8+ Minuman Khas China yang Terkenal, Enak, Segar dan Terpopuler Update Terbaru

Minuman Khas China – Hallo Sahabat amanah, bagaimana kabarnya? semoga Anda semua dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Sahabat pernahkah Anda berkunjung di negara China, saya do’akan semoga Anda semua bisa berkunjung ke negara China. Kali ini Admin akan membahas minuman khas China dimana negara ini memiliki banyak sekali minuman khas tradisionalnya.

Minuman Khas China

Inilah daftar minuman khas China yang bisa admin Rangkum :

NOMINUMAN KHAS CHINA
1Minuman Teh Krisan
2Minuman Teh Tie Guan Yin
3Minuman Teh Wang Lao Ji
4Minuman Pearl Milk Tea
5Minuman Jus Buah Plum
6Minuman Baiju
7Minuman Bir tsingtao
8Minuman Yunnan

Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan satu persatu :

  1. Minuman khas Tradisional – Teh Krisan

Minuman Khas China
Sumber image : youtube[.]com
Negara China memang terkenal dengan minuman masyarkatnya yang gemar meminum teh, salah satunya adalah the krisan. Minuman ini telah ada lebih dari seribu tahun yang lalu dan diyakini berasal dari Dinasti Song. Sekarang minuman ini menjadi minuman populer di kalangan masyarakat Tionghoa.

Berbeda dengan kebanyakan teh di Indonesia yang menggunakan daun teh kering sebagai bahan dasarnya, Teh krisan terbuat dari bunga tanaman (Crysanthemum) yang diseduh dengan air panas. Teh krisan berwarna bening keemasan dan memiliki rasa yang tidak terlalu kuat.

Teh krisan terkenal dengan segudang khasiat yang dimiliki. Minuman ini dipercaya dapat meningkatakan sistem kekebalan tubuh, menenangkan saraf, dan meredahkan radang tenggorokan. Wangi dari bunga krisan juga memiliki efek aromaterapi yang menenangkan, sangat cocok untuk anda yang sedang stress.

Masyarakat China biasa menyajikannya pada saat acara kumpul keluarga, atau ada tetangga yang berkunjung ke rumah. Teh krisan juga dapat ditemui pada saat hari raya imlek, rasa dan aromanya yang khas cocok untuk menemani saat santai bersama keluarga jauh.

  1. Minuman Khas Tiongkok Teh Tie Guan Yin

Minuman khas China
Sumber image : shopee.co[.]id
Berbicara tentang teh china seakan tidak ada habisnya, kali ini ada teh tie guan yin. Nama Tie guan yin diambil dari nama Dewi Guan Yin atau Kuan yin, yang oleh masyarakat China di kenal sebagai dewi welas asih.

Teh ini termasuk ke dalam teh jenis olong yaitu sejenis teh yang mengalami sedikit oksidasi dalam proses pembuatanya. Menggunakan daun utuh yang diproses secara tradisional, sehingga menghasilkan bola-bola daun kering. Uniknya, jika bola-bola daun tersebut di seduh dia akan menyerap air dan kembali ke bentuk daunya.

Teh tie guan yin termasuk salah satu teh termahal di dunia karena memiliki rasa yang khas dan pekat meskipun telah diseduh berulang kali.Teh ini juga memiliki kandungan polifenol dan catechin yang membantu sistem imun melawan virus dan sel-sel kanker dalam tubuh. Itulah yang menjadikan tie guan yin banyak digunakan sebagai obat herbal.

Baca Juga : Minuman Khas Indonesia

  1. Minuman Khas Teh Wang Lao Ji

Minuman khas China
Sumber image: shopee.co[.]id
Memang tidak diragukan lagi teh herbal khas china mempunyai manfaat yang dahsyat untuk kesehatan. Setelah teh krisan dan tie guan yin, kini ada teh wang lao ji yang terkenal memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Bahan utama untuk membuat the wang lao ji adalah bunga dari tanaman chrysanthemum, honeysuckle dan scutellaria. Juga dicampurkan beberapa bahan tambahan seperti jamur putih, rimpang wangi, dan umbi kecil. Ketika di seduh teh akan berwarna merah kecoklatan dan mengeluarkan aroma harum yang khas.

The wang lao ji paling enak di minum selagi masih hangat, dimana setelah meminumnya badan terasa hangat dan banyak keluar keringat. Teh ini juga dapat menjaga kelembapan suhu tubuh dan mengurangi batuk kering. Meski memiliki khasiat yang banyak, meminumnya secara berlebihan dapat membahayakan kelenjar limpa. Teh ini juga tidak dianjurkan bagi wanita menstruasi dan anak-anak.

Di china sendiri teh wang lao ji banyak dijual ditoko-toko dalam kemasan paket dan kaleng. Penjual akan meracik teh sendiri untuk dijual dengan harga yang murah. Untuk mengurangi rasa pahit, biasanya penjual menyediakan kulit jeruk kering sebagai campuran agar rasa pahitnya berkurang.

  1. Minuman Khas Pearl Milk Tea

Minuman khas China
Sumber image : youtube[.]com
Minuman teh telah mengalami perkembangan yang pesat. Sudah banyak sajian dari minuman teh dengan berbagai varian rasa dan tampilan yang berbeda-beda. Seperti minuman teh susu pearl milk tea yang ada di Beijing.

Jenis teh susu ini awalnya berasal dari negara Taiwan yang kemudian dimodifikasi dengan berbagai topping yang menarik seperti jelly dan buah sehingga menghasilkan perpaduan rasa yang nikmat. Karena mengandung susu minuman ini sedikit mengenyangkan dan sangat baik untuk pertumbuhan.

Pearl milk tea banyak dijual di cafe dan mall besar yang ada di Beijing. Tapi tenang untuk kamu yang ingin mencicipi manisnya naicha, tidak perlu memesan tiket pesawat ke China. Karena minuman ini sudah banyak dijual di indonesia dengan penyajian dan rasa yang menarik sesuai kreatifitas penjualnya.

Baca juga : Minuman Khas Arab Saudi

  1. Minuman Khas Xinjiang Jus Buah Plum

Minuman khas China
Sumber image : youtube[.]com
Selain teh, China juga memiliki minuman khas yang berbahan sari buah, salah satunya adalah jus buah plum. Mungkin nama buah yang satu ini masih terdengar samar di telinga orang Indonesia. Hal ini wajar saja karena buah ini memang bukan buah asli indonesia.

Setidaknya ada lebih dari 200 jenis buah plum di dunia. Dan yang paling terkenal adalah jenis plum Eropa dan China. Di China buah plum sangat di hormati karena dipercaya  sebagai lambang keabadian dan kearifan, bahkan sebagian besar menganggap plum adalah buah dewa.

Di balik rasanya yang masam, buah plum memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Setidaknya ada 15 jenis vitamin yang terkandung dalam buah plum, salah satunya adalah vitamin C yang baik untuk memperkuat daya tahan tubuh. Mengonsumsi jus buah plum sangat cocok untuk anda yang sedang diet, karena kaya serat dan rendah kalori.

  1. Minuman khas China Baiju

Tidak banyak yang tahu soal minuman ini. Baiju adalah minuman keras khas china yang memiliki cita rasa yang unik. Minuman ini termasuk minuman keras yang banyak dikonsumsi di dunia karena popularitasnya di China.

Baiju termasuk minuman alkohol putih dan terbuat dari biji sorgum yang diolah dengan teknik tradisional China. Dimana biji difermentasi di dalam lubang lumpur dan dimasukan dalam tembikar, itulah yang menyebabkan minuman ini memiliki sedikit aroma tanah.

Memiliki kandungan alkohol lebih dari 50 persen. Membuat orang-orang Amerika dan Eropa kurang menyukai baiju karena dianggap terlalu keras. Meski begitu minuman ini dipercaya oleh sebagian orang berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Bahkan ada yang menjadikannya sebagai obat oles untuk terapi patah tulang.

Baca Juga : Minuman Khas Thailand

  1. Minuman Khas China Bir Tsingtao

Bagi negara-negara yang kebanyakan masyarakatnya peminum, minuman keras menjadi kebanggan tersendiri, dan ini terjadi di Qingdao, China. Mereka sangat membanggakan bir tsingtao karena sejarahnya yang panjang. Pertama muncul pada tahun 1902, hingga kini dijual di lebih dari 50 negara.

Diproduksi kota dekat pantai Qingdao, menggunakan air yang di ambil dari Laoshan provinsi Shandong, daerah pegunungan yang terkenal dengan kemurnian mata airnya. Bir begaya jerman ini memiliki rasa malt tinggi, dan tidak meninggalkan rasa pahit saat diminum.

Bir tsingtao dikemas didalam botol kaca hijau mirip dengan bir bintang. Meski begitu tidak sedikit warga Qingdao yang memilih minum bir ini menggunakan plastik. Katanya, kandungan alkohol dari bir tsingtao yang diminum dari plastik lebih randah satu persen dari pada yang botolan.

Sebenarnya, Qingdao memiliki berbagai minuman bir. Tapi entah kenapa yang paling terkenal adalah tsingtao. Di Qingdao terdapat museum khusus untuk bir tsingtao. Bahkan saking terkenalnya minuman ini pernah menjadi sponsor resmi kejuaran Olympic 2008.

Baca Juga : Minuman Khas Jepang

  1. Minuman Kopi Yunnan

Minuman khas china
Kopi Yunnan / Sumber image : alibaba[.]com
Yunnan adalah sebuah provinsi di China yang terletak di daerah pegununggan tinggi yang kaya hasil bumi. Dengan lahan yang luas jenis hasil bumi yang dihasilkan pun beragam, dan salah satunya adalah kopi. Kopi yunnan pertama kali di bawa oleh seorang pastur Prancis yang menanam biji ke desa Zhu Ku La. Hingga kini pohon kopi pertama di China itu masih tegak berdiri.

Seiring berkembangnya industri kopi di China, jumlah peminum kopi di negara tersebut meningkat. Sehingga kebutuhan akan biji kopi di china terus bertambah, setidaknya 98% kopi yang diminum penduduk China berasal dari Yunnan.

Setidaknya ada tiga daerah penghasil kopi terbanyak di Yunnan yakni Baoshan, Dehong, dan Pu’er yang kemudian kopi tersebut di ekspor ke berbagai negara di Asia dan Eropa.

Saat di seduh kopi yunnan akan mengeluarkan aroma buah-buahan khas, aromatik tidak memuakan. Memiliki rasa yang pekat namun tidak pahit, minuman ini menggambarkan pemandangan pegunungan yunnan yang indah.

Baca Juga : Minuman Khas Korea

Leave a Comment