PENGERTIAN AKUNTANSI : Bidang, Tujuan, Fungsi Serta Manfaat Akuntansi

Pengertian Akuntansi – Hallo Sahabat Amanah? bagaimana kabarnya semoga Anda semua dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Sahabat Amanah, tahukah Anda tentang Pengertian Akuntansi? penasaran silahkan simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi ialah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, serta berbagai aktivitas yang terkait dengan keuangan. Dengan adanya akuntasi maka akan memudahkan seseorang dalam mengambil keputusan serta tujuan lainnya.

Akuntansi pasti berkaitan dengan angka-angka sebagai bentuk pencatatan transaksi. Akuntansi dibutuhkan dalam bisnis sebagai pelaporan keuangan perusahaan.

Laporan akuntansi dapat digunakan sebagai pengambilan keputusan perusahaan sesuai hasil analisis akuntansi. Sahabat, Pengertian akuntansi secara lebih dalam akan dibahas pada artikel ini fungsi dan bidangnya.

9 Bidang Akuntansi Sebagai Berikut:

  1. Bidang Akuntansi keuangan
  2. Pemeriksaan akuntansi atau auditing
  3. Bidang Akuntansi manajemen
  4. Akuntansi perpajakan
  5. Bidang akuntansi budgeter
  6. Bidang Akuntansi untuk organisasi nirlaba
  7. Bidang Akuntansi biaya
  8. Bidang Sistem akuntansi
  9. Bidang Akuntansi sosial

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi

Dari sumber web wikipedia, pengertian akuntansi ialah suatu bentuk interpretasi dari keuangan perusahaan guna mengukur serta menjabarkan untuk kepastian mengenai informasi yang berkaitan keluar masuknya uang perusahaan.

  1. Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison

Pengertian akuntansi menurut Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison ialah suatu sistem informasi yang mengukur aktivitas suatu bisnis, memproses data menjadi sebuah laporan, serta mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.

  1. Littleton

Pengertian akuntansi menurut Littleton ialah suatu aktivitas yang bertujuan untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya dan hasil. Pengertian ini adalah inti dari teori akuntansi & merupakan ukuran yang dijadikan rujukan dalam mempelajari akuntansi.

  1. Warren dkk

Akuntansi ialah sistem informasi guna menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai suatu aktivitas ekonomi serta suatu kondisi perusahaan.

  1. Rudianto

Akuntansi ialah suatu sistem yang menghasilkan laporan kepada pihak yang berkepentingan mengenai semua aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.

  1. C. West Churman

pengertian akuntansi menurut C. West Churman ialah suatu pengalaman tertulis yang bermanfaat sebagai pengambilan keputusan serta pengalaman tersusun yang sangat berharga untuk pembuatan pilihan.

  1. Suparwoto L

Pengertian akuntansi menurut Suparwoto L ialah suatu sistem guna mengukur serta mengelola transaksi keuangan & memberikan hasil pengelolaan dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan. Dari pihak eksternal meliputi investor, kreditur pemerintah, buruh, dan lainnya.

  1. Arnold

Akuntansi menurut Arnold ialah sistem untuk memberikan informasi kepada siapa saja yang harus membuat keputusan serta mengendalikan penerapan keputusan.

  1. Pengertian Akuntansi Menurut AAA

Pengertian akuntansi menurut American Acounting Association (AAA) ialah suatu sistem pengidentifikasian & memberikan laporan info ekonomi serta penilaiannya.

  1. Smith Skousen Accounting Principle Board

Akuntansi ialah sebuah aktivitas jasa yangmenyediakan informasi, terutama memiliki sifat dalam mengambil keputusan pilihan-pilihan yang logis di antara berbagai tindakan alternatif.

  1. Pengertian Akuntansi Menurut AICPA

American Insitute of Certified Public Accounting (AICPA), Akuntansi ialah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran transaksi, moneter, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan.

Sahabat Amanah, untuk pengertian akuntansi secara singkat ialah suatu sistem di dalam bisnis yang membahas keuangan serta bagaimana uang itu masuk dan digunakan jadi akuntansi sendiri sangat penting dalam hal berbisnis sebagai analisis laba dan rugi.

Tujuan Akuntansi

Pengertian Akuntansi

Tujuan akuntansi

Tujuan akuntansi secara umum ialah sebagai berikut:

  1. Untuk mengumpulkan dan melaporkan informasi terkait keuangan
  2. Kinerja
  3. Posisi keuangan
  4. Dan arus kas dalam sebuah bisnis.

Sistem Informasi ini semua nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam membuat suatu keputusan ekonomi.

Bila dijabarkan tujuan akuntansi, diantaranya ialah:

  1. Tujuan Akuntansi Secara Umum
  • Memberi informasi keuangan, baik aset dan kewajiban perusahaan
  • Memberikan informasi tentang perubahan dalam berbagai sumber daya ekonomi (netto) perusahaan
  • Menyediakan informasi keuangan untuk membantu dalam penyusunan perkiraan potensi keuntungan perusahaan
  • Memberikan Informasi tentang perubahan dalam berbagai sumber ekonomi masyarakat memberikan baik aset, kewajiban dan modal.
  • Memberikan informasi lainnya untuk membantu laporan keuangan
  1. Tujuan Akuntansi Secara Khusus

Secara khusus, tujuan dari akuntansi adalah untuk memberikan informasi dalam bentuk laporan dengan situasi keuangan, hasil usaha dan perubahan posisi keuangan yang lebih adil di bawah Prinsip-prinsip umum akuntansi yang dapat diterima oleh prinsip akuntansi umum.

  1. Tujuan Akuntansi Secara Kualitatif

InilahTujuan akuntansi secara kualitatif sebagi berikut:

  1. Memberikan informasi yang relevan
  2. Berbagi informasi yang telah teruji kebenaran dan validitas
  3. Informasi yang disajikan dapat dipahami oleh para pemangku kepentingan
  4. Penyerahan laporan keuangan untuk kepentingan semua pihak yang terkait dengan kegiatan perusahaan
  5. Memberikan informasi tentang transaksi secara real time, atau sesegera mungkin.
  6. Informasi yang disajikan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum dan sebanding
  7. Pelaporan keuangan harus lengkap dan memenuhi standar pengungkapan laporan keuangan

Fungsi Akuntansi

Akuntansi mencatat transaksi secara sistematis dan pelaporan keuangan termasuk untung rugi perusahaan. Akuntansi sudah pasti sangat dibutuhkan dalam bisnis dan memiliki bebera fungsi di antaranya adalah:

  1. Sebagai Recording Report
  2. Melindungi Properti dan Aset

Fungsi akuntansi yang satu ini adalah untuk menghitung jumlah penyusutan aset riil menggunakan metode yang sesuai dan berlaku untuk aset tertentu.

Semua disipasi tidak sah aset akan menghasilkan kebangkrutan bisnis. Oleh karena itu, sistem akuntansi yang dirancang untuk melindungi properti dan bisnis aset dari penggunaan yang tidak sah.

  1. Mengkomunikasikan Hasil
  2. Meeting Legal

Fungsi akuntansi juga berhubungan dengan pengembangan sistem. Sebagai contoh, sebuah sistem untuk memastikan catatan dan melaporkan hasil selalu memenuhi persyaratan hukum. Sistem ini diperlukan untuk memungkinkan kepemilikan atau otoritas untuk membawa beberapa negara, seperti pengembalian pajak penjualan, pajak penghasilan, dan sebagainya.

  1. Mengklasifikasikan

Fungsi akuntansi adalah sama pentingnya sebagai klasifikasi yang berhubungan dengan analisis sistematis dari semua data yang tercatat. Klasfikasi memfasilitasi pengelompokan jenis transaksi.

  1. Membuat Ringkasan

Aktivitas ini meliputi penyusunan laporan:

  1. Neraca Saldo
  2. Laporan laba rugi
  3. Neraca
  1. Analisis dan Menafsirkan

Sahabat amanah, aktivasi ini adlah menganalisis dan menafsirkan data keuangan perusahaan. Dari keuangan data yangg sudah melalui proses analisis kemudian diinterpretasikan dengan cara yang mudah dimengerti sehingga dapat membantu memahamkan mengenai kondisi keuangan dan profitabilitas operasional bisnis perusahaan.

Manfaat Akuntansi dalam Bisnis

Pengertian Akuntansi

Manfaat Akuntansi

Tidak hanya salah satu teknik akuntansi yang mencakup hanya transaksi saja. manfaat akuntansi sangat penting untuk sebuah bisnis yang akan memberikan dampak yang besar bagi pengembangan bisnis Anda.

Manfaat akuntansi untuk bisnis:

  • Memberikan informasi keuangan sebagai dasar untuk membuat keputusan manajemen
  • Memberikan informasi / laporan kepada pihak eksternal
  • Sebagai sarana kontrol dan pengawasan keuangan
  • Sebagai sarana mengevaluasi perusahaan
  • Sebagai dasar untuk alokasi sumber daya

Bidang-Bidang Akuntansi dalam Bisnis

Bidang bidang akuntansi yang wajib Anda ketahui sebagai berikut:

  1. Akuntansi Keuangan
  2. Auditing atau Pemeriksaan Akuntansi
  3. Akuntansi Perpajakan
  4. Akuntansi Budgeter
  5. Akuntansi Biaya
  6. Akuntansi Organisasi Nirlaba

Perlu Sahabat ketahui tidak semua bisnis itu menerapkan bidang akuntansi karena tujuannya ialah merencanakan anggaran tidak untuk mendapatkan keuntungan.

Itulah penjelasan pengertian akuntansi mulai dari, tujuan, fungsi, manfaat, dan bidang-bidangnya dalam bisnis. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda semua. Terim kasih.

Baca Juga : Pengertian Administrasi Penjelasan Lengkap