6 Manfaat Daun Seledri yang Wajib Anda Ketahui Beserta Efek Sampingnya!

6 Manfaat Daun Seledri yang Wajib Anda Ketahui Beserta Efek Sampingnya!

Manfaat Daun Seledri – Hallo sabahat, masih berjumpa dengan kami, tentunya Anda semua tetap sehatkan bukan? yah sahabat, menjaga kesehatan tubuh itu sangat penting sekali mengapa, karena kesehatan itu harganya sangat mahal sekali, oleh karena itu kami mengajak Anda untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan sehat. Sahabat, kali ini kami akan memberikan artikel tentang Manfaat daun seledri.

Daun seledri merupakan salah satu jenis sayur mayur yang biasa digunakan sebagai bahan pelengkap dan penyedap makanan. Daun seledri memiliki nilai kalori yang rendah. Daun ini memiliki banyak khasiat karena beberapa kandungan didalamnya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Kandungan daun seledri

1. Asam amino esensial
2. vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, E, K
3. Asam folat
4. Kandungan mineral seperti potasium, kalsium, magnesium, zat besi, natrium, dan fosfor
5. Zat flavonoid yang mengandung senyawa xanthin,luketin dan betakaroten

Manfaat daun seledri

Manfaat Daun Seledri
Sumber Image: belukab.go.id

Daun seledri dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan wanita. Sayur yang satu ini ternyata sudah sejak lama dimanfaatkan oleh manusia, tidak hanya sebagai bumbu pelengkap/penyedap makanan saja. Berikut adalah ulasan berbagai manfaatnya :

1. Manfaat daun seledri untuk rambut rontok

Manfaat Daun Seledri
Sumber Image: wakdoyokjakarta.com

Setiap wanita memiliki kebanggaan akan kecantikan dengan memiliki rambut yang indah dan menawan. Rambut yang terawat meningkatkan kepercayaan diri setiap wanita, para pakar kesehatan berlomba lomba menemukan kreasi perpaduan berbagai bahan untuk memecahkan berbagai masalah rambut. Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk merawat rambut adalah daun seledri.

Ada beberapa cara untuk menggunakan olahan daun seledri, yaitu:

1. Ambil 10 helai daun seledri yang sudah dicuci bersih, Tambahkan sedikit air kemudian blender semua daun seledrinya. Oleskan pada rambut dan kulit kepala selama satu jam kemudian bilas dengan air bersih.

2. Ambil 10 helai daun seledri yang telah dicuci bersih, Potong daun seledri kecil kecil kemudian tambahkan setengah gelas air dan rebus hingga mendidih, setelah itu tambahkan beberapa tetes cuka. Oleskan pada seluruh bagian kulit kepala hingga ujung rambut selama satu jam dan bilas dengan air.

3. Ambil 6 helai daun seledri yang telah dicuci bersih, kemudian dipotong kecil kecil, setelah itu tambahkan kuning telur dan kocok hingga merata. Cara pemakaiannya yaitu dengan mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala selama setengah jam, kemudian bilas dengan shampo. Untuk menambah rasa nyaman dapat dilakukan dengan pijitan pada kepala.

2. Manfaat daun seledri untuk wajah berjerawat

Manfaat Daun Seledri
Sumber Image: carakumemutihkanwajah.blogspot.co.id

Masalah yang sering menjadi kekhawatiran para remaja adalah timbulnya jerawat pada wajah. Jerawat dapat timbul karena banyak faktor, faktor utama yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah bakteri yang mengumpul dan masuk ke dalam pori pori wajah. Daun seledri memiliki zat antioksidan yang dapat mengurangi peradangan.

Cara menggunakan daun seledri sebagai pembasmi wajah adalah dengan memotong daun menjadi bagian yang kecil yang kemudian dimasukkan ke dalam air yang mendidih selama 20 menit, setelah air daun tersebut dingin, oleskan pada wajah dan kemudian basuh dengan sabun wajah anti jerawat.

3. Manfaat daun seledri untuk menurunkan berat badan

Manfaat Daun Seledri
Sumber Image: daunsehat.web.id

Memiliki berat badan yang ideal merupakan idaman semua wanita, masalah diet seringkali mendatangkan bahaya karena tubuh menjadi kekurangan asupan makanan sehingga tidak menghasilkan energi. Daun seledri merupakan salah satu alternatif bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan.

Seledri hanya mengandung 14 kalori dalam setiap 100 gram. Konsumsi daun seledri dalam jumlah yang banyak tidak akan menambah berat badan karena kandungan daun seledri didominasi oleh air.

Cara pengolahan daun ini cukup mudah, dengan menambahkan bahan lain seperti madu, gandum, atau bahan low kalori lainnya. Berikut ini menu diet dengan daun seledri:

1. Sarapan dengan jus seledri dengan tambahan madu, gandum, mentimun dan sedikit air
2. Makan siang dengan sup seledri : campurkan daun seledri dan daun salam yang telah dicincang ke dalam tumiusan bawang merah, kemudian menambahkan tepung jagung, lada dan garam
3. Makan malam dengan smoothie seledri : smoothie dapat dibuat dengan campuran buah kiwi dan jeruk yang di blender bersama dengan daun seledri dan peterseli.
4. Minuman seledri hangat untuk penutup malam dengan cara menyeduh daun seledri dengan air hangat

4. Manfaat daun seledri untuk hipertensi

Manfaat Daun Seledri
Sumber Image: produkkesehatanmurah.wordpress.com

Daun seledri memiliki kandungan phthalides, apigenin dan kumarin yang dapat melebarkan pembuluh darah serta dapat mengurangi hormon pemicu stress sehingga tekanan darah dapat terkontrol. Berikut ini terdapat dua cara untuk mengolah daun seledri untuk hipertensi:

1. Campurkan daun seledri dalam jus belimbing dan mentimun bersama dengan madu, anda juga dapat menambahkan es batu
2. Campurkan daun seledri, apel, dan jahe yang telah dipotong, kemudian blender hingga halus. Peras jeruk nipis di atasnya kemudian aduk hingga rata.

5. Manfaat daun seledri untuk kolesterol

Manfaat Daun Seledri
Sumber Image: pecintaalamkediri.com

Kadar kolesterol yang tinggi menyebabkan berbagai masalah dalam tubuh seperti tersumbatnya pembuluh darah, penyumbatan pada pembuluh darah jantung dapat mengakibatkan serangan jantung yang berujung kematian.

Kolesterol merupakan kumpulan lemak jahat yang terdapat hampir di semua makanan berminyak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kandungan kolesterol dalam tubuh yaitu dengan mengkonsumsi daun seledri, karena mengandung senyawa glukosida, apiin, serta apoil.

Cara untuk mengolah daun seledri menjadi bahan penurun kolesterol yaitu dengan merebus daun seledri (1 batang) dalam satu gelas air. Aturan konsumsi rebusan seledri ini adalah 1 kali sehari.

6. Manfaat daun seledri untuk ginjal

Manfaat Daun Seledri
Sumber Image: blog.awalbros.com

Konsumsi minuman instan dapat menyebabkan batu ginjal karena tubuh tidak dapat menyaring zat zat kimia yang terkandung di dalamnya. Apabila anda termasuk salah satu penikmat minuman instant, anda harus mengimbanginya dengan minuman yang menyehatkan. Salah satunya adalah olahan daun seledri, daun ini dapat membersihkan ginjal karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengolah daun seledri yaitu:

Mencuci bersih daun seledri kemudian merebusnya selama 10 menit. Setelah dingin, air rebusan ini disaring dan dimasukkan ke dalam lemari es. Air ini dapat di konsumsi sebanyak satu gelas sehari.

selain beberapa manfaat yang telah dijabarkan diatas, daun seledri juga dapat meredakan gejala penyakit seperti batuk, alergi, masalah tulang seperti rematik, xeroftalmia atau mata kering, menyegarkan wajah sehingga tampak awet muda dan lain sebagainya.

Efek samping konsumsi daun seledri berlebihan

Selama pengkonsumsian masih dalam batas wajar, daun seledri akan memberikan khasiatnya dengan maksimal. Namun apabila anda mengkonsumsi dengan kadar yang berlebih dan berkelanjutan maka daun seledri dapat menimbulkan beberapa dampak, seperti:

1. Mengakibatkan penurunan tekanan darah
Karena daun seledri dapat melebarkan pembuluh darah, pemakaian yang berlebih dapat menyebabkan pembuluh darah anda membesar sehingga menurunkan tekanan darah menurun
2. Menimbulkan alergi
Bagi sejumlah orang yang memiliki tubuh sensitif, daun seledri dapat memicu alergi
3. Mengurangi jumlah produksi ASI pada ibu menyusui
Konsumsi daun seledri dapat menurunkan jumlah produksi ASI, maka tidak disarankan bagi anda yang sedang menyusui karena dampaknya dapat memengaruhi anak anda
4. Gangguan perdarahan
Apabila anda memiliki gangguan perdarahan, tidak disarankan untuk mengkonsumsi olahan daun seledri.

Sahabat, demikian pembahasan yang kami dapat sampaikan mengenai Manfaat Daun Seledri. Semoga pemaparan yang kami berikan diatas terbilang cukup memberi pengetahuan, sehingga dapat menambah wawasan Anda semua. Terima Kasih.

Manfaat Daun Seledri

Leave a Comment

%d bloggers like this: