9 Macam Manfaat Kencur Bagi Kehidupan Manusia yang Wajib Anda Ketahui

9 Macam Manfaat Kencur Bagi Kehidupan Manusia yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Kecur – Kencur yang tergolong temu-temuan merupakan tanaman obat yang biasanya lebih dikenal sebagai campuran jamu beras kencur. Padahal, kencur sendiri memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Manfaat kencur tidak hanya dalam hal kesehatan manusia namun juga bermanfaat merawat kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat kencur yang mudah didapatkan:

1. Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Manfaat Kencur
Manfaat Kencur / Sumber Image: youtube.com

Kencur tak hanya dimanfaatkan sebagai bahan dasar minuman jamu beras kencur. Namun, khasiat yang terkandung dalam kencur itu sendiri sangat populer bagi dunia kesehatan. Salah satunya adalah manfaat kencur untuk meningkatkan stamina dan menjaga daya kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kencur memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal berbagai macam radikal bebas.

Kencur juga dipercaya sebagai obat masuk angin tradisional sama seperti jahe dan sereh. Bahkan untuk mendapatkan obat masuk angin dari kencur kita hanya perlu mencuci satu rimpang kencur kemudian dikunyah bersamaan dengan garam dapur. Setelahnya, kita bisa meminum segelas air hangat. Lakukan hingga masuk angin terobati atau dua kali sehari sebagai pencegahan masuk angin.

2. Manfaat Kencur Untuk Penyakit Lainnya

Manfaat Kencur
Manfaat Kencur / Sumber Image: youtube.com

Selain masuk angin, batuk ringan juga menjadi salah satu penyakit yang sering diremehkan. Meskipun terkesan remeh, bukan berarti batuk ringan tak perlu diobati. Kita dapat menggunakan kencur untuk pengobatan batuk ringan dengan cara dikupas bersih lalu diparut dan diambil sarinya dengan cara diperas. Campurkan dengan setets air jeruk dan sedikit madu atau dengan garam.

Kencur juga dapat mengobati sakit kepala jika diolah dengan cara menghaluskan empat rimpang kencur dan dioleskan pada bagian yang mengalami pening. Sedangkan untuk penderita influenza kencur pemanfaatan kencur dengan cara ditumbuk bersama daun kemukus kemudian dioleskan pada hidung hingga hidung kita merasa lebih baik.

Kencur ternyata juga menyimpan khasiat lainnya. Manfaat kencur juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit berat seperti radang lambung, diare dan kencing batu. Dengan manfaat yang berbeda, tentu cara pengolahannya pun berbeda untuk satu kasus dan kasus penyakit lainnya.

3. Manfaat Kencur Untuk Kulit

Manfaat Kencur
Manfaat Kencur / Sumber Image: tipskesehatankita.com

Jerawat sering kali menjadi masalah kulit yang menghantui banyak wanita. Untuk melakukan perawatan pada kulit berjerawat pun terkadang tidak mudah. Banyak obat jerawat bermunculan yang pada sebagian orang aplikasinya justru membawa efek samping lain seperti bruntusan, kulit kering dan lain-lain. Sehingga pengobatan alami dengan tanaman herbal kini banyak dilirik.

Kencur menjadi salah satu tanaman herbal yang ampuh mengatasi masalah jerawat pada wajah. Terdapat berbagai cara pengolahan kencur agar dapat menghilangkan jerawat sekaligus merawat kulit berjerawat. Manfaat kencur untuk wajah berjerawat ini sudah dikenal ampuh sejak dulu.

Hasil dari masker kencur ini akan terlihat jika kita menggunakannya dengan rutin minimal dua atau tiga kali dalam satu minggu. Sehingga perlu ketelatenan dalam menggunakan masker ini.

4. Manfaat Kencur Untuk Kulit Lainnya

Manfaat Kencur
Manfaat Kencur / Sumber Image: id.tastemade.com

Selain menghilangkan jerawat aktif pada wajah, kencur juga dapat menyamarkan bekas jerawat serta menghaluskan tekstur kulit yang tidak rata akibat bekas luka, bekas jerawat, komedo dan lain-lain. Berbagai manfaat untuk kulit ini, dapat diperoleh dengan pengolahan kencur yang berbeda dan dosis konsumsi yang berbeda pula.

Untuk kasus bekas jerawat kita perlu mengkombinasikan kencur dengan beras. Pertama, rendam beras selama lima belas menit. Lalu tambahkan kencur dan tumbuk bersama. kita dapat menambahkan bunga kamboja agar menambah aroma wangi. Setelah campuran ditumbuk rata, aplikasikan pada wajah selama tiga puluh menit dan bilas dengan air.

5. Manfaat Kencur Untuk Bayi

Manfaat Kencur
Manfaat Kencur / Sumber Image: youtube.com

Selain menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, kencur ternyata memiliki khasiat tersendiri bagi bayi. Kencur yang mengandung minyak atsiri dapat menghangatkan tubuh bayi bahkan khasiat ini telah lama dikenal di khalayak luas.

Pada bayi yang memiliki nafsu makan yang rendah, kita dapat mencampur ekstrak kencur dengan ekstrak kunyit hasil perasan ke dalam makanan bayi untuk meningkatkan nafsu makan. Dengan nafsu makan yang terjaga, bayi dapat ternutrisi dengan baik untuk kebutuhan tumbuh kembangnya. Itulah mengapa meningkatkan nafsu makan bayi dinilai penting.

Menambahkan sedikit perasan air kencur ke dalam makanan atau minuman bayi juga dipercaya mampu meningkatkan sistem imun pada bayi. Hal ini tentunya baik untuk menjaga agar bayi dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat terular lewat apa saja.

6. Manfaat Kencur Untuk Ibu Menyusui

Manfaat Kencur
Manfaat Kencur / Sumber Image: kitabangga.com

Bagi ibu menyusui, pasokan asi bagi bayi tentu menjadi hal yang penting. Karena asi adalah sumber energi bagi bayi. Untuk itu, bagi ibu menyusui, konsumsi kencur dengan teratur dapat memperlancar asi sehingga ibu menyusui tak perlu takut bayinya kekurangan asupan gizi melalui asi. Hal ini penting karena menyangkut pemenuhan gizi bayi.

Sama dengan kegunaan kencur bagi bayi, pada ibu hamil, konsumsi kencur juga mampu meningkatkan sistem imun dan menghindarkan ibu menyusui dari berbagai macam penyakit yang mungkin menjangkiti. Selain itu, kencur tak hanya baik menjaga kehangatan atau suhu tubuh pada bayi, tetapi juga pada ibu menyusui. Kencur yang dikonsumsi ibu menyusui dapat memberikan efek hangat sama seperti jika dikonsumsi oleh bayi.

7. Manfaat Kencur Untuk Suara

Manfaat Kencur
Manfaat Kencur / Sumber Image: kencur.org

Suara bisa jadi aset bagi beberapa orang. Menjaga suara menjadi salah satu hal penting bagi orang-orang yang berpenghasilan lewat berbicara atau menyanyi. Namun sayangnya, tak banyak yang menyadari bahwa suara harus dirawat dengan cara memperhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Selain memilah jenis makanan dan minuman yang masuk ke mulut, menjaga stabilitas suara dapat dilakukan dengan merawat tenggorokan kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang mungkin datang secara tiba-tiba.

Kencur dapat menjadi pilihan bagi kita jika ingin menjaga kualitas dan stabilitas suara. Karena kencur merupakan bahan herbal alami yang hampir tidak menimbulkan efek samping, berbeda dengan obat-obat kimia lainnya yang memungkinkan timbulnya gejala alergi.

Manfaat kencur untuk suara antara lain melegakan tenggorokan, mengatasi batuk, memberikan sensasi segara pada tenggorokan, mengatasi tenggorokan yang terasa kering serta menghilangkan lendir dalam tenggorokan.

Manfaat Kencur

8. Manfaat kencur Putih

Manfaat Kencur
Manfaat Kencur / Sumber Image: suratkabar.id

Kencur putih dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit berbahaya. Maag dan kanker payudara adalah sebagian dari berbagai penyakit berbahaya yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi kencur putih. Air rebusan kencur putih yang dicampur dengan madu baik dikonsumsi untuk para penderita maag maupun pengidap kanker payudara.

Meskipun cara mengkonsumsinya sama, namun takaran untuk kedua penyakit ini berbeda. Bagi penderita maag jumlah air yang digunakan hanya sekitar 500cc, sedangkan untuk pengidap penyakit kanker payudara dianjurkan empat gelas air.

Untuk penyakit maag, selain kencur dapat juga menggunakan kunyit. Manfaat kencur dan kunyit untuk penyakit maag memang hampir sama, namun kebanyakan orang lebih lazim menggunakan kencur dibanding dengan kunyit.

9. Berbagai Cara Pengolahan Kencur

Pengolahan kencur untuk suara cukup mudah. Terdapat dua pilihan cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan kencur bagi suara. Cara pertama adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung. Dapat kita kunyah beberapa ruas kencur jika memang kita tahan dengan aroma kencur yang menyengat.

Namun, jangan khawatir. Bagi yang tidak mampu menahan aroma menyengat pada kencur, kita dapat mengolahnya terlebih dahulu. Kita hanya perlu menghaluskan kencur dan menambah sedikit air lalu diminum secara teratur untuk menjaga kualitas dan stabilitas suara kita.

Jika ingin menyembuhkan jerawat dengan kencur, kita harus membuat masker dari parutan kencur. Cucilah beberapa ruas kencur kemudian dipotong dan diparut. Setelah itu peras parutan kencur kemudian diamkan hingga terbentuk endapan di dasar cairan. Gunakan endapan tersebut untuk masker dan aplikasikan sebelum kita tidur dan basuhlah saat bangun esok hari.

Hampir sama dengan cara pengolahan kencur untuk mengatasi jerawat, bagi bayi, kita perlu menumbuk kencur terlebih dahulu untuk kemudian diperas. Ekstrak kencur yang dihasilkan baru dapat dioleskan pada tubuh bayi untuk menghangatkan dan menjaga suhu tubuh pada bayi.

Manfaat Kencur

Leave a Comment

%d bloggers like this: