PENGERTIAN FINANSIAL: Tujuan, Manfaat dan Arti Finansial

Pengertian Finansial – Hallo Sahabat Amanah? Bagaimana kabarnya semoga kalian semua dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Sahabat, tahukah Anda tentang Pengertian finansial? Anda penasaran silahkan simak penjelasan dari kami sebagai berikut.

Pengertian Finansial

Pengertian Finansial
Pengertian Finansial

Secara bahasa finansial berasal dari bahasa inggris yang berarti “keuangan”. Sedangkan menurut istilah Finansial adalah suatu hal yang berhubungan dengan aspek ekonomi seperti keuangan atau aset.

Finansial juga dapat diartikan sebagai ilmu manajemen yang mengembangkan, mengalokasikan, dan menggunakan sumber daya keuangan pada suatu individu atau institusi.

Finansial pada institusi atau perusahaan bisa berjalan dengan stabil sangat bergantung kepada manajemen finansial yang baik, terkontrol dan bertanggungjawab kepada semua pihak terkait.

Selain itu juga diperlukan strategi finansial untuk merencanakan hal apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan misi perusahaan mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan demi terciptanya stabilitas finansial.

Baca Juga : Pengertian Administrasi

Pengertian Manajemen Finansial Menurut Para Ahli

Pengertian Finansial
Finansial Menurut Para Ahli

1. Bambang Riyanto

Manajemen finansial menurut Bambang Riyanto adalah seluruh aktivitas perusahaan dalam rangka mendapatkan dana dengan biaya kecil dengan syarat yang menguntungkan perusahaan serta menggunakan dana secara efisien.

2. Agus Hartono

Menurut Agus Hartono, pengertian manajemen finansial adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pengalokasian dan pengumupulan dana dalam berbagai bentuk investasi atau untuk pembelanjaan yang efisien.

3. Sutrisno

Menurut Sutrisno, manajemen finansial adalah semua aktivitas atau usaha yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk memperoleh pemasukan maksimal dengan biaya yang murah dan penggunaan dana yang efisien.

4. Prawironegoro

Manajemen finansial menurut prawironegoro adalah aktivitas perusahaan yang memperoleh dan memakai modal minimal yang digunakan dengan efektif, produktif, dan efisien untuk mendapat keuntungan yang maksimal.

5. Husnan & Pudjiastuti

Manajemen finansial menurut Husnan dan Pudjiastuti adalah semua aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan keuangan, analisis keuangan, dan pengelolaan keuangan.

6. Liehman

Manajemen finansial menurut Liefman adalah suatu usaha mengelola dan menggunakan uang dengan tujuan memperoleh aktiva.

7. J.L. Massie

Manajemen finansial menurut J. L. Massie adalah aktivitas operasional bisnis yang bertujuan unutk menggunakan atau mendapatkan dana yang dapat digunakan untuk kegiatan operasional yang efektif dan efisien.

8. J.F Bradley

Manajemen finansial menurut J.F Bradley adalah suatu bidang dalam manjemen bisnis yang berfungsi untuk mengelola penggunaan modal bisnis secara selektif dan seksama guna mencapai tujuan bisnis yang diharapkan.

9. Sonny S.

Manajemen finansial menurut Sonny S adalah suatu aktivitas perusahaan, mulai dari cara memperoleh dana, penggunaan dana, dan pengelolaan keuangan perusahaan secara menyeluruh.

10. Grestenberg

Manajemen finansial menurut Grestenberg adalah bagaimana perusahaan menjalankan bisnis, cara perusahaan memperoleh dana, dan cara bisnis di distribusikan.

11. Brighman & Houston

Manajemen finansial menurut Brighman dan Huston adalah suatu bidang terluas dalam  tiga bidang keuangan, dan mempunyai kesempatan karir yang luas.

12. James Van Horne

Manajemen finansial menurut James Van Horne adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan pendanaan, perolehan, dan pengolahan keuangan yang bertujuan  memperoleh aktiva.

13. Weston & Copeland

Manajemen finansial menurut Weston dan Copelan adalah suatu fungsi dari para manajer keuangan perusahaan yang menyangkut tentang penanaman modal, pembiayaan usaha, serta pembagian deviden.

Tujuan Manajemen Finansial

Pengertian Finansial
Tujuan Finansial

Baca Juga : Pengertian Audit

Tujuan dari manajemen finansial sudah bisa dilihat dari penilaian yang dilakukan oleh pasar uang. Tujuan utama manajemen finansial adalah memaksimalkan pengelolaan keuangan perusahaan mulai dari pemodalan, penggunaan dana, hingga pemasukan.

Ada pun tujuan manajemen finansial menurut para ahli yaitu untuk :

  • Memaksimalkan keuntungan perusahaan, seorang manajer keuangan tidak bisa menjamin pendapatan terus naik mengingat bisnis berjalan tidak pasti kadang naik kadang turun.
  • Mempersiapkan struktur modal, manajer keuangan dituntut untuk bisa memutuskan antara kebutuhan dan pendapatan yang diperoleh perusahaan agar pertutaran uang berjalan seimbang,
  • Penggunaan keuangan yang tepat, majemen finansial dapat mengatur penggunaan keuangan secara optimal sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga keuangan perusahaan lebih terjamin penggunaanya.
  • Meningkatkan efisiensi, serupa dengan penggunaan keuangan yang tepat, manajemen finansial juga mengatur jalanya distribusi keuangan dengan tepat dan efisien.
  • Menentukan kelangsungan hidup perusahaan, suatu perusahaan dapat bertahan lama juga tergantung dari keadaan finansial perusahaan maka manejemen finansial yang baik akan menjamin keberlangsungan bisnis begitupun sebaliknya.
  • Mengurangi resiko operasional, manejemen finansial yang baik dapat memperkecil resiko

Baca Juga : Pengertian Akuntansi

Nah Itulah penjelasan lengkap tentang Pengertian Finansial mulai dari definsi, tujuan, finansial menurut para ahli serta manfaat Fianansial. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda semua. Terima Kasih.

Leave a Comment