Makanan Yang Bikin Melek Mata No 9 Sering Anda Jumpai !!!

Makanan Yang Bikin Melek – Tiba-tiba, kantuk bisa mengampiri Anda. Kegiatan yang harus diselesaikan segera atau selesai ditunda karena kantuk. Jika Anda mengalami situasi ini, cobalah mengonsumsi minuman dan makanan yang membuat mata Anda jadi melek di bawah ini..

Minuman dan Makanan Yang Bikin Melek Mata

Anda harus mengonsumsi minuman atau makanan yang membuat mata Anda menjadi melek ketika rasa kantuk menghampiri  jam-jam produktif Anda. Makanan dan minuman juga penting bagi Anda yang sedang belajar atau bekerja hingga larut malam.

Berikut ini adalah beberapa minuman dan makanan yang membuat mata melek::

  1. Minum Kopi

makanan yang bikin melek
makanan yang bikin melek

Yang Pertama adalah Minum Kopi, Tidak dapat dipungkiri bahwa kopi adalah salah satu minuman yang efektif untuk mengusir kantuk karena mengandung banyak kafein. Kandungan kafein dalam kopi akan menghambat kerja reseptor adenosin.

Jika reseptor adenosin pada seseorang terhambat, kantuk akan hilang dan mata Anda akan tetap terjaga. Konsumsi kopi dalam kondisi hangat bisa membuat mata Anda lebih melek. Namun, Anda tetap harus bijak dalam mengonsumsi kopi. Jangan mengonsumsi lebih dari empat cangkir kopi sehari.

Ini karena konsumsi kopi yang berlebihan dapat meningkatkan risiko insomnia dan kecemasan. Pada orang-orang tertentu, kopi mungkin tidak memiliki efek untuk mengurangi rasa kantuk dan bahkan menyebabkan efek sakit kepala.

  1. Minuman Teh hijau

makanan yang bikin melek
makanan yang bikin melek

Bagi Anda yang merasa tidak cocok dengan kopi atau menginginkan asupan kafein yang lebih baik maka konsumsilah minuman teh hijau. Teh hijau juga mengandung kafein yang dapat membantu mata Anda tetap melek.

Walaupun kandungan kafein dalam teh hijau tidak sebanyak kopi, teh hijau masih bisa menghilangkan rasa kantuk. Selain itu, kandungan antioksidan dalam teh hijau juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar tetap sehat meski harus lembur.

Seperti halnya kopi, sering mengkonsumsi minuman teh hijau juga akan mencegah dehidrasi. Tubuh yang dehidrasi akan mudah mengantuk. Jadi, minum air putih dengan kafein adalah pilihan ampuh untuk mengatasi kantuk.

  1. Minuman Cokelat (Kakao)

Makanan yang bikin melek mata adalah Cokelat makanan ini salah satu makanan yang membuat mata melek saat mengantuk. Kandungan kafein juga ada dalam biji kakao, tetapi tidak sebanyak yang terkandung dalam kopi.

Jika Anda menginginkan kandungan kafein yang cukup tinggi, pilihlah cokelat hitam. Memang, semakin gelap cokelat, semakin tinggi kandungan kafeinnya. Cokelat manis juga bisa dipilih karena makanan yang mengandung gula dapat membantu mata tetap terjaga.

Sahabat, perlu Anda ketahui bahwasannya, Coklat Selain mengandung kafein, juga mengandung flavonoid yang bermanfaat bagi jantung.

Anda bisa makan cokelat dalam bentuk minuman panas atau cokelat untuk menghilangkan kantuk. Namun, penting untuk mempertahankan batas konsumsi cokelat agar tidak menyalahgunakannya.

  1. Makan Es krim

makanan yang bikin melek
makanan yang bikin melek

Selain cokelat, makanan ringan rasanya yang manis juga termasuk makanan yang memungkinkan mata untuk melek. Camilan yang manis biasanya mengandung gula. Gula adalah makanan yang akan dipecah menjadi glukosa.

Glukosa darah yang cukup akan menjaga otak dari tidur dan kantuk akan hilang. Anda dapat memilih makanan ringan yang manis tetapi dengan karbohidrat yang sangat rendah.

Jangan memilih camilan manis dengan banyak karbohidrat. Memang, karbohidrat mengandung serotonin, yang menyebabkan kantuk. Anda bisa memilih camilan manis seperti es krim agar tetap melek.

  1. Makan Permen

makanan yang bikin melek
makanan yang bikin melek

Makanan lain yang membuat melek ialah permen. Aroma manis dapat membuat mata Anda terjaga bahkan jika Anda sedang mengantuk. Kandungan glukosa dalam permen dapat membuat otak tetap terjaga.

Anda juga bisa mengunyah permen karet, tetapi Anda harus berhati-hati karena dapat ditelan tiba-tiba. Anda harus memilih permen yang memiliki rasa ekstra seperti mint atau jahe karena dapat membuat mata Anda lebih melek.

  1. Makan Jeruk

Meskipun kadar glukosa tidak tinggi, seperti di permen, buah-buahan bisa menjadi makanan yang membuat mata Anda melek. Buah jeruk adalah contoh buah yang bisa menghilangkan kantuk.

Kandungan vitamin C jeruk dapat mengembalikan kesegaran bagi tubuh Anda dan mencegah kelelahan, dan rasa kantuk. Asam sitrat yang rasanya asam juga membantu menjaga mata Anda tetap terjaga dan fit.

Anda bisa makan jeruk dalam bentuk buah atau minuman. Pilihan jus jeruk panas atau jus jeruk dapat membuat Anda terjaga dari rasa kantuk yang melanda Anda pada waktu yang tidak tepat.

  1. Makan Putih telur

Makan putih telur bisa membuat mata melek? Anda mungkin enggan mempercayai bahwa putih telur adalah makanan yang membuat melek mata. Putih telur mempunyai asupan protein tinggi.

  1. Makan MakanDaging

Mirip dengan telur, daging juga merupakan makanan yang membuat mata melek. Asupan daging sapi atau ayam dapat membuat Anda tetap terjaga. Daging cocok untuk dikonsumsi saat Anda mengantuk pada jam-jam produktif. Ini juga pertanda bahwa tubuh Anda kekurangan energi.

Tubuh yang kekurangan energi lebih mudah mengantuk. Tahukah Anda, Daging merupakan makanan yang mengandung energi tinggi. Jadi, makan daging dapat mengembalikan energi Anda dan menghilangkan kantuk. Pilihlah daging yang memiliki kandungan lemak rendah.

  1. Makan Cabai

makanan yang bikin melek
makanan yang bikin melek

Hampir semua orang akan setuju bahwa cabai adalah makanan yang membuat mata langsung melek. Bagaimana bisa? Rasa pedas yang ada di cabai akan mengaktifkan otak untuk mengambil air yang cukup banyak.

Selain itu, cabai adalah bahan makanan dari Solanaceae atau keluarga Terong yang memproduksi zat glikalkaloid. Zat glikosaloid, yang sebenarnya adalah pestisida alami, dapat merangsang sistem saraf agar tetap terjaga. Anda bisa makan cabai merah atau cabai rawit saat memasak atau memasak hidangan pedas.

  1. Makan Tomat

walaupun tidak memiliki rasa pedas seperti cabai, tomat juga termasuk dalam suku terong yang mengandung zat glikalkalkoid. Anda sudah tahu bahwa glikosalcaloid dapat membuat mata Anda tetap terjaga dari kantuk karena akan merangsang saraf.

Namun, Anda harus selalu membatasi jumlah tomat yang dikonsumsi, karena jumlah glycalkalcoide yang terakumulasi dalam jumlah besar dapat menjadi racun bagi tubuh.

  1. Minum Yogurt

makanan yang bikin melek
makanan yang bikin melek

Selain lezat dan bergizi, yogurt juga bisa menghilangkan kantuk. Yoghurt adalah bentuk makanan yang difermentasi karena aktivitas bakteri tertentu. Aktivitas bakteri ini akan memecah protein dan menghasilkan molekul kecil yang disebut amina biogenik.

Amina biogenik ini adalah neurotransmitter yang mengaktifkan saraf agar tetap terjaga. Perasaan kantukpun hilang dan mata tetap melek. Minuman yogurt yang diperkaya dengan buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti mangga atau jeruk.

Sahabat, kesimpulannya adalah jika Anda Kantuk, Anda bisa Minuman atau makan yang tertera di atas mulai dari minum kopi, minum teh, makan daging, makan cabai, makan tomat, makan jeruk dan masih banyak lainnya.

Itu semua adalah jenis makanan atau minuman yang bikin melek mata Anda. Mudah-mudahan info ini membantu bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima Kasih.

Baca Juga : 20 Makanan Khas Jawa Timur yang Menggoda Lida

Leave a Comment