Dahsyatnya Peluang Usaha Kerupuk Labu dan Cara Membuat Kerupuk Labu

Dahsyatnya Peluang Usaha Kerupuk Labu dan Cara Membuat Kerupuk Labu

Peluang Usaha Kerupuk Labu – Kerupuk merupakan makanan pendamping makanan pokok atau makanan utama yang selalu ada dalam setiap keluarga. Bahkan sudah menjadi kebiasaan di keluarga-keluarga Indonesia jika makan tanpa kerupuk terdapat sesuatu yang kurang dalam makanan itu.

Cita rasa dan dan suara yang khas “kriuk” yang khas dari kerupuk selalu dinantikan oleh semua penikmat kerupuk dan selalu di cari-cari saat sedang makan nasi dan sayuran. Bagi keluarga yang kurang mampu tidak jarang kerupuk dijadikan lauk utama yang menemani nasi.

Peluang Usaha Kerupuk Labu
Peluang Usaha Kerupuk Labu | anekakrupuk.blogspot.com

Restoran dan hotel-hotelpun juga tak leuput dari makanan ini, sering kita lihat restoran dan hotel-hotel mewah menyajikan kerupuk sebagai makanan pelengkap menu tertentu mereka.Untuk memenuhi permintaan kerupuk, maka berdirilah industri pembuatan kerupuk.

Dimulai dari industri tingkat menengah keaatas hingga industri tingkat rumah tangga. Industri tingkat menengah keaatas adalah indutstri yang membutuhkan jumlah pekerja yang cukup banyak, sedangkan industri tingkat rumah tangga adalah industri yang tidak perlu membutuhkan tenaga yang cukup banyak dan untungnya pun hampir sama.

Pangsa pasar masih terbuka cukup luas karena jumlah dan kapasitas produksi industri kerupuk yang ada masih sedikit dan tidak sebanding dengan permintaan konsumen. Survey membuktikan bahwa tingkat penjualan dan pendapatan industri kerupuk yang cukup tinggi.

Kesempatan ini belum banyak dilirik oleh para investor yang ada, sehingga peluang investasi yang cukup menjanjikan laba besar ini terbuka lebar. Selain kapasitas produksi yang kecil, salah satu penyebab industri kerupuk kurang yang kurang berkembang karena tidak adanya variasi jenis kerupuk yang telah ada sebelumnya.

Padahal dengan inovasi, maka keuntungan yang akan diperoleh dari industry ini sangatlah besar lo. Inovasi yang dilakukan dalam artikel ini adalah penggunaan sayuran. Siapa sangka labu yang memiki tekstur yang basah bisa dijadikan makanan enak dan bevitamin.

Labu kuning termasuk jenis tanaman menjalar dari family Cucurbitacae. Labu ini di sebut dengan sebutan labu kuning, kenapa di sebut labu kining karena daging buahnya yang berwarna kuning.

JUAL SAMBEL PECEL MADIUN MURAH / BERKUALITAS / 100 % TANPA BAHAN PENGAWET !

Di Jawa Barat sering disebut labu ini dengan sebutan labu parang, kalok di Jawa Tengah disebut dengan sebutan waluh, tapi ada juga lo yang menamakan labu manis atau laabu merah sedangkan nama inggrisnya adalah pumkin.

Kandungan gizi labu kuning ternyata tak kalah disbanding tanaman lain. Buah ini mengandung karetonoid, yang sebagian besar berbentuk betakaroten. Nah itualah gays sebabnya buah ini di beri julukan “raja betakaroten”.

Betakaroten dalam labu kuning juga berfungsi untuk melindungi mata dari serangan katarak. Betakaroten dalam labu kuning juga berfungsi untuk melindungi dari seranag  kangker, jantung, dan penyakit lainnya.

Dalam tradisi orang Cina, labu kuning ini sangat diyakini bahwa bisa mengatur kadar gula darah, sehingga penderita diabetes biasanya dianjurkan rutin mengkonsumsi labu kuning. Di samping itu, labu kuning juga dipakai untuk pengolahan disentri, ginjal, demam, dan diare. Air perasannya sendiri dipercaya bisa mengobati luka akibat racun binatang.

Dengan di olah menjadi kerupuk maka diharapkan manfaat pada buah labu kuning ini bisa dinikmatii dengan enak karena kerupuk tidak bisa lepas dari piring penikmatnya.

Peluang Usaha Kerupuk Labu

Peluang Usaha Kerupuk Labu
Peluang Usaha Kerupuk Labu | sumber : primarasa.co.id

Bahan dan alat yang dibutuhkan

Cara membuatnya pun cukup sederhana pertama siapkan peralatan kompor, timbangan kue, dandang, baskom, plastik, wajan, sendok makan, dan sendok the. Sendok kayu, karpet plastic, saringan santan, atau saringan bambu, jarring teri, perajang kaerupuk, telenan, pisau.

Bahan-bahan yang disiapkan daging labu kuning sebanyak 100 g atau 1 kg, tapioca 1800 g, bawang putih 90 g, cabai kecil 40 g, baking powder 1,6 g, garam 25 g, gula pasir 60 g, masako 2 bungkus, telor 1 butir dan air 225 cc.

Cara membuat kerupuk labu

cara pembuatanya pertama labu kuning du kupas kulit dan isi atau bijinya di buang saja ya, sehingga tinggal bagian daging buahnya saja. Kemudian timbang 1 kg labu cuci bersih dan potongkecil-kecil. Kukus labu bersama 90 g bawang putih yang sudah di kupas tadi dan cabai 40 g, tunggu sampai lunak sehingga mudah dihancurkan.

Turunkan dari pemanasan dan dinginkan. Setelah dingin hancurkan labu, cabai dan bawang putih dengan cobek hingga halus. Sesudah itu tuangkan bubur labu kedalam wajam dan tambahkan garam 2 sendok makan penuh, gula pasir 5 sendok makan penuh, 2 bungkus masako, 1 sendok makan rata baking powder dan 1 butir telor dan air 225 cc, aduk sampai rata.

Sehingga diperoleh bubur mentah (jika kurang air dapat kamu tambahkan). Panaskan bubur dalam wajan sambil diaduk sampai diperoleh bubur setengah masak (tidak sampai masak sempurna). Turunkan dari pemanasan dan dinginkan. Tambahkan 1200 g tapioca sedikit demi sedikit sambil di uleni (di aduk) seperti membuat roti.

Pemberian tapioca dihentikan bila adnan sudah cukup kalis (tidak keras). Bulatkan adonan sampai halus permukaanya dan cetak bentuk lonjong. Kukus dengan dialasi kain jarring teri atau daun pisang sampai masak. Pengukusan biasanya memakan waktu 1 sampai 1,5 jam tergantung dari besar kecilnya adonan.

Maak atau belumya adonan dapat dilihat dengan menusukkan lidi atau garpu kedalam bagian tengah adonan, bila sudah bening dan tidak lengket berarti adonan sudah masak. Jika sudah masak turunkan dari pemanasan dan dinginkan adonan. Adonan yang sudah masak tersebut kemudian diolah.

Lepaskan adonan dari alas kain jarring teri dan angin-anginkan dalam posisi bagian yang lengket ada di atas selama 1 hari 1 malam. Rajang dodolan dengan ketebalan 2 mm dengan pisau atau rajang kerupuk yang sudah diolesi minyak goreng, olesi mata pisau dengan minyak  goreng supaya tidak lengket.

Pabrik Sambal Pecel Asli Madiun / Produsen Sambal Pecel / Harga GROSIR

Setelah di rajang  adonan tersebut seperti bentuk kerupuk kemudian jemur irisan tersebut dibawah sinar matahari sampai kering. Kekeringan ditandai dengan dapat dipatahkan dengan mudah. Kerupuk labu mentah dapat dikemas untuk dipasarkan, bisa di pasarkan dalam keadaan mentah maupun yang sudah di goreng.

Nah, itu tadi atrikel tentang Peluang Usaha Kerupuk Labu gays  tertarik gak dengan usaha ini. Kamu bisa membuat usaha sendiri di rumah karena pelung kerupuk ini masilah sangat besar karena masing jarang dan minim industri rumah tangga maupun industri menengah tingkat keatas yang mengola kerupuk labu ini gays.

Baut kamu yang bingung mau usaha gak usah bingung deh, kerupuk labu ini bisa menjanjikan kamu bisnis yang menguntungkan kok gays. Buruan dirikan usaha ini sebelum banyak pembinis yang mulai tetarik dengan usaha ini gays. Sekian dari saya ya, semoga kamu tertarik dengan Peluang Usaha Kerupuk Labu ini. Bye.

 

Peluang Usaha Kerupuk Labu

Leave a Comment

%d bloggers like this: