20 Daftar Makanan Khas Medan yang Terkenal dan Enaknya Nendang !

20 Daftar Makanan Khas Medan yang Terkenal dan Enaknya Nendang !

Makanan khas Medan – Kota Medan merupakan salah satu kota terbesar di insonesiaa setelah Jakarta dan Surabaya. Selain memiliki sejarah yang besar dan pesona budaya yang beragam kota Medan juga memiliki hal menarik laiinnya yakni makanan khasnya. Ada berbagai macam makanan khas daerah medan yang memiliki rasa yang enak dan nikmat.

Kota yang memiliki julukan kota Melayu Deli ini menjadi destinasi favorit para pelancong yang gemar berburu makanan khas. Jika kamu berencana berkunjung ke Medan tidak ada salahnya untuk membeli makanan atau oleh-oleh khas Medan dan dijamin tidak mengecewakan. Dan berikut ini adalah 13 makanan khas Medan yang terkenal dan memiliki rasa yang enak.

1. Bika Ambon, Kue khas Kota Medan

Makanan khas Medan
Sumber Image: id.tastemade.com

Makanan khas Medan yang pertama adalah bika ambon. Jika membicarakan makanan khas Medan, pasti kalian akan langsung teringat akan satu nama yaitu Bika Ambon. Meskipun begitu ada beberapa orang yang beranggapan jika bika ambon itu berasal dari Ambon, Maluku.

Nama Ambon sebenarnya bukan berasal dari kota Ambon melainkan dari sebuah nama jalan di Medan yaitu Simpang jl. Ambon-Sei Kera Medan, dan disitulah bika ambon pertama kali ada.

Makanan khas ini memiliki bentuk kotak dan berwana kuning dan dengan adanya lubang-lubang dan memiliki serat. Di Medan terdapat salah satu produsen bika ambon yang terkenal yaitu Bika Ambon Zulaikha. Di toko ini selain rasa original, terdapat pula bika ambon dengan berbagai varian rasa antara lain durian, keju, moka, pandan, dan pandan keju. Toko ini terletak di Jalan Mojopahit no. 62 dan 96 DEF.

Dengan harga mulai dari Rp. 30.000 sampai Rp. 50.000 membuat makanan khas ini ramah dikantong para pelancong yang ingin menjadikan makanan ini sebagai buah tangan untuk di bawa pulang.

2. Bolu Meranti, Oleh-oleh khas Medan

Makanan khas Medan
Sumber Image: khasmedan.com

Makanan khas Medan yang selanjutnya masih dengan kue yaitu bolu meranti. Secara kasat mata bolu ini sama seperti bolu pada umumnya. Jika dilihat secara kasat mata memang seperti ”Nothing special” dengan bolu ini. Tapi setelah memakannya kalian akan merasakan hal special dari bolu ini.

Bolu ini memiliki rasa yang lembut dan tekstur yang empuk di tambah dengan berbagai macam isian seperti nanas, keju, moka, coklat, strawberry, blueberry, dan juga rasa abon yang membuat bolu ini semakin memiliki rasa yang unik. Ditambah dengan toping diatasnya seperti meses, keju dan kacang.

Sayangnya makanan ini tidak bisa dibawa pulang untuk perjalanan yang panjang karena masa tahan kue ini hanya 3 hari, jika dimasukkan ke dalam lemari es atau pendingin kue ini bisa bertahan ± 7 hari. Kecuali kalau kalian naik pesawat maka makanan ini bisa jadi buah tangan yang nikmat.

Jika kalian ingin membeli bolu ini cukup kunjungi tokonya langsung di Jalan Sisingamangaraja No 19B atau mau langsung yang dari produsennya juga bisa yang terletak di Jalan Kruing no 2K. dengan harga Rp. 40.000 sampai Rp. 70.000 menjadikan jajanan ini ramah di kantong para pelancong.

3. Medan Napoleon

Makanan khas Medan
Sumber Image: khasmedan.com

Makanan khas Medan yang selanjutnya masih dari pastry atau jajanan yaitu medan napoleon. Medan napoleon ini merupakan jajanan perpaduan antara bolu gulung khas Medan dengan kue napoleon dari Prancis. Medan napoleon ini terbuat dari 4 lapisan yaitu 3 lapisan pastry yang di masing-masing selahnya diberikan selai dan yang terakhir di balut dengan bolu dan tak lupa berbagai macam topping yang menghiasi bagian atas dari kue ini semakin menarik.

Medan napoleon ini memiliki berbagai varian rasa seperti green tea, durian, keju dan yang terakhir adalah red velvet yang memiliki harga lebih mahal. Teksur renyah dari pastry dan tekstur lembut bolunya membuat medan napoleon ini begitu memanjakan lidah. Ditambah dengan berbagai varian rasa yang membuat rasa medan napoleon semakin unik.

Untuk harga sendiri medan napoleon di bandrol dengan harga termurah Rp 65.000 dan yang paling mahal adalah red velvet. Medan napoleon dapat di beli di Jalan K.H Wahid Hasyim no.46/35, Babura.

4. Pancake Durian, Cemilan khas Medan

Makanan khas Medan
Sumber Image: oetker.com.my

Makanan khas Medan selanjutnya masih dating dari jajanan yakni pancake durian. Medan memang memiliki buah durian sebagai komuditas yang paling banyak dan durian dari medan menjadi incaran banyak orang di Indonesia. Tidak hanya menghasilkan buahnya saja kota Medan juga memiliki hidangan dengan bahan dasar durian yaitu, pancake durian.

Seperti namanya pancake ini terbuat dari bahan dasar durian dan durian yang di pakai pun hanya durian dengan kualitas terbaik jadi tidak heran jika jajanan ini meiliki rasa yang istimewa. Dengan kulit pancake yang tipis membuatnya langsung lumer di mulut dan tidak lupa daging buah durian yang sangat banyak membuatnya rasanya semakin wah.

Sayangnya makanan ini hanya bisa bertahan 9-10 jam saja jika berada di luar ruangan tapi bisa bertahan sampai 7 hari jika dimasukkan kedalam freezer.

Masalah harga tidak perlu khawatir dengan harganya yang mahal karena meilhat dari bahan dasar yang digunakan adalah durian. Cukup merogoh kocek Rp. 70.000 untuk kotak kecil dan Rp 80.000 untuk kotak besar dengan isi 10 pancake. Harga yang cukup murah mengingat bahan yang digunakan adalah durian yang terkenal “mahal”.

5. Kolak Durian

Makanan khas Medan
Sumber Image: warungbulik.blogspot.co.id

Makanan khas Medan selanjutnya adalah kolak ambon. Masih dengan olahan durian, Medan memang terkenal karena hasil panen buah duriannya yang sangat melimpah dan memiliki rasa yang nikmat. Selain di jual langsung, di Medan durian juga bisa di jadikan hidangan yang unik, selain pancake durian yang sudah dibahas di atas masih ada olahan lain dari buah durian yaitu kolak durian.

Jika umumnya kolak hanya menggunakan pisang berbeda dengan di Medan. Di Medan sajian kolak ini berisi durian, ketan putih kukus, pisang kapok, dan jagung manis rebus. Untuk kuahnya sendiri terbuat dari santan kelapa dan gula aren yang dicampur jadi satu. Kolak durian ini nikmat di santap dalam keadaan hangat atau dingin.

6. Soto Udang

Makanan khas Medan
Sumber Image: smarthealthycooking.com

Makanan khas Medan yang selanjutnya adalah soto udang. Jika mendengar kata soto kalian pasti akan langsung ingat dengan soto Madura, soto lamongan dan soto kudus. Tapi di medan juga memiliki soto yang unik dan berbeda dari soto pada umumnya yaitu soto udang. Sebenarnya tidak berbeda jauh antara soto ayam dengan soto udang.

Yang membuatnya beda adalah adanya daging udang dan daging ayam yang telah dibakar dan kemudian di rebus. Dengan rasa yang unik tersebut membuat kita ingin terus makan soto udang ini.

Yang unik adalah awal mula soto ini berawal dari ketidak sengajaan seorang pedagang soto yang mengganti daging sapi dengan danging ayam dan udang karena bisa menjadi alternative orang-orang yang memeluk agama hindu dan budha yang dilarang makan daging sapi. Ternyata makanan ini memiliki ikatana social yang tinggi ya.

7. Bihun Bebek

Makanan khas Medan
Sumber Image: goodindonesianfood.com

Makanan khas Medan selanjutnya adalah bihun bebek. Bihun merupakan makanan yang bisa dikreasikan menjadi berbagai macam jenis makanan, mulai dari diolah secara biasa samapai yang tidak biasa. Di medan terdapat satu hidangan olalahan bihun yaitu bihun bebek. Bihun yang di pakai di sini terbuat dari tepung beras dan tepung kanji yang membuatnya memiliki tekstur yang kenyal seperti tanghun.

Dan ini lah yang membuat makanan ini diberi nama bihun bebek selain suiran daging bebek yang menghiasi makanan ini, kuah yang terbuat dari kaldu bebek juga semakin menguatkan eksistensi bebek pada makanan ini.

Kuah kaldu bebek yang tidak banyak minyak dan lemak, rasa kuah dari kaldu bebek ini sangat ringan dan mengeluarkan aroma yang sangat kuat dan sedap. dan dilengkapi dengan taburan daun kucai yang mengurangi aroma amis bebek membuatnya semakin balance dan nikmat.

Hal yang selalu hadir pada makanan ini adalah sambalnya yang memiliki rasa pedas dan asam. Warung yang paling terkenal menghidangkan makanan ini adalah Bihun Bebek Asie yang berlokasi di Jalan Kumango, Medan.

8. Lemang | Makanan khas Medan

Makanan khas Medan
Sumber Image: dutamedan.com

Makanan khas Medan selanjutnya adalah lemang. Makanan ini lebih banyak ditemui di kota Tebing Tinggi tapi meski begitu lemang bisa kamu temui di kota Medan. Makanan khas Medan ini terbuat dari beras ketan yang diberi campuran santan yang di bungkus dengan daun pisang dan dimasukkan ke dalam seruas bambu dan kemudian dibakar.

Lemang ini bisa dikonsumsi langsung atau di konsumsi dengan lauk pauk lain. Beberapa orang pun juga mengkonsumsi lemang dengan selai, durian dan tape ketan. Lemang lebih enka dikonsumsi ketika dalam keadaaan hangat.

9. Sayur Gurih Taucho

Makanan khas Medan
Sumber Image: youtube.com

Makanan khas Medan yang selanjutnya adalah sayur gurih taucho. Makanan ini juga sering disebut dengan sayur gurih oleh masyarakat Medan. Sayur gurih ini merupakan makanan berkuah dengan santan yang sedang. Tidak hanya santan kuah dari makanan ini juga ditambah dengan taucho yang membuat aroma gidangan ini semakin menggugah selera.

Makanan ini sering sekali menjadi pendamping ketupat ketika lebaran. Isi dari hidangan ini berupa udang dan daging sapi dengan bumbu yang digunakan bawang merah dan putih, cabai merah, cabai giling, cabai hijau, serai, lengkuas, dan jahe.

10. Kue Putu Bambu

Makanan khas Medan
Sumber Image: youtube.com

Makanan khas Medan yang selanjutnya adalah kue putu bambu. Sepintas makanan khas ini tidak berbeda dengan putu yang ada pada umumnya. Hanya saja, kue putu yang ada di Medan memiliki ukuran yang lebih besar. Untuk yang lain-lainnya putu ini tetap sama dengan putu pada umumnya hanya yang membedakan adalah ukurannya yang lebih jumbo.

11. Bubur Pedas

Makanan khas Medan
Sumber Image: travelingyuk.com

Makanan khas Medan yang selanjutnya adalah bubur pedas. Ada yang unik dengan makanan yang satu ini jika bubur lain memberikan nama pada bahan dasarnya maka bubur ini menggunakan rasa sebagai nama dari bubur ini. Bubur ini memiliki rasa yang pedas jika dibandingkan dengan bubur lainnya.

Ada hal unik lainnya dari makanan khas Medan yang satu ini. Jika umumnya ketika berbuka puasa kita akan menyantap hidangan yang manis, maka orang medan lebih memilih memakan bubur dengan rasa pedas ini untuk berbuka puasa. Bahkan saat bulan Ramadhan banyak masjid yang membagikan bubur pedas ini secara gratis untuk berbuka puasa.

12. Manisan Jambu

Makanan khas Medan
Sumber Image: http://acc-ukm.blogspot.co.id

Makanan khas Medan yang berikutnya adalah manisan jambu. Umumnya jambu biji dikonsumsi secara langsung atau dijadikan bahan untuk rujak, tapi di Medan jambu biji ini diolah menjadi manisan. Jambu yang digunakan untuk dijadikan manisan ini adalah jambu Bangkok yang dipotong menjadi 4 bagian dan bijinya sudah dihilangkan. Rasa manis dan renyah menjadikan manisan ini enak untuk disantap.

13. Saksang

Makanan khas Medan
Sumber Image: jv.wikipedia.org

Makanan khas Medan yang ketiga belas adalah saksang. Makanan ini merupaka makana asli masyarakat batak. Saksang merupakan makanan berkuah dengan menggunakan daging babi, daging anjing. Atau daging kerbau. Daging-daging tersebut dicincang kasar dan dimasak menggunakan rempah dan santan.

Penyajian saksang biasanya disajikan bersama darah hewan. Makann ini tidak sesuai dengan kalian yang memeluk agama islam atau kalian yang hanya makan makanan halal.

14. Kopi Sidikalang, Minuman khas Medan

Makanan khas Medan
Sumber image: pegipegi.com

Makanan khas Medan yang keempat belas adalah Kopi Sidikalang. Bagi Anda pecinta kopi kurang pas kalau tidak merasakan kopi khas medan ini. Jika Anda berkunjung ke kota Medan jangan lupa bahwasannya kota Medan memiliki salah satu kopi yang sangat cukup terkenal.

Sahabat Amanah kopi yang satu ini dihasilkan dari daerah sidikalang yang memiliki ketinggian kurang lebih 1472 meter dari atas permukaan laut.

Minuman kopi yang dihasilkan daerah sidikalang ini tentu memiliki kualitas yang sangat baik. Untuk masalah rasa yang dihasilkan pun kuat dikarenakan kandungan cafeinnya yang sangat tinggi. Sangat cocok buat yang pecinta kopi.

15. Kue Ombusombus

Makanan khas Medan
Sumber Image: lisasurya.blogspot.co.id

Makanan khas Medan yang kelima belas adalah Kue Ombusombus. Makanan ini berasal daerah Batak yang berasal dari siborong-siborong tapanuli utara. Makanan ini terbuat dari dari tepung beras dicampur gula ditengahnya kemudian dibungkus dengan daun pisang muda/ tua.

Kue ini biasanya ada saat ada acara besar kebudayaan orang batak, akan tetapi mendapatkan jajanan ini, untuk dibuat oleh-oleh sangat mudah didapat kok.

16. Sate Kerang

Makanan khas Medan
Sumber image: tokomesin.com

Makanan khas Medan yang keenam belas adalah Sate Kerang. Sahabat Anda tentu sering menjumpai makanan yang satu ini, tapi untuk yang satu ini kami jamin agak berbeda sahabat. Jika Anda ingin membawa oleh-oleh yang berbeda dari yang lain, coba Anda mampir dan mencicipi kelezatannya Sate Kerang yang berada di kota Medan ini.

Menariknya sate kerang ini adalah dibakar seperti sate ayam atau sate daging kambing. Dan untuk masalah potongan dagingnya besar dan tidak berbau amis dikarenakan menggunakan kerang yang masih segar.

17. Rujak Kolam

Makanan khas Medan
Sumber Image: jenzcorner.net

Makanan khas Medan yang ketujuh belas adalah Rujak Kolam. Untuk makanan khas medan ini sangat baru. Rujak kolam adalah salah satu dari berbagai street food yang sangat terkenal dan Anda harus mencobanya kalau berkunjung ke Medan.

Rujak ini memiliki dominan rasa pedas dan segar karena buahnya yang begitu segar. Kenapa orang-orang menamakan rujak kolam? Dikarenakan orang berjualan berada didekat Kolam deli, yang begitu rame pengunjungnya.

Selain itu disamping kolam deli ini terdapat wisata peninggalan yang sangat terkenal Masjid Raya Al Mashum.
Sahabat, kalau Anda berkunjung di kota Medan, jangan lupa untuk ketempat wisata dan kulinernya, karena jika Anda kesini untuk berkunjung tidak mencicipi kuliner dan wisatanya maka dijamin bakal nyesel.

18. Kue Lupis medan, Jajanan Khas Medan

Makanan khas Medan
Sumber Image: id.pinterest.com

Makanan khas Medan yang kedelapan belas adalah Kue Lupis. Makanan memang sangatlah berbeda dengan kue-kue yang lain apa lagi kue dari jawa. Sahabat, untuk kue lupis berasal dari jawa itu bahan dasarnya tepung beras yang dihaluskan kemudian untuk dalamnya ada tambahan buah nangka yang sudah matang atau buah pisang.

Untuk kue Lupis khas Medan ini bahan dasarnya dari beras ketan yang dibungkus daun yaitu daun pisang, untuk bentuk biasanya dibuat kerucut atau segitiga dan cara memasaknya dengan cara dikukus.

19. Bakso Lembu

Makanan khas Medan
Sumber Image: tokomesin.com

Makanan khas Medan yang kesembilan belas ini adalah Bakso Lembu. Sahabat, Makanan ini sudah tidak asing lagi di daerah Anda. Akan tetapi bakso khas Medan ini memilki ciri khas tersendiri.

Bakso Lembu ini dibuat dengan adonan atau campuran, tepung, bumbu dan yang terakhir daging lembu. Rasa yang dihasilkan tidak kalah dari bakso-bakso yang ada di kota lainnya. Dikarenakan bakso lembu ini bisa menggoyang lidah Anda hehehehe…. mantab pokoknya.

20. Kacang Sihobuk

Makanan khas Medan
Sumber Image: cintasintesa.com

Makanan khas Medan yang kedua puluh adalah Kacang Sihobuk. Sahabat, jika Anda lagi kumpul -kumpul bareng bersama keluarga tercinta di rumah rasanya tidak enak jikalau tidak ada cemilannya. Untuk itu, jika Anda yang hobinya suka ngemil cari makanan yang satu ini yaitu Kacang Sihobuk pasti Anda akan ketagihan.

Sahabat, sekedar pengetahuan saja bahwasannya kacang sihobuk ini berasal dari Desa Sihobuk Tarutung Utara, Untuk masalah rasa kacang ini memiliki khas tersendiri, ada manis-manisnya dan tentunya gurih.

Masalah cara Memasak Kacang Sihobuk ini juga sangat unik, yaitu dengan cara menggunakan pasir. Kacang ini memiliki tekastur yang sangat renyah. Jadinya seumpama belum habis makan kacang ini pengennya ngunyah terus bawaannya. Sahabat, Itulah info tentang Kacang Sihobuk.

Baiklah cukup sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat dan jika kalian berkunjung ke Medan jangan lupa untuk membeli makanan khasnya yang menggugah selera makan. Dan jangan lupa follow web kami agar kalian selalu dapat informasi unik dari web kami.

Makanan khas Medan

Leave a Comment

%d bloggers like this: