuat dari buah srikaya tapi terbuat dari campuran tape dan santan dan kemudian diberikan warna hijau yang dihasilkan dari daun pandan. Selain itu kue ini juga ditambahkan rempah-rempah dan gula. Kue ini juga bisa sebagai oleh-oleh ketika datang ke Jambi.

16. Dodol Kentang Kerinci, Makanan Khas Jambi

Makanan Khas jambi
Sumber Image: oleholehjambi.com

Makanan khas Jambi yang keenam belas adalah seperti namanya, dodol ini terbuat dari bahan dasar kentang dan diproduksi dari daerah Kerinci. Kerinci merupakan salah satu wilayah di Jambi, di Kerinci ini juga ada gunung yang sangat terkenal dan mejadi davorit para pendaki gunung, yaitu gunung Kerinci selain keindahan alam kerinci juga sebagai tempat pertanian yang sangat subur. Salah satu yang dihasilkan adalah kentang.

Karena kentang yang dihasilkan sangat banyak masyarakat mengolahnya menjadi dodol dan terkenal dengan nama dodol kentang kerinci. Dodol kentang kerinci memiliki tekstur yang lembut, kenyal dan rasanya yang manis.

17. Gandus, Makanan Khas Jambi

 

Makanan Khas Jambi
Sumber Image: kemanaajaboleeh.com

Makanan khas Jambi yang ketujuh belas adalah Gandus. Gandus ini mirip dengan kue talam ebi. Warna putihnya terbuat dari tepung beras, tepung sagu, garam dan santan. Kue gandus ini biasanya dicetak dengan bentuk persegi atau mangkuk. Rasanya gurih karena ada taburan bawang goreng. Gandus masih banyak dijual di pasar tradisional.

18. Kue Burgo, Makanan Khas Jambi

Makanan Khas jambi
Sumber Image: pixtame.com

Makanan khas Jambi yang kedelapan belas adalah Kue Burgo, makanan ini terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan tepung beras kemudian didadar dan digulung kemudian dimutilasi dipotong-potong. Burgo disajikan dengan kuah dan lauk berupa telur yang direbus. Kuahnya sedniri terbuat dari kaldu ikan yang dicampur dengan udang. Tekstur kenyal dan rasa gurih membuat makanan ini semakin menggugah selera.

19. Nasi Gemuk, Makanan Khas Jambi

Makanan khas jambi
Sumber Image: masakandapurku.com

Makanan khas jambi yang kesembilan belas adalah Nasi Gemuk, Makanan ini mirip seperti nasi uduk yang ada di pulau jawa. Tidak jauh beda dengan nasi uduk, nasi gemuk juga biasanya dijadikan menu sarapan oleh masyarakat Jambi. Nasi gemuk ini juga dikenal di Singapura dan Malaysia tapi berbeda nama yaitu nasi lemak.

20. Bolu Kujo, Makanan Khas Jambi

Makanan khas jambi
Sumber Image: bunda-inong.blogspot.co.id

Makanan khas Jambi yang kedua puluh adalah Bolu kujo. Makanan yang satu ini sudah terkenal seantero Sumatra bagian selatan. Bolu kujo ini biasanya dijadikan makanan untuk buka puasa dan biasanya disajikan bersamaan dengan teh hangat. Bulu kujo ini juga biasanya hadir ketika ada acara tertentu atau pesta adat. Kue bolu kujo ini cocok sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

21. Cumi Cah Kangkung, Makanan Khas Jambi

Makanan Khas jambi
Sumber Image: http://hadiiswa-foodphotography.blogspot.co.id

Makanan khas Jambi yang kedua puluh satu adalah Cumi cah kangkung, makanan ini merupakan salah satu makanan tumisan. Cara membuatnya sama seperti membuat tumis kangkung pada umumnya hanya saja ditambahi dengan daging cumi segar dan bumbu khas. Jika anda berkinjung ke Jambi jangan lupa untuk membeli makanan yang satu ini dijamin bikin nambah lagi dan lagi.

22. Kue Kubang Boyo, Makanan Khas Jambi

Makanan Khas jambi
Sumber Image: camelia-at-home.blogspot.co.id

Makanan khas Jambi yang kedua puluh dua adalah Kue Kubang Boyo, kue ini memiliki 2 nama lain yaitu kue pak ipuk dan kue anak buaya. Meskipun bernama anak buaya tapi kue ini tidak terbuat dari kulit buaya atau pun daging buaya. Pemberian nama buaya disini karena bentuknya yang mirip dengan punggung buaya yang sedikit mucul di permukaan air.

Kue ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan pasta pandan. Adonan tersebut digunakan untuk membungkus isian yang terbuat dari gula merah dan kelapa parut. Dan disajikan dengan tambahan santan atau fla.

23. Gulai Terjun, Makanan Khas Jambi

Makanan khas jambi
Sumber Image: limakaki.com

Makanan khas Jambi yang kedua puluh tiga adalah Gulai Terjun. Makanan ini biasanya dijadikan lauk sehari-hari oleh masyarakat Jambi. Daging yang digunakan adalah daging sapi, kerbau atau kambing. Sama seperti gulai pada umumnya, kuahnya terbuat dari campuran santan dan bahan-bahan lain. Hanya saja tekstur kuah gulai terjun ini lebih encer dari pada gulai lain pada umumnya.

24. Sup Tulang dan Ikan Bakar, Makanan Khas Jambi

Makanan Khas Jambi
Sumber Image: barusip.blogspot.co.id

Makanan khas Jambi yang kedua puluh empat adalah sup tulang dan ikan bakar. Meskipun bernama sup tulang bukan berarti sop ini berisi tulang saja. Tapi, sop ini menyajikan daging sapi yang masih menempel pada tulangnya. Biasanya sup ini berpasangan dengan ikan bakar dan nasi hangat. Makanan ini menjadi menu andalan beberapa rumah makan / warung di Jambi.

25. Otak Otak, Makanan Khas Jambi

Makanan khas jambi
Sumber Image: bukalapak.com

Makanan khas Jambi yang kedua puluh lima adalah Otak-otak. Makanan ini terbuat dari daging ikan dan diberi bumbu rempah-rempah khas Jambi. Otak-otak ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pempek.

Demikian pembahasan tentang makanan khas Jambi kali ini. Jika kalian memiliki pengalaman ketika mencicipi makanan khas jambi atau kalian tahu makanan khas Jambi yang lain yang tidak masuk di list ini, kalian bisa komen dibawah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Makanan khas Jambi

Leave a Comment

%d bloggers like this: