Pengertian Majas Alegori Beserta Contohnya Paling Lengkap [Update 2019]

Majas Alegori : Pengertian & Contoh  – Kali ini materi pelajaran yang akan kami uraikan untuk anda semua adalah tentang Majas Alegori : Pengertian & Contoh. Sama halnya dengan majas yang lainnya, Majas Alegori ini adalah majas yang banyak dipakai untuk membangun sebuah karya sastra.

Dalam sebuah karya sastra, kalimat yang menggunakan Majas Alegori ini sering sekali digunakan untuk memperkaya khasanah gaya bahasa sastra tersebut. Majas ini juga tentu saja memiliki banyak perbedaan dengan majas lainnya, yakni dalam hal pemilihan kata dan penyampaian makna ketika akan diterapkan dalam suatu kalimat.

Pengertian Majas Alegori

Pengertian Majas Alegori

Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui tentang, apa itu Majas Alegori. Agar kita bisa mengetahui dan tidak salah menerapkan Majas Alegori dalam kalimat, karena itu disini akan kami rangkumkan khusus untuk anda tentang Majas Alegori : Pengertian & Contoh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, selamat membaca!

Pengertian Majas Alegori

pengertian majas alegori

pengertian majas alegori

Majas Alegori berasal dari bahasa Yunani, allegorein, artinya secara harfiah, “bicara yang sebaliknya”. Dalam sebuah pengertian umum, alegori memiliki arti yaitu bicara tentang satu hal tapi maksudnya adalah hal yang lainya

Suatu alegori adalah uraian terperinci tentang suatu pokok kalimat, yang ditulis sedemikian rupa sehingga seakan-akan membicarakan sesuatu yang sangat berlainan sama sekali, padahal sesungguhnya saling berkaitan satu sama lain. Majas Alegori adalah gaya bahasa perbandingan yang bertautan satu dengan yang lainnya dalam kesatuan yang utuh.

Majas alegori dapat juga diartikan sebagai majas yang menyatakan sesuatu dengan cara lain, melalui sebuah kiasan atau penggambaran. Majas alegori adalah majas perbandingan yang memperlihatkan sebuah perbandingan utuh lalu dari perbandingan itu membentuk kesatuan yang menyeluruh dalam sebuah kalimat.

Alegori bisa juga dikatakan sebagai suatu metafora yang dilanjutkan. Sehingga, untuk bisa memahami Majas Alegori harus dari dibaca keseluruhan teks. Cerita fabel merupakan salah satu dari sekian banyak contoh tentang Majas Alegori. Selain cerita fabel, Majas Alegori ini juga bisa anda ditemukan di dalam bentuk sebuah puisi.

Contoh Majas Alegori

pengertian majas alegori

pengertian majas alegori

Setelah kalian mengetahui tentang Pengertian, dan Contoh tentang Majas Alegori. Disini kami akan rangkumkan pula contoh tentang Majas Alegori, untuk lebih memudahkan pemahaman kalian tentang Majas Alegori ini. Berikut ini adalah contoh dari Majas Alegori yang kami rangkumkan khusus untuk anda semua. Selamat membaca!

  1. Kedua orang tua kita merupakan seorang pelukis yang selalu siaga mewarnai kertas putih yang tak lain adalah anak tercintanya sendiri. Bagamana seorang anak ketika ingin menjadi sesuatu sangat bergantung pada kedua orang tuanya.
  2. Melakukan kehidupan dalam rumah tangga bagaikan berlayar di lautan yang luas dengan menggunakan perahu karet.
  3. Mulut manusia ibarat pisau bermata dua, bisa digunakan untuk menghujat orang dan membunuh diri sendiri.
  4. Menjalani kehidupan ibarat melakukan sebuah perjalanan yang terkadang panjang lurus dan tak jarang pula berkelok-kelok.
  5. Bayi yang dalam kondisi baru lahir ibarat sebuah kertas putih yang masih kosong dan tanpa noda.
  6. Memberi saran padamu ibarat berbicara dengan tembok yang sama sekali tak punya telinga dan tak bisa mendengar.
  7. Semua kenikmatan di dunia ini ibarat ilusi yang sama sekali tidak ada atau semu.
  8. Seorang anak yang berbakti pada kedua orang tuanya ialah sebuah aset yang sangat berharga dan tak terhingga harganya.
  9. Zaman globalisasi sekarang ini, mencari orang yang jujur dalam melakukan suatu hal bagaikan mencari sebuah jarum di tengah gundukan jerami.
  10. Mencari ilmu di kala masih kecil layaknya mengukir lukisan di atas batu.
  11. Perasaan dari seorang perempuan memang sangatlah rentan, bagaikan kaca yang tipis.
  12. Ketika aku mendengar Pak Rudi berbicara, rasanya mirip menggingit cabai rawit yang rasanya pedas tak karuan.
  13. Diah dan rafi seperti deretan angka satu dan nol, Diah bertubuh kurus kecil dan Rafi berbadan tinggi dan gempal.
  14. Jika dalam dirimu terdapat sifat iri dan dengki, maka hal itu bisa melenyapkan kebaikan yang ada pada dirimu, hal itu sama seperti api yang membakar kayu bakar.
  15. Ketika aku mendengarmu bernyanyi, dunia ini bagaikan terjadi hujan piring.
  16. Masakan yang kau buat itu memiliki kuah dengan rasa mirip dengan air laut.
  17. Ketika orang itu dimarahi oleh istrinya, seketika itu pula nyalinya menciut bagaikan kerupuk disiram air.
  18. Kepalaku terasa sangat pusing seperti ada puluhan benda angkasa yang berputar-putar di sekelilingku.
  19. Kecantikan wajah bagaikan bunga yang segar. Rusak apabila tidak dijaga, semakin mekar apabila dirawat. Namun pada akhirnya semua perawatan tidak akan mampu untuk menghindarkan bunga dari kelayuan.
  20. Hidup didunia seperti susunan keyboard piano. Ada keyboard putih dan ada yang hitam. Orang yang tidak berusaha memahami hanya akan mengetahui nada dasar. Namun jika dimainkan oleh seseorang yang mengetahuinya, maka akan terbentuklah sebuah alunan musik yang merdu.
  21. Tubuh manusia ibarat mesin. Bekerja dari siang sampai malam, terkadang dipaksa hingga limit kerjanya. Bila tidak diberi waktu istirahat, maka mesin akan cepat rusak. Oleh karena itu biasakan istirahat teratur. Sehingga biaya dan waktu untuk memperbaiki mesin tidak diperlukan.
  22. Kekayaan ibarat air laut. Jika dibendung disatu tempat lama lama tumpah. Jika diminum semakin menghauskan. Tetapi jika dibagikan dalam sebuah kotak kotak dan dijemur maka akan menghasilkan garam.
  23. Al qur’an adalah rambu yang dapat memandu kita ke hadirat Ilahi Rabbi. Selama kita patuh terhadap semua rambu tersebut, maka kita akan selamat hingga tujuan akhir.
  24. Orang yang beriman akan hidup seperti lebah. Dia hanya makan dan minum yang baik, pergi ke tempat tempat yang tidak rusak dan menghasilkan hal yang baik (madu).
  25. Anak yang baru lahir seperti halnya kertas yang kosong. Ia begitu bersih dan tiada bernoda. Oleh karenanya, jagalah ia dengan hati-hati. Torehkan tinta emas ke setiap lembarannya. Warnailah ia dengan warna yang indah.

Itulah Pengertian dan Contoh Majas Alegori, yang kami rangkumkan untuk anda semua. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sedang belajar tentang Majas Alegori. Selamat Membaca!

Pengertian Majas Alegori