Minuman khas Sumatera Barat, ada favoritmu disini?

Minuman Khas Sumatera Barat – Kalau berdiskusi tentang kuliner Sumatera Barat, santapan semacam rendang, sate padang ataupun nasi padang tentu jadi sebagian jenis kuliner yang langsung terngiang di kepala. benar, ketiga jenis santapan itu memanglah ialah kuliner Sumatera Barat yang sangat menempel serta diketahui oleh banyak orang.

Tetapi tidak hanya ketiga jenis kuliner itu, Sumatera Barat pula sedang memiliki beraneka ragam jenis kuliner yang lain yang tidak kalah nikmat. Di antaranya beraneka ragam minuman khas yang mempunyai cita rasa tertentu.

Minuman Khas Sumatera Barat

Sebagian jenis minuman khas ranah Minang ini bisa dibilang bagaikan minuman istimewa sebab bahan pembuat serta cara penyajiannya berlainan dari umumnya. Pastinya minuman- minuman itu bisa memberikan tenaga serta melepas haus.

Dari pada kalian penasaran, ini 6 minuman istimewa khas Sumatera Barat yang sudah salingamanah. com rangkum dari bermacam sumber, Selasa( 06/ 8).

  1. Minuman Khas Sumtera Barat Teh talua.

Minuman Khas Sumatera Barat

Teh talua ataupun teh telur ialah minuman khas yang hanya dapat kalian temui di Sumatera Barat. Minuman ini terdiri dari campuran teh yang dicampur dengan telur. Teh talua umumnya jadi kesukaan kalangan adam sebab bisa mengembalikan antusias serta kesegaran badan sehabis meminumnya.

Buat menikmatinya kalian dapat menemukannya di warung ataupun gerai kopi serta rumah makan yang terdapat di Sumatera Barat. Tidak hanya telur, umumnya perasan jeruk nipis pula akan ditambahkan untuk memberi bebauan fresh.

  1. Minuman Khas Sumatera Barat Aia kawa.

Minuman Khas Sumatera Barat
Minuman Khas Sumatera Barat

Aia kawa ataupun kawa daun ialah minuman yang dibuat dari daun kopi yang diseduh dengan air panas semacam membuat teh.

Minuman Aia Kawa ini ada sejak zaman Belanda, di mana dikala itu masyarakat Sumatera Barat dilarang menikmati biji kopi untuk mengkonsumsi individu meskipun mereka dipaksa menanamnya untuk kebutuhan perdagangan Belanda.

Masyarakat Sumatera Barat juga bukan kehilangan ide. Mereka mengubah biji kopi dengan daun kopi yang diyakini masih memiliki zat kafein. Pembuatannya juga tidak berbeda jauh dengan pembuatan teh.

Tetapi yang jadi karakteristik khas serta keunikannya ialah penyajiannya tidak memakai cangkir, melainkan tempurung kelapa dibelah 2 serta dikasih tatakan terbuat dari bambu.

  1. Aia aka.

minuman khas sumatera barat

Aia aka ataupun aia kacang nama lain air kacang ini mempunyai bentuk rupa semacam cendol serta bertekstur alot seperti agar- agar. Perihal ini bukan lain sebab bahan dasarnya dibuat dari daun cincau hijau.

Minuman ini kerap disebut semacam cendol sebab umumnya si pedagang akan mencampurnya dengan air santan. Tidak hanya ditambahkan dengan air santan, aia pula dapat diminum dengan air jeruk nipis yang bagus buat menyurutkan panas dalam.

  1. Es tebak.

minuman khas sumatera barat

Walaupun namanya es tebak, sesungguhnya minuman ini tidak terdapat hubungannya sama sekali dengan tebak- tebakan.

Es tebak ialah pelepas haus yang terdiri dari cincau gelap, tape ketan hitam, kolang- kaling serta tebak.

Memprediksi merupakan adukan yang dibuat dari tepung beras ketan serta tepung bertam yang dimasak dengan air garam serta kapur sirih. Kemudian adukan itu dicetak menyamai cendol.

Minuman sajian penutup ini umumnya disajikan dengan sirup merah, susu pekat manis serta es serut.

  1. Juice pinang belia.

Serupa semacam teh talua, juice pinang belia pula lebih banyak disantap oleh laki- laki. Perihal ini bukan terbebas sebab khasiatnya yang bisa menaikkan energi serta melindungi kesehatan badan.

Apalagi sebagian pedagang juice pinang belia ada yang menambahkan telur serta susu plus madu. Buat menaikkan rasa hangat, tidak sedikit ditambahkan potongan jahe di dalamnya. Umumnya telur yang dipakai merupakan kuning telur bebek.

  1. Minuman Khas Sumatera Barat Es durian.

Yang membedakan es durian khas Sumatera Barat dengan es durian yang lain ialah bahan- bahan kombinasi yang dipakai.

Minuman khas Es durian Sumatera Barat terdiri dari kombinasi durian, cincau hitam, kelapa muda serta bubur kekasih dan es serut yang sesudah itu ditambah susu pekat manis cokelat di atasnya.

Es durian yang sangat populer di padang merupakan es durian Ubah Nan Lamo yang telah berdiri semenjak tahun 1960. Sekian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.

Baca Juga : Minuman Khas Riau Terpopuler Enak dan Menyegarkan !!

Leave a Comment