Minuman Khas Jawa Barat Yang Wajib Anda Coba Bersama Keluarga

Minuman khas Jawa Barat – Jawa Barat selain terkenal dengan destinasi wisatanya yang indah dan kelestarian seni budaya yang banyak sekali. Namun tidak dapt disangka, Jawa Barat juga terkenal dengan kulinernya yang banyak dan juga enak – enak.

Minuman Khas Jawa Barat

Maka dari itu pada kesempatan  kali ini kita akan sedikit membahas mengenai minuman khas Jawa Barat yang harus kamu coba.

Simak baik-baik ya, berikut merupakan beberapa minuman khas Jawa Barat yang sangat enak dan menyegarkan.

Minuman Khas Jawa Barat Es Cendol.

minuman khas barat

Es cendol adalah salah satu minuman khas Jawa Barat yang berasal dari Kota Bandung yang biasa di jajakan oleh para penjualnya yang ada di pinggiran jalan. Namun pada zaman sekarang  juga sudah tersedia di berbagai restoran di Kota Bandung.

Es cendol disajikan dengan beberapa bahan yaitu serutan es, gula merah cair, santan, potongan nangka dan cendol.  Cendol adalah adonan tepung sagu yang dicampur dengan sari daun suji kemudian dimasak hingga matang, lalu diayak sehingga menghasilkan potongan yang berbentuk lonjong kecil-kecil yang berwarna hijau.

36 Makanan Khas Jawa Barat yang Melegenda, Lezak, Enak, Wajib Anda Ketahui

Es cendol ini sangat cocok sekali dihidangkan saat teriknya matahari karena rasanya yang manis dan nikmatnya serutan es membuat dahaga kamu akan hilang.

Es Oyen.

minuman khas jawa barat

Masih disekitaran Kota Kembang,  Bandung, ada juga minuman penghilang dahaga yang berasal dari Bandung yakni es oyen. Es Oyen  ini dikenal sebagai minuman legendaris atau minuman yang telah melegenda di tanah pasundan tersebut.

Es oyen adalah perpaduan antar buah yang dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan serutan es serta susu kental manis yang membuat minuman ini terasa manis dan juga segar ketika disantap. Adapun buah yang biasa digunakan diantaranya buah kelapa muda, kolang-kaling, nangka dan alpukat.

Es Doger.

minuman khas jawa barat

Es doger  adalah salah satu jajanan khas Cirebon yang sudah menyebar luas ke seluruh kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Malang, Surabaya, Bandung dan masih banyak lagi.

Nama es doger sendiri berasal dari singkatan dorong gerobak yang disingkatan menjadi doger. Memang pada awal mulanya es doger ini dijual dengan gerobak yang didorong keliling keliling. Namun seiring dengan berkembangnya jaman, ada sebagian pedagang es doger yang menetap di suatu kedai diderah Cirebon tersebut.

Es doger sendiri berbahan dasar susu kemudian ditambah dengan parutan kelapa, tape, ketan hitam, pacar cina, alpukat dan lain-lain. Bahan-bahan tersebutlah yang menjadikan es doger ini sangat enak dan segar saat kita minum ketika cuaca panas di siang hari.

Es Cincau.

Es cincau adalah salah satu minuman yang terbuat dari bahan alami berupa daun cincau. Minuman yang satu ini sudah sangat familiar sekali di seluruh daerah di Indonesia dan setiap daerah mempunya  cara penyajian yang berbeda – beda.

Asal usul cincau adalah nama tumbuhan yang berasal dari bahasa Hokkien. Di Indonesia sendiri ada 2 jenis daun cincau yaitu cincau hitam dan cincau hijau. Namun yang sangat terkenal yaitu cincau hijau yang dilestarikan di daerah Bandung, Bogor dan di daerah-daerah lainnya yang ada di Jawa Barat.

Cara penyajian dari es cincau ini adalah dengan dicampur serutan es, larutan gula merah dan santan kelapa. Seiring dengan berjalannya waktu, para pembuat es cincau menambahkan variasi yang baru berupa beraneka rasa seperti rasa cappucino, coklat dan lain-lain agar konsumen tidak merasa bosen dengan es cincau ini.

Bajigur

Selain minuman bandrek, ada juga loo minuman tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari gula aren dan juga santan. Untuk menambah cita rasa yang luar biasa para penjual Bajigur ini juga menambahkannya dengan jahe, garam dan bubuk vanili.

Minuman Bajigur ini sangat cocok disajikan dalam keadaan hangat dengan ditemani  bandrek, ubi rebus, kacang rebus, klepon, dan lain sebagainya.

Seiring dengan berkembangnya jaman, sekarang bajigur tersedia dalam kemasan instan, cara penyajiannya hanya cukup diseduh menggunakan air panas saja, Gampangkan

Demikian pembahasan singkat tentang minuman khas Jawa Barat yang sangat menyegarkan. Mudah-mudah bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya. Bila ada kekeliruan kata mohon maaf sebanyak – banyaknya ya.

Minuman Khas Jawa Barat

Leave a Comment