7 Macam Manfaat kayu manis yang Wajib Kamu Ketahui Terbaru !

7 Macam Manfaat kayu manis yang Wajib Kamu Ketahui Terbaru !

Manfaat kayu manis – Hallo sahabat amanah? bagaimana kabarnya? semoga kalian dalam lindungan Allah SWT, Aamiin. Sahabat kali ini kami akan berbagi artikel tentang Manfaat kayu manis. dimana kayu mani ini mempunyai banyak manfaat dan kashiatnya.

Kepopuleran kayu manis dalam dunia kesehatan kini mulai luntur. Banyak orang yang beralih menggunakan obat-obatan dari bahan kimia. Meskipun begitu, namun siapa sangka bahwa ternyata kayu manis telah dikenal sebagai obat yang mujarab untuk beberapa jenis penyakit berbahaya.

Manfaat kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan tentu tak perlu diragukan lagi. Berbagai manfaat dapat kita dapatkan dari tanaman obat ini asalkan kita mampu mengolahnya dengan baik dan benar. Lalu, apa saja manfaat tanaman dari genus Cinnamomun ini bagi kesehatan dan kecantikan wanita?

1. Manfaat kayu manis Untuk Penderita Diabetes

Manfaat kayu manis
Sumber Image: youtube.com

Manfaat kayu manis untuk mengatasi diabetes memang masih menjadi perdebatan beberapa ahli kesehatan. Namun, kayu manis memiliki manfaat bagi para penderita penyakit diabetes. Meskipun tidak menyembuhkan secara instan dan total, kayu manis dapat mengurangi kadar gula dalam darah hingga 30% dengan konsumsi rutin selama 40 hari.

Selain itu, kayu manis dapat menurunkan munculnya resiko komplikasi yang berhubungan dengan darah tinggi dan mengarah ke kondisi jantung.

Kayu manis memang tidak menyembuhkan diabetes, mengkonsumsi kayu manis secara rutin dan terkontrol hanya dapat memperlancar metabolisme glukosa. Tentunya hal ini tidak berarti penderita diabetes dapat mengkonsumsi gula dan karbohidrat secara sembarangan.

Yang perlu diingat, kayu manis yang dapat dikonsumsi bagi penderita diabetes adalah kayu manis bubuk atau batangan bukan kayu manis dalam bentuk produk olahan lain seperti minyak kayu manis. Hal ini dikarenakan kandungan dalam kayu manis yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah bisa jadi tidak ada atau sudah hilang dalam produk olahan kayu manis tersebut ketika proses pembuatannya.

2. Manfaat kayu manis Untuk Lambung

Manfaat kayu manis
Sumber Image: kayu-manis.com

Salah satu penyakit pada lambung yang paling sering menyerang manusia adalah penyakit maag. Banyak orang yang memilih obat-obatan kimia untuk mengatasi masalah ini. Namun ternyata, bahan alami seperti kayu manis dipercaya mampu menyembuhkan penyakit yang menyerang lambung seperti maag.

Kayu manis memiliki khasiat menurunkan asam lambung. Namun, khasiat ini tidak dimiliki sembarang kayu manis. Ada kriteria tertentu pada kayu manis yang memiliki khasiat ini. Yaitu pada kulit manis yang baik yang murni berasal dari alam.

Kayu manis jenis ini harus hidup secara liar. Syarat lainnya agar kayu manis dapat mengobati asam lambung adalah tidak mengandung bakteri, tidak terdapat jamur, tidak boleh basah dan tidak tercampur tanah serta berumur di atas sepuluh tahun.

3. Manfaat kayu manis Untuk Penyakit Lainnya

Sejak zaman dulu, kayu manis memiliki khasiat untuk mengobati radang tenggorokan, batuk, dan radang persendian. Salah satu penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa kayu manis efektif meredakan nyeri persendian yang diakibatkan oleh penyakit rematik.

Kehebatan kayu manis lainnya ada pada keunggulannya dalam mencegah munculnya penyakit kanker. Kayu manis terbukti mampu menghambat pertumbuhan sel penyebab penyakit kanker. Tanaman obat ini bahkan dipilih sebagai salah satu obat kanker herbal yang terpercaya.

Di dalam kayu masih juga terdapat zat anti infeksi alami. Zat ini terbukti mampu membantu sistem imun dalam menghilangkan berbagai jenis bakteri yang rentan masuk ke dalam tubuh. Sehingga kemungkinan bagi tubuh terserang penyakit akibat bakteri bisa berkurang.

Masih banyak lagi manfaat kayu manis bagi kesehatan seperti mengobati asam urat, mengobati hernia, mengatasi sariawan, mengobati asma, meredakan rasa nyeri, menenangkan pikiran, meredakan sakit kepala, mengobati diare dan juga TBC.

4. Manfaat kayu manis Untuk Kecantikan

Manfaat kayu manis
Sumber Ilustrasi Gambar: oralucu.com

Manfaat lain seperti yang sudah banyak diketahui adalah manfaat kayu manis untuk wajah berjerawat. Pemanfaatan kayu manis untuk menghilangkan jerawat dapat dikombinasikan dengan bahan lain seperti madu. Caranya pun cukup sederhana dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Yaitu dengan mencampurkan madu murni dengan bubuk kayu manis asli.

Oleskan campuran ini pada seluruh permukaan wajah secara merata dan hindari bagian mata serta bibir. Aplikasikan selama tiga puluh menit dan bilas dengan air bersih yang mengalir.

Perlu diingat bahwa kayu manis dapat mengiritasi kulit sensitif maka perhatikan perbandingan antara madu dan kayu manis yang kita campurkan. Ada baiknya memulai treatment ini dengan jumlah kayu manis yang sedikit lalu ditambah jumlahnya lain kali.

Pada kondisi kulit normal, tiga hari pemakaian jerawat akan hilang dan sekaligus merawat kulit berjerawat agar terhindar dari munculnya jerawat aktif yang baru.

5. Manfaat kayu manis Untuk Kesuburan

Manfaat kayu manis
Sumber Image: suaranasional.com

Kayu manis sudah sejak dulu dipercaya untuk kesuburan wanita. Konsumsi kayu manis dapat mempercepat seorang wanita untuk hamil. Cara konsumsi kayu manis untuk kesuburan adalah dengan mencampurnya dengan madu. Manfaat kayu manis dan madu untuk kesuburan sudah banyak diakui oleh wanita yang ingin segera memiliki keturunan.

Hal ini dikarenakan kayu manis memiliki zat yang mampu memperkuat rahim wanita sehingga dapat mengoptimalkan proses pembuahan yang terjadi di dalam rahim wanita.

Meskipun baik untuk ibu yang ingin cepat hamil, namun pada ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi kayu manis. Belum ada penelitian mengenai manfaat kayu manis untuk ibu hamil. Sehingga, ibu yang sedang mengandung disarankan berhati-hati dan mengkonsumsi kayu manis sesuai anjuran dokter.

6. Manfaat kayu manis Buat Diet

Manfaat kayu manis
Sumber Image: alistdietbook.com

Masalah kecantikan tak terbatas hanya pada wajah. Setiap wanita tidak hanya mendambakan wajah yang indah namun juga bentuk tubuh yang ideal. Seringkali cara yang ditempuh adalah cara yang instan dan cepat namun tidak sehat bagi tubuh karena tidak menggunakan bahan alami.

Padahal, kayu manis tak hanya dapat mengobati aneka ragam penyakit namun juga ampuh dijadikan metode diet alami yang aman bagi tubuh.

Tak perlu takut repot memanfaatkan kayu manis untuk program diet kita, karena pengolahan tanaman obat ini dapat kita lakukan sendiri di dapur rumah. Cukup rebus satu sendok makan kayu manis atau dua batang kayu manis di dalam 400 ml air. Tunggu hingga mendidih dan angkat. Lalu tambahakan satu sendok teh madu murni dan seduh selagi hangat.

Minuman campuran kayu manis dan madu ini sebaiknya diminum pada pagi hari setelah bangun tidur. Karena ramuan herbal ini dibuat dari bahan-bahan alami, maka hasil yang diperoleh pun tidak bisa instan. Sehingga kita harus mengkonsumsinya dengan rutin agar mendapatkan manfaat kayu manis yang nyata untuk program diet kita.

Dengan mengkonsumsi ramuan herbal ini, selain menurunkan berat badan, kayu manis akan memberi nutrisi yang cukup bagi tubuh kita. Zat antioksidan yang terkandung di dalamnya juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang akan menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit.

7. Manfaat kayu manis dan Jahe Untuk Diet

Manfaat kayu manis
Sumber Image: pxhere.com

Tak Cuma campuran kayu manis dan madu, ramuan jahe yang dicampur dengan kayu manis telah digunakan sejak dulu untuk menurunkan berat badan. Kita hanya perlu mengiris jahe yang sudah matang menjadi kecil dan begitupun dengan kayu manis.

Potongan jahe dan kayu manis tadi kemudian direbus di dalam air hingga mendidih dan airnya berkurang. Setelah cukup matang kemudian diamkan ramuan tersebut hingga dingin. Barulah dapat kita konsumsi dengan cara meminumnya langsung atau dengan menambahakan gula pasir atau madu jika tidak terbiasa meminum jamu.

Campuran jahe dan kayu manis ini dapat kita konsumsi sebanyak satu hingga dua kali dalam satu hari setelah makan. Sebaiknya kita meminumnya dengan rutin sampai kita merasakan penurunan berat badan.

Meskipun membutuhkan ketelatenan, namun manfaat kayu manis untuk menurunkan berat badan yang akan kita dapat tidakmemberi efek samping yang berbahaya seperti jika jika mengkonsumsi obat diet yang tidak herbal atau tidak alami.

Efek Samping Kayu Manis

Manfaat kayu manis
Sumber Image: kabarklinik.com

Kita perlu mengenali manfaat kayu manis dan efek sampingnya dengan baik. Kayu manis dapat bereaksi negatif jika langsung dioleskan pada kulit, apalagi pada kulit sensitif. Karena kayu manis dapat menyebabkan luka bakar berat atau luka karena iritasi pada kulit.

Kayu manis juga memungkinkan timbulnya reaksi alergi pada kulit. Selain itu konsumsi kayu manis tidak dianjurkan bagi ibu yang mengandung karena kayu manis dapat menyebabkan kontraksi lambung yang membahayakan janin.

Manfaat kayu manis bagi kesehatan dan kecantikan memang banyak sekali. Namun, konsumsi tanaman obat yang satu ini tidak boleh sembarang karena kayu manis juga menyimpan efek samping yang mungkin saja akan tubuh kita rasakan.

Demikian pembahasan yang bisa kami sampaikan mengenai Manfaat kayu manis. Semoga dari pemaparan yang kami sampaiakn diatas cukup jelas dan singkat, Sehingga menambah wawasan Anda. Terima Kasih.

Manfaat kayu manis

Leave a Comment

%d bloggers like this: