Makanan Khas Jawa Tengah, Yang Nomer 10 Pasti Membuat Anda Shock!

Makanan Khas Jawa Tengah, Yang Nomer 10 Pasti Membuat Anda Shock!

Makanan Khas Jawa Tengah – Makanan khas Memang begitu menggoda untuk berkunjung ke suatu daerah dan kita cicipi. Kurang afdhol jikalau kita berkunjung di suatu tempat tapi tidak nyobain makanan khas yang ada di sana. Apa kata dunia, Sudah datang ke tempat yang sangat jauh tetapi belum pernah ngrasain makanan sana. Sahabat Amanah.

Nah, kali ini tempat yang admin mau mengajak pembaca untuk berkunjung di Jawa Tenagh. Agar Anda tahu apa saja makanan khas Jawa Tengah, mari simak bebarapa penjelasan makanan yang ada di Jawa Tengah. Kalau sudah tahu, nanti bisa Anda coba, ketika Anda datang ke sana. Berbicara tentang Jawa Tengah, tidak cuma Semarang saja Sahabat, jadi mari kita bersama-sama lihat makanan khas Jawa Tengah.

1. Lumpia Semarang | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: www.youtube.com

Lumpia dari Semarang
Siapa yang tidak tidak tahu Semarang, makanan khas-nya apa? Bahwasannya kebanyakan orang kalau ditanya soal makana khas semarang pasti jawabnnya Lumpia. Lumpian ini lebih lezat dan enak bila dimakan saat masih hangat. Apalagi kalau makannya ditambah sama cabe rawit atau saus pasti tambah menggoda ingin cepat-cepat memakannya.

Lumpia sendiri memunyai isian yang beragram, antara lain ada yang pakai sayuran, udang, daging ayam, rebung dll. Jikalau Anda ingin mengunjungi kota Semarang, jangan melupakan makanan khas Jawa Tengah yang satu ini.

2. Tahu Petis | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: https://rmputri.wordpress.com

Nah sahabat, tadi itu membahas tentang Lumpia, kalau yang sekarang ini adalah membahas tentang makanan dari olahan tahu. Yaitu Tahu Petis, yang merupakan masih makanan dari semarang. Sahabat amanah baiasannya tahu petis ini dibuat cemilan, kalau Anda ingin menjadikan sebagai lauk makan juga bisa.

Tahu Petis ini bahan dasarnya dari tahu, tahu goreng tepatnya. Bedanya tahu ini sama yang lain adalah adanya saos hitam yang dimana namanya adalah petis. Sahabat, petis ini terbuat dari kuah rebusan udang atau ikan yang dimasak hingga kemudian menjadi kental.

3. Telur Asin | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / sumber Image:

Makanan khas Jawa Tengah selanjutnya adalah Telur Asin, yang apa bila dimakan rasanya asin. Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari telur bebek, daerah Brebes Jawa Tenagh adalah akan terkenal dengan telur bebeknya. Sahabat terlur asin ini kebanyakan dimakan menggunakan nasi, tapi ada juga langsung dimakan.

4. Tempe Mendoan | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: http://resephariini.com

Kalau makanan yang satu ini adalah Tempe Mendoan, yang terkenal dari daerah Banyumas dan Purwokerto, yang bahasanya ngapak. Tempe Mendoan ini sama seperti kayak tempe goreng biasanya, yang diselimuti dengan tepung yang sudah dicampur dengan bumbu. Yang menjadi beda adalah nama mendoan-nya, mendoan yang artinya memasak menggunakan minyak panasdengan cepat sehingga tidak terlalu matang.

Sahabat tempe mendoan ini sekrang tidak Cuma ada di daerah Banyumas dan Puwokerto saja, akan tetapi hampir seluruh seluruh Jawa Tengah ada yang jual tempe medoan ini. Bahkan disetiap angkriangan jawa tengah pasti ada gorengan tempe mendoan.

5. Enting-Enting Gepuk | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: https://oomtansalatiga.wordpress.com

Sahabat amanah, pernah tahu makanan yang diiklanin di tv nasional yang namanya ting-ting tidak? Bukan mbak Ayu Ting-ting, tapi ting-ting. Sahabat amanah, mungkin ini merupakan bentuk modern Enting-enting Gepuk. Kalau kami lebih memlih makanan Enting-enting gepuknya.

Makanan Enting-enting gepuk ini khasnya daerah Salatiga, Jawa Timur. Enting-enting ini terbuat dari kacang tanah yang digepuk kemudian dipadatkan.

6. Nasi Gandul | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: https://limakaki.com

Sego Gandul
Sahabat Amanah, Kalau Anda main-main ke daerah Pati, jangan lupa mencoba nasi atau sego Gandul. Perlu Anda ketahui nasi ini beda dengan nasi lainnya, nasi gandul adalah nasi uduk cara penyajiannya menggunakan daun pisang.

Bedanya kan? Tidak itu saja, rasanya yang gurih itu membuat kita ketagihan, karena nasi ini gurih dari pada nasi yang biasanya. Bahkan, ada juga orang- orang yang memasak menambahkan daun pandan ketika masak nasi gandul, agar wanginya makin sedap dan tentunya akan menggugah selera makan kita.

Nasi Gandul ini sangat enak jikalau diamakan langsung ditempatnya, di kota Pati. Dengan menggunakan kuah yang sueger dan ditambah dengan daging sapi yang di suwir-suwir, yang menjadi pelengkap. Ini yang membuat nasi gandul menjadi lezat.

7. Nasi Liwet | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: https://id.tastemade.com

Nasi Liwet Solo
Makanan Khas Jawa Tengah yang satu ini adalah Nasi Liwet, lain tempat lain pula namanya, tadi ada nasi gandul kalau sekarang nasi Liwet. Sahabat nasi ini berasal dari kota Solo, bedanya dengan nasi gandul adalah mungkin penyajiannya dan bahan pelengkapnya. Nasi yang satu ini cara penyajiannya disajikan dengan labu siam dan potongan ayam.

Cara memasaknya dengan beras dan santan yang sudah tua agar bertambah gurih rasanya. Kalau anda jalan-jalan ke Daerah Solo, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan yang satu ini.

8. Rondo Royal | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: http://www.tokomesin.com

Tape Goreng Tepung
Nah Sahabat, makanan yang satu ini agak berbeda namanya, namanya rondo royal, padahal tidak tahu kenapa makan itu dinamai rondo royal, padahal rondo itu artinya janda. Orang yang biasanya bukan dari Jawa Tengah biasanya asing kalau dengan naman tersebut. Padahal, makanan ini berasal dari daerah Jepara dan ini bahsanya berasal dari tape singkong. Ternyata tape goreng.

Cara memsaknya adalah masukkan tape singkong kedalam tepung adonan lalu digoreng. Itu saja cara masak rondo royal sangat simpel sekali. Buat Anda yang kepengen mencoba , dari pada Anda jauh-jauh ke Jawa Tengah, anda bisa membuat sendiri. Seumpama tidak meu masak sendiri, ya disarankan untuk beli di tukang gorengan terdekat, siapa tahu kemungkinan ada.

9. Soto Kudus | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: www.goodindonesianfood.com

Soto Kudus
Makanan khas Jawa Tengh ini adalah Soto Kudus, Anda jika kekudus tidak lengkap rasanya kalau enggak mencoba soto Kudus. Soto Kudus ini cara penyajiannya adalah memakai mangkok kecil, selain itu, Soto Kudus mempunyai ada dua versi, yaitu pakai daging kerbau atau daging ayam.

Jika Anda ingin merasakan sensasi makan daging kerbau itu kayak apa, coba aja langsung datang ke kota Kudus, Anda akan tahu akan kenikmatan rasa dan sensasinya daging kerbaunya.

10. Gethuk | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: http://moeday-ku.blogspot.co.id

Gethuk trio tiga warna
Makanan Khas Jawa Tengah yang ini adalah Gethuk , Gethuk adalah makanan yang bahan dasarnya singkong. Sebenernya tidak Cuma di jawa Tengah, karena gethuk juga tersebar diwilayah jawa timur.
Gethuk ini warna aslinya adalah putih, akan tetapi sekarang banyak bermacam-macam warna biar lebih menarik, selain itu ada gethuk goreng, gethuk yang digoreng tentu rasanya tidak kalah sama gethuk biasa

11. Wajik | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: https://sportourism.id

wajik manis
Makanan selanjutnya adalah Wajik, wajik ini merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan, yang dimasak dengan menggunakan gula jawa. Wajik yang memakai gula jawa biasanya berwarna coklat. Akan Tetapi sekarang wajik memiliki bermacam-macam warna, pink, merah hijau dan warna lainnya. Biasa kalau wajik yang warna-warni ini pemanisnya menggunakan gula pasir.

12. Dawet Ireng | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: http://resephariini.com

Dawet Ireng Purworejo
Makanan Khas Jawa Tengah yang satu ini berasal dari kota Purworejo yaitu Dawet Ireng, Jika Anda Merasa Kehausan sedang mengunjungi Daearah Puworejo, silahkan sesekali mencicipi dawet ireng yang ada disana. Dawet ini yang ada disini beda dengan dawet yang berwarna hijau. Seperti namanya dawet ini berwarna ireng atau hitam.

Sahabat warna hitam apada dawet tersebut dihasikan dari bahan alami myaitu abu jerami. Abu jerami ini adalah digunakan pembuatan cendol dawet ireng.

Dawet Ireng ini memiliki rasa yang sama dengan dawet yang lain. Rasa dawet ini menyegarkan, apalagi meminumnya memakai es pada waktu siang hari, untuk gula yang digunakan adalah menggunakan gula jawa asli.

13. Mangut Beong | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: http://traveltodayindonesia.com

Mangut ikan Beong
Sahabat amanah, kalau anda makan makanan yang satu ini adanya di kota Magelang. Maka dari itu sempatin untuk berkunjung ke kota ini. Kota ini tidak jauh dari jogja, dimana tempat candi Borobudur berada.

Di Kota Magelang Jawa Tengah, Sahabat Amanah bisa mencicipi mangut beong. Makanan ini terbuat dari bahan dasar ikan beong, ikan beong ini kalau dilihat sekilas seperti ikan lele. Ikan ini merupakan ikan khas yang berada di Sungai Progo, dimana rasanya lezat, dagingnya tidak begitu lembut dan tidak mudah pudar.

14. Brekecek | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: http://oknusantara.com

Brekecek Khas Cilacap
Sahabat Amanah, Anda pernah dengan nama brekecek apa tidak? Brekecek ini adalah merupakan makanan khas Jawa Tengah, dari daerah Cilacap. Walaupun namanya kedengaran cukup aneh, mungkin Anda mungkin Anda bakal ketagihan kalau sudah pernah mencicipinya atau paling enggak, lidah Anda bakal dibuat bergoyang.

Brekecek ini adalah makanan yang bahan dasarnya ikan pathak dan ikan jantan. Akan tetapi ada juga yang menggunakan bahan dasar kepala ikan laut dan hewan bernama menthok atau basur. Brekecek ini berasal dari dua kata, bre dan kecek. Brek artinya dijatuhkan sedangkan kecek artinya dicamur dengan bumbu.

15. Nasi Grombyang | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: http://ijulbaso.blogspot.co.id

Nasi Grombyang Khas Pemalang
Makanan Khas Jawa Tengah yang satu ini adalah Nasi Grombyang, yang berasal dari Pemalang. Untuk penamaannya ini berasal dari cara penyajian pada kuahnya lebih banyak dari pada isi, sehingga kelihatannya agak bergoyang atau grombyang-grombayang.

Makanan khas ini terbuat dari kuah, nasih dan daging kerbau. Untuk penyajiannya menggunakan piring atau mangkok kecil yang dilengkapi dengan sate kerbau. Jikalau Anda ingin mencari penjual nasi grombyang ini. Penjual nasi grombyang menggunakan kuali yang berukuran besar, biasanya nasinya ditutupi dengan kain warna merah. Dan juga penerangan warungannya memgunakan lampu teplok dan remang-remang.

16. Getuk Goreng | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: http://dinporabudpar.banyumaskab.go.id

Getuk Goreng Sokaraja khas Banyumas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah yang satua ini adalah Gethuk Goreng. Dimana gethuk ini adalah makanan khas sukoharjo, Banyumas. Untuk soal rasa gethuk goreng ini adalah manis dan gurih. Bahan yang digunakan kudapan singkong dan manisnya dari gula merah.

Konon gethuk ini pertamala kali ditemukan oleh sanpirngad pada tahun 1918. Seorang penjual nasi keliling di daerah Sukaraja. Selain nasi mbah sanpirngad juga menjual gethuk, tetapi sungguh disayangkan gethuk yang dijual tidak laku.

Dan akhirnya mbah Sanpirngad ini memikirkan bagaimana gethuk yang ia bawa laku dan tidak mubazir atau masih bisa dikonsumsi lagi. Kesokan ahrinya mbah Sanpirngad menggoreng gethuknya, dan ternyata itu malah menjadi berkah dan laris.

17. Jenang Kudus | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: http://nusantaracantik.blogspot.co.id

Jenang Kudus Jawa Tengah
Makanan khas Jawa Tengah yang satu ini adalah Jenang Kudus, Apakah Sahabat Amanah tahu dodol Garut? Kalau Anda semua tahu, Bahwasannya jenang Kudus. Sahabat, Anda juga dapat membeli dalam bentuk kiloan atau yang sudah dimasukkan di dalam kotak. Perlu diketahui jenang kudus ini dijual dalam bentuk potongan yang dibungkus dengan paltik bening.

Untuk soal rasa jenang kudus untuk kelezatannya bukan hanya menjadi kesukaan masyarakat indonesia saja. Akan tetapi Jenang ini sudah export keluar negeri mulai dari Malaysia, Singapura, Brunei, Arab saudi dan Hongkong.

18. Mie Ongklok | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: https://gembolransel.com

Mie Ongklok Wonosobo Jawa Tengah
Makanan khas Jawa Tengah yang satu ini adalah Mie Ongklok, kalau sahabat amanah ingin jalan-jalan ke daerah Wonososbo, Jawa Tengah, kami pesan kepada sahabat agar jangan lupa untuk mencicipi mie ongklok.
Mie ongklok ini merupakan mie rebus yangdi racik bersama, daun kucai dan kol. Kuah yang digunakan untuk mie onklok ini adalah dari kanji, jadi lebih kental sedikit dari mie yang apada umumnya.
Sahabat untuk menikmati mie ini, Anda bisa memilih sate, tempe kemul, dan kripik tahu untuk sebagai pendampingnya.
Sahabat sudah tahu kenapa dinamai mie ongklok, yaitu karena semacam keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu. Ongklok ini digunakan untuk merebus mie ke dalam kuahnya. Sahabat penasaran, Anda bisa bisa langsung ke Wonosobo,sambil menikmati berwisata ke Dieng.

19. Garang Asem | Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / Sumber Image: http://dapurcikajang55.blogspot.co.id/

Garang Asem Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah yang ini namanya adalah Garang Asem, garang asem merupakan oalahan berbahan dasar ayam yang dimasak bersama santan, dan untuk bungkusnya adalah menggunakan daun pisang. Rasa garang asem ini asam dan pedas, pasti menggugah anda untuk melahapnya bersama nasi.

Nah Sahabat Amanah, itulah makanan khas Jawa Tengah yang bisa Anda dicoba kalau lagi mampir ke sana. Bedalagi Anda kalau pergi ke Jawa Barat, tentu saja sangat beda untuk soal makanan khasnya. Jadi Sahat Amanah, jangan lupa kalau lagi pergi ke manapun, untuk mencicipi khas makanan disana.

Makanan Khas Jawa Tengah

Leave a Comment

%d bloggers like this: