Minuman Khas Indonesia yang Wajib Anda Coba Update terbaru 2019

Minuman Khas Indonesia –  Negara Indonesia mempunyai banyak sekali jenis makanan dan minuman. Tapi kali ini saya tidak akan membahas makanan khas Indonesia melainkan akan membahas jenis – jenis minuman khas yang ada ddi Negara Indonesia kita tercinta ini.

Minuman Khas Indonesia

minuman khas indonesia

Baiklah untuk mempersingkat waktu langsung saja ya! Berikut adalah jenis – jenis minuman khas indonesia yang dimana sebagian besar dari kalian sudah pernah merasakan bahkan menyukai minuman ini. daerah.

  1. Cendol

minuman khas indonesia

Minuman Khas Indonesia –  Cendol merupakan minuman yang terbuat dari bahan dasar parut serta gula merah cair dan santan. Rasa dari minuman ini adalah manis dan gurih. Di daerah Sunda sendiri minuman ini dikenal dengan sebutan cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet.

Berkembang kepercayaan populer bahwa dalam masyarakat Indonesia  istilah “cendol” mungkin sekali berasal dari kata “jendol”, yang telah  ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa dan Indonesia; hal ini merujuk kepada sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala tengah meminum es cendol.

Tepung beras diolah dengan diberi pewarna berwarna hijau kemudian  di cetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran atau bulatan yang menyerupai huruf “NOL”.

Pewarna ini yang digunakan pad awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan.

  1. Beer Pletok

minuman khas indonesia

Minuman Khas Indonesia –  Bir Pletok, mungkin dari kita sudah pernah mendengarnya atau sering juga mendengar dengan istilah Bir Pletok. Bir Pletok merupakan salah satu minuman khas dari etnik masyarakat betawi.

Bir Pletok ini terbuat menggunakan  tumbuhan rempah-rempah yang banyak tumbuh di negeri ini.  Minuman Bir merupakan Minuman keras dan bagi umat islam sangat diharamkan. I

Tapi Bir ini Berbeda dengan Bir Pletok yang banyak di perkampungan betawi. Jelas jelas bir ini tidak mengandung alkohol sama sekali, jadi halal diminum oleh siapa saja. Dan Bir Pletok justru dapat menyegarkan dan menghangatkan badan kita. Selain itu dapat juga dijadikan pelepas dahaga bila dengan ditambah es batu. Gerrrrrrrrrrrrrrrr!!!

Bahan utama dari Bir Pletok yaitu jahe ditambah dengan bahan – bahan lain seperti kapulaga, sereh, kayu manis, kayu secang buat warna merahnya, dan gula.

Untuk dapat menghasilkan Bir Pletok yang mantab dan juga nikmat di perlukan Jahe Gajah yang sudah tua. Jika kalian ingin Lebih HOT rasanya bisa anda gunakan Jahe Merah yang lebih berasa Pedesnya.

  1. Bajigur

minuman khas indonesia

Minuman Khas Indonesia –  Bajigur merupakan salah satu minuman legendaris khususnya minuman masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat. Minuman Bajigur ini merupakan minuman yang hangat dan minuman ini terbuat dari beberapa bahan utama seperti gula aren dan santan. Dan jika ingin Menambahkan kenikmatan maka campurkan pula sedikit jahe, garam dan juga bubuk vanila.

Salah satu Minuman yang disajikan panas ini biasa dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan kompor. Minuman Bajigur ini paling cocok diminum pada saat cuaca dingin dan basah sehabis hujan, disertai dengan beberapa makanan untuk menemani bajigur ini yaitu pisang rebus, ubi rebus, atau kacang rebus.

  1. Sekoteng

minuman khas indonesia

Minuman Khas Indonesia –  Sekoteng merupakan minuman asli daerah Jawa Tengah yang berasa jahe dan biasanya dihidangkan pada saat masih panas. Bahan lain yang biasa dicampur kedalam minuman sekoteng ini adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan juga sedikit potongan roti. Minuman Sekoteng ini biasa dihidangkan pada saat malam hari. Dan biasanya penjual sekoteng ini jualan menggunakan gerobak pikul.

  1. Minuman Khs Indonesia Es Teler

minuman khas indonesia

Es Teler merupakan  minuman es yang berisi potongan buah alpukat, kelapa muda, nangka matang, dan santan kelapa encer dengan pemanis berupa susu kental manis dan sirup. Es yang biasa digunakan adalah es yang berupa es serut atau es batu.

Dan variasi lain dari es teler berisi cincau, kolang-kaling, dan pacar cina, potongan buah apel, pepaya, sawo, melon, roti, dan agar-agar, hingga es teler menjadi sulit dibedakan dengan es campur

Itulah sedikit artikel atau ulasan  tentang Minuman Khas Indonesia  yang semuanya seger-seger dan lezat. Semoga dengan adanya artikel ini menambah pula pengetahuan kita tentang  macam – macam Minuman Khas Indonesia. Dan semoga bermanfaat juga ya!!

Minuman Khas Indonesia

Leave a Comment