10 Macam Makanan Khas Papua yang Bikin Jatuh Cinta Indonesia

10 Macam Makanan Khas Papua yang Bikin Jatuh Cinta Indonesia

Makanan Khas Papua – Hallo Sahabat Amanah, Bagaimana kabarnya? Tentunya baikkan?. Sahabat, tahukah Anda tentang pulau Papua? Pulau papua yang di bagian timur Indonsia ini telah memiliki daya tarik tersendiri, dimana keeksotisan budaya yang ada disana serta pemandanagannya pun tidak kalah dari spot wisata yang lain.

Sahabat, sama saja dengan kuliner disana, ternyata sangat banyak sekali Makanan Khas Papua yang sangat jarang sekali diketahui oleh banyak orang. Kalau Anda Sedang mengunjungi suatu tempat kurang afdol rasanya, jika tidak mencicipi Makanan Khas daerah tersebut. Sahabat, di Papua ini makanan khasnya agak unik lho. Mari kita lihat aja Makanan beberapa Khas Papua:

1. Kue Lontar

Makanan Khas Papua
Sumber Image: http://infokuliner.com

Makanan Khas Papua yang pertama adalah Kue Lontar. Sahabat, sebagai salah satu Makanan Khas Papua yaitu kue lontar. Jangan heran kalau teksturnya mirip dengan pie susu yang lagi populer saat sekarang ini. Pulau Papua sudah lebih dulu membuat kreasi bentuk seperti ini dengan olahan gula dan susu.

2. Ikan Bakar Manokwari

Makanan Khas Papua
Sumber Image: Resep dan Makanan

Makanan Khas Papua yang kedua adalah Ikan Bakar Manokwari. Makanan ini namanya saja sudah Ikan Bakar Manokawari, tentu makanan khas Manokwari, Makanan Papua ini wajib Anda coba langusung agar tahu sensasinya.

Sahabat, Menu Ikan bakar manokwari ini biasanya banyak ditemukan di warung-warung atau rumah makan pinggir jalan disana, di mana cita rasa ikan tongkol yang diberi sambal khas Papua yang super pedas. Dimakan dengan bareng nasi putih yang hangat pasti enak, dan lezat.

3. Ikan Bungkus

Makanan Khas Papua
Sumber Image: Uncentillion

Makanan Khas Papua yang ketiga adalah Ikan Bungkus. Makanan ini sangat lezat sekali, Kalau Anda sudah pernah menyantap ikan bungkus khas Papua, pasti ketagihan lho sahabat! Ikan ini disajikan dengan bumbu yang teramat kaya akan rempah-rempahnya, sehingga menimbulkan terasa begitu nikmat dan wangi.

Untuk masalah pembuatannya ikan bakar ini, proses pembutannya cukup lama, dikarenakan dibakar di atas api yang sangat kecil agar semua bumbu meresap kedalam dagingnya.

4. Sagu Lempeng

Makanan Khas Papua
Sumber Image: yangpaling.com

Makanan Khas Papua yang keempat adalah Sagu Lempeng. Makanan ini merupakan kue yang sangat mudah ditemukan di daerah Papua, bahkan dapat Anda cari di setiap sisi kota daerah Papua. Warga sekitar sana biasanya menikmati hidanagan ini dengan secangkir kopi atau teh hangat, sambil bersantai di sore hari bersama keluarga.

Tetapi jangan kaget ya sahabat! jika gigitan Anda pertama akan terasa sangat keras sekali, karena inilah yang menjadikan ciri khas Sagu Lempeng asal Papua ini!

5. Papeda

Makanan Khas Papua
Sumber Image: https://saliha.id

Makanan Khas Papua yang kelima adalah Papeda. Sahabat, Siapa yang tidak kenal dengan Papeda asal Papua ini? Makanan ini begitu sangat digemari warga Papua sekitar dan bikin wisatawan sangat penasaran karena tampilannya yang kental dan unik.

Untuk masalah rasa Papeda ini tidak ada rasanya (Hampar). Biasanya makanan ini diolah dengan menggunakan ikan yang dimasak menjadi makanan yang berkuah. Untuk bahan dasarnya menggunakan ikan tongkol dan ikan mubara, yang dimasak menjadi ikan kuah kuning.

Ada juga pembuatan makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu sehingga tidak heran jika teksturnya sangat kental. Jika Anda ingin mencicipi makanan ini silahkan berkunjung di Papua.

6. Udang Selingkuh

Makanan Khas Papua
Sumber Image: Trivia dfdj

Makanan Khas Papua yang keenam adalah Udang Selingkuh. Sahabat, Siapa yang bilang bahwasannya cuma manusia yang bisa selingkuh saja hehehe. Sahabat tercinta ternyata udang juga bisa saja Untuk berselingkuh lho!.

Di daerah Papua Barat, untuk tekstur udang dengan bentuk besar seperti kepiting ini, lalu dimasak sehingga dinamakan Udang Selingkuh. Sahabat, karena capitnya itulah menyerupai kepiting, sehingga disebut orang daerah papua seakan selingkuh dari identitasnya.

Biasanya udang yang satu ini sangat di daerah Wamena, Papua Barat. Untuk cara memasaknya udang selingkuh ini direbus, digoreng atau bisa juga dibakar, pokoknya selera kesukaan Anda, maunya yang mana.
Silahkan bagi yang ingin mencicipi hidangan ini langsung saja ke Papua.

7. Sate Ulat Sagu

Makanan Khas Papua
Sumber Image: http://www.infobudaya.net

Makanan Khas Papua yang ketujuh adalah Sate Ulat Sagu. Makanan ini salah satu makanan yang bikin wisatawan tercengang karena bentuknya. Sahabat, Beranikah Anda jika disuruh mencoba sate ulat sagu kalau Anda berkunjung di Papua? Walaupun teksturnya sangat tidak enak dipandang, tetapi kandungannya teramat menyehatkan lho sahabat amanah!.

Sate Ulat Sagu ini dapat meningkatkan energi tubuh kita dengan kadar kolesterol yang sangat rendah. Konon katanya orang papua sekitar, cita rasa serta kelezatannya sate ulat sagu ini amat terasa asin dan manis, serta dengan tekstur yang tidak perlu ditanya lagi. Untuk rasanya Begitu kenyal dan lembut di lidah!

8. Kue Bagea

Makanan Khas Papua
Sumber Image: instarix.com

Makanan Khas Papua yang kedelapan adalah Kue Bagea, Makanan yang satu adalah merupakan oleh-oleh sunnah khas daerah Papua. Namanya abon gulung! Jangan lupa ya sahabat, untuk menyempatkan diri untuk mencoba menikmati kelembutan abon gulung yang digulung dengan menggunakan berbagai isian lagi, seperti stroberi, cokelat, ayam dan masih banyak lagi.

Sedangkan jika Anda melihat dari bentuk dekat, kue ini hampir serupa dengan bolu gulung, akan tetapi terbuat dari bahan yang berbeda-beda.

9. Sarang Semut

Makanan Khas Papua
Sumber Image: http://www.solopos.com

Makanan Khas Papua yang kesembilan adalah Sarang Semut. Sahabat, Sesuai namanya makanan ini, tekstur bentuk makanan khas Papua ini mirip sekali dengan sarang semut yang biasa Anda temukan di sela-sela bebatuan sekitar rumah.

Oleh karena itu Sarang semut ini merupakan sebuah tanaman yang banyak diburu oleh wisatawan asing, karena kandungannya yang sangat menyehatkan tubuh kita. Bisa dibilang makanan ini, berupa obat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit dalam tubuh kita.

10. Sambal Colo-colo | Makanan Khas Papua

Makanan Khas Papua
Sumber Image: http://hanyaresepku.blogspot.co.id

Makanan Khas Papua yang kesepuluh adalah Sambal Colo-colo. Sahabat, jika kota lain mempunyai sambal beragam cita rasanya yang berbeda-beda, Nah, Anda juga akan menemukan sebuah sambal bernama Colo-colo Khas Papua ini. Untuk Asal muasal dari sambal Colo-colo ini sebenarnya berasal dari kota Manado dan Ambon. Tetapi agar menariknya, sambal ini begitu sangat familiar di Papua. Sambal Colo-colo ini banyak sekali yang mencarinya di sini.

Bagaimana tidak, untuk rasanya yang begitu pedas membuat sambal ini sungguh khas, dan mempunyai sedikit rasa asamnya dari kandungan buah jeruk nipis.

Sahabat Amanah Gimana? Anda tercengan kan melihat bermacam-macam makanan khas Papua yang kami list di atas? Hampir seluruh dan bahkan sangat jarang kita temukan di kehidupan sehari-hari, padahal untuk masalah cita rasanya tidak kalah bersaing dengan makanan khas kota lainnya.

Sahabat Cintai Negara Indonesia, yang lebih dalam lagi ya?, salah satu contohnya adalah dengan tergerak kita untuk mencicipi sajian-sajian khas kota lain yang jarang kita sadari selama ini, karena ternyata kita mempunyai banyak sekali kuliner di Nusantara ini.

Makanan Khas Papua

Leave a Comment

%d bloggers like this: