Geografi : Pengertian, Konsep, Aspek, Prinsip, dan Pendekatan {Lengkap}

Pengertian Geografi –  Geografi adalah salah satu cabang ilmu yang paling banyak di pelajari didunia ini. Tidsak hanya itu saja, geografi juga cukup banyak diminati oleh orang banyak sehingga cukup menarik untuk dipelajarinya.

Selain itu, geografi ini juga telah mempelajari tentang bumi sehingga banyak sekali dari para ilmuwan yang tertarik untuk mempelajarinya. Nah, jika kita dapat melihat artinya, geografi ini sebenarnya mempunyai arti yang sangatlah bervariasi namun tujuan serta intinya tetaplah sama.

Untuk itu, bagi anda yang ingin mengetahui pengertian, konsep, prinsip, jenis, hingga pendekatan geografi. Langsung saja, berikut ini adalah pengertian geografi lengkap dengan penjelasannya.

Pengertian Geografi

seperti yang Anda lihat dan mungkin kalian pahami penjelasan diatas, dimana geografi ini sebuah cabang ilmu yang telah mempelajari tentang ilmu bumi. Geografi ini juga mempunyai banyak sekali arti namun tujuan dan juga intinya ialah sama.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

untuk itu, bagi Kalian yang ingin mengetahui pengertian dari ilmu geografi itu seperti apa, berikut ini adalah pengertian ilmu geografi dari beberapa ahli yang ada di dunia. Berikut adalah penjelasannya.

1. Pengertian Geografi Menurut Ullman

Para ahli yang pertama yang telah menemukan ilmu geografi adalah Ullman. Dimana Ullaman ini merupakan seorang ilmuwan pada tahun 1954 dan telah mengutarakan pengertian tentang geografi. Dimana geografi ini merupakan interaksi antar runag.

Pengertian yang telah diutarakan tentunya sangat singkat namun artinya begitu baik yang telah menyatakan bahwa, geografi ini memang berhubungan  langsung dengan ruang yang ada di permukaan langsung dengan ruang yang berada di permukaan bumi.

  1. Pengertian Geografi Menurut Lobeck

Ahli yang kedua yang telah mengemukakan pengertian tentang geografi yang kedua adalah Lobeck, Beliau yang telah menyatakan bahwa geografi merupakan studi atau ilmu pengetahuan yang membahas tentang hubungan – hubungan yang ada dibumi antara kehidupan dengan lingkungan fisik.

  1. Pengertian Geografi Menurut Imanuel Kant

Ahli yang selanjutnya yaitu Imanuel Kant, Beliau merupakan seorang ilmuwan terkenal yang ada di belahan dunia ini. Beliau juga memberikan sebuah pendapat tentang pengertian dari ilmu geografi tersebut. Dimana ilmu geografi merupakan sebuah ilmuyang dimana objek – objeknya adlah sebuah benda-benda, hal, ataupun gejala yang tersebar langsung pada wilayah yang ada dipermukaan bumi.

  1. Pengertian Geografi Menurut Claudis Plotomaneus

Ilmuan yang selanjutnya adalah Claudis Plotomaneus Ilmuan ini juga sangat begitu dikenal oleh banyak orang dan juga dunia , ilmuwan ini juga telah memberikan pengertian tentang ilmu geografi, menurut Beliau ilmu geografi adalah suatu penyajian melalui sebuah peta dari sebagian yang ada di permukaan bumi ini

  1. Pengertian Geografi Menurut Hartshorne

Pada tahun 1960-an, Hatshorne juga telah mengemukakan pendapatnya tentang pengertian dari ilmu geografi. Dimana geografi itu merupakan sebuah ilmu yang berkepentingan untuk dapat memberikan deskripsi –  deskripsi yang begitu teliti, rasional hingga beraturan tentang sifat variable yang ada di permukaan bumi ini.

Nah, diatas merupakan beberapa informasi tentang pengertian ilmu geografi menurut para ahli yang dapat Anda lihat. Memang jika dilihat dari pengertian serta arti tentunya sangat bervariasi, namun tujuan dan maksudnya yaitu sama yang membahas tentang bumi ini.

Konsep Geografi

Setelah diatas membahat tentang pengertian geografi secara umum dan pengertian menurut beberapa ahli, kali ini langsung saja kita membahas tentang konsep geografi. Konsep Geografi yaitu sebuah rancangan atau gambaran dari objek, proses, atau apa pun yang berkaitan dengan ilmu geografi tersebut.

Konsep Geografi merupakan unsur yang sangat  penting dalam memahami fenomena maupun kejadian geografi baik itu alam maupun social. Penjelasan dari konsep geografi sendiri selalu berkaitan dengan hubungan, persembahan, fungsi, bentuk, pola, dan proses terjadinya geografi tersebut. Konsep geografi menurut Seminar Lokakarya Ikatan Geograf Indonesia (Semlok IGI) di kota Semarang pada tahun 1988 terdiri atas 10 konsep.

Berikut ini adalah 10 konsep dari ilmu geografi beserta penjelasannya lengkap:

1.Lokasi

Lokasi atau biasa disebut dengan letak merupakan suatu tempat dimana adanya sebuah kaitan dengan suatu objek yang ada di muka bumi ini. Untuk itu, jika kita berbicara secara umum konsep lokasi dapat di bagi menjadi dua yakni lokasi absolut serta lokasi relative.

Lokasi Absolut –  lokasi absolut merupakan sebuah letak pada suatu daerah yang telah dilihat dari garis ukut saja.

Lokasi Relatif –  untuk pengertian dari lokasi relative ini merupakan suatu tempat maupun letak yang dapat dilihat dari daerah lainnya yang memang berada pada sekitarnya.

  1. Jarak

Jarak juga dapat dikatakan termasuk ke dalam salah satu konsep dasar tentang pengambilan ilmu geografi. Dimana di dalam kehidupan jarak ini mempunyai arti yang memang sangat penting sekali. Oleh karena itu, jiika dilihat secara umum, konsep jarak ini dibagi menjadi dua macam yaitu jarak mutlak dan jarak relatif

Jarak Mutlak – Jarak mutlak atau disebut dengan jarak absolut adalah jarak geometric yang memang dinyatakan sebagai satuan panjang meter (m) maupun kilometer (km). konsep pada jarak ini mempunyai sifat yang tetap serta tidak dapat diubah – ubah.

Jarak Relatif – Jarak relative merupakan sebuah jarak waktu yang akan dapat diukur dengan satuan waktu seperti hari, jam, detik, menit hingga yang lainnya. Konsep dari jarak ini dapat berubah-ubah tergantung dengan kondisi tertentu.

  1. Ketergantungan

Selanjutnya yaitu konsep geografi nomor 3 adalah Ketergantungan. Dimana maksud dari ketergantungan disini adalah kemudahan akses jarak tempuh untuk menuju suatu titik. Jika diartikan dengan kata lain yaitu jarak tersebut mampu dicapai dengan sangat begitu maksimal pada suatu wilayah ke wilayah yang lainnya.

  1. Pola

Pada sebuah geografi ini tentu mempunyai pola atau disebut juga dengan Pattern. Dimana pola ini adalah sebuah bentuk, struktur, dan juga persebaran kejadian maupun fenomena yang ada di permukaan bumi ini, baik itu tentang gejala alam maupun dari gejala social.

  1. Geomorfologi

Geomorfologi merupakan sebuah ilmu yang telah mempelajari tentang bentuk permukaan bumi. Pada ilmu geografi itu sendiri memang tidak pernah lepas dari yang namanya bentuk-bentuk permukaan bumi yakni seperti dataran, pegunungan, lembah hingga bukit sehingga hal ini yang dapat menyebabkan permukaan bumi tersebut menjadi sebuah objek studi pada ilmu geografi.

6.Argolomasi

Pada konsep Aglomerasi ini sendiri mempunyai pengertian yakni dimana kecenderungan pengelompokan terhadap suatu gejala yang terkait langsung dengan aktivitas manusia yang berada di bumi ini. pengelompokkan seperti ini memang dapat dilakukan sebagai salah satu objek studi pada geografi.

  1. Nilai Kegunaan

Nilai kegunaan ini dapat dinyatakan ada kaitannya dengan konsep dari ilmu geografi. Dimana pada nilai kegunaan ini adalah manfaat yang memang diberikan pada suatu wilayah yang ada di muka bumi khususnya pada mahluk hidup serta tidak akan pernah sama pada semua orang.

Tidak hanya itu saja, manfaat yang telah dihasilkan tentu bersifat sangat reaktif sehingga mempunyai potensi sebagai penunjang perkembangan pada suatu wilayah tertentu.

  1. Interaksi atau Interdependensi

Maksud dari interaksi atau interdependi merupakan hubungan yang terjadi yang memang dapat saling mempengaruhi pada suatu gejala dengan gejala yang lainnya. Jika kita melihat dari definisi yang lainnya yakni dimana mencakup keterkaitan maupun keterggantungan pada suatu daerah dengan daerah yang lainnya sehingga dapat saling memenuhi untuk kebutuhannya sehari-hari.

  1. Deferensiasi Arel

Konsep deferensiasi areal merupakan sebuah fenomena yang sangat berbeda yang dimana berada disuatu tempat dengan tempat yang lainnya. Pada deferensi areal ini juga telah membandingkan pada dua wilayah untuk dapat menunjukan adanya sebuah perbedaan yang terjadi antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya, karena untuk setiap wilayah tentunya akan mempunyai karakteristik tersendiri atau bisa disebut dengan Unik.

  1. Keterkaitan Ruang

Untuk konsep dari ilmu geografi yang terakhir yaitu keterkaitan ruang, keterkaitan ruang adalah sebuah hubungan yang behubungan langsung antara suatu fenomena dengan fenomena yang lainnya, sehingga terjadi sebuah keterkaitan keruangan. Hal ini dapat mendorong terjadinya sebab dan akibat yang terjadi antar wilayah tersebut.

Prinsip Geografi

Geografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena fisik dan manusia yang berada diatas bumi. Terdapat banyak cabang ilmu geografi dimana pada ruang  lingkup geografi telah mencakup banyak bidak serta aspek geografi. Dalam ilmu geografi itu sendiri juga terdapat 4 prinsip geografi. Prinsip – prinsip geografi yang ada meliputi, prinsip penyebaran (distribusi), keterkaitan (interelasi), pengambaran (deskripsi), dan yang terakhir adalah gabungan (korologi)

Berikut ini adalah penjelasan dari prinsip-prinsip geografi yang dimana terdiri dari

  1. Prinsip Penyebaran atau Distrbutor

Prinsip dari geografi yang pertama yaitu prinsip penyebaran atau distribusi yang merupakan dan termasuk kedalam salah satu prinsip deografi yang paling utama dan pertama. Fungsi dari prinsip penyebaran ini pada umumnya digunakan untuk menelaah fenomena maupun gejala pada geografi  yang memang telah tersebar pada permukaan bumi baik secara tidak merata maupun secara tidak sama.

Untuk prinsip penyebaran atau distributor ini memang berfokus tentang fenomena geografi, dimana fenomena tersebut dapat kita teliti yakni seperti pada tumbuhan, hewan, manusia, hingga bentang alam. Tujuan lain yang dapat digunakan pada prinsip distributor atau penyebaran ini ialah dapat mengungkapkan hubungan yang telah terjadi pada satu fenomena dengan fenomena yang lainnya yang dapat dilakukan secara menyeluruh bahkan secara merata.

  1. Prinsip Keterkaitan atau Interelasi

Prinsip yang selanjutnya adalah prinsip keterkaitan atau interelasi. Dimana fungsi dari prinsip ini dapat digunakan untuk memilih sebuah hubungan yang memang saling berkaitan dengan gejala yang ada tentang satu gejala dengan gejala geografi yang lainnya, tapi masih suatu ruangan.

Tujuan dari prinsip keterkaitan ini adalah yang dapat berfungsi untuk dapat menguraikan sebuah hubungan yang ada pada ruang tersebut tentang gejala antara satu gejala dengan gejala yang lainnya pula. Untuk itu perlu adanya sebuah hubungan yang memang saling terkait antara manusia dan alam tertentu yang dimana akan membutuhkan prinsip keterkaitan ini atau dapat dikatakan sebagai sebab akibat.

Prinsip interelasi ini akan dapat terjadi antara manusia satu dengan manusia yang lainnya, alam dengan manusia hingga alam dengan alam.

  1. Prinsip penggambaran atau Deskripsi

Fungsi dari prinsip ini dapat kalian gunakan untuk memberikan sebuah penjelasan tentang lebih jauh gejala-gejala yang memang telah terjadi di muka bumi ini sehingga dapat diamati. Pada prinsip pengembangan ini dapat memberikan sebuah penjelasan yang lebih dalam tentang bagaimana karakteristik mengenai gejala-gejala geografi secara spesifik.

  1. Prinsip Gabungan atau Korologi

Tujuan dari prinsip gabungan atau korologi ini yaitu untuk menelaah atau mempertimbangkan tentang gejala, fakta, sehingga permasalahan yang ada pada suatu tempat yang akan ditinjau dari persebarannya, interaksi, interelasi sehingga integrasinya pada ruang tertentu.

Aspek Geografi

Berikut ini adalah pembahasan tentang aspek-aspek dari ilmu geografi beserta jenis-jenis dan juga penjelasannya secara lengkap, langsung saja berikut ini adalah penjelasannya.

1.Aspek Fisik

Aspek fisik merupakan salah satu aspek geografis yang telah mengkaji segala bentuk fenomena geosfer yang telah dapat mempengaruhi keberlangsungan hidup dari manusia itu sendiri. Aspek fisik ini terdiri dari beberapa aspek yaitu aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan semua fenomena alam yang dapat langsung untuk diamati.

Terdapat 3 (tiga) macam dari aspek fisik, yaitu aspek topografi, aspek biotik dan juga aspek non-biotik. Berikut ini adalah macam-macam aspek fisik serta penjelasannya secara lengkap.

  1. Aspek Topografi

Aspek topografi merupakan aspek geografi fisik yang telah berkaitan dengan letak maupun lokasi dari suatu wilayah tertentu. Secara umum aspek topografi ini telah membahas tentang hal-hal yang terkait dengan letak daerah dan letah Negara bentuk muka buminya, luas area serta batas-batas wilayah yang memiliki ciri-ciri khas tertentu.

  1. Aspek Biotik

Aspek biotik merupakan jenis aspek geografi fisik yang berkaitan dengan mahluk hidup. Secara umum aspek biotik ini membahas tentang hal-hal yang berkenaan dengan unsur tumbuhan, unsur binatang serja kajiang penduduk.

  1. Aspek Non-Biotik

Aspek non-biotik yaitu aspek geografi fisik yang berkaitan dengan tanah dan air dari suatu wilayah. Secara umumnya aspek non-biotik membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan unsur kondisi tanah, hidrologi baik secara perairan darat maupun laut serta kondisi iklim dari suatu wilayah tertentu.

  1. Aspek Sosial

Selain aspek fisik, juga ada aspek geografis lannya yakni aspek social maupun aspek non-sosial. Pengertian aspek sosial secara umum merupakan aspek geografis yang membahas tentang fenomena yang terjadi di geosfer yang masih berhubungan dengan kegiatan manusia.

Tujuan dari aspek sosial yaitu untuk mengetahui pola hubungan manusia dengan lingkungannya. Aspek sosial ini dapat meliputi kegiatan sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Berikut ini adalah macam-macam aspek sosial serta penjelasannya dengan lengkap.

  1. Aspek Sosial

Aspek sosial merupakan jenis aspek geografi sosial yang dapat berkaitan dengan unsur-unsur sosial lainnya. Secara umum aspek sosial ini membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan unsur tradisi, adat-istiadat, komunitas, kelompok masyarakat serta lembaga-lembaga sosial yang ada.

  1. Aspek Ekonomi

Aspek ekonomi merupakan aspek geografi sosial yang dapat berkaitan dengan hal-hal ekonomis. Secara umum aspek ekonomi ini membahas tentang hal-hal yang berkenaan dengan unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, industry, perikanan, perdagangan, transportasi dan pasar.

  1. Aspek Budaya

Aspek budaya merupakan salah satu aspek geografi sosial yang berkaitan dengan unsur sosial-budaya. Secara umum aspek budaya membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan unsur pendidikan, agama, bahasa, kesenian, dan ragam budaya lainnya.

  1. Aspek Politik

Aspek politik merupakan aspek geografi sosial yang berkaitan dengan unsur politik. Secara umum aspek politik ini membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan unsur-unsur kepemerintahan yang telah terjadi dalam kehidupan di masyarakat.