12 Macam Manfaat Beras Merah yang Harus Anda Ketahui Kasiatnya!

12 Macam Manfaat Beras Merah yang Harus Anda Ketahui Kasiatnya!

Manfaat Beras Merah – Hallo Sahabat Amanah? Bagaimana kabarnya? semoga kalian semua diberikan rezeki yang halal dan barokah, yang lagi sakit semoga diberikan kesabaran dan kesembuhan, yang lagi kena musibah semoga diberikan jalan keluarnya Aamiin. Sahabat, kali ini kami akan berbagi Artikel tentang Manfaat Beras Merah.

Beras merah terkenal mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Banyak orang mengkonsumsi beras merah untuk diet dan terapi untuk beberapa penyakit kronis seperti diabetes, kolesterol dan jantung. Banyak yang mengklaim bahwa beras merah lebih kaya kandungan gizi daripada beras putih.

Kandungan gizi yang terkandung pada beras merah banyak sekali seperti karbohidrat kompleks untuk energi, serat yang baik untuk pencernaan, protein untuk pengganti sel yang rusak, mineral untuk pertumbuhan tulang, vitamin untuk kecerdasan otak, antioksidan untuk menjaga kekebalan tubuh dan mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Walaupun kaya akan kandungan gizi, banyak orang yang kurang menyukai rasanya yang agak pahit dan keras. Berbeda dengan nasi putih yang cenderung lembut dan terasa manis. Namun dengan membiasakan mengkonsumsi beras merah lidah Anda juga akan mudah untuk menerimannya.

Setiap orang akan membutuhkan karbohidrat untuk memberikan energi atau tenaga pada tubuh agar dapat beraktifitas secara normal. Karbohidrat dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan seperti gandum, roti, jagung, ubi, mie dan nasi. Mayoritas orang Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai akanan pokoknya.

Nasi yang biasannya dikonsumsi orang Indonesia adalah nasi putih karena rasannya yang enak dan teksturnya yang lembut. Akan tetapi tidak banyak yang tahu dengan kebiasaan makan nasi putih setiap hari tidak baik untuk kesehatan karena karbohidrat dalam nasi putih akan dipecah menjadi glukosa dan lemak. Oleh karena itu alangkah baiknya jika nasi putih diganti dengan nasi merah.

Manfaat beras merah untuk kesehatan

1. Diabetes

 

Manfaat Beras Merah
Sumber Image: medicalnewstoday.com

Manfaat beras merah untuk diabetes dikarenakan kandungan seratnya yang tinggi dan kalorinnya yang rendah dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Bagi penderita diabetes yang notabennya dianjurkan untuk mengurangi konsumsi gula, beras merah ini sangan cocok digunakan untuk makanan pokok yang kaya akan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks yang terkandung dalam beras merah lebih mengenyangkan dan membuat tidak cepat lapar. Molekul dalam karbohidrat kompleks ini dipecah tidak akan menjadi glukosa seperti yang terjadi pada nasi atau beras putih. Sehingga lebih sehat dan aman bagi penderita diabetes.

2. Kolesterol

Manfaat Beras Merah
Sumber Image:catatanmini.com

Kolesterol adalah jenis lemak jahat dalam darah yang sangat berbahaya jika jumlahnya melebihi normal. Jika lemak ini menyumbat peredaran darah akan menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi, mengganggu kerja jantung, dan dapat membuat pembuluh darah pecah yang akan menyebabkan stroke.

Mengkonsumsi nasi putih berlebih akan membuat kadar gula dan lemak darah meningkat. Hal ini dapat menyebabkan kolesterol dalam darah naik dan mengganggu kerja jantung. Oleh karena itu sebaiknya karbohidrat dalam nasi putih dapat diganti dengan nasi merah yang lebih bersahabat karena kandungan karbohidrat kompleksnya aman bagi kesehatan.

3. Pencernaan

Manfaat Beras Merah
Sumber Image: kondisiumum.com

Kandungan serat yang tinggi pada nasi merah baik untuk sistem pencernaan. Seperti yang kita ketahui serat mempunyai manfaat yang sangat banyak seperti memudahkan proses pencernaan sehingga memudahkan dalam buang air besar dan mencegah sembelit. Selain didapat dalam sayur dan buah, serat juga dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi nasi merah.

4. Kesehatan tulang

Manfaat Beras Merah
Sumber Image: journal.20fit.co.id

Selain vitamin D dan kalsium, magnesium yang terkandung dalam beras merah dapat berfungsi untuk perkembangan dan pertumbuhan tulang dan gigi Anda. Jadi konsumsi beras merah in sangat dianjurkan untuk bayi dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.

5. Kaya antioksidan

Manfaat Beras Merah
Sumber Image: cara-ngatasi.blogspot.co.id

Vitamn dan mineral yang banyak terkandung dalam beras merah kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu membuang radikal bebas dalam tubuh. Anda tahu sendiri radikal bebas yang dibawa kotoran dari luar tubuh dapat menyebabkan banyak penyakit terutama kanker.

6. Bayi

Manfaat Beras Merah
Sumber Image: jurnalkeluarga.com

Bubur beras merah sudah mulai diberikan kepada bayi setelah 6 bulan keatas. Kandungan gizinnya yang tinggi sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Anda dapat memasaknya dan melumatkannya kemudian dapat dicampur dengan ASI atau beberapa jenis sayuran seperti brokoli dan bayam untuk campuran.

Kandungan serat dan karbohidrat kompleks nya baik untuk pencernaan dan memberikan energi bagi bayi, kandungan mineralnya berfungsi untuk pertumbuhan tulang, gigi, otot dan rambut pada bayi, kandungan vitamin B nya dapat mencegah beri-beri dan berfungsi untuk perkembangan otak bayi, manfaat beras merah untuk bayi lainnya adalah kandungan serotonin yang dapat memstabilkan pola tidur bayi.

7. Ibu menyusui

Manfaat Beras Merah
Sumber Image: tandapagar.com

Manfaat beras merah untuk ibu menyusui adalah dapat memberikan energi maksimal kaena kondisinnya yang juga harus merawat bayinnya memang butuh pasokan nutrisi yang lebih. Selain itu ibu menyusui juga berbagi nutrisi kepada bayinnya. Bayi sangat membutuhkan gizi yang lengkap dari ASI. Jika kualitas dan kuantitas ASI baik perkembangan dan pertumbuhan bayi juga optimal.

8. Ayam

Selain manusia, hewan peliharaan seperti ayam juga biasa diberi makan beras merah. Anda mungkin sering menemukan pedagang pakan ternak yang menjual beras merah. Mereka menjualnya untuk pakan ayam dan burung. Dari segi kesehatan dan bisnis manfaat beras merah untuk ayam sangat banyak.

Ayam yang diberi makan beras merah pada umumnya akan menjadi ayam yang lebih kuat apalagi bagi ayam petarung yang membutuhkan energi dan kekuatan super dibanding ayam peliharaan biasa. Selain kekuatan, beras merah juga dapat menyembuhkan ayam dari beberapa penyakit dan membuat tulang ayam jauh lebih cepat pertumbuhannya.

Manfaat Beras Merah Untuk Kecantikan | Manfaat Beras Merah

9. Diet

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan program diet menggunakan beras merah. Banyak wanita yang mendambakan tubuh ideal sehingga banyak melakukan beberapa program diet. Beras merah merupakan pilihan yang tepat untuk diet Anda baik diet untuk kesehatan maupun kecantikan.

Kandungan karbohidrat kompleks nya membuat Anda menjadi tahan terhadap lapar dan kenyang lebih lama. Selain itu manfaat beras merah untuk diet kesehatan adalah Anda akan terbebas dari glukosa berlebih yang biasannya terkandung dalam nasi putih. Sehingga anda akan memperoleh manfaat sehat dan juga cantik menawan.

10. Peremajaan kulit

Manfaat Beras Merah
Sumber Image: siputihcantik.wordpress.com

Manfaat beras merah untuk masker wajah dapat membuat kulit anda lebih kencang dan elastis. Hal ini karena kandungan selenium dalam beras merah dapat membuat kulit Anda menjadi lebih kenyal dan elastis.

Cara pemakaiannya adalah masak beras merah dan ambil tajinnya sebagai masker pada wajah, diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan rutin setiap hari dijamin Anda akan merasakan perbedaanya dalam beberapa minggu.

11. Melembutkan kulit

Beras merah dapat menurunkan kadar gula darah yang berkaitan dengan kelembutan kulit Anda. Anda dapat memanfaatkan konsumsi beras merah dan hal ini sangat bagus untuk perawatan kulit wajah maupun kulit badan sehingga lebih halus dan lembut.

12. Melembabkan kulit

Anda dapat memanfaatkan beras merah untuk mengatasi kulit yang kering dan bersisik. Carannya dengan rajin menggunakan tajin beras merah sebagai masker wajah. Dijamin kulit kering Anda memjadi lebih lembab dan halus.

Itulah Sahabat, pembahasan yang dapat kami sampaikan tentang Manfaat Beras Merah. Semoga dari pemaparan kami memberikan manfaatnya dan yang kami sampaikan di atas kurang lengkap kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terima Kasih.

Manfaat Beras Merah

Leave a Comment

%d bloggers like this: