20+ Minuman Khas Indonesia yang Wajib Anda Ketahui dan Terpopuler

Minuman Khas Indonesia –  Hallo sahabat saling amanah, bagaimana kabarnya? semoga kalian semua dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Sahabat kali ini admin akan memberikan informasi tentang minuman khas tradisional Indonesia, langsung saja silahkan simak penjelasan dari kami di bawah ini:

Minuman Khas Indonesia

1. MINUMAN ES DAWET CENDOL

Minuman Khas Indonesia
Minuman Khas Tradisional es Dawet / lifestyle.okezone[dot]com
Siapa yang tidak tahu minuman khas tradisional ini? minuman khas indonesia ini Sangat populer dan mudah untuk menemukan di mana-mana, es Cendol merupakan minuman khas tradisional yang terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan santan, gula merah cair dan es parut.

Terkenal untuk warna hijau dan rasa manis menyegarkan, minuman khas ini dikenal masyarakat es Dawet Jawa Tengah dan sekitarnya.

2. MINUMAN KHAS TRADISONAL BAJIGUR

Minuman Khas Indonesia
Minuman Khas Tradisional Bajigur / Sumber : Youtube[.]com
Jika minuman khas Indonesia yang sebelumnya memiliki rasa yang menyegarkan, minuman khas Tradisional Sunda, Jawa Barat berikut ini benar-benar terkenal untuk rasa nya yang bisa menghangatkan tubuh Anda.

Olahannya dari gula bahanutama kelapa, santan, jahe dan rempah-rempah lainnya, Bajigur adalah minuman pilihan yang tepat dalam cuaca dingin di malam hari atau saat musim hujan.

Baca Juga : Minuman Khas Jepang

3. MINUMAN BIR PLETOK

Minuman Khas Indonesia
Minuman Khas Tradisional Bir Pletok / Sumber : oleholehjakarta.co[dot]id
Betawi juga memiliki minuman khas tradisional bahkan tidak asing di telinga. Meskipun nama bir, minuman-minuman tradisional ini tidak mengandung alkohol sama sekali.

Minuman yang satu ini terbuat dari berbagai rempah-rempah seperti kapulaga, serai, kayu manis, dan kayu secang, minuman khas indonesia ini lebih enak disajikan dingin apalagi di tambah dengan es batu. Namun, campuran rempah-rempah ini juga memberi sensasi kehangatan di balik rasa yang menyegarkan.

4. MINUMAN SEKOTENG

Minuamn Khas Indonesia
Minuman Khas Tradisional Es Sekoteng / Sumber : travelingyuk[.]com
Minuman khas tradisional yang satu ini dari Jawa Tengah nama minumannya adalah Sekoteng. Dengan rasa khas jahe dipanaskan, minuman khas indonesia ini disajikan dalam keadaan hangat dengan berbagai topping seperperti kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti putih. Biasanya minuman khas Jawa Tengah diproses Dijual ketika malam hari.

5. MINUMAN LAHANG

Minuman Khas Indonesia
Minuman Khas Tradisional Es Lahang /  Sumber : media.travelingyuk[.]com
Minuman khas indonesia yang satu ini namanya Lahang terbbuat dari Nira yang di peroleh dari penyadapan pohon aren tepatnya bagian-bagian dari bunga jantan, sehingga Lahang memiliki rasa manis.

Meskipun terdengar sederhana, proses pengolahan minuman tradisional Indonesia yang satu ini membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi. ya jika tidak bisa-bisa Lahang menjadi tidak enak untuk diminum.

Baca Juga : Minuman Khas Jawa Timur

6. MINUMAN WEDANG UWUH

Minuman Khas Indonesia
Minuman Khas Tradisional Wedang Uwuh / Sumber : bukalapak[.]com
Mayoritas minuman tradisional khas Indonesia dari berbagai olahan rempah-rempah. Salah satu minuman herbal adalah Wedang uwuh dalam bahasa Jawa ketika diterjemahkan langsung berarti minuman Sampah.

Namun, nama unik yang dimiliki oleh khas minuman Indonesia diperoleh karena bahan terbuat dari campuran daun dan rempah-rempah organik, sehingga ada rasa yang sangat otentik.

7. MINUMAN WEDANG RONDE

Minuman Khas Indonesia
Minuman Khas Tradisional Wedang Ronde / Sumber: travelingyuk[.]com
Sahabat Amanah, tetap berasal dari Jawa, ciri khas minuman tradisional di Indonesia ialah bola2  putih dari tepung beras ketan yang dilengkapi dengan isian lain seperti ayunan, kacang, dan potongan roti.

Bahan-bahan ini disajikan di bawah ini, dengan kuah jahe kecil yang memiliki rasa hangat dan manis. Bagi Anda bila tertarik silahkan untuk mencobanya bersama keluarga di rumah.

8. MINUMAN WEDANG SECANG

Minuman Khas Indonesia
Minuman Khas Tradisional Wedang Secang / Sumber: youtube[.]com
Minuman berikut khas Indonesia yang satu ini berasal dari Keraton Yogyakarta Indonesia dan dikenal dengan nama Wedang Secang. Nama minuman itu sendiri diperoleh dari salah satu bahan yang kayu secang, bahan ini juga memberi warna merah khas dalam minuman tradisional kraton yogyakarta.

Hal ini tidak hanya lezat, berbagai olahan rempah-rempah juga percaya Wedang Secang untuk memberikan banyak manfaat kesehatan, bagi tubuh Anda. salah satunya adalah sebagai meningkatkan stamina, perut kembung mengatasi, pilek, hipertensi, untuk memperlancar aliran darah.

9. MINUMAN BANDREK

Minuman Khas Indonesia
Minuman Khas Tradisional Bandrek

Minuman khas indonesia ini berasal dari Jawa Barat dan sekarang dikenal luas di daerah lain di Indonesia, minuman tradisional Bandrek khas tradisional sering diminum ketika begadang, Karena diyakini bisa memberikan kekuatan ekstra dan energi.

Minuman yang mampu mengahangatkan bagi tubuh dapat disajikan panas maupun dingin. Anda penasaran silahkan untuk dicobanya.

10. MINUMAN SARABBA

Minuman Khas Indonesia
Minuman Khas Tradisional Sarabba / Sumber : dapoeryuyu[.]com
Minuman khas indonesia yang satu ini namanya Sarabba minuman khas yang berasal dari Makassar Indonesia dan juga dipercaya untuk mengembalikan rasa lelah.

Ciri-ciri utama dari minuman tradisional Indonesia ini tambahan butir telur kuning kemudian dicampur dengan berbagai rempah-rempah. Untuk bahan-bahan di sarabba ini juga diyakini mampu mencegah flu, demam dan masuk angin.

11. MINUMAN AIR GURAKA

Minuman Khas Indonesia
Minuman Khas Tradisional Air Guraka / Sumber : traveltodayindonesia[.]com
Minuman Khas Tradisional ini Berasal dari Halmahera, Maluku, minuman khas tradisional Indonesia dapat Anda coba  Air Guraka yang mempunyai  bahan dasar kenari.

Selain itu, bahan-bahan seperti jahe merah, gula aren dan pandan juga melengkapi pengembangan atau olahan minuman tradisional Indonesia yang satu ini. Hal tersebut membuat aroma harum dan manis dan hangat yang khas.

Baca Juga : Minuman Khas Jawa Barat

12. MINUMAN TEH TALUA

Minuman Khas Indonesia
Minuman Khas Tradisional Teh Talua / Sumber : phinemo[.]com
Minuman khas tradisional Lainnya adalah dari Sumatera Barat yaitu Teh talua, teh talua ini diproses dicampur dengan telur, gula dan jus/ perasan lemon. Kemudian bisa disajikan keadaan hangat maupun dingin, minuman khas Sumatera Barat sering diminum sebagai penambah stamina.

13. MINUMAN ES SELENDANG MAYANG

Minuman Khas Indonesia
Minuman Khas Tradisional Es Selendang Mayang / Sumber : lintasusaha[.]com
Minuman Khas Tradisional yang satu ini namanya Es selendang Mayang. Sahabat perlu diketahui minuman khas ini lebih sering disajikan sebagai hidangan penutup.

Minuman khas Mayang sendiri berasal dari kue halus dengan warna-warna cerah seperti selendang yang memanjang kemudian ditaburi dengan campuran santan, sirup dan susu. Untuk pelengkap, minuman khas nusantara yang satu ini dilengkapi dengan sepotong buah nangka.

14. MINUMAN KHAS TRADISIONAL ES DOGER

Minuman Khas Indonesia
Minuman Khas Tradisional Es Doger / Sumber : 12myfood.blogspot[.]com
Sahabat Amanah, untuk selanjutnya minuman khas tradisional asal Indonesia adalah Es Doger, untuk pengolahannya sendiri es serut dengan beragam topping seperti tape, ketan hitam, cincau, susu, pacar cina, serta sirup manis yang memiliki warna khas tersendiri.

Tahukah Anda nama Es Doger asalnya dari mana? yak, Es ini sendiri didapatkan dari singkatan Dorong Gerobak karena sering minuman khas Indonesia kerap dijajakan menggunakan gerobak dorong. jika sahabat penasaran silahkan untuk mencobanya.

15. MINUMAN BIR KOTJOK

Minuman Khas Indonesia
Minuman Khas Tradisional Bir Kotjok / Sumber : kompas[.]com
Saatnya berkunjung di kota hujan, Bogor, Sahabat juga dapat menemukan berbagai minuman khas lainnya yaitu Bir Kotjok Indonesia.

Tidak perlu khawatir karena minuman khas tradisional terbuat dari jahe merah, kayu manis, cengkeh dan gula yang tidak mengandung alkohol. Di tengah kota Bogor Bir Kotjok bisa  memberikan kehangatan tersendiri karena memiliki rasa yang khas.

16. MINUMAN KHAS TRADISIONAL ES TELER

Sahabat Amanah, tahukah Anda apa itu Es Teler? yups, Es teler ialah minuman khas indonesia yang sangat enak diminum ketika hari mulai panas yang terdiri dari buah alpukat, kelapa muda, nangka, cincau, susu kental manis.

Asal Es teler konon merupakan datang dari sebuah mimpi dari bapak Tukiman. Bahwasannya bapak Tukiman mengadu nasib ke Jakarta pertama kali membuat es teler. Membuat es teler datangnya dari mimpi yang mengatakan ” jika ingin sukses harus jualan yang segar-segar”.

lambat laun ternyata benar Pak Tukiman dari hari ke hari semakin laris dan bahkan mulai menjamur kemana-mana. Sangat luar biasa Dari mimpi bisa membawa kesuksesan seseorang.

Baca Juga : Minuman Khas Bali

17. MINUMAN TRADISIONAL TUAK

Minuman khas Indonesia selanjutnya adalah Tuak. Tuak sendiri dari Sumatera Utara yang dihasilkan dari pohon kelapa, pohon enau yang diambil nira atau sari pati manisnya.

Biarpun dikatagorikan minuman yang beralkohol, tapi untuk kadar tuak ini lebih rendah dari pada anggur dan bir lainnya.

Malahan minuman khas tradisional ini mengandung banyak vitamin mulai dari, karbohidrat, mineral dll yang kesemuanya itu bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

18. MINUMAN KUNYIT ASAM

Minuman khas selanjutnya Adalah Kunyit Asam dimana sangat terkenal di kalangan wanita yang di percaya sebagai kecantkan. Sebenarnya tidak hanya wanita saja, tapi pria, anak-anak juga merasakan akan merasakan khasiat dari kunyit asam untuk kesehatan, bahkan Aman untuk ibu yang sedang hamil.

Inilah informasi yang lengkap mengenai minuman khas Indonesia dan Minuman khas Tradisional, semoga menambah wawasan Anda dan dijadikan referensi jika berkunjung di daerah tersebut. Terima Kasih.

19. MINUMAN WEDANG JAHE

Minuman tradisional khas Jawa Tengah yang satu ini namanya adalah wedang jahe, minuman ini sangat nikmat bila di minum pada saat cuaca dingin dan juga baik pada saat sedang sakit flu atau masuk angin, karena wedang jahe berfungsi untuk menghangatkan tubuh.

20. MINUAMN LIMUN SARSAPARILA

Sahabat Amanah, Tahukah Anda Minuman Limun Sarsaparila? Minuman ini dulu favorit di kaum bangsawan Yogyakarta. Pada waktu dulu minuman ini sangat berharga karena mahal pada masanya, maka orang terdahulu menyuguhkan minuman ini pada saat acara-acara istimewa seperti acara pernikahan dan sunatan.

Sahabat, minuman ini sangat mudah untuk dibuat. Bahan utamanya adalah Jahe dan gula, silahkan hidangkan wedang jahe selagi masih hangat.

Baca Juga : Minuman Khas Madura

Leave a Comment