Nikmatnya 14 Macam Makanan Khas Malang yang Bikin Ketagihan (2018)

Nikmatnya 14 Macam Makanan Khas Malang yang Bikin Ketagihan (2018)

Makanan Khas Malang – Halo sahabat bertemu lagi dengan salingamanah.com. Di pembahasan kali ini kita akan bahas sesuatu yang enak-enak dan bikin ketagihan, apalagi kalau bukan soal makanan. Kali ini kami akan membahas makanan khas dari kota apel yaitu Malang. Berbicara soal kota Malang, siapa sih yang enggak tahu dengan kota yang satu ini? Kota edukasi, kota hiburan dan yang pasti kulinernya. Makanan Khas Malang

Berbicara masalah kuliner di kota Malang, ada banyak makanan khas yang pastinya di jamin bikin ketagihan dan yang pasti ramah di kantong. Terus apa aja sih makanan khas dari kota yang dijuluki dengan kota apel ini? kalau udah penasaran langsung aja simak pembahasannya berikut ini.

1. Bakso Malang

Makanan Khas Malang
Sumber Image: kokibakso.blogspot.com

Jika mendengar kata BAKSO pasti yang terlintas adalah makanan khas kota Malang. Ya, bakso sudah menjadi primadona masyarakat di Indonesia selain rasanya yang enak harganya pun ramah di kantong masyarakat. Di mana ada penjual bakso, pasti akan mencantumkan khas Malang.

Itu karena saking populernya makanan yang bernama bakso ini. Mulai dari pedagang kaki lima sampai restoran besar menjadikan bakso menjadi salah satu hidangan andalannya. Di dalam satu mangkok bakso khas Malang terdapat berbagai macam isian yang melengkapi hidangan bakso khas Malang yang terdiri dari tahu putih, kulit pangsit isi, bihun, mie, siomay dan tauge.

Selain itu penggunaan bumbu yang pas bisa menjadikan kuah bakso lebih nikmat dan mampu menambah selera makan. Biasanya 1 mangkok bakso ditemani dengan sambal cabai yang sangat pedas. Makanan Khas Malang.

2. Orem-Orem

Makanan Khas malang
Sumber Image: goodindonesianfood.com

Salah satu kota yang menghasilkan tempe secara rutin atau bisa di bilang besar adalah kota Malang. Di Malang juga ada makanan khas yang berbahan dasar tempe yaitu Orem-Orem. Orem-Orem sendiri terbuat dari bahan dasar tempe dengan kuah kental yang terbuat dari santan. Dulu makanan ini hanya di sajikan ketika ada acara pernikahan atau syukuran. Tapi semenjak pertengahan tahun 80-an, makanan ini mulai dijual di warung makanan tradisional.

Jika kamu dating ke kota Malang tidak lengkap rasanya kalua tidak mencicipi makanan khas yang satu ini. Orem-Orem adalah makanan berkuah yang berisi irisan tempe goreng dan ayam yang sudah dibumbui. Orem-Orem disajikan di dalam sebuah mangkok yang berisi irisan tempe goring ayam dan kuah yang terbuat dari santan.

Rasa Orem-Orem ini hampir sama seperti sayur lodeh hanya saja Orem-Orem memiliki rasa yang pedas. Bisa juga ditambah dengan kecap manis dan sambal. Biasanya masyarakat kota Malang sering memakan hidangan ini dengan tambahan ketupat dan tauge agar lebih mengenyangkan. Dan tidak lupa juga ditemani dengan kerupuk yang renyah semakin menggugah selera makan. Makanan Khas Malang

Sumber gambar : malang.merdeka.com

3. Bakso Bakar

Makanan Khas Malang
Sumber Image: aremafood.com

Pada zaman sekarang orang yang tidak memiliki kelebihan di bidang memasak atau kuliner pun bisa membuat kreasi masakannya sendiri agar menjadi ciri khasnyanya atau menjadikan masakan itu terlihat unik. Seperti contohnya adalah bakso bakar yang ada di kota Malang. Bakso bakar sendiri dianggap sebagai makanan khas kota Malang. Makanan Khas Malang

Bakso bakar sendiri pertama kali dicetuskan oleh seseorang yang bernama Soeparman atau pak Man. Pak Man sendiri menjual bakso bakarnya di Jl. Diponegoror No. 19 A, Malang. Makanan yang dicetuskan oleh pak Man ini menjadikan makanan khas kota Malang semakin beraneka ragam.

Warung bakso yang dibuka oleh pak Man sendiri menyajikan berbagai makanan bakso tapi tetap saja yang paling terkenal adalah bakso bakarnya. Bakso bakar sendiri lebih digemari karena bakso yang telah dibakar mengeluarkan aroma yang lebih sedap.

Bakso bakar Pak Man sendiri memberikan level kepada tingkat kepedasannya dari yang manis atau tidak pedas sampai rasa pedasnya yang menyengat di lidah. Jika sedang berkunjung ke kota Malang jangan lupa untuk membeli bakso bakar. Dijamin gak bakal nyesel.

4. Cwie Mie

Makanan Khas Malang
Sumber Image: ngalam.co

Cwie Mie, dari namanya saja sudah terdengar jika makanan khas yang satu ini merupakan makanan khas Peranakan Tionghoa. Cwie Mie sendiri sudah tersebar luas di Kota Malang dan menjadikan Cwie Mie salah satu makanan khas kota Malang. Cwie Mie sendiri saat ini sudah berubah nama jadi pangsit mie. Karena kulit pangsit yang selalu hadir menemani makanan khas yang satu ini. Makanan Khas Malang

Di kota Malang sudah banyak warung makan pangsit mie atau Cwie Mie contoh terkenalnya seperti Depot Sawahan, Depot Lima Satu, Pangsit Bromo Pojok dan masih banyak warung lainnya.

Rata-rata, warung yang menyajikan Cwie Mie ini membuat Mienya sendiri dengan cara yang tradisional hingga modern. Ukuran mie Cwie khas malang memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil. Cwie Mie sendiri disajikan dengan suwiran ayam, taburan daun bawang dan kuah.

Meskipun makanan khas ini memiliki tampilan yang sederhana, tapi rasa yang dimilikinya bikin lidah jadi ketagihan. Cwie Mie biasanya didampingi dengan menu lain seperti baksu, siomay, tahu isi, dan udang goreng. Makanan Khas Malang

5. Soto Lombok

http://food.hawsu.com
Sumber Image: food.hawsu.com

Meskipun memiliki nama lombok bukan berarti makanan ini merupakan makanan khas kota Lombok atau juga ada yang beranggapan jika soto Lombok ini mencerminkan nama lombok yang dalam Bahasa jawa berarti cabai memiliki rasa yang pedas. Tapi, pada kenyataannya nama lombok merujuk pada lokasi warung yang menjual soto ini yang berlokasi di Jl. Lombok. Warung soto lombok sendiri sudah berdiri sejak tahun 1955.

Dengan jangka waktu yang sangat lama tersebut sudah dipastikan jika soto yang dihidangkan di warung tersebut memiliki cita rasa yang khas. Makanan Khas Malang

Soto yang dibuat di warung tersebut berbeda dengan soto-soto yang lain. Yang membedakan adalah dari isinya. Soto Lombok sendiri dalam satu mangkok berisi kentang, daging ayam kampong, telur rebus, irisan kol dan tauge.

Selain itu kuah dari soto Lombok juga berbeda. Soto Lombok memiliki kuah yang kental dan di berikan taburan koya yang semakin meningkatkan nafsu makan. Soto Lombok biasanya ditemani dengan berbagai macam jenis kerupuk.

6. Nasi Buk

Makanan Khas Malang
Sumber Image: infomakan.com

Makanan ini sebenarnya bukan makanan asli kota malang melainkan dari daerah Madura. Tapi, karena penjualnya (keturunan Madura) banyak ditemui di kota Malang jadilah orang-orang beranggapan jika makanan ini menjadi makanan khas Malang. Makanan ini berasala dari desa Banjeman Bangkalan, Madura. Kata Buk pada makanan ini merupakan Bahasa Madura dari wanita Madura.

Nasi buk merupakan makanan berat atau istilah keren di dunia makanan barat dinamakan Main Course. Memiliki rasa yang khas dan mantap, beraneka ragam lauk, sayur lodehnya yang nikmat serta dendengnya yang memiliki cita rasa gurih membuat para penikmatnya menjadi ketagihan. Umumnya nasi buk dijadikan sebagai menu sarapan oleh penduduk kota Malang.

7. Pecel Pincuk

Makanan Khas Malang
Sumber Image: kulikulikuliner.blogspot.co.id

Nasi pincuk merupakan makana yang paling sering dicari oleh masyarakat kota malang ketika lapar datang. Nasi pincuk berisi sayuran yang di hidangkan di atas pincuk. Kalian yang belum tau pincuk itu apa, pincuk merupakan daun pisang yang dijadikan alas dan ditusuk dengan lidi di salah satu sisinya. Makanan ini menjadi primadona karena selain rasanya yang enak harganya juga ramah dikantong masyarakat. Makanan Khas Malang

Pecel pincuk berisikan kacang panjang, tauge, sayuran bayam dan tidak lupa bumbu pecel yang terbuat dari kacang. Yang membedakan pecel pincuk khas Malang dengan pecel pincuk di kota lain adalah hadirnya irisan mentimum, daun kemangi dan rempeyek kacang yang sudah diremukkan. Lauk lainnya terdiri dari telur dadar, tahu goring, tempe goring dan bakwan. Makanan Khas Malang

8. Sop Sumsum

Makanan Khas Malang
Sumber Image: limakaki.com

Sop merupakan makanan berkuah dengan bahan-bahan yang beragam dan bumbu yang menciptakan cita rasa yang melekat di lidah penikmatnya. Di kota Malang ada satu jenis sop yang sangat terkenal, yaitu sop sumsum. Yang membuatnya berbeda adalah selain sayuran segar dan kaldu ayam yang nikmat sop ini ditambahkan tulang sapi dengan sumsum yang siap untuk diseruput.

Salah satu penjual sop sumsum yang terkenal di kota Malang adalah Sop Sumsum Pak Kayin yang berlokasi di Jl. Cengger Ayam No. 10. Makanan Khas Malang

Sop sumsum pak Kayin merupakan pelopor sop sumsum pertama di kota Malang. Jadi tidak heran jika warungnya selalu ramai dikunjungi oleh pelanggan yang ingin mencicipi lezatnya sop sumsum pak Kayin. Sop sumsum pak Kayin memiliki rasa yang lezat dan memiliki harga yang pas buat masyarakat.

Harga sop sumsum pak Kayin di bandrol dengan harga 15 ribu untuk tulang kecil sampai 25 ribu untuk sop sumsum istimewa. Penasaran dengan rasanya? Jika ke kota Malang jangan lupa mampir ke warung sop sumsum pak Kayin di jamin gak mengecewakan.

9. Sate Kelinci

Makanan Khas Malang
Sumber Image: chefsclubaspen.com

Sate kelinci? Ya, kalian tidak salah baca. Makanan khas kota Malang yang selanjutnya adalah sate kelinci. Jika kalian mampir ke kota Malang jangan sampai lupa tidak mencicipi nikmatnya sate kelinci. Mungkin sebagian dari kalian tidak tega atau kasihan melihat kelinci yang dijadikan hidangan sate.

Tapi makanan ini menjadi makanan favorit para pelancong yang sedang singgah di kota Apel tersebut. Makanan ini bisa dijumpai di sepanjang jalan Malang-Batu. Di sepanjang jalan tersebut banyak restoran atau rumah makan yang menyajikan hidangan sate kelinci.

Jika dilihat dari tampilannya serta bumbu yang digunakan tidak ada perbedaan dengan hidangan sate yang lainnya. Yang menjadikannya unik adalah bahan dasar daging yang digunakan tidak biasa yaitu daging hewan imut-imut, kelinci. Tertarik untuk mencicipinya? Bururan dating ke kota Malang biar bisa mencicipi sensasi memakan daging kelinci.

10. Bakso Bakwan

Makanan Khas Malang
Sumber Image: infomakan.com

Kota Malang memang terkenal dengan hidangan baksonya yang melegenda saking terkenalnya, setiap pedagang di luar kota yang menjual bakso pasti menyertakan kata “khas Malang”. Salah satu hidangan bakso yang terkenal adalah bakso bakwan. Bakso bakwan memiliki isi yang lebih komplit daripada bakso khas Malang lainnya.

Dalam satu mangkok bakso bakwan berisi seperti bakso urat, bakso goreng, bakso halus, tahu rebus, pangsit dan yang pasti adalah bakwan rebus. Yang membuat beda bakso bakwan dengan bakso yang lain adalah absennya mie kuning atau bihun putih dalam satu mangkok bakso bakwan. Kuah dari bakso bakwan menggunakan kaldu sapi asli yang menghasilkan rasa yang lebih gurih, segar, dan menggugah selera makan.

11. Tempe Mendol

Makanan Khas Malang
Sumber Image: jelajahgizi.id

Tempe mendol merupakan salah satu varian tempe asal Malang. Tempe mendol merupakan makanan trasisional yang berbahan dasar tempe yang dibumbui dengan berbagai macam bumbu yang menghasilkan cita rasa yang gurih. Pada umumnya tempe mendol dijadikan sebagai lauk untuk pecel dan rawon. Ada juga yang memakan tempe mendol tanpa menu lain.

Tempe mendol ini dibuat dari tempe yang sudah agak menghitam atau hamper basi. Tapi bukan berarti makanan ini tidak menyehatkan. Yang menjadi masalah saat ini adalah, penjual tempe ini sudah sangat jarang dan kebanyakan masyarakat kota Malang membuat tempe mendol ini sendiri di rumah untuk bisa menikmati cita rasa gurih dari tempe mendol.

12. Angsle

Makanan Khas Malang
Sumber Iamge: elshinta.com

Suhu dingin di kota malang membuat kita yang tidak biasa dengan hawa dingin merasa seperti tulang kita sedang ditusuk. Tapi suhu dingin itu bisa disiasati dengan mengkonsumsi hidangan hangat yang bernama Angsle. Angsle merupakan hidangan khas kota Malang berupa wedang hangat atau minuman hangat.

Angsle biasa dijumpai ketika waktu malam telah tiba di mana suhu di kota Malang mulai turun dan mulai dingin. Kata wedang berasal dari Bahasa Jawa yang berarti segala jenis minuman panas atau hangat yang terbuat dari rebusan jahe, serai dan gula jawa.

Bagi yang sudah mencicipi sekoteng pasti kalian akan merasakan rasa yang sama dari wedang angsle ini. Rasa jahe yang dominan menjadi ciri khas angsle. Isi dari wedang angsle ini berupa roti, kacang tanah yang disangrai, dan kacang hijau. Yang membedakan dengan sekoteng adalah adanya tambahan petulo atau putu mayang, ketan putih dan tape singkong pada wedang angsle.

13. Tahwa | Makanan Khas Malang

Makanan Khas Malang
Sumber Image: youtube.com

Bukan hanya angsle yang membantu untuk menghangatkan tubuh ketika kita kedinginan karna suhu dingin di kota Apel tersebut. Tapi ada juga kuliner hangat yang lain yaitu Tahwa. Tahwa ini bukan minuman melainkan makanan ringan atau jajanan yang disajikan dengan kuah hangat. Tahwa sendiri merupakan makanan Peranakan Tionghoa yang sudah lama masuk ke Indonesia.

Tahwa atau yang biasa dikenal masyarakat Indonesia dengan nama kembang tahu khususnya di kota asalnya, Malang. Merupakan makanan yang berbahan dasar tahu lembut yang akan lumer ketika masuk ke dalam mulut. Tahwa disajikan dengan kuah jahe yang dicampur dengan gula merah.

Jajanan ini selalu ramai dibeli apalagi ketika malam hari tiba. Harganya yang hanya Rp. 4000/porsi membuat hidangan ini laku keras karna harganya yang ramah juga memberikan rasa hangat ke tubuh ketika dimakan.

14. Sempol

Makanan Khas Malang
Sumber Image: merdeka.com

Kalau jajanan yang satu ini masih sangat fresh atau bisa dibilang paling muda diantara makanan khas kota Malang. Makanan ini merupakan makanan yang tebuat dari tepung tapioka dan dicampur dengan daging ayam giling. Dan disajikan dengan cara ditusuk dengan bambu panjang. Jika dilihat sekilas jajanan ini mirip dengan otak-otak goreng yang dibalut dengan telur.

Hingga saat ini belum ada yang tau dari mana asal makanan ringan yang satu ini tapi yang paling terkenal adalah seorang pedagang kaki lima asal malang Cak Man yang sedang berkunjung ke bandung. Disana Cak Man mencicipi cilok dan dari situ lah beliau memiliki ide untuk membuat versinya di kota Malang.

Makanan ini pertama popular di daerah Malang selatan atau dari desa Sempol. Kalau mampir ke kota malang jangan lupa beli sempolnya juga, dijamin bikin nambah lagi.

baiklah cukup sekian pembahasan kali ini jika kalian lagi mampir atau jalan-jalan ke kota apel, Malang. Jangan lupa beli makanan tadi di jamin kalian gak bakal nyesel deh.

Rasa nikmat dan yang pasti ramah di kantong dan enggak bikin tekor. menikmati udara sejuk kota Malang dan di temani dengan makanan khasnya semakin menambah seru pengalaman ketika berkunjung ke kota Malang.

Makanan Khas Malang

Leave a Comment

%d bloggers like this: