15+ Minuman Khas Italia Bisa Anda Coba, Enak, Segar dan Terpopuler

Minuman Khas Italia – Hallo sahabat amanah, bagaimana kabarnya? semoga Anda semua dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Sahabat sudahkah Anda merasakan minuman khas Itali? apalagi negara Italia mempunyai minuman kopi yang sangat nikmat sekali, bahkan terbaik salah satu di dunia. Ingin tahu minuman khas apa saja yang dimiliki negara italia? mari simak penjelasan berikut ini:

Minuman Khas Italia

  1. Minuman Caffe Lungo

minuman khas italia

Italia dikenal sebagai surganya pecinta kopi. Beragam jenis olahan kopi dengan cita rasa yang khas dapat dengan mudah kita nikmati di sini, salah satunya caffe lungo.

Caffe adalah bahasa italia yang berarti kopi. Caffe lungo terbuat dari espresso dan air panas melalui proses brewing. Brewing adalah suatu cara menyeduh kopi secara manual tanpa bantuan mesin.

Minuman ini di seduh selama kurang lebih satu menit dengan 170 ml air. Lama tidaknya proses pembuatan tergantung dari jenis biji kopi yang digunakan. Warnanya yang hitam dengan porsi yang sedikit membuat caffe lungo termasuk minuman short black. Soal rasa, minuman ini memiliki rasa yang lebih kuat dari kopi americano.

Kandungan kafein dalam lungo lebih banyak. Sangat cocok di jadikan sebagai teman kerja atau nonton bola.

  1. Minuman Caffe Freddo

minuman khas italia

Berbicara kopi khas Italia, caffe freddo adalah salah satunya . Berbeda dengan sajian kopi italia lainya, minuman ini biasa disajikan dalam keadaan dingin oleh masyarakat Italia. Bahan espresso di simpan terlebih dahulu di dalam kulkas sebelum meracik kopi.

Caffe freddo biasa disajikan menggunakan gelas tinggi dengan tambahan es di atasnya, tapi bisa juga disajikan langsung saat masih panas, sama nikmatnya. Meski berbahan dasar espresso minuman ini memiliki rasa yang manis sangat berbeda dengan rasa kebanyakan espresso.

Hal ini karena adanya sirup yang ditambahkan untuk membuat rasa pahitnya berkurang sehingga lebih soft dan nyaman di perut. Sangat cocok untuk kamu yang memiliki masalah lambung, tapi tetap saja tidak boleh berlebihan.

Baca juga : Minuman Khas Indonesia

  1. Minuman Gran Caffe Speciale

Olahan kopi espresso memang ada banyak sekali di Italia, maka tak heran negara ini menjadi surganya pecinta kopi. Salah satu minuman khas Italia yang berbahan dasar espresso adalah gran caffe speciale.

Gran Caffe Speciale terbuat dari double espresso dengan campuran cream susu. Berbeda dengan esspereso pada umumnya, rasa dari minuman ini tidaklah pahit bahkan cenderung creamy.

Minuman ini sangat populer di Italia, banyak kedai-kedai yang menyediakan gran caffe special sebagai menu andalan. Saking populernya para penikmat kopi rela minum sambil hanya untuk mencicipi rasanya.

Jadi bagi kamu yang mengaku sebagai pecinta kopi, khususnya kopi espresso. Wajib mencoba varian espresso yang satu ini.

  1. Minuman Vanila Latte

Vanilla Latte adalah minuman khas italia yang menggunakan bahan dasar susu yang dipanaskan pada temperatur tertentu sehingga menghasilkan micro foam halus dengan cita rasa milky, proses ini disebut dengan steaming.

Minuman ini banyak digemari oleh masyarakat diberbagai belahan dunia karena bisa dinikmati sesuai dengan musim yang sedang berlangsung, jika sedang musim dingin minuman ini bisa disajikan panas, begitu pun sebaliknya.

Di Indonesia yang memiliki iklim tropis menjadikan segelas vanilla latte dingin sangat cocok untuk dijadikan sebagai teman santai siang hari, ditambah dengan tekstur latte creamy dan micro foam yang lembut ketika diminum.

  1. Minuman Macchiato

Pecinta kopi Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan macchiato atau yang biasa mereka sebut dengan kopi macchiato. Minuman ini sangat pesat perkembangannya di Indonesia sama seperti espresso dan cappuccino.

Macchiato terbuat dari espresso yang diberi foam di bagian atasnya. Rasanya yang cenderung lebih pahit dari cappuccino menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat rasa.

Tapi jika kamu tidak suka pahit, bisa mencoba macchiato latte yang terbuat dari susu yang di steam, espresso dan foam di bagian atasnya dengan perbandingan 2:1:1 sehingga memiliki rasa lebih soft dan manis.

Macchiato latte berbeda dengan coffe latte, ini terlihat jelas dari tampilan keduanya. Macchiato latte terdapat tiga layer di dalamnya, sedangkan coffe latte hanya ada 2 layer. Layer adalah lapisan yang terbentuk dari campuran bahan yang memilki massa jenis berbeda.

Meskipun begitu, penyajian macchiato latte sering tertukar dengan coffe latte. Masalah ini diakibatkan dari bahan pembuatnya yang sama. Jadi kamu harus lebih jeli dalam membeli.

Baca juga: Minuman Khas Jepang

  1. Minuman Maraschino

Pada awalnya maraschino merupakan minuman kopi tradisional khas negara Maroko. Akan tetapi minuman ini banyak disukai oleh masyarakat Milan, Italia. Sehingga ramai kedai – kedai kopi menjual maraschino yang menjadikannya tekenal di Italia.

Maraschino terbuat dari turunan espresso yang diberi buih susu dan taburan coklat di atasnya. Maraschino biasanya disajikan menggunakan cangkir kecil di kedai-kedai Italia. Tiap kedai memiliki racikan yang unik untuk memikat pembeli khususnya, wisatawan.

Jadi jika anda sedang berada di Italia, minuman ini bisa menjadi teman mengahadapi dinginya suhu udara negara tersebut.

  1. Minuman Khas Tradisional Italia Granita

Selain minuman panas, Italia juga memiliki minuman dingin yang tak kalah enak. Seperti minuman yang cantik ini, namanya adalah granita. Granita sudah mulai naik pangkat di kalangan minuman dingin yang paling banyak dicari.

Minuman yang mirip es serut ini terbuat dari es batu yang dicampur dengan bahan lainya kemudian diblender sebentar.  Untuk varian rasa biasanya menggunakan sari dari buah jeruk, lemon, strawberry atau untuk yang tidak suka buah juga bisa menggunakan cokelat atau kopi.

Sama seperti di Indonesia, granita banyak dijual di pinggir jalan oleh kedai – kedai minuman di Italia. Tampilannya yang menarik membuatnya banyak dicari pembeli khususnya dari kalangan anak-anak.

Di Indonesia, menikmati butiran – butiran es dengan cita rasa buah yang manis dan segar di siang hari dapat membantu mendinginkan suhu tubuh dan menyegarkan pikiran.

  1. Minuman Limoncello

Negara Italia juga memiliki minuman lemon khasnya sendiri, namanya limoncello. Merupakan minuman hasil infusi dari buah lemon feminello yang legendaris dan memiliki karakter aroma yang kuat.

Lemon felminello di petik saat mencapai kematangan yang pas lalu di olah secara manual menggunakan tangan. Kulit buah yang berwana putih dikupas dan dibuang sehingga menyisakan kulit yang berwarna kuning yang kemudian di rendam dalam alkohol selama satu bulan untuk mendapatkan aroma dan cita rasa yang diinginkan.

Minuman ini sering di tambah dengan gula dan grappa (anggur putih) yang membuat limoncello lebih kaya rasa. Cocok dijadikan sebagai minuman pembuka atau penutup apalagi jika dipadukan dengan es krim dan sorbet.

Jadi untuk kamu yang berlibur ke Italia jangan lupa mencicipi minuman yang satu ini. Dijamin liburan anda akan lebih menyenangkan.

  1. Minuman Negroni

Negroni adalah koktail klasiknya Italia, minuman ini pertama muncul tahun 1920 di Italia dan merupakan hasil racikan dari seorang bernama Camillo Negroni.

Berawal dari kebiasanya meminum Americano di Cafe Cansoni di Folence. Ia selalu meminta barista untuk menambahkan gin ke dalam minumannya. Gin adalah minuman beralkohol yang terbuat dari hasil fermentasi serealia yang di beri aroma buah melalui proses distilasi.

Hingga saat ini gin menjadi bahan yang wajib ada dalam negroni, yang di padukan dengan red vermouth membuat rasa dari minuman ini begitu kuat dan manis. Kulit jeruk yang dijadikan sebagai hiasan biasanya dibakar terlebih dahulu untuk memperkuat aromanya.

Minuman ini biasa diminum sebelum jam makan malam untuk membangkitkan selera makan. Selain itu negroni juga biasa disajikan untuk para tamu undangan saat ada acara atau pesta di Italia.

Baca juga : Minuman Khas Korea

  1. Minuman Spritz

Italia memiliki banyak jenis minuman koktail yang enak dan menyegarkan. Aperol spritz misalnya, minuman ini berbahan dasar anggur putih dan air mineral. Hal ini dilakukan agar kandungan alkoholnya tidak tinggi.

Cara meracik minuman ini juga cukup mudah. Siapkan satu gelas yang berisi es batu, air soda, prosecco ( anggur Italia),dan Aperol, bisa ditemukan di toko minuman keras. Kemudian tuang sedikit aperol ke dalam gelas, setelah itu tambahkan anggur putih dan sedikit air soda. Supaya terlihat cantik bisa di tambahkan potongan jeruk sebagai hiasan.

Tapi meskipun memliki kandungan alkohol yang sedikit, tentu tidak menjamin minuman ini halal untuk dikonsumsi masyarakat muslim. Meskipun begitu, banyak juga minuman halal khas italia yang tidak kalah enak dan wajib untuk kamu cicipi.

  1. Minuman Aperetivo

Bicara mengenai tradisi, Italia juga memiliki tradisi minum bersama yang disebut aperetivo. Aperetivo dikenal sebagai jamuan minuman yang mengandung alkohol  untuk bersantai setelah penat bekerja.

Biasanya, aperetivo berupa minuman koktail yang dihidangkan prasmanan. Untuk mencicipi hidangan aperetivo kamu bisa datang ke Turin, Italia. Disana banyak bar – bar yang menyediakan aperetivo sebagai menu andalanya.

Untuk kamu yang belum bisa ke Italia, bisa datang ke hotel – hotel berbintang yang ada di Jakarta atau kota besar lainya. Minuman ini biasanya ada setiap hari minggu dari jam 6 sore hingga 9 malam. Untuk menikmatinya kamu cukup membayar sekitar Rp. 300,000 an.

  1. Minuman Strega

Italia juga memiliki minuman keras yang memiliki penampilan dan rasa yang khas. Strega adalah salah satu dari sekian banyak jenis minuman beralkohol Italia. Minuman ini populer di Italia sejak tahun 1860 yang diproduksi di Benevento.

Benevento adalah nama suatu daerah di negara Italia yang terkenal dengan strega khasnya. Strega terbuat dari beberapa bahan seperti daun mint, saffron, dan juniper berries. Minuman ini memiliki aroma herbal seperti jamu karena mengandung kunyit khas Italia yang memiliki rasa lembut dan sedikit manis

Strega dikemas menggunakan botol kaca bening layaknya minuman beralkohol pada umumnya. Dengan kemasan yang menarik dan warna dari strega yang kuning keemasan, membuat minuman ini hadir dengan tampilan yang elegan.

Strega memiliki rasa yang cukup kuat yang sedikit rumit dibedakan lidah. Segelas strega biasanya dijadikan teman pendamping saat makan malam, tapi saat ini minuman ini banyak dijadikan sebagai sajian acara penting seperti meeting kantor. Menjadikan strega termasuk minuman berkelas.

Baca juga : Minuman Khas Thailand

  1. Minuman Grappa

Merupakan minuman beralkohol khas Italia yang sudah ada sejak zaman Romawi. Minuman ini berasal dari kota Bassano Del Grappa sebelah utara Italia. Awalnya grappa di buat sebagai produk sampingan para petani anggur, tapi sekarang grappa menjadi salah satu minuman keras terkenal dunia.

Grappa terbuat dari fermentasi anggur yang di suling. Kandungan alkohol dalam grappa cukup tinggi yakni 40 – 45 persen. Setelah di kemas dalam botol kaca grappa di simpan selama kurang lebih 6 bulan sebelum didistribusikan.

Rasa grappa tergantung dari jenis anggur bahan pembuatnya. Minuman grappa yang terkenal di dunia saat ini adalah yang terbuat dari anggur jenis picolit. Walapun sebenarnya anggur ini bukan bahan asli grappa, namun rasanya yang enak membuatnya banyak di sukai.

Secara tradisional grappa di sajikan dingin dalam gelas kecil, yang diminum setelah makan untuk melancarkan pencernaan dan penghangat tubuh.

  1. Minuman Khas Tradisional Italia Lacryma Christi

Lacryma Christi adalah minuman khas italia yang menggunakan aggur asli sebagai bahan utamanya. Anggur yang di digunakan berasal dari lereng Gunung Vesuvius sebelah timur Napoli, Italia. Sebuah gunung yang terkenal dengan letusannya yang mengerikan.

Terlepas dari itu anggur dari lereng Gunung Vesuvius memang memiliki rasa yang khas dan sangat cocok untuk bahan dasar pembuatan minuman lacryma christi, bahkan sejak zaman Romawi Kuno.

Selain menggunakan anggur sebagai bahan utamanya, minuman ini juga kadang di beri campuran rempah lain seperti cengkeh dan sari lada, hal ini bertujuan untuk memperkaya rasa dari minuman lacryma christi.

Dulunya minuman ini menjadi hidangan para bangsawan kekaisaran Romawi. Sekarang minuman ini bisa dinikmati oleh siapa saja terutama pecinta anggur. Pada saat musim dingin lacryma crysti banyak dicari karena teksturnya yang lembut di mulut dan hangat di badan.

  1. Minuman Khas Italia Ristretto

Jika bicara tentang kopi Italia seakan tidak habisnya. Banyak ide baru yang muncul dengan sedikit memodifikasi ide yang sudah ada. Ristretto misalnya, minuman ini merupakan turunan dari espresso, atau lebih dikenal dengan mini espresso.

Antara ristretto dan espresso sama-sama menggunakan bubuk kopi yang sama sebagai bahan dasarnya. Namun jumlah bubuk kopi yang dipakai lebih sedikit dari espresso. Karena itu ristretto memiliki rasa pahit yang ringan dengan aroma yang kuat. Berwarna cokelat gelap dengan kandungan kafein yang lebih rendah dari espresso.

Menikmati ristretto bisa kapan saja dan dimana saja. Terlebih bagi kamu yang sibuk dengan pekerjaan, secangkir ristretto panas dapat meringankan beban anda dan pikiran menjadi segar kembali.

Baca Juga : Minuman Khas Arab Saudi

 

Leave a Comment