13 Macam Manfaat Daun Sirsak yang Wajib Anda Ketahui dan Cara Mengolahnya!

13 Macam Manfaat Daun Sirsak yang Wajib Anda Ketahui dan Cara Mengolahnya!

Manfaat Daun Sirsak – Buah sirsak sudah terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Selain dikonsumsi sebagai buah-buahan favorit masyarakat karena rasanya yang manis, buah sirsak juga dipercaya memiliki berbagai manfaat. Lalu, bagaimana dengan daun sirsak? Tak kalah pamor dengan buahnya, manfaat daun sirsak ternyata juga beraneka ragam.

Daun sirsak belakangan ini dikenal orang sebagai obat untuk penyakit berbahaya seperti kanker. Meskipun begitu daun ini ternyata menyimpan beragam manfaat lainnya terutama bagi dunia kesehatan. Selain sebagai obat penyakit kanker, banyak orang juga percaya dengan manfaat daun sirsak untuk ambeien dan diabetes.

Manfaat daun sirsak Untuk Kesehatan

1. Asam urat

Manfaat Daun Sirsak
Sumber Image: youtube.com

Asam urat seakan menjadi musuh bagi banyak orang. Gaya hidup yang kurang sehat memicu munculnya kedua penyakit ini. Banyak orang yang kemudian berbondong-bondong mencari berbagai pengobatan yang dinilai paling efektif mengobati asam urat. Namun, tahukah anda jika daun sirsak yang bisa anda dapatkan dengan mudah merupakan solusi bagi masalah anda?

Menurut penelitian, salah satu manfaat daun sirsak adalah mengobati penyakit asam urat. Anda cukup merebus daun sirsak secukupnya ke dalam dua gelas air. Didihkan campuran air dan daun sirsak tersebut sampai volumenya menyusut hingga setara dengan satu gelas air saja. Konsumsilah ramuan herbal ini dua kali dalam satu hari secara rutin agar mampu menangani penyakit asam urat anda.

2. Diabetes

Manfaat Daun Sirsak
Sumber Image: australiawidefirstaid.com.au

Manfaat daun sirsak lainnya adalah mencegah penyakit diabetes. Tak hanya mencegah diabetes, daun sirsak juga dikenal mampu menangkal berbagai penyakit yang berhubungan dengan diabetes seperti kelebihan berat badan atau obesitas dan tingginya kadar gula dalam darah.

Untuk pengobatan ini, gunakan takaran 3 gelas air ketika merebus. Dan konsumsilah selama 3 sampai 4 hari secara rutin. Ingat, kebersihan daun sirsak yang digunakan juga wajib diperhatikan agar tidak malah memperparah penyakit diabetes.

3. Wasir

Wasir adalah penyakit yang menyerang rektum. Wasir dapat menyebabkan pendarahan pada rektum anda. Hal ini tentu menyakitkan bagi penderita wasir. Untuk mengobatinya, anda dapat mengkonsumsi ramuan daun sirsak. Karena terdapat senyawa-senyawa dalam daun sirsak yang mampu menghentikan pendarahan di rektum dan membuat rileks otot-otot anus sehingga dapat mengurangi rasa sakit.

4. Penyakit lainnya

Manfaat Daun Sirsak
Sumber Image: elshinta.com

Tak ketinggalan, berbagai macam penyakit lain yang dapat disembuhkan dengan ramuan daun sirsak adalah rematik, kolestrol, liver, mencegah malaria, mengatasi insomnia hingga sebagai penenang. Takaran dan dosis konsumsi tentu berbeda-beda sesuai dengan tujuan pengobatan. Untuk mengetahui takaran ideal, perlu konsultasi pada ahlinya.

Manfaat daun sirsak Untuk Kecantikan

1.Jerawat

Manfaat Daun Sirsak
Sumber Image: maskermukatiens.blogspot.co.id

Jika daun sirsak menyimpan banyak manfaat dan pengaruh bagi dunia kesehatan, begitu pula bagi masalah kecantikan. Salah satu manfaat daun sirsak bagi kecantikan wajah adalah membantu melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat pada kulit. Manfaat daun sirsak untuk jerawat ini memang telah dipercaya masyarakat sejak dulu.

2. Anti aging

Manfaat Daun Sirsak
Sumber Image: vebma.com

Selain sebagai pembunuh bakteri pada kulit, daun sirsak juga menyimpan kegunaan lain. Mengkonsumsi ramuan daun sirsak dapat mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan, menyamarkan garis halus pada wajah, dan masalah pigmentasi kulit. Hal ini karena daun sirsak memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat menghasilkan zat antioksidan. Antioksidan inilah yang mampu menangkal radikal bebas penyebab berbagai masalah pada wajah.

3. Perawatan kulit wajah

Manfaat lain dari daun sirsak yaitu daun sirsak juga mampu melembabkan kulit, mencerahkan kulit wajah, melindungi rambut dari kutu, dan mengatasi masalah bisul. sejak dulu, daun sirsak memang telah dipercaya untuk menggantikan merk-merk produk perawat wajah yang berasal dari bahan kimia.

4. Mengatasi perut buncit

Manfaat Daun Sirsak
Sumber Image: manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id

Bagi anda yang tertarik untuk mengecilkan perut buncit demi penampilan, daun sirsak juga memiliki solusinya. Anda cukup merebus 3 hingga 5 lembar daun sirsak kering. Potong kecil-kecil lalu didihkan dengan air. Setelah tiga puluh menit, saring ramuan tersebut dan teh diet anda siap diminum. Minumlah teh diet dari daun sirsak ini secara rutin untuk meratakan perut buncit.

Manfaat daun sirsak Untuk Wanita

1. Kista ovarium

 

Penyakit kista ovarium tentu menjadi momok bagi sebagian wanita. Kista ovarium sangat berbahaya bahkan dapat menimbulkan efek yang fatal. Untuk itu, perlu adanya penanganan yang tepat terhadap penyakit ini. Selain itu, manfaat daun sirsak menurut penelitian yang telah dilakukan, mampu mengatasi penyakit kista ovarium.

2. Menyeimbangkan hormon

Daun sirsak dapat mengurangi dan mengecilkan kista ovarium. Selain itu, ramuan diet daun sirsak juga berfungsi untuk menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh wanita. Ketidakseimbangan hormon lah yang dapat memunculkan berbagai macam penyakit pada wanita.

Manfaat daun sirsak Untuk Ibu

1. Ibu Hamil

Manfaat daun sirsak untuk ibu hamil dan menyusui, kondisi asi atau air susu ibu tentu sangat berpengaruh bagi kesehatan ibu dan bayi. Daun sirsak menyimpan salah satu zat yaitu galactogogue yang mampu meningkatkan produksi asi. Bagi ibu hamil, disarankan untuk mengkonsumsi ramuan herbal ini sebelum proses melahirkan sehingga ketersediaan asi bagi bayi tercukupi.

2. Ibu Melahirkan

Sedangkan, bagi ibu melahirkan, rebusan air daun sirsak dapat menambah energi dan mengembalikan energi yang terbuang ketika proses melahirkan. Mengkonsumsi ramuan herbal ini tentu juga aman bagi ibu pasca melahirkan.

3. Ibu Pasca Melahirkan

Pada ibu dalam kondisi pasca melahirkan, manfaat daun sirsak lainnya adalah anti depresi. Daun sirsak ternyata mengandung 3 senyawa alkaloid yang mampu menghambat produksi pemicu depresi pada otak. Daun sirsak terbukti efektif mengatasi depresi bagi ibu pasca melahirkan atau ibu menyusui ketika merasa jenuh menyusui.
Pengobatan dengan Daun Sirsak

Penelitian membuktikan bahwa salah satu sifat yang dimiliki daun sirsak adalah analgesik. Sifat daun sirsak yang satu ini dapat mengurangi rasa sakit yang anda rasakan. Termasuk untuk kasus sakit kepala. Manfaat sirsak untuk sakit kepala bisa dilakukan secara internal atau dari dalam tubuh maupun eksternal yaitu dari luar tubuh.

Untuk cara internal, anda dapat mengunyah daun sirsak secara langsung setelah dicuci dengan air bersih yang mengalir. Dan untuk cara dari luar atau eksternal, anda dapat menempelkan pada luka yang terbuka di permukaan kulit.

Berbeda untuk kasus rasa sakit yang berlebihan, anda tidak cukup mengunyah daun sirsak tetapi anda perlu membuat ramuan dari 20 lembar daun sirsak lalu meminumnya sekali dalam sehari.

Daun sirsak memang menyimpan banyak sekali manfaat, namun perlu diingat bahwa penanganan bagi tiap keluhan atau penyakit pasti berbeda. Untuk itu, anda tetap perlu mengkonsultasikannya dengan ahli pengobatan herbal. Meskipun pengobatan herbal atau pengobatan alternatif terkadang tidak memiliki efek samping yang berlebihan, namun dosis dan takaran yang tepat dari ahlinya akan lebih baik dan dianjurkan.

Cara Pengolahan Daun Sirsak Untuk Kista

Cara pengolahan daun sirsak untuk pengobatan kista ovarium cukup mudah tetapi harus tetap teliti. Anda hanya perlu menyiapkan 15 lembar daun sirsak yang masih segar atau baru dipetik. Ingat, anda perlu memperhatikan kondisi dan bentuk daun, jangan gunakan daun yang telah berlubang atau rusak.

Selanjutnya anda dapat bersihkan atau cuci 15 lembar daun sirsak yang telah anda siapkan dengan air mengalir. Rebuslah dengan 3 gelas air putih hingga mendidih. Setelah mendidih, angkat daun sirsak dari wadahnya.

Dinginkan air rebusan tadi, dan saring sebelum diminum. Ramuan ini sebaiknya dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Namun, anda tetap perlu mengkonsultasikan dosis obat herbal ini kepada dokter dan ahli pengobatan herbal.

Manfaat Daun Sirsak

Leave a Comment

%d bloggers like this: