42 Macam Makanan khas Solo yang Wajib Anda Ketahui ! Terbaru (2018)

42 Macam Makanan khas Solo yang Wajib Anda Ketahui ! Terbaru (2018)

Makanan khas Solo – Hallo sahabat amanah? masih berjumpa dengan kami, gimana kabarnya, semoga Anda semua dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa Aamiin. Sahabat, kali ini kami akan berbagi artikel Makanan khas Solo. Dimana setiap wilayah atau daerah sebagai destinasi tempat wisata pasti telah memiliki aneka ragam kuliner dan oleh-oleh khasnya.

36 Macam Makanan Khas Cirebon yang Paling Enak dan Wajib Anda Ketahui !

Tentunya begitu juga dengan wisata yang ada di kota Solo, kota yang sangat kecil, yang masuk dalam wilayah provinsi Jawa Tengah. Kota ini telah memiliki ragam seni budaya yang terkenal dengan batiknya dan telah mempunyai banyak sekali sajian Makanan khas Solo yang sangat Enak. Tidak kalah menariknya dengan daerah lainnya. Berikut kami sajikan ulasan mengenai Makanan khas Solo yang wajib Anda ketahui:

Makanan khas Solo

1. Nasi Liwet

Makanan khas Solo
Sumber Image: food.detik.com

Makanan khas Solo yang pertama adalah Nasi Liwet. Makanan satu ini sangat terkenal, sekilas tampak sama dengan nasi pada umumnya, yang membuat istimewa makanan ini adalah nasinya yang sangat gurih yang dimasak dengan santan.

Sahabat, jikalau Anda ingin mencicipi silahkan mampir ke daerah Solo, biasanya seporsi nasi ini atau nasi liwet ini dihargai mulai dari Rp8.000 murahkan teman-teman. Silakan berkunjung untuk mencicipinya.

2. Selat Solo

Makanan khas Solo
Sumber Image: unileverfoodsolutions.co.id

Makanan khas Solo yang kedua ini adalah Selat Solo. Makanan ini telah memiliki rasa yang sangat sangat lezat dan menyegarkan, serta makanan ini telah menyehatkan karena makanan ini terdiri dari campuran daging ayam dan sayur-sayuran yang segar, serta kentang yang di siram dengan kuah manis dan pedas yang berbumbu khusus.

3. Tengkleng

Makanan khas Solo
Sumber Image: duabelibis.co.id

Makanan khas Solo yang ketiga adalah tengkleng. makanan ini merupakan Makanan khas Solo yang disajikan pada malam hari apa lagi dimakan pas menemani makan malam Anda, tentunya sangat enak sekali.

Makanan ini biasanya berbahan utama daging kambing daging ayam yang dibumbui mirip dengan gulai kambing. sahabat biasanya kuahnya ini agak encer dan penyajiannya pun sangat unik sekali, karena antara tulang dan daging disajikan dalam satu wadah yang menarik. Silakan Anda berkunjung di kota Solo Raya jika ingin menikmatinya .

4. Timplo

Makanan khas Solo
Sumber Image: konsumenreview.com

Makanan khas Solo yang keempat adalah Timlo. Timlo adalah Makanan khas Solo yang terdengar biasanya makanan ini tidak asing terdengar di telinga Anda, namun jika Anda sudah mencicipi makanan ini atau sajian kuliner khas Solo ini pasti Anda akan ketagihan.

Timlo lebih lezat disantap jikalau dalam keadaan masih hangat, yang berisi kembang tahu telur dan daging ayam atau daging sapi .

5. Wedangan

Makanan khas Solo
Sumber Image: travelingyuk.com

Makanan khas Solo yang kelima adalah wedangan. Makanan ini sangat cocok bila dimakan saat Anda begadang sama teman-teman Anda. Untuk masalah tempat makanan layaknya angkringan ini akan memuaskan rasa penasaran Anda.

32 Makanan Khas Maluku yang Terkenal Lezat Menarik Wisatawan !

Dengan beragam sajian dengan harga yang sangat sangat murah, mulai dari sate kikil, telur kerang, puyuh, ati ampela, dan aneka ragam macam gorengan, baceman serta beragam jenis minuman yang sangat enak sekali, Jika Anda penasaran silakan berkunjung di Solo Raya.

6. Gudeg Ceker

Makanan khas Solo
Sumber Image: wisatawan.net

Makanan khas Solo yang keenam adalah gudeg ceker. gudeg ceker ini terdiri dari krecek nangka muda, telur, daging ayam dan ceker ayam. Salah satu tempat yang menjual makanan ini yang sangat terkenal di kota Solo terdapat di trotoar margoyudan dekat stasiun, tempat tersebut buka mulai jam 01.00 malam dini hari sampai jam 05.00 pagi.

7. Pecel

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: nulis.co.id

Makanan khas Solo yang ketujuh adalah pecel. Makanan ini adalah makanan tradisional yang bisa Anda temui di berbagai kota Solo.

Makanan ini merupakan sajian makanan yang sangat enak yang terdiri dari beragam sayur-sayuran, seperti kenikir, ayam, kacang panjang, bayam dan lain-lain bahkan jantung pisang yang disiram dengan saus sambal kacang. enak sekali ya sahabat, silahkan sahabat jika ingin merasakan silakan berkunjung di kota Solo.

8. Sate Buntel

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: traveltodayindonesia.com

Makanan khas Solo yang kedelapan adalah sate buntel. sate buntel merupakan makanan yang terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing untuk kemudian dibakar. arti dari buntel itu sendiri adalah yang berasal dari bahasa Jawa yang artinya bungkus.

9. Sate Kere

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: malangtoday.net

Makanan khas Solo yang kesembilan adalah sate kere. Sate kere ini merupakan Makanan khas Solo yang bukan berarti miskin ya? yang dinamakan sate kere ini dijual dengan harga yang sangat murah.

20 Daftar Makanan Khas Medan yang Terkenal dan Enaknya Nendang !

Sahabat, ingin tahu Terbuat dari apakah sate kere itu, sate kere terbuat dari Potongan tempe gembus yang ditusuk dengan tusuk sate kemudian dibakar diatas Arang sebelum disajikan biasanya sate kere ini telah disiram dengan bumbu bacem yang sangat lezat. penasaran teman-teman silahkan langsung saja berkunjung di kota Solo Raya.

10. Bakso Titoti

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: goodindonesianfood.com

Makanan khas Solo yang kesepuluh adalah Bakso Titoti. Bakso Titoti ini adalah merupakan makanan yang enak dan lezat, bakso ini telah memiliki cabang di berbagai daerah di kota Solo, dimana salah satu yang digemari adalah bakso urat yang dimasak dengan bumbu khusus, rasanya begitu patut untuk dicoba bagi pecinta bakso.

11. Tahu Kupat

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: afifahdw.blogspot.co.id

Makanan khas Solo yang kesebelas adalah tahu kupat. tahu kupat merupakan Makanan khas Solo yang sangat digemari oleh orang Solo sendiri, dan biasanya ketupat ini banyak sekali Anda jumpai di kota Solo.

Sahabat, Untuk isi dari tahu kupat ini adalah terdiri dari bakwan goreng, taburan kacang goreng, mie, ketupat, touge dan tahu goreng kemudian disajikan dengan bumbu kecap manis encer ditambah bawang goreng. penasaran sahabat? silakan berkunjung di kota Solo.

12. Sosis Solo | Oleh oleh khas Solo

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: gen22.net

Makanan khas Solo yang kedua belas adalah sosis solo. Makanan ini adalah makanan ringan khas asli Solo yang terbuat dari daging sapi atau daging ayam yang digiling kemudian dibungkus dengan telur dadar.

Biasanya makanan ini memiliki dua jenis sosis solo yaitu sosis solo basah yang dikukus dan sosis solo kering yang digoreng. Dimana keduanya sama-sama memiliki rasa khas tersendiri enak gurih dan lezat.
Tentunya dan cocok sekali dijadikan makanan suguhan pada Tamu Anda yang datang ke rumah. Jika Anda ingin mencicipi silakan berkunjung ke sana untuk merasakan gimana sensasi makanan ini.

13. Soto Gading | Makanan khas Solo

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: doyanliburan.blogspot.co.id

Makanan khas Solo yang ketiga belas adalah Soto Gading. Makanan ini merupakan makanan berat karena terbuat dari nasi dengan bihun kemudian ditambah dengan suwiran daging ayam yang disiram kuah bening yang beraroma rempah-rempah.

Biasanya soto ini dinamakan Soto Gading yang terletak di kota Solo Raya. Soto Gading menjadi Makanan khas Solo yang patut Anda santap Ketika Anda sarapan. Biasanya yang menyediakan soto ini terletak di Jalan Brigjen Sudiarto nomor 75 Pasar Kliwon.

Yang menjadi salah satu langganan para pencinta soto biasanya para pejabat negara, yang sedang berkunjung ke kota Solo. Jika ingin mencicipi makanan ini Anda Silahkan berkunjung ke kota Solo.

14. Sambal Tumpang Pecel | Makanan Khas Solo

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: dapurenka.blogspot.co.id

Makanan khas Solo yang keempat belas adalah sambal tumpang pecel. sambel tumpang ini biasanya dijual di warung Ibu kiss. Untuk masalah rasanya makanan ini adalah gurih dan manis kemudian pedas sedikit.

Sambal ini cocok disantap dengan nasi yang hangat selain itu bayam segar dan toge, warung pecel Bu Kis buka dari jam 07.00 sampai jam 02.00 siang yang beralamat di belakang pengadilan negeri Kota Solo.

15. Sup Matahari

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: bhellabhello.wordpress.com

Makanan khas Solo yang kelima belas adalah sup matahari. makanan ini merupakan Makanan khas Solo yang sangat terkenal, sup matahari ini berisi galantin ayam yang biasanya dicampur dengan berbagai macam jamur, serta wortel kemudian dibungkus telur dadar.

Kemudian sup matahari Disajikan di piring dengan kuah panas, seketika bungkus telur tadi akan terbuka dengan sendirinya mekar seperti bunga matahari, Anda penasaran? Silahkan berkunjung di kota solo.

16. Gempol Pleret | Minuman khas Solo

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: youtube.com

Makanan khas Solo yang keenam belas adalah es Gempol Pleret. Minuman ini merupakan minuman yang pas untuk menemani istirahat siang Anda semua, sembari untuk melepas dahaga. Es ini sangat digemari oleh warga lokal asli warga Solo, tidak salahnya jika Anda semua untuk mencoba ES Gempol barat ini silakan berkunjung dan mencobanya.

17. Mie Gajah Mas

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Solo yang ketujuh belas adalah Mie Gajah Mas. Sahabat, jangan lupa jika main ke Solo untuk menikmati mie gajah ini, pilihan mie gajah ini berwarna-warni karena mei gajah ini dibuat dari pewarna alami sayuran. selain enak, mie gajah ini pasti juga sehat untuk tubuh kita tidak ada duanya rasa mie gajah ini daripada makanan yang lain.

18. Bestik

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: resepmasakasalan.blogspot.co.id

Makanan khas Solo yang ketujuh delapan belas adalah bestik. makan ini hampir mirip dengan selat Solo isiannya pun juga beragam. Salah satunya adalah terdiri dari potongan lidah sapi, daging, wortel, kentang, daun selada, acar timun, tomat dan tidak lupa ditambah juga dengan mayones.

Mayonis deynica Solo yang pasti dikenal banyak orang. Jangan salah makan ini sangat disukai, jika ingin jalan-jalan ke Solo Jangan lupa untuk membeli Bestik.

20. Susu Shi Jak

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Solo yang kedua puluh adalah susu shi jak. Maksudnya minuman yang satu ini sangat cocok untuk anak muda, karena minuman ini adalah tempat untuk nongkrong dan di Solo sudah banyak sekali warung warung yang menyediakan Susu Shi Jack. Salah satunya adalah di seantero kota Solo warungnya ini dibuka mulai sore hari.

Kebanyakan warga Solo sangat suka dengan Susu Shi Jack ini karena sambil menikmati susu Jack ini mereka bisa nongkrong sambil ngobrol-ngobrol dan menghabiskan waktunya di sini. Susu shi jak ini juga terdiri dari beberapa varian rasa dan tidak akan mengecewakan lidah Anda.

21. Soto Seger Mbok Giyem

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: jajanandaribandung.blogspot.co.id

Makanan khas Solo yang kedua puluh satu adalah soto sedap soto seger. Soto ini sangat diminati oleh pengunjung maupun warga Solo sendiri, karena dari rasanya yang lezat juga nikmat. Soto mie terdiri dari seledri, toge, potongan daging, dan juga bawang goreng, yang kuahnya tidak kalah pentingnya Rasanya pun sangat segar.

Jangan lupa untuk menikmatinya tambahkan perasan jeruk nipis sambal kecap dan menyantapnya, saat masih hangat jangan lupa untuk menikmatinya saat berkunjung di kota Solo.

22. Torpedo Yu rebi

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: intaninchan.wordpress.com

Makanan khas Solo yang kedua puluh dua adalah Torpedo Yu Rebi. Namanya mungkin terdengar ekstrem ya, tapi makanan ini bukan senjata makan ini dari jeroan sapi atau kambing yang sangat sangat baik untuk pria dewasa.

Bagi Anda yang ingin mencoba jangan ragu-ragu untuk membelinya karena Dijamin Rasanya sangat lezat sekali dan warung yang menyediakan tropedo you ready ini juga sangat banyak di Solo. Jadi jika berkunjung di kota Solo jangan lupa untuk membelinya.

23. Es krim Tentrem

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: dcatqueen.com

Makanan khas Solo yang kedua puluh tiga adalah Es krim Tentrem. Makanan yang satu ini sangat familiar yang berdirinya pada tahun 1952 terletak di Jalan Urip Sumoharjo Solo. Es krim ini dibuat oleh orang rumahan atau bisa disebut dengan hormat ya mungkin kita rasa yang sangat penuh dengan kasih sayang.

Untuk membuatnya isi dari es krim ini bisa ditambahi dengan mistis dan jika menikmatinya sangat menggoyang lidah sekali karena memang es krim ini masih keturunan leluhur atau warisan dari Leluhur seri, jangan lupa untuk menikmati es krim ini.

24. Lenjongan

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: limakaki.com

Makanan khas Solo yang kedua puluh empat adalah Lenjongan. Makanan ini lebih ke tradisional karena makanan ini terdiri dari berbagai makanan yang ada di pasar, contohnya Putri yang ada parutan kambil, ketan hitam, cenil, tiwul, dan yang pasti ada klepon. Makanan ini dibungkus dengan daun pisang karena agar lebih kas dan rasa daun pisang itu sangat enak jika dinikmati.

25. Solo Prabu

Makanan khas Solo
Sumber Image: blog.traveloka.com

Makanan khas Solo yang kedua puluh lima adalah solo Prabu. Solo prabu merupakan makanan yang sangat terkenal disekitar bulan Juni, jika melihatnya pasti semua orang ingin memakannya karena tampilannya yang sangat menarik. Bentuknya bulat yang pasti tengahnya ada soft cake nya dan Solo Prabu ini dijual berbagai rasa varian rasa, dan tak lupa bagian atasnya ada taburan kacang.

Untuk teksturnya yang sangat lembut di lidah dan sangat lezat untuk dinikmati jangan lupa untuk membeli Solo Prabu ini jika berkunjung di kota Solo ya sahabat.

26. Intip

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: goodindonesianfood.com

Makanan khas Solo yang kedua puluh enam adalah intip. Sahabat, jangan salah makan intip ini sangat mudah ditemukan di online. Salah satunya adalah Google makanan intip ini terdiri dari kerak nasi yang ditambahi rempah-rempah pilihan yang pasti rasanya gurih asin dan juga renyah harga dari intip ini juga terjangkau sekali di Solo sangat cocok sekali untuk oleh-oleh.

27. Rangginan

Makanan khas Solo
Sumber Image: jalanterus.id

Makanan khas Solo yang kedua puluh tujuh adalah rangginan. Makanan ini bisa disebut dengan rengginang makanan ini hampir mirip sekali dengan intip prosesnya juga sama membutuhkan pengeringan dengan sinar matahari tapi kan ini terbuat dari ketan yang ditanak setengah matang lalu dibuat membulat kecil-kecil tapi tidak begitu kecil ya pas-pasan lah.

28. Ampyang

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: yogyakarta.panduanwisata.id

Makanan khas Solo yang kedua puluh delapan adalah ampyang. Selain makan makanan yang di atas tadi Makanan khas Solo yang satu ini tidak kalah juga lezatnya terdiri dari gula dan juga kacang yang kering atau dijadikan satu terdiri dari kacang gula merah dan juga jahe. Bagi yang suka dengan ampiang ini pasti sangat menikmati kelezatan.

29. Roti kecik ganep

Makanan khas Solo
Sumber Image: bukalapak.com

Makanan khas Solo yang kedua puluh sembilan adalah Roti Kecik. Makanan roti ini bahan dasarnya adalah tepung ketan yang juga ditambahi dengan rempah-rempah pilihan. Rasanya pun juga gurih manis serta bisa bertahan lama. Sangat cocok untuk dibuat oleh-oleh setelah berkunjung ke Solo. kemasannya pun sedang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

30. Abon mesran

Makana khas Solo yang ketiga puluh adalah Abon Mesran. Makanan ini tergolong makanan kering khas Solo yang dibuat daging ayam ataupun sapi dan rasanya itu gurih-gurih manis OK banget saat dimakan dengan nasi hangat dengan lauk abon, mesran ini sangat pas sekali kelihatannya.

31. Rambak petis

Makanan khas Solo yang ketiga puluh satu adalah Rambak Petis. Makanan ini juga khas Solo sama seperti rambak rambak lainnya yang terdiri dari kulit sapi yang digoreng sampai kering, karena namanya rambak petis. jadi cara Makannya dengan cara mencocokan tambahnya ke dalam petis rasa petisnya gurih Dan juga pedas sangat cocok sekali untuk tongkrongan dengan teman-teman.

32. Brem Solo Solopos

Makanan khas Solo yang ketiga puluh dua adalah Brem solo solopos. Kota solo mempunyai brem tidak kalah dengan Madiun free Mini diolah dari ragi air tape yang dibuat padat rasa brand. ini adalah dingin jika di lidah masam dan lumer saat di mulut di kota Solo sudah tersebar tokoh-tokoh yang menjual Jadi jika berkunjung di kota Solo jangan lupa untuk membeli brem.

33. Serbat jahe

Makanan khas Solo yang ketiga puluh tiga adalah Serbat Jahe. Makanan ini adalah Makanan khas Solo dan pembuatannya adalah bahannya dari kering kentang yang tidak lupa ditambahi dengan rempah-rempah pilihan. Serbat Jahe ini sangat cocok disajikan pada saat pagi hari dengan pelengkap sarapan, rasanya sangat lezat sekali dan sebagaian sudah banyak dijual di toko-toko kota Solo.

34. Serundeng Sunda

Makanan khas Solo
Sumber Image: commons.wikimedia.org

Makanan khas Solo yang ketiga puluh empat adalah serundeng. Makanan ini tidak asing untuk didengar, Serundeng Sunda ini terbuat dari parutan buah kelapa dan juga seni Ini bisa juga dibuat dari daging yang di suwir sangat halus sekali.

Parutan ini lebih mirip teksturnya dengan Ambon beda tipis namun soal rasa pasti sangat berbeda serundeng ini lebih basah dibandingkan dengan Ambon.

35. Mata maling

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Solo yang ketiga puluh lima adalah Mata maling. Makanan ini juga khas Solo yang sebagian orang tidak tahu bahwa kulit melinjo ini di Solo dinamai dengan mata maling. Sebelum memprosesnya mata maling ini dibumbui dengan rempah-rempah, cabai, dan gula lalu digoreng. Untuk masalah rasanya sangat manis campur pedas dan juga gurih.

36. Balung kethek

Makanan khas Solo yang ketiga puluh enam adalah Balung kethe. Dalam bahasa Jawa belum ketik ini adalah tulang monyet tapi jika dilihat dengan teksturnya balung ini mirip sekali dengan keripik singkong yang dibumbui dengan balado, hanya saja teksturnya itu lebih tebal dan Rasanya pun juga sangat berbeda dengan kripik singkong.

37. Kue Mandarin

Makanan khas Solo
Makanan khas Solo / Sumber Image: tripzilla.id

Makanan khas Solo yang tiga puluh tujuh adalah Kue Mandarin. Sahabat, jangan lupakan oleh-oleh khas Solo kue MAndarin yang satu ini karena sangat efektif sekali untuk perjalanan jauh, Karena makanan ini bisa tahan beberapa hari tekstur kuenya ini sangat lembut dan jika dilihat dari tampak luarnya itu seperti mirip dengan roti lapis.

Jika berkunjung ke Solo jangan lupa membeli toko kue Mandarin ini di toko roti Orion atau di toko-toko yang lain di kota Solo karena sudah tersedia semua toko yang berada di Solo.

38. Dongo

Makanan khas Solo
Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Solo yang ketiga puluh delapan adalah Dongo dongo. Makanan ini Disajikan di mangkok kecil yang bisa disebut seperti wedang ronde tapi jumlahnya lebih sedikit, tapi rondenya lebih besar yang terdiri dari air jahe dan juga ronde yang berwarna-warni. Sejarahnya dulu bahwa dulu ini adalah minuman dari keluarga Kerajaan atau Berdarah Biru.

39. Aneka Wedang, Wedang Ronde, Wedang Uwuh, Wedang Asle

Makanan khas Solo
Sumber Image: tempatwisataindonesia.id

Makanan khas Solo yang ketiga puluh sembilan adalah aneka wedang asle Solo. Bagi para pemuda atau bapak sangat suka sekali dengan wedhangan. wedang ronde ini terdiri dari rebusan air jahe yang sedikit ditambah gula jawa dan di dalamnya ada kacang tanah, kolang-kaling. Tumbuhan kacang, wijen terbuat dari cengkeh yang sudah kering dan juga Kayu Manis, Gula Batu.

Dan tidak lupa juga jadi kering kalau yang wedang asli ini terdiri dari santan yang sudah dipanaskan, beras ketan ada juga agar-agar dan roti tawar sebagai pelengkapnya dan wedang-wedangan ini sangat cocok dinikmati pada malam hari.

40. Beras kencur

Makanan khas Solo yang keempat puluh adalah beras kencur. Minuman ini bisa terkenal dengan jamu, minuman ini juga hampir langka karena perkembangan zaman, minuman ini selain untuk jamu juga dinikmati dengan ditambahkan es batu dan rasanya sangat lezat sekali tidak seperti jamu lainnya.

41. Es potjong

Makanan khas Soloyang keempat puluh satu adalah Es potjong. Minuman ini terdiri dari bubur yang ditambahi dengan sirup dan juga mochi. Tidak lupa juga krimer plus ada topingnya yang beraneka ragam kemudian Disajikan di atasnya. Sekarang sudah banyak sekali kafe-kafe yang sudah menyediakan es potjong.

42. Es dawet jeruk nipis

Makanan khas Solo

Makanan khas Solo yang keempat puluh dua adalah Es dawet jeruk nipis. Minuman yang satu ini sangat menyehatkan bagi tubuh kita karena terdiri dari jeruk nipis, warnanya pun sangat menggoda dan rasanya asam manis dicampur dengan bubur ketan merah. Untuk cara penyajiannya dikasih es batu dan siap untuk dinikmati.

43. Solo pluffy

Makanan khas Solo
Sumber Image: bukalapak.com

Makanan khas Solo yang keempat puluh tiga adalah solo pluffy. Makanan ini dimiliki oleh artis kita Jessica Mila biasanya orang-orang menyebutnya dengan kue kekinian. Untuk masalah teksturnya pun sangat lembut karena hampir mirip dengan kue brownies. jika Anda ingin mendapatkan roti Solo pluffy ini bisa di outletnya langsung di kota Solo.

Makanan khas Solo

1 thought on “42 Macam Makanan khas Solo yang Wajib Anda Ketahui ! Terbaru (2018)

Leave a Comment

%d bloggers like this: