32 Makanan Khas Maluku yang Terkenal Lezat Menarik Wisatawan !

32 Makanan Khas Maluku yang Terkenal Lezat Menarik Wisatawan !

Makanan khas Maluku – Maluku merupakan provinsi yang berada di timur Indonesia. Maluku juga merupakan provinsi dengan bentuk kepulauan dan memiliki [emandangan alam khususnya laut yang indah. Karena berbentuk kepulauan maka provinsi ini memiliki penghasilan tangkapan ikan yang cukup banyak dan kebanyakan makanan khas Maluku merupakan olahan dengan bahan dasar ikan.

Selain ikan Maluku juga memiliki bahan makanan lain yaitu sagu. Sagu merupakan pengganti nasi bagi masyarakat di sana. Berbicara masalah ikan dan sagu, Maluku memiliki berbagai macam makanan olahan dengan bahan dasar yang tidak jauh dari keduanya. Terus apa saja makanan khas Maluku yang memiliki rasa yang nikmat? Jika sudah penasaran kalian bisa langsung simak pembahsannya dibawah ini.

1. Papeda | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: makananoleholeh.com

Makanan khas Maluku yang pertama adalah papeda. Karena Maluku menggunakan sagu sebagai makanan pokok mereka dan ikan merupakan komuditas terbesar di Maluku. Maka masyarakat Maluku membuat dua bahan tersebut menjadi makanan yang unik dan lezat yaitu, papeda.

Papeda in iterbuat dari sagu yang dibuat menjadi bubur yang memiliki tekstur lengket seperti lem dan memiliki rasa yang tawar, yang ditemani dengan ikan tongkol atau ikan mubara yang sudah dibumbu kuah. Cara memakan papeda ini cukup unik yaitu dengan cara menyeruputnya langsung dari piringnya.

2. Ikan Kuah Pala Banda | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: minglets.com

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah ikan kuah pala banda. Makanan ini berasal dari Kepulauan Banda, Maluku. Makanan ini sudah ada sejak penjajahan belanda dan makanan ini merupakan makanan favorit para konglomerat atau petinggi Belanda yang datang ke Indonesia.

3. Nasi Lapola | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: makananoleholeh.com

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah nasi lapola. Makanan ini menggunakan nasi sebagai bahan dasarnya. Ya, nasi. Meskipun makanan pokok masyarakat Maluku adalah sagu tapi masyarakat Maluku juga memiliki hidangan dengan bahan dasar nasi yaitu nasi lapola.

Makanan khas Maluku yang menggunakan bahan dasar nasi ini dimasak dengan cara beras diamasak dengan api kecil sampai setengah matang kemudian dicampur dengan kelapa parut, garam, dan kacang tolo yang sudah direbus. Kemudian dikukus kembali sampai matang dan kemudian disajikan ketika hangat.

4. Ikan Komu Asar | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: inisayadanhidupsaya.wordpress.com

Makanan khas Maluku yang berikutnya adalah ikan komu asar. Makanan khas Maluku yang ini merupakan olahan dengan bahan dasar ikan cakalang. Ikan cikalang yang masih segar di bersihkan dan kemudian ditusuk menggunakan bambu.

Setelah itu ikan yang sudah ditusuk dijejer rapih untuk kemudian dilakukan teknik pengasapan dengan waktu kurang lebih selama satu jam. Makanan ini biasa disajikan bersama dengan sambal colo-colo khas Maluku yang super pedas.

5. Sambal Colo-Colo | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: id.tastemade.com

Makanan khas Maluku yang selanjunya adalah sambal colo-colo. Seperti yang sudah dikatakan di bagian sebelumnya kalua makanan ini memiliki rasa yang sangat pedas. Makanan ini sangat cocok untuk kalian yang suka dengan makanan pedas.

Sambal ini terbuat dari campuran bahan seperti tomat muda yang masih segar, cabe rawit, bawang merah, dan terakhir perasan jeruk nipis dan yang unik adalah sambal ini sama sekali tidak diulek, bahan-bahannya hanya dicincang kasar. Sebagai pelengkap biasanya sambal ini ditambah dengan daun kemani, kecap dan irisan kenari mentah.

6. Sagu Woku Komo-Komo | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: beautiful-indonesia.umm.ac.id

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah sagu woku komu-komu. Masih dengan bahan dasar sagu. Makanan ini terbuat dari sagu yang direndam dengan air dingin dan diberi bumbu yang kemudian dicampur dengan santan kelapa cair dan jeroan ikan.

Dan untuk memasaknya dengan cara dibungkus dengan daun woka dan kemudian di panggang sampai daun woka kering, jika sudah kering itu tandanya sagu woka komo-komo sudah siap untuk dijadikan lauk makan.

7. Talam Sagu Bakar | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah talam sagu bakar. Makanan ini masih menggunakan sagu sebagai bahan dasar makanan ini. Talam sagu bakar ini dibuat dengan bahan sagu yang dicampur dengan kenari dan kacang brenebon dan makanan ini memiliki rasa yang manis. Makanan ini cocok untuk dijadikan camilan ketika sore hari.

8. Bubur Sagu Ubi | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: lofoodie.blogspot.co.id

Makanan khas Maluku yang berikutnya adalah bubur sagu ubi. Masih dengan sagu sebagai pemeran utamanya. Makanan ini terbuat dari gula merah, gula pasir, daun pandan, ubi merah yang sudah direbus, dan yang pastinya adalah sang pemeran utama sagu, tapi untuk sagu yang digunakan adalah sagu lempengan.

Dan yang terakhir disiram dengan kuah santan dan taburan kenari. Makanan ini bisa kalian buat sendiri dirumah asalkan kalian ada bahan dan niat.

9. Kopi Sibu-Sibu | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: instafoodmaluku.wordpress.com

Kali ini bukan makanan khas Maluku melainkan minuman khas Maluku yaitu kopi sibu-sibu. Kopi ini bukanlah kopi biasa jika Maluku yang memilikinya. Kopi ini menggunakan kopi jenis robusta yang dihaluskan dengan cara yang masih sangat tradisional.

Selain rasa kopinya yang khas campuran bubuk cengkeh ini lah yang membedakan kopi sibu-sibu dengan kopi biasanya. Buat kalian yang ngaku sebagai pecinta kopi, kopi ini cocok banget deh buat kalian. Selain diminum disana kopi ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

10. Gohu Ikan | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: mancingmania.com

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah gohu ikan. Kali ini sang bintang untuk makanan khas Maluku ini adalah ikan. Makanan ini merupakan makanan yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Banyak orang yang menyebutkan jika makanan ini merupakan sashiminya masyarakat Ternate. Ikan yang digunakan untuk hidangan ini sama seperti sashimi di jepang yaitu ikan tuna.

11. Gatang Kenari | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: makananoleholeh.com

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah gatang kenari. Makanan ini merupakan olahan menggunakan kepiting yang special. Special karena kepiting yang digunakan ini memiliki kemampuan yang unik yaitu mampu memetik dan mengupas kelapa sendiri.

Dengan kepiting unik ini masyrakat Maluku mampu membuat makanan yang sangat lezat. Jika kalian ingin membuat Gatang Kenari, kalian bisa membuatnya sendiri dengan resep-resep yang banyak bertebaran di google.

12. Nasi Jaha, Olhe-oleh khas Maluku | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Maluku yang berikutnya adalah nasi jaha. Makanan yang mirip dengan leper jawa ini terbuat dari beras, beras ketan dan santan kelapa dan dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus sampai matang. Makanan ini memiliki rasa gurih dan pastinya mengandung karbohidrat yang tinggi yang membuat rasa lapar bisa diatasi dengan memakan makanan ini.

13. Acar Kuning | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: smileambon.com

Makanan khas Maluku yang berikutya adalah acar kuning. Acar dari Maluku ini sedikit berbeda karena acar khas Maluku ini berbahan dasar rebung. Acar kuning ini terbuat dari rebung, bawang merah, mentimun, kecipir muda, cabai merah, nanas dan daun salam. Setelah itu bahan-bahan itu diolah dan kemudian ditumis.

14. Kue Bagea / Kue Sagu, Kue khas Maluku | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku yang selanjutnya berupa jajanan atau kue yaitu, Kue Bagea. Lagi-lagi sagu menjadi bintang utama di makanan ini. Makanan ini memliki tekstur yang renyah serta rasa yang gurih. Memiliki bentuk bulat dengan retakan kecil di atasnya. Kue bagea yang terkenal adalah bagea kenari.

Seperti namanya makanan ini terbuat dari campuran sagu dan kenari. Kue ini biasanya dibuat camilan untuk menemani waktu minum teh atau kopi. Selain bagea kenari ada juga bagea yang lain yaitu kelapa dan gula. Meskipun berbeda tapi bagea yang lainnya masih recommended banget kok.

15. Halua Kenari | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: ddoleholehkhasambon.blogspot.co.id

Makanan khas yang selanjutnya masih dengan jajanan yaitu halua kenari. Jajanan khas Maluku ini terbuat dari campuran kenari dan gula merah, memiliki rasa yang manis dan tekstur yang legit. Jajanan ini bisa jadi pengganti sumber protein karena mengandung kenari.

Selain itu karena mengandung kenari jajanan ini juga bisa mencegah terjadinya kanker payudara loh. Makanan ini selain jadi camilan ternyata juga mengandung banyak manfaat dari kenarinya.

16. Kue Asidah | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: arsfindo.blogspot.co.id

Makanan kahs Maluku berikutnya masih dengan jajanan yaitu Kue Asidah. Jajanan yang terispirasi dari timur tengah ini menjadi favorit masyarakat Muslim Maluku sebagai hidangan berbuka ketika bulan Ramadhan. Jajanan yang terbuat dari tepung gandum atau juga bisa menggunakan tepung terigu dan gula merah yang dicampur dan diolah sedemikian rupa. Makanan ini memiliki tekstur yang legit dan rasa yang manis.

17. Kohu-Kohu | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: mulpix.com

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah kohu-kohu. Makanan ini mirip dengan urap sunda hanya saja kohu-kohu memiliki isian yang sedikit memiliki perbedaan. Kohu-kohu memiliki isian kacang panjang, tauge dan kemangi. Biasanya kohu-kohu dilengkapi dengan irisan bawang merah, cikalang asap yang di suwir, perasan lemon cina dan parutan kelapa.

18. Kasbi Komplet | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Maluku yang berikutnya adalah kasbi komplet. Selain sagu Maluku juga memiliki sumber karbohidrat lain yaitu kasbi atau biasa disebut dengan singkong. Kasbi komplet terbuat dari singkong dan ubi atau keladi rebus. Kasbi komplet ini memiliki rasa tawar seperti makanan khas Maluku lainnya yaitu papeda.

Kasbi komplet biasanya disandingkan dengan tumis kangkung atau bisa juga dengan ikan bakar bumbu rica dan juga kohu-kohu. Terkadang juga bisa disajikan dengan sambal colo-colo yang pedas.

19. Lapis Palaro | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Maluku yang berikutnya adalah lapis palaro. Jajanan ini terbuat dari daging sapi dan bumbu rempah. Cara membuat lapis palaro ini cukup mudah, daging sapi diiris dengan tipis-tipis. Kemudian campur air, gula pasir, garam, dan tepung meizena. Haluskan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, jahe, pala, kencur, cabai merah, ketumbar, jinten dan cengkeh.

Daging sapi yang sudah diiris tipis digoreng sampai berwarna kecoklatan, air yang sebelumnya digunakan untuk merebus daging di masak hingga mendidih setelah itu campurkan larutan tepung meizena yang tadi telah dibuat aduk sampai mendidih. Kemudian sajikan daging dapi yang sudah digoreng kecoklatan dengan saus yang terbuat dari tepung meizena tadi.

20. Sagu Lempeng | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah sagu lempenng. Kembali sagu menjadi binang dimakanan ini. Seperti yang saya sebutkan makanan ini terbuat dari sagu yang sering sekali dijadikan buah tangan oleh para pelancong yang datang. Makanan ini memiliki rasa gurih tapi ada juga yang memiliki rasa tawar.

Teksur makanan ini cukup keras jadi tidak terlalu untuk lansia. Makanan ini terbuat dari sagu yang dicetak menggunakan tanah liat yang bernama forna. Memiliki warna kecoklatan tapi ada juga yang memiliki warna merah muda. Sagu lempeng ini sering dijadikan camilan ketika minum teh.

21. Bubur Ne | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Maluku yang berikutnya adalah bubur ne. masih berkutat dengan bahasan sagu, bubur ne ini terbuat dari sagu yang dibentuk bukatan kecil layaknya telur kodok. Sagu yang sudah dibentuk bulatan kecil kemudian di masak dengan air santan sampai empuk dan kemudian dicampurkan dengan kayu manis, daun pandan dan gula merah. Makanan ini basanya menjadi hidangan penutup oleh masyarakat Maluku asli.

22. Sagu Gula | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: imgaram.com

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah sagu gula. Masih dengan sagu sebagai bahan utama, jajanan khas ini terbuat dari sagu dan berbentuk persegi panjang serta siraman gula merah yang sudah dicairkan di atasnya. Jajanan ini merupakan jajanan tradisional favorit masyarakat Maluku. Sagu gula ini biasanya dijadikan camilan ketika meminum segelas kopi sibu-sibu. Jajanan ini memiliki rasa yang manis yang berasal dari gula merah cair.

23. Suami | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah suami. Tapi bukan berarti makanan ini terbuat dari suami orang ya. Makanan khas ini berasal dari kota Ambon, makanan khas ini terbuat dari ubi yang diparut dan hasil parutan tersebut diperas untuk menghilangka kadar airnya dan yang terakhir I kukus hingga matang. Makanan yang sudah ada sejak jaman dulu ini masih tetap eksis dan tidak kalah dengan jajanan modern yang bertebaran diluar sana. Makanan khas Maluku ini terrdiri dari 3 jenis macam rasa. Yang pertama gula, menggunakan kelapa setengah tua dan yang terakhir original.

24. Nasi Kalapa | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Maluku yang salanjutnya adalah nasi Kalapa. Makanan yang mirip dengan nasi uduk ini memiliki rasa yang sama seperti nasi uduk karena terbuat dari nasi yang dimasak menguunakan santan, yang membedakan di proses pembuatannya. Ciri khas yang dimiliki nasi Kalapa ini adalah sambal pendamping yang berupa serundeng yang memiliki rasa yang pedas atau masyarakat biasa menyebutnya dengan sambal Kalapa.

25. Roti Kering Kenari | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Maluku yang berikutnya adalah berupa jajanan khas yaiu roti kering kenari. Makanan dengan bentuk seperti roti ini memiliki tekstur yang ranyah dan memiliki rasa yang manis. Makanan ini bisa bertahan sampai satu bulan meskipun makanan ini dibuat tanpa bahan pengawet. Jadi makanan ini cocok buat dijadikan oleh-oelh untuk dibawa pulang.

26. Sanole | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Maluku yang berikutnya adalah sanole. Makanan ini terbuat dari sagu yang di campur dengan kelapa dan kemudian memiliki isian gula aren. Sanole memiliki rasa yang manis dan gurih. Makanan ini mirip dengan dadar gulung tapi memiliki warna putih kecoklatan dan memiliki isian gula aren cair yang begitu menggoda selera makan. Nama lain dari sanole ini adalah karu-karu, bukan kura-kura loh ya.

27. Pisang Asar | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: senadunglautbiru.blogspot.co.id

Makanan khas Maluku yang selanjutnya datang kembali dari jenis jajajanan khas yaitu pisang asar. Sesuai dengan namanaya makanan ini terbuat dari pisang yang dimasak dengan cara di asar atau di panggang di dalam oven. Pisang yang digunakan untuk membuat pisang asar adalah hanya jenis pisang raja. Jajanan ini cocok untuk dimakan sebagai camilan pagi atau sore hari dengan ditemani segelas the atau kopi.

28. Gogos Ikan | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Maluku yang berikutnya adalah gogos ikan. Makanan ini hamper sama dengan lemper isinya pusn sama seperti suwiran daging ayam atau ikan dan cacahan tempe atau abon. Hanya saja cara membuat gogos ika ini dengan cara di bakar bukan dikukus.

29. Sagu Tumbu | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah sagu tumbu. Makanan khas ini berupa jajanan yang terbuat dari sagu, gula merah, dan kenari. Jajanan ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang renyah. Nama lain dari sagu tumbu adalah paumido.

30. Rujak Nastepa | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: dailyvoyagers.com

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah rujak nastepa. Rujak yang berasal dari kota Ambon ini memiliki rasa yang segar dan gurih. Rujak nastepa khas Maluku ini menjadi favorit para wisatawan dalam maupun luar negeri. Makanan ini sangat cocok disantap ketika di pinggir pantai.

31. Embal | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Sumber Image: instarix.com

Makanan khas Maluku yang berikutnya adalah embal. Makanan yang terbuat dari singkong ini memiliki rasa, bentuk dan cara makan yang beraneka ragam. Kebanyakan, masyarakat Maluku menyantap embal ini dengan ikan kuah, ikan asar, atau sayur ketika ada acara besar atau perayaan hari besar. Embal ini juga bisa dimakan dengan cara dicelup ke dalam teh hangat.

32. Lad | Makanan khas Maluku

Makanan khas Maluku
Makanan khas Maluku / Sumber Image: triptrus.com

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah lad. Lad ini adalah tumisan yang terbuat dari rumput laut khas masyarakat kei. Lad ini sering disantap dengan embal, nasi, atau ketupat. Makanan yang berbahan dasar rumput laut ini pastinya memiliki protein yang tinggi. Jadi makanan ini selain mengenyangkan juga menyehatkan.

Makanan khas Maluku

Leave a Comment

%d bloggers like this: