36 Makanan Khas Jawa Barat yang Melegenda, Lezak, Enak, Wajib Anda Ketahui

36 Makanan Khas Jawa Barat yang Melegenda, Lezak, Enak, Wajib Anda Ketahui

Makanan Khas Jawa Barat – Halo sahabat, kali ini kami akan membahas makanan khas jawa barat dimana provinsi jawa barat telah menjadi pusat kuliner indonesia. Apabila anda tengah berwisata atau sedang di jawa barat jangan lupa meluangkan waktu untuk mencicipi kuliner khasnya.

Ada beberapa pilihan makanan yang bisa anda coba, kami mengumpulkan daftar makanan khas jawa barat rangkuman salingamanah.com untuk referensi bagi anda yang lagi di jawa barat.

Ada apa saja? mari kita simak penjelasan dari kami :

1. NASI LENGKO | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : https://qubicle.id

Yang pertama ada nasi lengko, nasi lengko merupakan perpaduan antara nasi dengan isian sayur, dan gorangan, seperti tahu dan tempe goreng, serta daun kucai, mentimun dan tauge.
Terkadang bahkan dengan adanya cabai membuatnya menjadi bumbu yang pedas dan membuat penikmatnya ketagihan.
Selain itu, untuk memperlengkap rasa dan ditambahkan pula taburan bawang goreng di atas semua campuran nasi lengko tersebut. Sahabat silahkan coba ya….. hehehe

2. TAPAI KETAN | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://www.cirebonkuliner.com

Yang kedua ada tapai ketan, tapai keten ini juga termasuk khas jawa barat, cara pembuatannya dengan cara difermentasi, begitu pula dengan tapai ketan yang menjadi khas daerah kuningan.

Pembuatan tapai ketan tersebut menggunakan bahan dasar beras ketan, entah itu beras hitam ataupun ketan putih, namun kebanyakan orang sunda memakai ketan putih.

Dengan proses tersebut, dipercaya bahwa tapai bisa menambah vitamin B1 baik untuk sistem pencernaan dan obat diabetes. Untuk memperolehnya bisa beli di sekitar area kuningan dan juga sudah dibungkus dengan kemasan modern.

3. TAHU KUNINGAN | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : https://lifestyle.okezone.com

Yang Ketiga adalah Tahu Kuningan, Tahu kuningan ini merupakan khas jawa barat. Normalnya, Tahu dibuat dengan biji kedeleai dengan proses fermentasi untuk bisa mendapatkan olahan tahu yang sempurna.

Prosesnya juga terjadi pada pembuatan tahu kuningan, ada perbedaan dengan tahu normal bentuk yang lebih padat dan rasanya gurih. Cemilan khas Jawa Barat yang satu ini tidak terlalu besar kerena hampir mirip dengan tahu sumedang.

Karena tekstur dan isinyalebih padat, tahu kuningan tepat dimakan sebagai cemilan maupun buat lauk, karena bisa mengenyengkan perut.

untuk bisa mendapatkannya, di kota asalnya, kuningan, banyak produsen yang menjajakannya, salah satunya adalah tahu Kopeci.

Produsen tersebut menjual tahu kuningan di alamat kerjanya, jl veteran, bahkan telah menjadi tempat oleh-oleh asal kuningan. Ada beberapa tentang kelebihan tahu kopeci yang terletak di rasanya yang enak dan dalamnya tahu tersebut sangat lembut.

4. RUJAK KANGKUNG | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / sumber : https://travelingyuk.com

Yang Keempat adalah Rujak Kangkung sahabat pastinya sudah tahu olahan tersebut dengan nama rujak, identik dengan buah-buahan yang ditaburi bumbu kacangnya. Berbanding balik dengan rujak kangkung ini.

Rujak kangkung yang satu ini bahan bakunya adalah sayur kangkung, bukan buah-buahan.

Karena kangkung tersebut didapat dengan mudah dan sifatnya yang kering, bisa membuat rasa pedas bumbunya semakin terasa.

Kang membuat unik adalah bumbunya dari asam jawa, sehingga bisa menghasilkan rasa pedas dan sensasi rasa masam.

Kandungan Gizi mungkin tidak selengkap rujak buah lainnya, namun demikian kangkung dengan kandungan seratnya yang tinggi adalah alasan tepat mengonsumsinya.

5. NASI JAMBLANG DAUN JATI | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : https://www.pinterest.com

Yang Kelima Nasi jamblang Daun Jati, mengenai hal nasi Jamblang makanan ini adalah khas Jawa Barat, untuk olahannya ini adalah nasi yang diisi dengan sepicuk nasi dengan tambahan lauk dibungkus dengan daun jati.

Konon cerita dialik lahirnya kuliner asli Cirebon ini, ketika belanda berkuasa memerintahkan pembuatan jalan raya Anyer-anyer panarukan. dulu kerja rodi inilah yang membuat warga Cirebon ikut dipekerjakan, akhirnya seluruh warga Desa Jamblang membuat nasi yang dibungkus daun jati untuk para pekerja.

Dulu lauknya hanya tempe, tahu dan sambal, kini telah ada sekitar 40 jenis lauk yang berbeda.

6. LEPET KUNINGAN | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://www.kajene.com

Yang Keenam adalah Lepet Kuningan, makanan ini sudah pasti dikenal sebagian bahkan hampir seluruh masyarakat Jawa, makanan ini kerap disajikan saat acara idul fitri sampai idul adha.

Jenis lepet kuningan yang satu ini mempunyai khas yaitu terletak pada warnanya yang kecokelatan, beda dengan lepet yang lain agak menguning.

Walaupun makanan ini tergolong sederhana, ternyata lepet memiliki angka gizi yang cukup tinggi. Manfaatnya adalah mampu mengurangi atau meredekan batuk dan juga di percaya mampu membuat uap di paru-paru terkikis.

7. MAKARONI PANGGANG | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://www.klikhotel.com

Yang Ketujuh yaitu Makaroni panggang, makaroni ini lebih dikenal dengan makanan ringan atau cemilan karena ukurannya yang kecil dan rasanya gurih dan enak.

Dibogor ada yang namanya makaroni panggang ukurannya yang lebih besar atau jumbo dengan tambahan aneka isian, sehingga bisa juga dikatakan makanan berat.

satu makaroni panggang, memiliki ukuran lebih panjang dari makaroni-makaroni umum yang disajikan dengan tujuan sebagai cemilan. makaroni panggang ini biasanya ditaburi dengan keju di atasnya, sehingga akan menimbulkan rasa gurih.

Makaroni Panggang ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, selain itu banyak Gizinya, cara olahannyapun agak rumit. Bila tidak tlaten akan menghasilkan rasa yang kurang enak.

Harga satu porsi makaroni panggang ini dibandrol uang 18 ribu, dengan ukuran besar bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh Jawa Barat dan telah dibungkus rapi secara modern.

8. MIE KOCOK | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Sumber : https://pergikuliner.com

Yang Kedelapan adalah Mie Kocok, makanan ini juga makanan khas jawa barat, mie ayam dahulu menjadi masakan yang ada hampir di seluruh Indonesia.

Akan tetapi popularitas masakan dengan bahan utama mie telur ini jangan diragukan lagi bila di Jawa Barat, Khususnya bandung.

Dalam 1 Porsi mie kocok bisa berisi dengan telur, sawi, tauge dan daun bawang, namun karena semakin banyak yang meminati, isian seperti daging dan bakso juga masuk dalam mangkuknya.

Biasanya satu porsi spesial dengan tambahan bakso dan daging, mie kocok ini bisa menjadi kayak akan gizi, selain itu ada serat sayur, dan protein akan didapat dari dagingnya. Mie Kocok ini di bandrol harga 10 – 15 ribu saja per mangkuk.

9. KAREDOK | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : https://www.priangantimur.com

Yang Kesembilan adalah Karedok, Karedok adalah makanan khas Jawa Barat dengan bahan dasar sayur-sayuran segar yang disajikan bersama siraman bumbu kacang.

Makanan ini sebenarnya seperti gado-gado atau pecel, namun perbedaan paling mendasar adalah pada pemakaian sayurnya yang disajikan keadaan mentah.

Sayur-sayuran yang bisa disajikan sebagai karedok adalah timun, daun kemangi, kacang panjang, kol, terong, dan tauge., kesemuanya akan dipotong kecil-kecil dan disajikan dalam keadaan mentah.

Walaupun disajikan secara mentah rasaya tetap lezat penggunaan bumbu kacangnya yang menimbulkan rasa pedas gurih pada sayuran.

Dan anda perlu ketahui makanan ini adalah berasal dari Sumedang, namun sekarang sudah sampai di daerah-daerah kerap menjumpainya.

10. DOROKDOK | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://kotagarutdotcom.blogspot.co.id

Yang Kesepuluh adalah Dorokdok, Dorokdok ini adalah makanan dari dearah Jawa Barat Daerah Garut, Sebuah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi ataupun kulit kerbau.

Namanya dorokdok itu muncul ketika memakan dorokdok, yang menghasilkan suara ‘dorok dok dorok dok’. Karena adanya suara tersebut karena renyahnya kerupuk dengan bentuk menjang.

Sebagai olahan yang terbuat dari kulit hewan tersebut, kandungan hewani di dalamnya tergolong tinggi. Bilamana ingin mencicipi makanan ini, tidak perlu cari kemari, dikarenakan di pusat kota garut banyak orang yang jual dalam kondisi mentah ataupun matang.

11. DODOL GARUT | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://produsendodol.blogspot.co.id

Yang Kesebelas adalah Dodol Garut, makanan ini berasal dari daerah Garut. makanan ini berbentuk balok agak memanjang dengan warna khas coklat bertekstur lembut dan rasanya manis.

Secara umum dodol dibuat dari tepung ketan, parutan kelapa dan gula merah. Karena diawal kemunculan makanan Khas Jawa Barat dari tepung ketan, tahun 1920 masih sedikit penjual dan kreatifitas pembuatannya.

Jika ingin menikmati dodol, tidak sulit menemukan penjual di garut, selain sebagai oeleh-oleh, dodol juga kerap dipasarkan ke luar daerah sampai ke luar negeri.

Pabrik pembuatannya adalah Dodol Picnic yang telah ada sejak tahun 1947 Jl Pasundan No. 120, selain membeli pengunjung bisa menikmati bagaimana  cara pembuatan dodolnya.

12. CHOCODOT | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : https://www.borukaro.com

Yang Kedua belas adalah Chocodot. Karena dodol sudah terkenal, maka daerah garut juga memiliki olahan coklat yang dipadukan dengan dodol, Chocodot itulah namanya.

Penemuannya tidak sengaja, ketika dodol terjatuh ke adonan coklat, pada saat dicicipi ternyata rasanya enak. Karena hal tersebut keluarlah nama Chocodot yang pertama kali diciptakan oleh Kiki Gumelar.

Pemberian nama tersebut didapatkan dari chocolate with dodol garut, masyarakat sekitar kerap menyebutnya coklat dodol. Rasa chocodot ini juga bermacam-macam mulai rasa coklat pahit, coklat susu, dan coklat dengan tekstur lembut di mulut.

13. DOCLANG | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : https://id.wikipedia.org

Yang Ketiga Belas adalah Doclang, Doclang adalah makanan yang terbuat dari ketopat, tahu, telur, kentang serta ada siraman bumbu kacangnya. Ini terkesan seperti ketoprak jakarta.

Doclang ini mempunyai banyak akan gizinya, doclang bisa dikonsumsi sebagai menu makan malam bahkan disajikan sebagai menu makan pagi alias sarapan, karena sangat mudah di jumpai penjual antara pagi dan malam.

Doclang yang rasanya spesial terletak di Jalan Mantarena, dengan bumbu kacangnya yang menghasilkan cita rasa unik dan satu porsinya bisa mengenyangkan.

14. ASINAN BOGOR | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://jajanpinggiran.blogspot.co.id

Yang Keempat Belas adalah Makanan Asinan Betawi, Makanan yang satu ini merupakan Makanan Khas Jawa Barat. Asinan betawi ini menggunakan kuah bumbu kacang, ada juga asinan bogor ini menggunakan kuah dari cabai merah.

Dari cabai merah inilah warna dari asinan bogor ini membuat merah pekat dan tentunya menimbulkan rasa pedas. Selain kuah, ditambah dengan adanya potongan sayuran atau buah-buahan dan bahkan keduanya bisa di gabungkan.

Harga per porsi asinan bogor ini adalah 10 ribu hingga 15 ribu, asianan bogor juga cocok dimakan saat baru beli, dan juga bisa dijadikan oleh-oleh. Maka dari itu silahkan sahabat kalai ingin mencicipi asianan bogor silahkan berkunjung ketempat ini.

15. TAOGE GORENG | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://www.perutgendut.com

Yang Kelima Belas adalah Taoge Goreng, makana ini juga merupakan khas Jawa Barat, siapa sangka olahan ini adalah taoge yang di buat dengan cara di goreng, namun ternyata itu tidak nama itui menipu siapa saja, apa lagi orang yang baru mendengarkan.

Sebenarnya taoge goreng dibuat dengan cara direbus. nah untuk kata goreng itu mungkin direbus menggunakan wajan, bahwasannya wajan diguanakan sebagai alat penggoreng.

Tidak hanya taoge saja yang ada di porsi melainkan mie rebus dan tambahan potongan ketupat dalam porsinya, dan tidak lupa ada kuah oncom yang semakin menambah cita rasa dari makanan ini.

16. LONTONG KARI | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://caramemasakanekaresepmasakannusantara.blogspot.co.id/

Yang Keenam Belas adalah Lontong Kari, Lontong kari ini bumbu yang paling sering ditemui adalah bumbu kacangnya, namun demikian penggunaan bumbunya adalah kari, itu yang dinamakan makanan khas Bandung, yang dinamakan lontong kari.

Sebenarnya lontong ini seperti lontong-lontong lainnya, yang membedakan adalah karena ada karinya. Adanya karinya itu membuat rasa gurih dan lebih enak disantap dengan aroma dagingnya yang sedap.

Ada dua jenis daging untuk pembuatan karinya, yaitu daging sapi dan ayam. Biasanya satu porsi lengkapnya terdapat telur rebus, ditaburi kedelai goreng serta bawang goreng.

Makanan Lontong Kari ini populer di kalangan masyarakat banndung, banyak pula penjual yang berdagang di pinggir jalan, entah pagi maupun malam hari. Lontong Kari ini dikonsumsi saat sarapan biasanya dibandrol dengan harga 10 ribu.

17. SOTO KUNINGAN | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://makananoleholeh.com

Yang Ketujuh Belas adalah Soto Kuningan, sama seperti namanya soto kuningan ini memiliki keunikan pada kuahnya yang berwarna kuning, yang dijadikan rempahnya adalah kunyit.

Makanan dari Bogor yang memiliki aroma kunyit tersebut akan bertambah beraneka ragam daging, mulai dari babat, limpa, ayam dan sapi. kesemuanya tersebut mempunyai khas tersendiri mulai dari tekstur yang lembut di mulut serta akan bercampur dengan kuah sotonya yang gurih.

18. ROTI UNYIL | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://www.tokomesin.com

Yang Kedelapan Belas adalah makanan Roti Unyil, Makanan roti unyil ini makanan khas asli Jawa Barat, yang terkenal masyarakat Bogor adalah Roti Unyil yang yang bentuknya mini. Dengan tampilan bentuk mini alias kecil maka roti ini dinamakan roti unyil.

Ada yang yang menganggap bahwasannya roti unyil ini penamaan unyil karena sebuah tontonan hiburan anak-anak dimana terdapat karakter beruap boneka yang imut makannya dinamakan unyil.

Roti ini mempunyai bebrapa kelebihan diantaranya banyak varian rasa, mulai dari rasa khas luar negeri hingga rasa lokal, diantaranya adalah Coklat Negro, Ayam asap, Keju susu, Roti jagung, smoke beef keju, dan masih banyak rasanya.

Dengan aneka rasa ini orang-orang tidak bosan mengunyahnyasebagai kudapan untuk menikmati waktu senggang.

Selain dijadikan makanan roti unyil ini bisa dijadikan Oleh-oleh sanak saudara. harganyapun tidak terlalu mahal mulai dari 1500 untuk satu buah rotinya, walaupun terasa agak mahal sedikit, dengan rasanya yang enak dan nikmat bisa membuat siapa saja bisa ketagihan.

19. TAHU GEJROT | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : https://www.pintuwisata.com

Yang Kesembilan Belas adalah Tahu Gejrot, makanan ini adalah khas Jawa Barat, Panganan dari Daerah Cirebon ini terbuat dari baha dasarnya tahu goreng, dengan keunggulannya yang memiliki tekstur lebih berisi.

Dalam penyajiannyapun, tahu tersebut tidak cuma tahu saja , akan tetapi dengan yang namanya kuah yang asam pedas berbahan dasar cabai rawit. Cara penyajiannya Tahu gejrot ini biasanya akan ditaruh diatas piring yang terbuat dari tanah berbentuk agak kecil.

Tahu yang diatas piring tanah ini tidaklah tahu gelondongan, melainkan di potong kecil-kecil, tujuanya adlah agar di konsumsi dan bumbu lebih meresap. selain cabai rawit juga ada tambahan bumbu seperti petis, air gula, gula dan bawang merah.

Biasanya rasa yang timbul ketika memakan tahu gejrot itu pedas manis gurih yang sangat terasa di mulut. Bisa dipastikan siapa yang mencicipi makanan khas cirebon ini akan bakal ketagihan.

20. SURABI |Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://jelajahgizi.id

Ynag Kedua Puluh adalah Makanan Surabi, Surabi ini adalah khas sunda. makanan ini tersebar rata hampir di seluruh Jawa Barat. Biasanya pembuatanya ini menggunakan tepung beras dengan memasak masih tradisional, karena memasaknya mengunakan tumgku yang terbuat dari tanah liat.

Surabi Khas Jawa Barat ini penampilannya memiliki bentuk membulat dengan tekstur yang empuk, sehingga ada rasa legit nan gurih di saat memakannya. Surabi ini memiliki banyak variannya.

Rasanya yang original makanan surabi manis, ada penggunaan gula kelapa, namun demikian tehun lamabat laun banyak sekali jenisnya. Kalau anda ingin membeli silahkan berkunjung di Warung Surabi Setia Budi.

Warung ini beralamat di Jl Dokter Setiabudhi No. 175, warung ini banyak mengelola jenis surabi dengan Selai kacang, durian, stawberry, hingga markisa.

21. PEUYEM | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://foodtechsgu14.blogspot.co.id

Yang Kedua Puluh Satu adalah Peuyem, Peuyem ini makanan asli khas jawa barat, peuyem merupakan sejenis tape yang dibuat dengan cara di fermentasikan. pembuatanya peuyem adalah dari singkong.

Ubi tersebut setelah dikukus baru ditaburi ragi yang memicu pertumbuhan jamur pada singkong. Pemberian ragi tersebut yang membuat peuyem memiliki warnah putih di sekelilingnya karena ragi inilah rasa singkong menjadi berasa tape.

Setelah pemberian ragi, singkong harus ditempatkan yang tertutup rapat 2 sampai 3 hari agar rasanya semakin nikmat. Dulu makanan ini dibuat di daearah Cipeyeum, dan dinamai peuyem sekarang banyak dijual di bandung.

Biasanya makanan ini dipercaya mampu menghangatkan tubuh, dan sangat tepat dikonsumsi ketika malam hari tiba atau hawa dingin melanda. untuk harga biasanya tergolong murah.

22. TAHU SUSU LEMBANG | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://ngubekubek.blogspot.co.id

Yang Kedua Puluh Dua adalah Tahu susu lembang, makanan ini sebenarnya sama dengan tahu-tahu pada umumnya, namuan yang membuat berbeda adalah padat dan lembut. untuk bahan utamanya sama seperti tahu yang lain yaitu kacang kedelai, ditambah dengan susu ini yang membuat istimewa.

Makanan ini muncul pada tahun 2008 lalu, kenapa ada tambahan susu karena di lembang daeranya memiliki hasil susu yang melimpah. dengan adanya susu inilah rasanya menjadi gurih, lembut, dan bergizi.

Tahu susu lembang ini sebenarnya melihat dari ukurannya seperti tahu sumedang, yakni tidak terlalu kecil. Untuk Penjualannya terletak di Jalan Raya Lembang No. 177 dengan outlet yang berbentuk seperi POM bensi.

Untuk masalah harga biasanya Cukup mahal, 12 butir tahu susu dihargai 10.000 rupiah. Inilah Tahu Susu Lembang Asli Khas Jawa Barat.

23. TAHU SUMEDANG | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : https://pashatama.com

Yang Kedua Puluh Tiga adalah Tahu Sumedang, Masyarakat Tanah Air sudah tahu dan familiar di telinga bahwasannya tahu sumedang berasal dari Daerah Sumedang, Jawa Barat. Kebanyakan tahu yang ada pastinya bahan utamanya adalah kacang kedelai dengan kandungan protein nabati yang tinggi.

Dengan protein inilah tahu semedang seharusnya menjadi makanan yang tepat dan menyehatkan bagi anak-anak hingga dewasa. Semua sudah pada tahu bahwasannya tahu sumedang mempunyai ciri-ciri berbentuk kotak kecil yang dalamnya kopong.

Walaupun kopong olahan tahu sumedang tetap istimewa dikarenakan rasanya yang gurih dan lembut di mulut, tahu sumedang ini cocok dimakanan dengan cocolan saus atau dengan cabai. Nama lain dari tahu sumedang ini adalah Boen keng, karena pertama kaali dibuat oleh keluarga Boen Keng 100 tahun yang lalu.

24. BATAGOR | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://www.tokomesin.com

Yang Kedua Puluh Empat adalah Batagor, Batagor ini merupakan asli khas Jawa Barat, nama batagor sendiri sudah familiar di kalangan masyrakat Indonesia. Padahal batagor ini bukanlah asli Indonesia, tetapi dari Tionghoa-indonesia.

Sesuai dengan namanya, batagor ini dibuat dengan cara digoreng dengan isian tahu, baso plus bumbu kacang. untuk rasanya ini cenderung gurih, terkadang ada pula pembuatannya memberi rasa pedas pada adoanan bumbu kacangnya.

25. CIRENG | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://dapururang.blogspot.co.id

Yang Kedua Puluh lima adalah Cireng, nama lain dari cireng ini adalah Aci makanan ini bahan utama pembuatannya berupa tepung kanji dengan pemasakan dengan cara digoreng. Didalam adonan tersebut ada beberapa bumbu diantaranya, terigu, garam, merica bubuk, bawang putih, daun bawang, kedelai, air,dan minyak goreng.

semua adonan tersebut bentuknya nanti akan dibuat sesuai keinginan kita dan bisa dimakan menggunakan bumbu kacang atau saus.

Dengan bentuk dan rasa yang menarik sekarang cireng yang asli Sunda mulai banyak peminatnya, termasuk pula penjualnya. Paling banyak penjual cireng adalah di kota bandung, disinalah anda bisa menikmati berbagai rasa jenis cireng.

26. COMBRO | Makanan Khas Jawa Barat

makanan jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://indonesialibrary.com

Yang Kedua Puluh Enam Combro, Kuliner dengan nama combro ini sebenarnya kekeliruan, karena nama aslinya comro, kepanjangannya oncom di jero. Kalimat tersebut berarti oncom di dalam, sesuai dengan indentitas khas jawa barat dari singkongi, dengan menaruh oncom di dalam parutan sinkong berbentuk bulat lonjong.

Rasa combro adalah gurih, walaupun tekstur luarnya agak keras, bila sudah merasakan dalamnya, rasa gurihnya akan tercampur lembutnya singkong dan ditambah rasa enaknya combro.

Untuk Pembuatan Oncomnya juga harus di campur dengan bahan lain, diantaranya bawang merah, daun bawang, cabai rawit, bawang putih, seledri, merica dan garam.

27. MISRO | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : https://reseponline.info

Makanan Khas Jawa Barat – Yang kedua Puluh Tujuh adalah Misro, tadi ada yang namanya combro atau concom di jero, sekarang ada yang namanya misro alias akronim dari amis di jero.

Itulah arti kalimat manis di dalam, oleh karena di didalam adonan singkong parut akan ada gula merahnya, sehingga selesai diolah nantinya akan terasa manis ketika masuk mulut.

Untuk pembutannya misro, itu biasanya pedagang tidak perlu susah payah, dikarenakan singkong yang sudah diparut tadi cuma dicampur dengan garam saja.

Cara memasukkan  gula arennya adalah dengan cara adonan singkong harus dibentuk pipih, sehingga gula aren ditaburkan setelah itu baru dibentuk membulat dengan mudah.

28. UBI CILEMBU | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : https://www.potensilokal.com

Makanan Khas Jawa Barat – Yang Kedua Puluh Delapan adalah Ubi Cilembu, kenapa di juluki cilembu karena rasa dari ubi ini terasa seperti madu, dan juga meiliki aroma seperti madu.

Ciri ubi asli sumedang ini adalah ketika mentah, warnanya krem kemerahan, sedangkan saat diolah menjadi kuning dengan bentuk yang panjang berurat.

Pantangan ketika mengolah Ubi Cilembu adalah dilarang digoreng dan direbus, karena kandunagn madunya akan hilang ketika direbus dan digoreng.

Biasanya Ubi cilemba ini dibakar atau dioven, dan bahkan saat dioven ubi akan mengeluarkan cairan lengket seperti madu  dan rasa yang sangat manis saat dikunyah.

29. EMPAL GENTONG | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : https://empalgentongmaning.com/

Makanan Khas Jawa Barat – Yang Kedua Puluh Sembilan adalah Empal Gentong, Makanan asal Daerah Cirebon ini sudah sangat terkenal di seluruh jawa, bahkan Indonesia dikarenakan pengelolaan serta rasa yang berbeda.

Sesuai namanya cara mengolahnya adalah memasukkan aneka daging kedalam gentong untuk nantinya dimasak. Bahkan cara pengolahannya masih menggunakan tradisional dan bahkan kayunyapun menggunakan pohon mangga.

Tujuannya adalah pasti agar rmemberi rasa khas pada empal gentognya. Untuk Daging yang sering digunakan pada olahan ini adalah daging sapi, usus, hingga babat yang nantinya akan memberi rasa yang empuk ketika digigit.

Sedangkan bahan tambahannya empal akan disajikan bersama kucai dan ditambah pula dengan sambal, Sambalnya ini berasal dari cabai yang kering lalu digiling.

Dengan adanya sambal inilah, selain segar, juga bisa memberi cita rasa pada empal, awalnya gurih. Saran kami untuk mengkonsumsi ini adalah ketika gentong masih hangat. Makanan Khas Jawa Barat

30. OPAK | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://nusantaratravelling.blogspot.co.id

Makanan Khas Jawa Barat – Yang Ketiga Puluh adalah Opak, Opak ini juga termasuk Khas Jawa Barat, dengan nama opak secara umum adalah olahan dengan bahan dasar tepung beras.

Namun dulu awalnya hanya satu jenis opak, sekarang dengan semakin perkembangan dengan bahan dasar yang berbeda-beda. Satu hal yang pasti dari opak adalah berbentuk piph dan tipis dengan rasanya yang renyah. Makanan Khas Jawa Barat 

31. RANGGINANG | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://www.tukangjalanjajan.com

Makanan Khas Jawa Barat – Yang Ketiga puluh Satu adalah makanan Rangginang, Rangginang ini merupakan makanan tradisioanal, bahakan proses pembuatannya menggunakan bahan dasar nasi atau ketan, biasanya rangginang ini bentuknya masih terlihat jelas seperti nasi.

Makanan dari jawa barat ini akan terasa renyah dengan rasa gurih ikut menyertainya,sakin renyahnya rangginang ini jika dimakan akan mengeluarkan suara kres-kres.

Rasa Rangginang ini asin dan manis, dan terkadang juga terdapat rasa udang, kerang lorjuk, dan terasi dengan cara menambahkan bahan-bahan tersebut dengan nasi. Rangginang ini cocok buat oleh-oeleh keluarga atau kerabat yang ada di rumah. Makanan Khas Jawa Barat

32. SATE MARANGGI | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://jelajahgizi.id

Makanan Khas Jawa Barat – Yang Ketiga Puluh Dua adalah Sate Maranggai, makanan ini adalah merupakan khas Jawa Barat Tepatnya di Daerah Ciamis, namun sate maranggi ini kerap dijumpai di Purwakarta dan Medan. Maranggai yang berada di purwakarta telah memiliki varian lebih banyak ketimbang maranggi-nya Medan.

Bedanya yang ada di Medan adalah daging yang dipakai menggunakan daging babi saja, kalau yang ada di Purwakarta menggunakan daging babi dan kerbau.

Untuk penyajiannya yang ada di Purwakarta adalah bersama dengan kecap manis, acar, dan sambal tomat. Sate Maranggi ini sama yang ada di Cianjur hampir mirip karena masih sama-sama daearah Jawa Barat. Makanan Khas Jawa Barat

33. GEHU | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://haihaykal.blogspot.co.id

Makanan Khas Jawa Barat – Yang Ketiga Puluh Tiga adalah Gehu, Gorengan yang satu ini merupakan akronim dari tauge tahu, sehingga kalau didefinisikan gehu merupakan tahu isi tauge atau kecambah.

Untuk rasa yang menggunakan bahan dasar tahu ini adalah pedas, karena didalam isiannyaterdapat cabai giling, bahkan biasanya kulit dicampur dengan cabai. Yang membedakan Gehu ini adalah bentuknya yang segita beda dengan tahu isi lainnya.

Biasanya Gehu ini dibandrol dengan harga 1 ribu sampai 3 ribu bisa digunakan membeli gehu, mulai dari isian mie hingga ebi, untuk mengkonsumsi biasanya menggunakan cocolan saus, biasanya disekitar bandung, dan yang jual adalah pedagang kaki lima di pusat keramaian. Makanan Khas Jawa Barat

34. CIMOL | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : https://www.hipwee.com

Makanan Khas Jawa Barat – Yang Ketiga Puluh empat adalah makanan Cimol, Cimol ini sudah terkenal dikalangan orang-orang Jawa Barat, Daerah Bandunglah yang memang menjadi pusatnya para penjual cimol.

Cimol dibuat menggunakan bahan dasar tepung kanji dengan cara dibulat-bulatkan atau digemol, dari itulah namanya menjadi cimol, aci digemol.

Cimol memliki dua jenis yaitu basah dan kering. Untuk letak perbedaan antara keduanya itu penggunaan sausnya. cimol kering biasanya menggunakan bubuk kering sebagai taburannya, cimol kering ini sering dijual. Sedangkan Cimol basah menyiramkan saus basah pada cimolnya.

Bahan untuk pembuatan cimol adalah tepung kanji, terigu, dan tepung beras dan dicampur dengan garam, merica, baking powder. itu bahan-bahan pembuatan cimol asli Khas Jawa Barat. Makanan Khas Jawa Barat

35. BALA-BALA | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : http://kitabmasak.com

Makanan Khas Jawa Barat – Yang Ketiga Puluh Lima adalah Bala-bala, makanan ini adalah berupa gorengan dengan bahan dasar berupa tepung terigu dicampur bersama dengan sayuran kol dan wortel.

Biasanya sayuran tersebut harus dipotong kecil-kecil dulu untuk nantinya dicampur dengan tepung terigu dan air, kesemuanya itu diaduk-aduk agar sayur dan tepung tercampur merata. Dinamai bala-bala karena artinya berserakan sesuai sayurannya. Makanan Khas Jawa Barat

36. TUTUG ONCOM | Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
Makanan Khas Jawa Barat / Sumber : https://www.sumber.com

Yang Ketiga Puluh Enam adalah Tutug Oncom, Oncom merupakan makanan khas Jawa Barat tepatnya daerah Tasik, begitu juga dengan bahan dasarnya sangu tutug oncom. Orang-orang biasanya memanggilnya dengan sebutan nasi T.O yang sebenarnya singkatan dari nama panjangnya.

Tutug Oncom, tutug artinya menumbuk, tutug oncom dibuat dari oncom yang dicampur aduk atau ditumbuk halus dengan nasi. sebelum dikonsumsi biasanya oncom harus digoreng atau dibakar agar enak untuk dimakan.

Itulah daftar ke-36 Makanan Khas Jawa Barat paling lezat dan enak, menurut versi kami dan rasa-rasanya bisa dicoba untuk sekedar dijadikan pengganjal perut atau boleh juga dijadikan oleh-oleh sanak saudara yang ada dirumah.

Jangan lupa untuk mencoba aneka masakan oalahan tradisioanal yang ada pada list di atas, selain itu juga hitung-hitung ikut melestarikan makanan tersebut.

Makanan Khas Jawa Barat

Leave a Comment

%d bloggers like this: