12 Manfaat daun afrika untuk Kesehatan / Kecantikan / Serta Khasiatnya

12 Manfaat daun afrika untuk Kesehatan / Kecantikan / Serta Khasiatnya

Manfaat daun afrika – Seperti namanya, daun afrika berasal dari negara padang pasir Afrika. Di Indonesia daun ini belum banyak dikenal seperti daun sirih dan daun sirsak. Tetapi di negara seperti Cina, India dan Australia sudah memanfaatkan daun ini untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti hipertensi, jantung, demam, malaria, asam urat, asam lambung, kolesterol, diabetes, kanker, susah BAB.

Manfaat daun afrika ini tentu saja berasal dari berbagai kandungan gizi dan nutrisi didalamnya. Misalnya saja, vitamin, beberapa mineral, asam esensial, asam lemak, asam fenolat, zat antioksidan, zat antiinflamasi dan masih banyak lagi. Karena banyak sekali kandungan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan akhirnya daun ini dibudayakan dalam berbagai bentuk.

Manfaat daun afrika Bagi Kesehatan

1. Manfaat daun afrika sebagai obat Diabetes

Diabetes atau kencing manis adalah penyakit dengan kadar gula berlebih dalam darah. Pola hidup orang Indonesia yang gemar makan manis seperti kue, es krim, cemilan manis membuat kadar gula dalam darah tidak terkontrol dan menyebabkan penyakit diabetes. Apalagi kebiasaan makan nasi putih setiap hari yang tidak bisa dihilangkan.

Banyak ilmuwan yang menemukan beberapa bahan alami atau herbal untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Mereka cenderung memanfaatkan kearifan lokal untuk fungsi kesehatan. Manfaat daun afrika untuk diabetes adalah contohnya. Carannya dengan meminum rebusan daun afrika sehari tiga kali secara rutin.

2. Manfaat daun afrika sebagai obat Kolesterol

Kolestrol atau lemak jahat dalam darah adalah penyakit yang berbahaya jika tidak segera ditangani karena akan berefek pada jantung dan pembuluh darah. Kebiasaan orang Indonesia yang menyukai makanan bersantan, sate, tongseng, gule dan sejenisnya membuat kadar lemak darah atau LDL menjadi tinggi.

Sebelum menjadi penyakit yang mematikan, alangkah baiknya jika kita mencegahnya dengan cara alami yaitu mengkonsumsi herbal yang dapat menurunkan kolesterol. Salah satu tanaman yang dapat menyembuhkannya adalah daun afrika. Manfaat daun afrika untuk kolesterol sudah terbukti dengan mengkonsumsinya secara rutin dalam bentuk air rebusan.

3. Manfaat daun afrika sebagai obat Asam urat

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan sisa metabolisme. Tubuh kita melakukan proses metabolisme untuk menyerapan nutrisi makanan ke seluruh tubuh. tanda penyakit ini adalah sering merasa pegal-pegal dan kram. Makanan yang dipantang untuk penderita asam urat seperti bayam, daun mlinjo dan beberapa jenis sayuran.

Manfaat daun afrika untuk asam urat akan efektif jika dikonsumsi secara rutin. Anda bisa merebus daunnya kemudian meminum air rebusannya sehari tiga kali sampai menurunkan kadar asam urat dalam darah.

4. Manfaat daun afrika sebagai obat Asam lambung

Asam lambung berlebih membuat kita tidak nyaman karena dapat menyebabkan mual dan perih di perut. Jika tidak cepat ditangani dapat menyebabkan lambung terkena luka atau infeksi yang berkelanjutan ke penyakit kronis. Pada umumnya orang yang mempunyai asam lambung berlebih dianjurkan untuk menghindari makanan pedas dan asam.

Makanan pedas seperti sambal, saos, rujak akan membuat kondisi lambung semakin parah. Maka dianjurkan bagi penderita maag untuk berhati-hati dalam memilih makanan. Manfaat daun afrika untuk asam lambung adalah dengan menetralisir kadar asam lambung yang berlebih.

5. Manfaat daun afrika sebagai obat Ginjal

Manusia memiliki dua ginjal yang berfungsi untuk menyaring kotoran dan racun dalam darah. Karena darah yang diedarkan ke seluruh tubuh banyak mengandung berbagai unsur yang harus disaring dan dibuang melalui sistem urin.

Jika ginjal kita bermasalah, maka proses penyaringan kotoran darah juga terganggu. Sebagaimana kita ketahui darah kita tidak 100 % bersih. Jika demikian maka langkah selanjutnya adalah melakukan cuci darah. Sebelum ginjal kita rusak, manfaat dan afrika untuk ginjal mampu mencegah kerusakan pada organ ginjal sebagaimana daun seledri yang dapat digunakan sebagai obat cuci darah alami.

Manfaat daun afrika Untuk Kecantikan

1. Manfaat daun afrika Menyembuhkan jerawat

Jerawat yang ada di muka kita sudah pasti mengganggu penampilan. Selain risih dan terasa sakit ketika dipencet jerawat juga mengganggu aktifitas. Jerawat adalah kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Biasannya kulit berminyak akan rentan terkena jerawat. Daun afrika dapat digunakan sebagai masker wajah untuk menyembuhkan jerawat.

2. Manfaat daun afrika Menghilangkan bekas jerawat

Sumber Image: Kompasiana.com

Manfaat daun afrika selanjutnya adalah menghilangkan bekas jerawat. Terkadang jerawat akan menimbulkan bekas yang menghitam atau bintik hitam pada kulit. Bekas noda ini juga akan mengganggu penampilan anda. Agar wajah anda selalu tampak cerah dan bersih tanpa noda, Anda dapat mengaplikasikan daun afrika sebagai masker wajah.

Pemakaian dalam beberapa hari secara rutin akan membawakan hasil yang maksimal. Anda dapat tampil percaya diri kemanapun tanpa noda dan bintik hitam pada wajah. Kita tahu sendiri jika noda hitam ini tidak dihilangkan dengan segera akan lebih susah menghilangkannya dikemudian hari.

3. Manfaat daun afrika Melembabkan kulit

Kulit adalah bagian tubuh yang memerlukan nutrisi untuk menjada kelembabanya. Selain nutrisi dari dalam, nurisi dari luar juga diperlukan untuk memaksimalkan penampilan Anda. Kulit kering dan bersisik amatlah tidak enak dipandang. Biasanya orang akan menggunakan hand body untuk membuat kulit tubuhnya tampil lebih lembab.

Anda dapat memanfaatkan daun afrika sebagai masker kulit dan wajah agar kulit anda tampak lebih lembab. Kandungan vitamin dalam daun afrika cukup tunggi dan berkhasiat untuk menutrisi kulit menjadi lebih lembab dan halus secara alami.

4. Manfaat daun afrika Melembutkan kulit

Selain melembabkan kulit, kandungan vitamin yang tinggi pada daun afrika mampu menutrisi kulit sehingga tampak lebih halus dan lembut. Kulit yang kasar dan bersisik akan mengganggu penampilan dan terlihat tidak terawat.

Anda dapat menggunakan masker daun afrika secara rutin dan akan merasakan khasiatnya pada kulit dalam beberapa hari pemakaian. Anda dapat tampil percaya diri dimanapun dengan kulit yang halus dan glowing. Orang yang melihatnya juga akan terpesona karena sensasi kelembutannya. Hati-hati bisa terpeleset nanti yang menyentuhnya.

5. Manfaat daun afrika Mencegah stress

Aktifitas sehari-hari sering sekali memberi dampak stress. Apalagi pekerjaan yang menumpuk dan tidak terselesaikan karena konsentrasi Anda berkurang. Jangan khawatir, Anda dapat meluangkan sedikit waktu untuk menikmati secangkir teh daun afrika dan dijamin akan merilekskan pikiran Anda.

6. Manfaat daun afrika Menurunkan berat badan

Anda tidak perlu repot-repot diet ini itu untuk menjadikan berat badan tetap ideal. Karena diet yang tidak benar justru akan mengganngu kesehatan Anda. Anda akan lemas kurang energi karena fokus pada diet . Diet yang baik adalah diet nutrisi seimbang yang tetap menjada asupan kalori dan nutrisi dalam tubuh.

Konsumsi daun afrika secara rutin dapat menurunkan berat badan secara alami tanpa efek samping. Anda hanya perlu menjaga makanan dan berolahraga secara rutin. Kandungan senyawa dalam daun ini terbukti berkhasiat menghancurkan lemak berlebih. Sehingga berat badan anda dapat turun secara pelan-pelan.

7. Manfaat daun afrika Menyuburkan dan mencegah kerontokan rambut

Bagi Anda yang mempunyai rambut tipis, daun ini cocok untuk dijadikan masker rambut karena berkhasiat dapat menyuburkan rambut. Seain itu daun ini juga dapat mencegah kerontokan. Anda dapat merasakan khasiatnya dalam beberapa hari pemakaian dan rasakan sensasi rambut indah tebal berkilau.

Manfaat daun afrika

Leave a Comment

%d bloggers like this: