Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli Dan Kesimpulannya [Terlengkap]

Pengertian Administrasi – Hallo Sahabat Amanah? bagaiamana kabarnya semoga kalian semua dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Sahabat Tahukah Anda Pengertian Administrasi secara umum? kalau belum tahu bisa simak informasi di bawah ini.

Pengertian Administrasi

Pengertian Administrasi

Pengertian Administrasi merupakan upaya dan aktivitas yang berbarengan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk menggapai tujuan. Pengertian administrasi pula dibedakan jadi 2 ialah pengertian administrasi dalam maksud sempit dan pengertian administrasi dalam maksud luas.

Administrasi dalam maksud sempit merupakan aktivitas yang mencakup dari catat- mencatat, korespondensi, pembukuan ringan, ketik- mengetik, skedul, dan serupanya yang mempunyai watak teknis ketatausahaan.

Sebaliknya pengertian administrasi bertabiat luas merupakan kegiatan kerjasama dari 2 orang ataupun lebih dalam menggapai tujuan dengan eksploitasi sarana dan prasarana khusus dengan cara berdaya fungsi dan berhasil fungsi.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

  • Tidak hanya maksud diatas, ada beberapa pengertian administrasi menurut para ahli dalam mendefinisikannya. Pengertian administrasi menurut para mengenaii sebagai berikut …
  • Arthur Grager: Pengertian administrasi menurut Arthur grager merupakan fungsi aturan penyelenggaraan kepada komunikasi dan jasa warkat suatu organisasi.
  • Pengertian administrasi menurut George Terry merupakan pemograman, pengaturan, dan pengorganisasian profesi perkantoran, dan penggerakan mereka yang melakukan supaya menggapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Sondang P. Siagian: Pengertian administrasi menurut Sondang P. Siagian merupakan proses kerja sama antara 2 orang ataupun lebih yang didasarkan dari atas kerasionalan khusus untuk menggapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  • Menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson, pengertian administrasi merupakan agen ilmu manajemen yang berbarengan dengan penerapan profesi perkantoran dengan cara berdaya fungsi, kapan, dan dimana profesi itu harus dilakukan.

Fungsi Administrasi

Adapun fungsi administrasi merupakan sebagai berikut :

  • Planning( Pemograman) merupakan pemuntuk pemograman membutuhkan aktivitas adminitrasi, semacam pengumpulaninformasi, pengerjaan informasi, kategorisasi pemograman.
  • Organizing( pengorganisasian) merupakan kegiatan menata dan memuntuk hubungan- hubungan kegiatan anatara banyak orang alhasil terkabul sesuatu kesatuan upaya dalam menggapai tujuan- tujuan yang sudah diresmikan.
  • Staffing merupakan salah satu fungsi dari manajemen yang menata personalia pada sesuatu organiasik mulai dari merekrut daya kegiatan, pengembangannya hingga dengan upaya untuk tiap daya aparat berikan energi untuk yang maksimum pada organisasi.
  • Directing( advis ataupun edukasi) merupakan fungsi manajemen yang berkaitan upaya berikan edukasi, anjuran, perintah- perintah, untuk kewajiban yang dilaksanakan dengan bagus dan betul- betul terarah dari yang sudah diresmikan awal.
  • Coordinating merupakan beberapa daru fungsi manajemen untuk melaksanakan beberapa aktivitas supaya bepergian bagus dengan menjauhi terbentuknya kekalutan, percekcoka, kehampaan aktivitas yang dicoba dengan mengaitkan, memadukan dan memadankan profesi anak buah alhasil ada kegiatan serupa yang terencana dalam upaya untuk menggapai tujuan organisasi.
  • Reporting merupakan manajemen yang terletak pada penyampaian kemajuan ataupun perolehan dari kegaitan dengan pemberian keterangaan dari kewajiban dan fungsi para administratur yang lebih luas bagus lidah ataupun catatan alhasil dalam menyambut informasi bisa mencapai cerminan mengenai pelakasanaan kewajiban orang yang berikan informasi.
  • Budgeting merupakan sesuatu kegaitan yang mengatur dan pemograman yang berkepanjangan mengenai finansial ataupun perhitungan.

Ciri-ciri Administrasi

Administrasi mempunyai beberapa karakter atau ciri-ciri antara lain sebagai berikut :

  1. Ada golongan orang yang terdiri dari 2 orang ataupunn lebih
  2. Ada kegiatan sama
  3. Ada cara ataupun usaha
  4. Ada edukasi, kepemimpinan dan pengawasan
  5. Ada tujuan.

Namun, tugas utama dari administrator tergantung pada perusahaan. Untuk memastikan bahwa ini masalah efektivitas kinerja perusahaan akan memastikan semua departemen. Mereka bertindak sebagai jembatan antara manejemen dan karyawan.

Adminisrasi adalah salah satu elemen yang terkait dengan efisiensi dan produktivitas perusahaan. Mereka menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh berbagai departemen sehingga setiap deskripsi pekerjaan dan setiap perencanaan manajemen tercapai.

Tujuan Administrasi

  • sebagai alat untuk memantau kegiatan usaha
  • Sebagai bahan penilaian dalam kegiatan perusahaan
  • Sebagai bahan untuk menyusun program dalam usaha meningkatkan usaha
  • Sebagai bahan pengendali dalam kegiatan usaha.

Unsur Unsur Administrasi

  1. Terdiri dari dua orang manusia atau lebih
  2. Memiliki tujuan
  3. Terdapat tugas yang akan dilakukan
  4. Adanya peralatan dan perlengkapan
  5. Organisasi
  6. Manajemen
  7. Komunikasi
  8. Kepegawaian
  9. Keuangan
  10. Perbekalan
  11. Ketatausahaan
  12. Hubungan Masyarakat (Humas)

Kesimpulan

Setiap organisasi atau perusahaan selalu membutuhkan administrasi, administrasi dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen, administrasi yang baik dapat mencerminkan manajemen yang baik pula dalam suatu organisasi, oleh sebab itu kegiatan administrasi merupakan salah satu kegiatan yang cukup penting dalam sebuah organisasi.

Baca Juga : Pengertian Perusahaan Manufaktur

Leave a Comment