Minuman Khas Jawa Timur yang Wajib Anda Coba Bersama Keluarga di Rumah

Minuman Khas Jawa Timur – Banyak sekali minuman-minuman tradisional yang berkembang di daerah Jawa, salah satunya terdapat di daerah Jawa Timur. Banyak sekali beberapa daerah di Jawa Timur  yang menjadikan minuman sebagai ciri khas daerah nya masing – masing.

minuman khas jawa timur

minuman khas jawa timur

Berikut adalah macam- macam Minuman Khas Jawa Rimur  yang wajib anda cicicpi ketika Berkunjung di beberpa daerah yang ada di Jawa Timur.

Minuman Khas Jawa Timur

  1. Es Sinom

minuman khas jawa timur

Minuman Khas Jawa Timur

Minuman Khas Jawa Timur – Pada umumnya sesorang menilai bahwa  minuman berkhasiat selalu identik dengan rasanya yang pahit. Tapi tidak berlaku untuk minuman ini yang justru mempunyai cita rasa asam serta manis yang seger sekali. Sebenarnya minuman ini adalah jamu yang biasanya banyak dijual di toko-toko obat tradisional yang ada dibeberapa tempat di Jawa Timur.

Nah, buat kalian  yang ingin merasakan

Nah, buat kalian yang ingin merasakan minum jamu tapi takut dengan pahit, cobalah dengan meminum salah satu jamu yang bnyak sekali khasitnya ini. Karena rasanya yang enak dan tidak pahit, banyak orang yang menjadikan jamu ini sebagai minuman dingin yang segar dimunum ketika siang hari.

Es sinom adalah salah satu minuman khas Surabaya yang berbahan dasar kunyit dan gula aren, maka tak heran jika minuman sinom ini mempunyai banyak sekali ragam khasiat yang baik untuk tubuh.

  1. Wedang Angsle

minumam khas jawa timur

Wedang yang telah menjadi primadona dari kota Malang ini dibuat menggunakan  rebusan air yang dicampur dengan rempah-rempah seperti jahe, serai, gula jawa, dan santan kelapa.

Hampir Mirip dengan sekoteng, isian wedang ini terdiri dari kacang tanah yang disangrai, potongan roti tawar, kacang hijau, tape singkong, ketan putih kukus, dan putu mayanh. Wedang angsle ini sangatlah cocok apabila diminum atau disantap pada saat udara dingin apalagi kota malang udaranya juga dingin.

  1. Jamu Kebonagung

Minuman Khas Jawa Timur – Pada awalnya jamu ini merupakan jamu khas Pasuruan, Jawa Timur jamu ini dinamai jamu belik. Jamu kebonagung ini terbuat dari beragam jenis rempah seperti lada, kapulaga, cabe jamu, cengkeh, bunga pala, serai dan gula jawa.

Saking banyaknya rempah yang dijadikan bahan baku untuk membuat jamu ini, menjadikan minuman inii kaya akan khasiat yang bisa mengatasi perut kembung, batuk berdahak, serta dapat juga menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

  1. Wedang Pokak

    minumam khas jawa timur

Minuman Khas Jawa Timur – Tidak mau ketinggalan salah satu daerah yang ada di Jawa Timur juga memliki minuman khasnya yaitu daerah Probolinggo juga menghidangkan minuman khas yang sangat berkhasiat untuk meredakan sakit kepala, mengurangi nyeri saat datang bulan, mengobati sariawan, serta dapat memberi efek hangat bagi tubuh.

Terbuat dari aneka – aneka  ragam rempah seperti serai, cengkeh, kayu manis, jeruk purut, jahe, daun pandan yang kemudian diberi sedikit gula. Wedang  Pokak ini merupakan minuman wajib warga Probolinggo pada saat lebaran.

  1. Minuman Khas Jawa Timur Wedang Jaselang

minuman khas jawa timur

Sama dengan wedang angsle tadi, minuman yang satu ini juga sangat populer di kota ngalam (malang). Rempah yang digunakan dalam pembuatan  wedang ini berupa jahe, merica, kayu manis, secang, dan kapulaga.

Yang unik dari wedang Jaselang ini adalah menggunakan alang-alang sebagai salah satu bahan utamanya. Wedang jaselang ini berguna sebagai oabat untuk  menghangatkan serta dapat menjaga stamina tubuhmu.

  1. Es Buto Ijo

minuman khas jawa timur

Es buto ijo merupakan salah satu  minuman khas Jawa Timur yang berasal dari daerah Lumajang. Bahan-bahan untuk membuat minuman es buto ijo ini adalah isi dari kelapa muda, ada juga nata de coco, beberapa kolang kaling, dan juga sagu mutiara. Kemudian  disiram dengan sirup rasa melon dan juga diberi susu kental manis… Saat membayangkannya saja rasanya sangat menggiurkan dan menelan air ludah, apalagi jika sudah di depan mata. Jika tidak dapat  menahan godaan dari minuman ini, datanglah ke salah satu kedai yang ada di daerah Lumajang Jawa Timur.

  1. Minuman Khas Jawa Timur Es Gudir

minuman khas jawa timur

Es Gudir sediri berasal dari salah daerah provinsi Jawa Timur yaitu daerah Kediri. Kata Gudir mempunyai  arti agar-agar. Sehingga bahan utama dari minuman es gudir  ini adalah agar-agar yang diserut dan kemudian dicampur dengan sirup yaitu dari gula merah serta diberikan aroma harum dari pandan. Minuman es gudir ini sangatlah cocok diminum ketika waktu santai dan pada saat terik matahari, karena sangat menyegarkan tenggorokan kita.

Itulah sedikit artikel atau ulasa tentang Minuman Khas Jawa Timur yang semuanya seger-seger dan lezat. Semoga dengan kita mengetahui berbagai macam Minuman Khas Jawa Timur Menambah pengetahuan dan wawasan kita, Semoga Bermanfaat!!

Minuman Khas Jawa Timur