16+ Minuman Khas Arab yang Wajib Anda Ketahui Enak, Segar dan Terpopuler

Minuman Khas Arab – Hallo Sahabat Amanah, bagaimana kabarnya semoga Anda semua dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Sahabat tahukah bahwasannya negara Arab tidak hanya makanan, minuman tradisional di suatu tempat juga punya daya tarik.

Seperti hanya di Arab saudi yang punya sejumlah daftar minuman paling nikamat yang patut dicoba. Mulai dari tamar hindi, mint lemonade, ayran, dan laban. Apa lagai saat kamu berpuasan, banyak cara agar puasanya tetap dapat dijalani tanpa perlu didera dehidrasi.

Salah satunya, dengan menyediakan aneka menu minuman khas Timur Tengah yang dapat disajikan ketika sahur dan berbuka agar tubuh tetap menyimpan suber air sekaligus nustisi baik lain selama berpuasa, ini juga bisa untuk menghilangkan lelah letih saat berkerja. Yuk, simak dengan ulasan yang lengkap ini.

Minuman Khas Arab

Inilah daftar minuman khas Arab atau timur tengah yang wajib Anda ketahui

NOMINUMAN KHAS ARAB
1Minuman Kurma dan Susu
2Minuman Amar al din
3Minuman Khoshaf
4Minuman Sobia
5Minuman Sahlab
6Minuman Karkedeh
7Minuman Erk Sous
8Minuman Carob (Kharoub) Juice
9Minuman Tamarind atau Tamer Hindi
10Minuman Jallab
11Minuman Qoishr
12Minuman Haleeb Ma’hal
13Minuman Susu Saffron
14Minuman Qamar Al-din
15Minuman Balah bel laban
16Minuman Mint Lemonade

Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan di bawah ini:

  1. Minuman Kurma Dan Susu

Minuman khas arab
Minuman khas arab

Di Timur tengah dan sebagian di Afrika yang penduduknya memeluk agama islam, sejak zaman nabi Muhammad saw, kurma dan susu merupakan sajian khas dan turun menurun sebagai menu berbuka sederhana.

Tentu saja kurma dan susu merupakan sajian tradisional yang sangat sederhana, namun kombinasi kedua makan dan minuman ini sangat baik dan sehat bagi tubuh manusia. Bahkan, anda bisa menyajikannya lebih istimewa dengan kreativitas yang dimiliki. Misalnya saja membuat cake kurma yang ditamabahkan susu ini.

  1. Minuman Amar al Din

Minuman khas arab

Amar al Di adalah minuman paling populer di kalangan Arabia, yang bisa dikonsumsi penduduknya saat sahur, berbuka dan saat kamu pulang kerja. Minuman ini sangat baik untuk menghilangkan cape dan lelah letih lantaran mengandung cukup gula untuk menggantikan energi yang hilang selam perpusa dan selam perkerja.

Terbuat dari buah aprikot kering, atau sirup aprikot dari buah asli yang dicampur dengan air. Mengadung banyak serat yang sangat baik untuk membantu metabolisme, nutrisi dan serta vitamin lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Rasa manis yang  dikandungnya pun tak berlebihan sehingga baik untuk kesehatan tubuh manusia.

  1. Minuman Tradisional Khoshaf

Minuman Khas Arab
Minuman Khas Arab / sumber image: m.alalali.com

Selama masa ramadan, penduduk di kawasan Arab terbisa membuat menu minuman dingin dengan mencampurkan aneka buah kering ke dalam minumannya, yang disebut Khoshaf. Enaknya disajikan dalam porsi gelas kecil pada saat berbuka. Kemudian disajikan kembali saat akan makan malam,  di susul dengan minum bersama keluarga.

Buah-buahan kering yang biasa dicampurkan antara lain adalah buah aprikot kering, prunes, kurma, tin (ara). Kismis atau anggur kering. Semua buah-buahan kering kering tadi kemudian direndamkan di dalam air yang sudah dicampur gula secukupnya selama semalam.

Baca Juga : Minuman khas Indonesia

  1. Minuman Khas Arab Sobia

Sobia adalah minuman khas saudi Arabia yang sangat populer. Banyak ditemui di pinggir jalan dan dijajadikan oleh banyak penjual kaki lima. Sobia ini bagus untuk kesehatan tubuh, apa lagi saat di minum pas lelah, letih saat kerja. Juga bagus untuk kesehat anak. Banyak orang menjual pas lagi bulan Ramadan, dengan cara memasukkan minumannya ke dalam sebuah kantung plastik khusus minuman.

Minuman ini terbuat dari hasil fermentasi roti berwarna cokelat yang dicampur barley, rempah-rempah, dan gula. Sobia ada yang berwarna  merah atau putih.

Penjualan Sobia meningkat selama Ramadan. Hampir semua penjual pinggir jalan menjual Sobia. Untuk mendapatkan sekantong minuman ini orang harus merogoh kocek sebesar 5-10 Dinar atau sekitar Rp 19.000 – Rp 31.000 Rupiah tergantung dengan jenis sobia yang dibeli. Tak hanya di jual di pinggir jalan, para pedagang pun menerima jasa pesanan membuat sobia khusus.

  1. Minuman Khas Arab Sahlab

Sahlab adalah merupakan minuman tradisional yang disediakan dengan es batu, Sebagai salah satu hidangan penutup dan hanya bisa disajikan pada saat Ramadan berbuka bersama keluarga, terutama di negara Libanon, Siria, palestina dan Yordania.

Aslinya minuman ini menurut sejarahnya pertama kali mucul saat musim dingin tiba, mengapa bentuknya yang creamy mirip puding yang terbuat dari susu panas, gula yang diberi rasa dengan disajikan dengan taburan cacahan kacang almond, kacang pistasi  dan diberi bubuk kayu manis.

  1. Minuman Khas Karkedeh

Minuman Karkedeh ini sangat cocok disajikan dingin atau pun hangat, sesuai selera masing-masing. Rasanya segar dan manis, yang dihasilkan dari bunga hibiscus.

Karkadeh juga banyak dijual dalam kaleng sebagai minuman lepas dahaga (langung) minum yang sangat populer untuk teman rekan kerja atau bisa juga untuk teman berbuka pusa. Bahkan bisa disajikan pula sebagai hidangan dalam pesanan pernikahan pasangan di Timur Tengah.

Baca Juga : Minuman Khas Jepang

  1. Minuman Khas Arab Erk Sous

Minuman Erk Sous adalah minuman yang sangat populer di kawasan Arabia, Terutama Siria dan Mesir, adalah Erk Sous. Minuman ini berwarna hitam, dengan rasa cukup manis dan ada sedikit pahitnya, yang berasal dari akar licorice.

Sebagian penduduk Timur Tengah atau kawasan Arabia juga memang tidak terlau suka Erk Sous dalam bentuk minuman, melainkan lebih suka mengemutnya dalam bentuk minuman, melainkan lebih suka mengemutnya dalam bentuk permen.

  1. Minuman Carob (Kharoub) Juice

Carob (Kharoba) Juce adalah minuman tradisional khas mesir, yang bisa dikonsumsi pada saat anda bersatai juga bisa pulang kerja apa lagi di saat Ramadan. Minuman ini terbuat dari tanaman carob atau Ceratonia siliqua, dinyatakan untuk tubuh dan segar karena mengandung serat tinggi, antioksidan dan protein.

Carob (Kharoub) Juice bagus untuk mengkonsumsi saat kamu sahur supanya apa tubuh tak dehidrasi selam menjalani puasa.  Agar lebih terasa nikmat dan berhasinyat, dapat dicampurkan dengan sedikit gula atau madu supanya nikmat di minum.

Baca Juga : Minuman Khas Thailand

  1. Minuman Tamarind atau Tamer Hindi

Minuman Tamarid adalah dikenal di kawasan Arabia sebagai Tamr Hendi atau Tamer Hindi, merupakan kurma india yang sangat populer di sejumlah negara di tempat ini. Minuman ini rasanya asam terasa ada manis-manisnya mirip aroma bunga Hibiscus. Terbuat dari aneka buah-buahan tamarind (manisan) yang di campur dengan gula dan air, rasanya sangat segar untuk menghilangkan lelah dalam aktifitas sehari-hari.

  1. Minuman Khas Arab Jallab

Minuman Jallab ini sangat populer di kawasan Timur Tengah, terutama di Siria, Libanon dan Palestina. Minuman ini terbuat anggur molasses dan kurma, dan air mawar yang disajikan dengan sangat banyaknya es, kemudian di atasnya ditaburi cacahan kacang pinus dan kismis.

  1. Minuma Khas Arab Qishr

Qishr adalah minuman tradisional khas negara yaman dan ethiopia minuman hangat ini terbuat dari olahan bahan kopi, kapulaga, jahe , dan kayu manis, dengan olahan bahan tersebut semakin menambah cita rasa pada minuman ini.

Sementara itu kamu bisa mencoba membuat minuman khas timur tengah ini dirumah, dengan bahan yang mudah kamu dapatkan.

Baca Juga : Minuman Khas Korea

  1. Minuman Haleeb Ma’ Hal

Haleeb Ma’ Hal adalah sesuai dengan namanya, minuman ini terbuat dari susu dan kapulaga.

Haleeb ma’ hal memiliki cita rasa dan aroma khas dari kapulaga yang dapat menghangatkan perut.

  1. Minuman Susu Saffron

Susu Saffron terbuat dari kunyit, susu, dan saffron, adalah minuman yang sangat populer di area timur tengah.

ada tambahan supanya susu saffron memiliki cita rasa aroma yang lezat yaitu kunyit dan saffron.

  1. Minuman Qamar Al-Din

Minuman Qamar Al-Din memiliki bahan nektar aprikot yang kental dan manis yang mengandung air gula. Adanya gula ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan tubuh energi manusia yang terkuras saat melakukan aktifitas kerja dan lain- lain

Minuman Qamar Al-Di ini terbuat dari aprikot kering, yang tersedia dalam bentuk digulung atau tempel. Aprikot ini bagusnya direndam air mendidih dangan tamabahan gula.

  1. Minuman Balah bel Laban

Apa yang lebih lezat dari bahan Balah bel laban yaitu seperti karamel yang disiram susu hangat. Itulah yang menjadi  cita rasa suguhan minuman khas saat ini.

Baca Juga: Minuman Khas Italia

  1. Minuman Mint Lemonade

Cuaca terik matahari sangat panas di area Arab Saudi, membuat tubuh menjadi cepat menguap dan kehilangan banyak cairan. Salah satu contoh yang cocok diminum ketika di sana adalah miuman segar yang cepat menghidrasi.

Seperti, Mint Lemonade. Meski bukan minuman tradisional khas Arab, namun demikian adalah cara baik untuk menghilakan hidrasi tubuh.

Leave a Comment