√ 28+ Makanan Khas Sunda Asli Jawa Barat yang Paling Terkenal Enak, Lezat, Bikin Ngiler! Update Terbaru [2018]

√ 28+ Makanan Khas Sunda Asli Jawa Barat yang Paling Terkenal Enak, Lezat, Bikin Ngiler! Update Terbaru [2018]

Makanan Khas Sunda – Disini saya akan memberikan info kepada teman-teman semua tentang macam-macam makanan khas sunda,pasti kalian sudah banyak mengetahui tentang makanan khas sunda ini ,karena masakan sunda ini sudah tersebar di kota-kota lainnya.oke langsung saja ke topik nya.

Masakan Sunda adalah masakan yang berasal di daerah Sunda di Jawa Barat, Indonesia. Dari berbagai makanan di indonesia ,makanan khas sunda ini menjadi salah satu makanan paling diminati di masyarakat.

Sambal terasi adalah hidangan Sunda yang sering diminati oleh banyak orang, dimakan dengan atau tahu dan tempe goreng. Sayur asem dengan kuah berbumbu asam jawa yang ditambahkan aroma yang mempunyai ciri khas.

Makanan Khas Sunda

Jenis sayuran yang lain ialah Soto Bandung, sejenis soto dengan irisan daging sapi dan lobak, mie kocok, mie ini dihidangkan dengan daging sapi dan kikil.pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang macam-macam makanan khas sunda yang sering kita jumpai di masyarakat sekitar.

1. Nasi Liwet, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / sahabatnesia.com

Nasi Liwet ini merupakan makanan yang sangat sering disajikan saat acara kumpul-kumpul. Makanan ini juga biasa disajikan dengan tambahan ikan teri, daun serai, tahu, dan juga ayam goreng. Nasi liwet ini memiliki keunikan dari rasa nasinya yang sedikit manis dan kental dengan wangi santen kelapa kental. Nasi liwet ini memiliki rasa yang gurih meskipun tidak menggunakan santan.

32 Makanan Khas Maluku yang Terkenal Lezat Menarik Wisatawan !

Janis rempahan yang ada pada nasi liwet ini sudah ada di indonesia contohnya seperti batang serai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, roti, daun salam, dan daun kemangi. Nasi liwet umumnya disantap bersama ikan asin. Sebagian orang juga menikmati nasi liwet inidengan sayur asem, ikan bagar, atau gorengan tahu tempe, dll.

2. Nasi Timbel, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / sahabatnesia.com

Nasi timbel yaitu makanan khas Sunda yang mempunyai cita rasa yang kuat dan unik, nasi ini mempunyai ciri khasnya sendiri. nasi timbel mempunyai banyak versi sehingga banyak orang yang kadang membuat kebingunan ingin mencoba nasi timbel pilihan yang mana.

Nasi timbel memiliki kemiripan dengan makanan Nasi Liwet.Nasi Timbel ini biasanya disajikan dengan bungkusan daun pisang agar lebih nikmat. Kalau nasi liwer disajikan dengan tamnbahan ikan teri, daun serai, tahu, dan juga ayam goreng.

Nasi timbel ini awalnya makanan yang diperuntuhkan untuk para petani dan dimakan saat beristirahat .dan sekarang nasi timbel disajikan untuk semua orang dan Penyajian dari masakan Sunda ini biasanya di dalam daun pisang.
nasi timbel juga dihidangkan menggunakan wadah/piring. Banyak makanan yang bisa di kolaborasikan dengan nasi timbel , contohnya seperti ikan asin, pepes ikan, empal, ayam goreng, japuh,dan tawus. Tidak lupa juga terdapat lalapan serta sambal untuk menambah nilai tradisionalnya.

3. Nasi Tutug Oncom, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / sahabatnesia.com

Nasi yang saru ini memiliki nama yang unik yaitu Nasi tutug oncom atau orang Sunda menyebutnya sangu tutug oncom, disingkat T.O, ialah sajian nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar. Nasi tutug oncom lebih nikmat apabila disajikan dalam keadaan hangat.

Di beberapa kota, ada cukup banyak warung makan khusus menyajikan nasi tutug oncom dengan berbagai pilihan lauk pauk.Nasi tutug oncom ini sebetulnya adalah makanan khas Tasikmalaya. Makanan ini dinamakan tutug karena dalam bahasa Sunda mempunyai makna menumbuk.

20 Daftar Makanan Khas Medan yang Terkenal dan Enaknya Nendang !

Jadi proses mengaduk dan menumbuk nasi dengan oncom di Sundayang dikenal dengan nama tutug oncom. Nasi tutug oncom bisa dinikmati dengan lauk pelengkap seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, lalapan sayur, dan sambal terasi.Mungkin masih banyak yang belum pernah mendengar tentang Nasi Tutug Oncom. Sajian yang berasal dari Tasikmalaya ini ialah campuran dari nasi dengan olahan kedelai.

Jarang sekali bagi restoran lain untuk menyajikan sebuah Nasi Tutug Oncom dengan tambahan daun pisang,ikan asin, jeruk nipis, ataupun tempe. Bahan saus yang membuat hidangan ini unik yaitu karena sambel hijaunya yang membuat menambah nafsu makan.

Makanan Khas Sunda Asli merupakan Makanan Khas Jawa Barat yang Enak Lezat, dan bikin kita ketagihan.

4. Karedok, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / sahabatnesia.com

Karedok yaitu makanan khas Sunda yang disajikan dengan sayur-sayuran mentah. Karedok mempunyai perbrdaan dengan lainnya yaitu bumbu kacang yang bertaburan. Karedok ini sudah dilengkapi dengan penambahan kerupuk bawang di bagian atasnya.

Di daerah Jakarta, banyak sekali penjual karedok,karena banyak orang yang mengira karedok adalah makanan ciri khas sunda. Karedok ini makanan khas Sunda yang sudah mempunyai kemiripan dengan gado-gado. Karedok menyiapkan beberapa sayuran dengan saus kacang tanah yang menggugah selera.

sayuran yang diperlukan untuk menyajikan karedok cukup beraneka ragam, contohnya seperti toge,timun ,kacang, terong hijau, basil,kubis, dan lain sebagainya. Ada perbedaan antara gado-gado dengan karedok, Kalau gado-gado menggunakan sayuran yang sudah direbus,kalau karedok menggunakan sayuran yang . masih mentah. Masyarakat sunda biasa menyebutkan karedok dengan nama lotek atah yang memiliki arti lotek mentah.

5. Lotek, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / sahabatnesia.com

Makanan yang satu ini hampir sama dengan Karedok.memili kesamaan bumbu kacang dan kerupuk, Lotek lebih menyajikan sayur-sayuran rebus seperti bayam, kapri, dan kacang panjang. Karedok dan lotek adalah makanan ciri khas Sunda yang mempunyai kemiripan dengan makanan yang ada di jakarta yakni gado-gado. Hal ini bisa kita lihat dengan tampilan lotek lebih cenderung mirip dengan pecel khas Jawa. Di Sunda, lotek menjadi makanan yang digemari banyak masyarakat sekitar.

Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan lotek ini tidak jauh dari gado-gado contohnya, kangkung, kembang kol, dan tauge.nanti akan digabungkan dengan bumbu kacang dan sayur yang sudah dipisah,lalu ditambahkan dengan kentang rebus yang sudah diahaluskan dan nanti rasanya akan lebih spesial.

6. Bakakak Hayam, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / sahabatnesia.com

Bakakak Hayam adalah masakan khas/unggulan Sunda yang unik dan sering dijumpai di tanah sunda, meski baru hanya melihat cara penyajiannya.biasanya Bakakak Hayam menggunakan dada ayam yang dipotong sampai terbuka dan ditusukan hingga membentuk bakakak hayam.

√ 25 Macam Makanan Khas Jambi yang Enak dan Mantab Bikin Ngiler

Bakakak hayam ini disajikan dengan menggunakan ayam sebagai bahan utama yang diberikan bumbu khusus Sunda yang kemudian diolah dengan metode dipanggang. Makanan ini memiliki dua pilihan sambal yaitu sambal hijau dan merah. Cara masak ayamnya pun beragam mulai dari dibakar sampai di digoreng.

7. Soto Bandung, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / sahabatnesia.com

Kota bandung ini memliki salah satu makanan khas yang cukup populer di sekitar masyarakat.nama makanan ini yaitu soto bandung. Bagi mereka yang sudah pernah menjajah Kota Kembang, pasti sudah tidak asing lagi dengan soto bandung ini.

Soto bandung merupakan masakan soto khas Bandung yang bisa kita lihat secara tampilan dengan soto lain,Tetapi dari segi bahan yang digunakan, ada perbedaan antara soto bandung dengan soto-soto lainnya.

Soto bandung menggunakan bahan utama tetelan daging sapi. Rempah-rempah yang dibutuhkan untuk membuat soto bandung yaitu lengkuas,jahe, serai, garam,gula, dan bumbu halus seperti bawang putih, bawang merah, dan merica bubuk.

Tampilan soto bandung ini biasanya dilakukan di dalam mangkuk dengan tambahan bahan lainnya sebagai  pelengkap ,misalnya potogan lobak yang sudah direbus dengan daun bawang, daun seledri, kacang kedelai goreng, dan bawang goreng. Selain itu, mereka juga sering menambahkan sambal, jeruk nipis, dan kecap manis agar rasanya lebih mantap dan nikmat.

8. Soto Mie, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / sahabatnesia.com

Soto mie merupakan makanan yang tak hanya populer di sunda, tetapi juga di provinsi lain juga terdapat makanan ini .negara seperti malaysia dan singapura ternyata sudah mengenali makanan yang satu ini.makanan yang menggunakan bahan utama yakni mie yang terbuat dari tepung terigu, garam, dan telur.

Ada banyak pilihan dari soto mie, namun yang paling populer di Indonesia yaitu soto mie yang berasal dari Bogor dan Jakarta.

Soto mie biasanya dihidangkan bersama kombinasi bahan lain seperti daging ayam, daging sapi.
Soto Mie bukanlah nama masakan yang jarang terdengar yang membuat soto mie gemar diminati banyak orang yaitu kuah kaldunya yang kental.biasanya Soto Mie menggunakan tambahan tauge dan kacang kedelai goreng untuk menambahkan sedikit rasa manis.

9. Mie Kocok, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / sahabatnesia.com

Mie kocok ini sama dengan mie soto namun untuk bahannya sedikit ada yang berbeda. Mie kocok ini menggunakan bahan dasar mie kuning yang dihidangkan bersama kuah yang terbuat dari kaldu sapi. Makanan ini banyak ditemukan di kawasan bandung.

Mie kocok biasanya terlihat bersama tauge yang sudah direbus, bakso, irisan kikil, jerk nipis, dan dilengkapi daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Tak jarang orang sering menambahkan rempah-rempah lain agar lebih nikmat.

Disebut mie kocok karena pada proses memasaknya yaitu dengan mengocok-ngocok mie di tempat yang istimewa. Mie kuning yang digunakan memiliki ukuran yang pipih dengan tekstur yang lembut. Agar jika kita ingin memakan mie kocok lebih istimewa.

10. Sate Maranggi, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / tokopedia.com

Makanan Sunda kali ini ketenarannya memang sudah mendunia. Sate maranggi adalah sate yang berasal dari Purwakarta, Jawa Barat.selain di purwakarta sate maranggi juga sudah ada di kota-kota lain. Sate maranggi menggunakan daging kambing atau daging sapi sebagai bahan utamanya.
Awal mulanya Sate Maranggi ini adalah makanan asing dari para pendatang China yang menetap di Indonesia. Sate maranggi ini awalnya menggunakan daging babi.makanan ini jika dimasak akan mengeluarkan aroma yang sangat kuat.
Sate maranggi memiliki perbedaan dengan sate lainnya. karena Sate maranggi ini dihidangkan dengan cara merendamkan daging ke dalam bumbu sebelum ditusuk dan dibakar. rasa sate sudah berasa di lidah karena kolaborasi bumbu rendamannya. Dalam penyajian sate maranggi biasanya masyarakat menggunakan bawang merah dan tomat sebagai pelengkap hidangan.

11. Empal Gentong, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / tokopedia.com

Empal gentong ini salah satu ciri khas makanan dari sunda. Makanan ini biasanya disajikan dengan sambal yang dibuat dari cabai kering .Berbeda dari empal lainnya, Empal Gentong dimasak dengan menggunakan kayu bakar dan gentong. Bahan utamanya juga berupa daging, usus, dan babat sapi

Empal gentong dibuat dari bahan baku berupa daging sapi yang dimasak menggunakan gentong. Empal gentong atau gulai daging sapi disantap oleh orang Sunda kebanyakan bersama lontong atau nasi. Rasa yang dihasilkan oleh daging sapi sangat menarik. Hal ini wajar ada, karena saripati bumbu empal melekat dengan gentong tersebut.

Empal gentong berbeda dengan empal gepuk. Makanan kedua ini memiliki kesamaan dari segi daging. Empal gentong ini masuk kedalam kuliner sederhana yang saat ini telah dikenali oleh masyarakat banyak.

12. Kupat Tahu, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / tokopedia.com

Kupat Tahu dapat Toppers temukan dengan mudah di kota asalnya yakni Magelang, Suraparta, dan Singaparna. Bisa kita lihat, makanan tradisional khas Sunda ini sangat mirip dengan Tahu Gimbal dari kota Semarang.

Cara membuat kupat tahu bisa kita potong-potong dan disajikan dengan kol, tauge, dan seledri sebelum semuanya diguyur oleh bumbu kacang. Untuk bumbu kupat tahu ini perlu kacang halus dan kacang yang digiling dengan kasar.

13. Geco, Makanan Khas Sunda

Geco adalah makanan khas Sunda yang merupakan singkatan dari tauge dan tauco. Geco populer di kabupaten Cianjur. Geco ini memanfaatkan tambahan saus tauco,tetapi tauco ini bukan khas dari cianjur.

Geco yang merupakan makanan khas Cianjur dibuat dari bahan utama tauge dan bumbu tauco. Selain tauge, geco juga menggabungkan ketupat dan mie sagu agar dapat membuat lebih nikmat dan puas menyantapnya. Makanan ini memiliki rasa yang manis, asam, pedas, dan gurih yang bercampur membentuk kenikmatan sempurna.

biasanya orang sering menambahkan irisan tomat, daun bawang, udang, kacang, dansebagai pelengkapnya. Geco dihidangkan dengan irisan ketupat, kentang, tahu, telur, dan juga cuka yang terbuat dari nira yang juga merupakan makanan khas Sunda.

14. Surabi, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / tokopedia.com

Surabi adalah kuliner yang berasal dari Jawa Barat yang namanya sudah sangat populer di kota bandung.dahulu ,surabi hanya disajikan dengan tambahan irisan kelapa,namun sekarang banyak yang mencampurkan surabi dengan coklat Surabi yaitu semacam kue yang dibuat dari tepung beras yang dibakar dengan tempat tumpuan yang terbuat dari tanah liat.

Surabi yang sudah matang akan memberikan rasa gurih dan legit saat dimakan. Makanan ini dapat ditemukan di kota bandung. Surabi biasanya digunakan untuk acara adat, yakni hanya bersama cairan manis berbahan dasar gula dan kelapa. Namun jika bosan dengan sajian berbentuk tradisional, surabi juga bisa disajikan dengan saus rasa kacang,durian,stroberi,dll.

15. Tahu Sumedang, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / tokopedia.com

Selanjutnya kuliner tahu sumedang,makanan ini sudah populer juga,karena sudah berada di beberapa kota lain memasarkan tahu sumedang ini.tahu sumedang diproduksi langsung dari kota sumedang.bahan utama dari tahu sumedang ini yakni tahu.untuk menikmati tahu sumedang dengan penuh sensasi.

Tahu sumedang paling enak dimakan ketika masih hangat dan jika makanan ini ditinggal sampai dingin nanti akan tidak terasa renyah lagi.pada saat sedang booming tahu sumedang ini belum memiliki isi dengan kata lain masih dengan rasa original.tetapi sekarang tahu sumedang sudah memiliki beberapa varian yang unik seperti,tahu dengan isi ati dan lain sebagainya. Tahu sumedang paling enak disantap dengan cabai rawit atau dengan saus pedas dan tomat.

16. Tahu Gejrot, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / tokopedia.com

Makanan yang berasal dari Cirebon ini sudah familiar di masyarakat sekitar.sudah banyak yang menjualkan tahu gejrot ini mulai dari keliling dengan menawarkan di jalanan. Tahu gejrot ini banyak diminati oleh anak-anak,remaja,dan orang tua.

Tahu gejrot merupakan makanan yang menyiapkan tahu yang sudah di kasih bumbu dan digoreng sebelumnya. Tahu yang digunakan biasanya adalah tahu pong dan sumedang. Tahu yang sudah siap dimakan akan di bumbui dengan kuah saus yang terbuat dari campuran bumbu halus.

Tahu gejrot biasanya disajikan dengan piring berwarna hitam yang terbuat dari tanah liat.Berbeda dari Tahu Sumedang yang isinya penuh, Tahu Gejrot mempunyai isi yang sedikit kosong. Tujuannya yaitu agar kuah dan bumbu cair lainnya dapat meresap ke dalam tahu lebih cepat.

17. Combro, Makanan Khas Sunda

Makanan khas Sunda
Makanan khas Sunda / Tastemade.com

Combro adalah kuliner yang berasal dari Jawa Barat.combro memiliki singkatan “oncom di jero” ,combro ini memakai bahan utama singkong . makanan ini termasuk makanan yang populer karena di kota-kota lain sudah ada yang memasarkannya.

Rempah-rempah yang dibutuhkan untuk membuat combro yaitu dengan bawang merah dan bawang putih, serta tambahan cabe rawit dan cabe merah. campuran bahan dan bumbu masakan membuat Combro terasa lebih pedas dan manis.

18. Bapatong, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / blog.gotomalls.com

Makanan ini memiliki singkatan yang unik yakni bapatong (bakso ketupat gentong). Bapatong ini merupakan makanan yang cukup terkenal di daerah bogor.bapatong sendiri menyajikan kupat dengan bakso dan kuah yang menggugah selera.

Makanan Kuliner tradisional Sunda ini mengandung potongan kupat dengan dilengkapi dengan iga sapi. kalau bakso biasa menggunakan kuah bening, Bapatong menggunakan kuah kaldu sapi dengan tambahan mie kering dan pangsit.

19. Cungkring, Makanan Khas Sunda

Selanjutnya kita akan membahas makanan khas sunda yang satu ini yakni cungkring,makanan ini mungkin masih belum terkenal namanya.makanan ini bentuknya seperti sate dengan bahan kulit sapi, kikil,dan urat sapi sebagai bahan utamnya.

Cungkring juga salah satu makanan yang sudah lama di jawa barat.cungkring paling enak pada saat hangat.dan ada jenis rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan cungkring yaitu bumbu kunyit,kecap,cabai dan bumbu kacang.

20. Peuyeum, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / tokopedia.com

Makanan selanjutnya adalah peuyeum.peuyeum ini salah satu makanan khas sunda yang diibuat dari bahan utama singkong dan dipotong lalu dimasukan kedalam air rebus sampai hangat.

peuyeum juga memiliki banyak khasiatnya antara lain ,dapat mencegah anemia,bisa mengatasi darah tinggi,dan bisa untuk penghangat tubuh.peuyeum sering disamakan dengan tape singkong karena mengandung hasil fermentasi.sebetulnya, perbedaan antara tape singkong dengan peuyeum yaitu,peuyeum bersifat tahan lama karena kurang berair.

21. Kadedemes, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / kaskus.com

Kadedemes merupakan makanan khas sunda yang dibuat dengan bahan pokok berupa kulit singkong.kadedemes ini memiliki arti dalam bahasa sunda yakni “merasa sayang ke barang yang sudah tidak ada manfaatnya lagi”. Kadedemes ini menggunakan kulit singkong yang umumnya tidak terlalu digunakan untuk hal lainnya.

makanan ini sangat unik karena kulit singkong yang sudah tidak terpakai lagi bisa dicuci bersih dan setelah itu bisa kita olah menjadi kadedemes.adapun rempah-rempah yang diperlukan untuk membuat kadedemes ini yakni bawang putih, tomat, cabai merah, cabai hijau, dan kemiri.kadedemas bisa dinikmati dengan nasi.

22. Batagor, Makanan Khas Sunda

Tastemade
Makanan Khas Sunda / Tastemade.com

Kali ini ada batagor yang mana pertama kali dibuat oleh orang Bandung. Makanan ini sudah terkenal di kota-kota lain dan Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat batagor yakni ,kulit pangsit, telur, tepung sagu dan daging ikan tenggiri. Rempah-rempah yang digunakan antara lain merica, bawang putih, gula pasir, dan garam.

Semua bahansudah lengkap langsung diolah menjadi adonan dan dibungkus dengan kulit pangsit yang diteruskan dengan proses penggorengan. Setelah digoreng batagor akan dipotong-potong dan dihidangkan bersama dengan bumbu kacang dan perasan jeruk nipis.

rasa pedas dari bumbu kacang yang tercampur dengan ikan tenggiri akan membuat orang tidak akan bosan untuk memakan makanan yang satu ini.

23. Kerupuk Melarat, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / jadiberita.com

Salah satu makanan khas Cirebon dan sekitarnya. Makanan ini dihidangkan dengan ditambahkan sambal asam. Melarat dalam bahasa Jawa memiliki makna miskin. Jadi, kerupuk melarat berarti kerupuk miskin.

Nama kerupuk melarat ini diciptakan, karena pada saat itu sedang kondisi ekonomi dunia yang sedang krisis pada tahun 1920 an .Dan hasilnya masyarakat sulit mendapatkan pasokan minyak goreng. Kerupuk ini diolah menggunakan pasir sebagai pengganti minyak goreng dan menjadi hal yang unik tentunya.

24. Cireng, Cilok, dan cimol, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / youtube.com

Makanan Khas Sunda | Cireng merupakan jajanan yang terbuat dari tepung kanji sama hal nya dengan membuat cilok. cireng memiliki singkatan yaitu “aci digoreng” .Cireng sendiri menjadi makanan yang disukai di bandung.cireng juga memiliki varian dalam isinya contoh:cireng dengan isi daging,cabai,dll.untuk menemukan makanan ini sudah banyak para pedagang menjajahkan makanan ini di kota bandung maupun di kota lain.

Cimol memiliki singkatan “aci digemol”.makanan ini berasal dari kota tasikmalaya dan dikenalkan di bandung pada tahun 2001.cimol dibuat dengan bahan dasar sagu dan dibentuk bulat-bulat.aci yang sudah dibentuk bulat-bulat kecil nanti akan digoreng dengan api kecil sampai matang.sesudah matang , cimol siap disajikan bersama rempah-rempah kering dan basah.

Biasanya bumbu kering sering dipakai yaitu bercita rasa keju,pedas,barbeque,asin,dll. Sedangkan untuk bumbu yang basah biasanya digunakan pada saus dan kecap

Yang terakhir yaitu cilok,cilok memilki singkatan “aci dicolok” yaitu makanan berbahan tepung aci (kanji) yang dibentuk bulat ,lalu dimasak dengan direbus dan diberi bumbu kacang dengan ditusukan bersama lidi.cilok memiliki varian bumbu rasa yakni saus,kecap, kacang campur, dan bumbu bubuk pedas.

25. Colenak, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas sunda
goodindonesianfood.com

Makanan Khas Sunda | Colenak ini adalah salah satu makanan khas sunda dan menjadi kebanggaan orang sunda. Makanan ini tercipta oleh orang jawa barat yang terbuat dari perpaduan tape singkong yang dibakar dengan saus gula. Tape singkong yang sudah dibakar nanti akan dihidangkan dengan saus gula yang biasanya dibuat dari gula aren dan kelapa parut.

Waktu yang pas untuk memakan colenak adalah pada saat cuaca sedang dingin atau sore. Colenak juga merupakan jajanan sederhana yang mengandung cukup banyak gizi antara lain, protein, kalsium, karbohidrat, vitamin B1, dan fosfor.

26. Lepet, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
kajene.com

Makanan khas Sunda yang satu ini biasa disebutkan dengan nama lepet di tanah jawa dan leupeut di tanah sunda. Lepet merupakan makanan yang dibuat dari bahan baku beras ketan yang dicampur dengan kacang. perpaduan kedua bahan tadi,nanti akan dimasak dalam santan yang nantinya dibungkus menggunakan daun janur kering.

Lepet yang sudah matang bisa langsung dihidangkan. Makanan khas Sunda satu ini sekilas mirip dengan lontong. Perbandingan antara lepet dan lontong yaitu, kalau lepet lebih padat dan lengket, sementara lontong tidak selengket dan padat dari pada lepet dan lontong menggunakan bahan dasar berupa kentan.

Selain itu,cita rasa yang dikeluarkan oleh lepet akan lebih gurih karena dicampur dengan kacang dan santan. Di wilayah Sunda, orang-orang biasanya menyantap lepet bersama dengan tahu sumedang.

27. Bala-bala, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
veroathome.com

Makanan Khas Sunda | Makanan ini dari tampilan hampir mirip dengan bakwan, tetapi untuk masalah rasa pasti keduanya memiliki perbedaan walaupun memiliki kemiripan.bala-bala sendiri merupakan hidangan gorengan yang terbuat dari adonan tepung yang dicampurkan dengan irisan beberapa macam sayuran.contoh sayuran yang sering digunakan yakni tauge dan wortel.

Jika sewaktu-waktu kamu mengunjungi kota Bandung, maka jangan lupa untuk menikmati cuaca dingin Bandung ditemani dengan bala-bala. Makanan ini sudah lama dan menjadi makanan yang melegenda di kota Bandung.

Bala-bala sendiri merupakan sajian gorengan yang dibuat dari adonan tepung yang dicampurkan dengan irisan berbagai macam sayuran. Sayuran yang biasa diibutuhkan untuk membuat bala-bala adalah kol, wortel, dan tauge.

Bala-bala dari segi tampilan sangat mirip dengan bakwan tepung. Cita rasa yang dikeluarkan bala-bala yaitu asin, manis dan gurih yang dihasilkan oleh sayuran menjadi bahan utama pembuatannya. Bala-bala paling enak dinikmati bersama cabai rawit.

28. Empal Gepuk Daging Sapi, Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda / sahabatneisa.com

Makanan Khas Sunda | Empal atau gepuk daging sapi merupakan makanan yang terkenal di jawa barat.makanan ini bahkan menjadi salah satu sajian wajib di restoran-restoran sunda.untuk dapat menikmati empal gepuk daging sapi ini kita bisa pembuatnya dengan cara menyayat tipis daging sapi yang dipukul-pukul sampai tipis dan dimasak dengan bumbu yang manis.

Proses selanjutnya adalah dengan mengungkep daging sampai bumbu meresap sampai ke serat daging. nanti daging akan menjadi empuk,dan itu langsung bisa kita hidangkan tanpa perlu digoreng.

 

Makanan Khas Sunda

Leave a Comment

%d bloggers like this: