7± Minuman Khas Inggris yang Wajib Anda Ketahui Enak, Segar dan Terpopular

Minuman Khas Inggris – Hallo Sahabat Amanah, bagaimana kabarnya? semoga Anda semua dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Sahabat, tidak hanya menu makanan saja, bahwasannya suatu negara tentu mempunyai minuman khasnya tersendiri dimana minuman tersebut menjadi identitas negaranya.

Karena minuman khas suatu negara mempunyai fungsi yang sangat penting dalam menentukan kualitas sebuah menu yang dihidangkan. Apabila suatu makanan yang lezat tentu akan lebih terasa nikmatnya dengan adanya minuman yang enak, seger dan tentunya menyehatkan.

Sahabat Amanah, kali ini admin akan membahas tentang sederet menu minuman khas negara Inggris, ingin tahu apa saja minumannya silahkan simak penjelasan dari kami:

Minuman Khas Inggris

  1. Minuman Khas Inggris Wassail

Minuman khas Inggris
Sumber Image : haveacocktail.com

Wassail sudah ada sekitar tahun 1400-an dan termasuk salah satu minuman tertua di inggris. Berawal dari sebuah minuman yang disajikan setiap tradisi wassailing orang Ingggris, yaitu sebuah tradisi menyampaikan harapan serta doa untuk keluarga atau teman. Hingga menjadi minuman khas Inggris yang mendunia.

Mirip dengan mulled wine, wassail terbuat dari rempah-rempah, buah, dan irisan lemon yang direbus dengan minuman beralkohol.Minuman beralkohol yang dipakai dari jenis ale atau bir yang memiliki cita rasa buah. Setiap daerah memiliki rasa wassail yang berbeda, ini dikarenakan buah yang digunakan juga berbeda, tergantung masing-masing daerah.

Biasa disajikan hangat, wassail menjadi pelengkap malam perayaan natal di Inggris. Teksturnya yang kental diikuti rasa manis segar dari sari buah, membuat saat santai bersama keluarga menjadi lebih hidup.

Baca Juga : Minuman Khas Indonesia

  1. Minuman Khas Inggris Eggnog

Minuman Khas Inggris
Sumber Image: foodnetwork.com

Eggnog merupakan minuman dari telur yang dikocok bersama susu, gula, krim yang kemudian diberi campuran alkohol. Pada awalnya minuman ini merupakan minuman musim dingin para bangsawan inggirs. Nama eggnog berasal dari kata grog & noggin. Grog adalah nama lain rum, sementara noggin sebutan untuk gelas kayu kecil tempat menyajikan eggnog.

Dahulu eggnog termasuk minuman mewah. Hal ini dikarenakan para bangsawan menambahkan rempah seperti pala dan kayu manis ke dalam eggnog dimana rempah tersebut dulunya termasuk rempah mahal. Bakan, alkohol yang digunakan juga bernilai tinggi yaitu brandy dan sherry.

Sekarang banyak kreasi dari minuman eggnog. Namun bahan yang harus ada dari dulu adalah alkohol. Minuman ini identik dengan hari natal di inggris. Masyarakat inggris pada malam natal  berkumpul bersama keluarga jauh dengan ditemani eggnog panas yang nikmat sekaligus hangat di tubuh.

Baca Juga : Minuman Khas Australia

  1. Minuman Khas Negara Inggris Pimm’s

Minuman Khas Inggris
Sumber Image: eater.com

Pimm’s sebuah merk minuman alkohol terkenal di Inggris berbahan dasar gin yang dikemas dalam botol kaca seperti minuman keras lainya. Pada awalnya pimm’s diolah secara tradisonal tanpa tambahan alkohol, sampai muncul pimm’s versi Amerika dengan tambahan vodka. Minuman ini dapat di nikmati secara langsung atau dijadikan olahan dengan berbagai bahan tambahan.

Dari dulu hingga sekarang berbagai macam olahan dari pimm’s terus bermunculan. Di inggris, minuman ini biasanya disajikan dingin yang diberi irisan mentimun dan lemon, olahan ini disebut sebagai koktail khas inggris. Mentimun disini menjadi campuran wajib. Bahkan, menurut mereka jika tidak ada mentimun bukan pimm’s namanya.

Minuman ini identik dengan festival, pesta pernikahan berbagai acara olahraga di Inggris. Tidak bisa dibayangkan jika melewati hari musim panas di Inggris tanpa segelas pimm’s dingin di tangan. Sangat cocok dijadikan sebagai teman bercengkrama bersama teman, dijamin membuat suasana santai jadi menyenangkan.

Baca Juga : Minuman Khas Malaysia

  1. Minuman Khas Inggris Cider

Minuman Khas Inggris
Sumber Image: martinellis.com

Tidak sedikit yang menganggap cider sama dengan bir. Meski sama-sama terbuat sari buah, jenis buah yang digunakan berbeda. Jika bir menggunakan anggur, cider terbuat dari sari apel yang difermentasi dengan ragi atau khamir, sehingga minuman ini mirip dengan cuka apel. Selain apel ada juga cider dari buah pir, disebut perry cider.

Siapa sangka cider telah sampai di pasar Indonesia, yang mana diproduksi oleh salah satu pabrik minuman alkohol terbesar di Indonesia. Mereka melihat pasar konsumen yang mulai bosan rasa dari bir. Sehingga minuman ini hadir dengan rasa yang lebih manis dan banyak disukai oleh pria atau wanita.

Cider ini memliki kandungan alkohol dibawah 5 persen, sedikit lebih halus dibanding dengan cider pada umumnya yang memiliki kandungan alkohol 6 – 8 persen. Meski begitu, penjualan cider tertinggi dunia masih dipegang oleh negara asalnya, Inggris.

Baca Juga : Minuman Khas China

  1. Minuman Gin & Tonic

Minuman Khas Inggris
Sumber Image: pinterest.dk

Sejenis koktail whisky yang dibuat dari gin dan air tonic yang dituangkan di atas es kemudian diberi irisan jeruk nipis atau lemon sebagai hiasan. Untuk mencampur gin dengan tonic bisa menggunakan takaran yang berbeda-beda sesuai selera.

Gin and tonic pertama kali diperkenalkan tentara Inggris di India pada abad ke 18. Awalnya air tonik diminum untuk mencegah penyakit malaria. Air tonik dipilih karena mengandung kina yaitu senyawa obat yang dapat melawan plasmodium parasit penyebab malaria. Namun, karena rasanya yang pahit, orang Inggris menambahkan gin ke dalamnya agar pahitnya sedikit berkurang dan lebih mudah diminum.

Walaupun sekarang minuman air tonic manfaatnya sudah berkurang untuk kesehatan. Gin and tonic masih tetap eksis dan banyak tersedia di bar dan kafe di Inggris. Juga kandungan kina pada air tonic sudah berkurang tidak sepahit dulu, bahkan cenderung manis. Jika kamu tidak punya waktu untuk pergi ke bar, minuman ini juga tersedia dalam kemasan kaleng yang bisa kamu nikmati kapan saja dan dimana saja.

Baca Juga : Minuman Khas Arab

  1. Minuman Ginger beer

Minuman Khas Inggris
Sumber Image : tokopedia.com

Tidak diragukan lagi bangsa eropa sangat menyukai minuman dari olahan rempah-rempah, salah satunya jahe. Suhu udara yang dingin menjadi alasan utama untuk menjadikanya sebagai penghangat tubuh. Antara Ginger bir dengan wedang jahe hampir sama, hanya saja pada gingger bir ditambahkan alkohol untuk memperkuat efek hangat dalam tubuh. Meski begitu kandungan alkohol dalam ginger bir tergolong rendah, sehingga dapat dinikmati semua orang termasuk anak-anak.

Masyarakat inggris telah mengonsumsi minuman ini sejak abad ke 17. Karena ginger bir dulunya dipercaya dapat membantu menjaga luka dari infeksi. Soal rasa dibanding yang sekarang, ginger bir tradisonal memiliki rasa jahe yang lebih kuat.

Ginger bir diberbagai negara memiliki kreasi yang berbeda, salah satu yang terkenal adalah minuman ginger bir tanpa alkohol khas Australia.

Baca Juga : Minuman Khas Thailand

  1. Minuman Khas Tradisional Inggris Teh

Siapa sangka bahwa budaya minum teh tidak hanya terjadi di negara bagian Asia. Faktanya, ada beberapa negara di eropa yang penduduknya gemar minum teh. Sebut saja Inggris, sepertinya belum banyak yang tahu tentang bagaimana teh bisa masuk dan berkembang  di Inggris.

Masyarakat Inggris mulai mengenal teh pada abad ke 17 melalui kongsi dagang East India dengan Inggris. Meminum teh dulunya hanya dapat dilakuakn oleh kaum bangsawan, karena keberadaan teh yang sulit ditemukan. Hingga pada abad ke 19, teh dapat dinikmati oleh siapa saja termasuk kalangan menengah ke bawah.

Sekarang tradisi minum teh sudah lekat dengan masyarakat inggris. Bahkan mereka punya cara menyeduh teh yang berbeda lain daripada yang lain. Orang inggris biasa meminum dengan gelas porselon, dimana susu terlebih dahulu dimasukan kemudian diikuti dengan teh panas. Hal ini bertujuan agar wadah porselon tidak pecah.

sekian daftar minuman khas Inggris, Minuman khas negara Inggris, Makanan dan Minuman khas negara Inggris yang bisa Anda coba. Terima Kasih.

Baca Juga : Minuman Khas Italia

Leave a Comment