Pengertian Majas Litotes dan Contohnya yang Wajib Anda Ketahui [Update 2019]

Pengertian Majas Litotes – Dalam Bahasa Indonesia ada yang disebut dengan Majas, dan di antara majas-majas itu ada yang bernama Majas Litotes. Apa itu Majas Litotes?, mungkin bagi sebagian orang kurang tau apa itu Majas Litotes. Tapi bagi yang masih duduk di bangku sekolah pasti pernah bertemu dengan soal tentang Majas Litotes.

Untuk fungsi dari Majas Litotes ini sama saja dengan majas pada umumnya, yaitu menghadirkan bentuk yang retoris sebagai salah satu unsur gaya bahasa dalam suatu karya sastra. Meskipun begitu, majas litotes tentu saja sangat lah berbeda dengan majas – majas yang lainnya, di antaranya adalah ketika akan diterapkan di dalam sebuah kalimat.

Maka dari itu sangat lah penting bagi kita untuk mengetahui tentang apa itu Majas Litotes. Agar kita bisa mengetahui, bisa membedakan dan tidak salah menerapkan Majas Litotes dan Kalimat, karena itu disini akan kami rangkumkan khusus untuk anda tentang Majas Litotes (Pengertian & Contoh). Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, selamat membaca!

Pengertian Majas Litotes

Pengertian Majas Litotes

Pengertian Majas Litotes

Pengertian Majas Litotes adalah majas yang melukiskan atau menggambarkan keadaan dengan kata-kata yang sangat berlawanan artinya dengan kenyataan yang sebenar – benarnya berguna untuk merendahkan diri, padahal maksudnya meninggikan diri.

Atau, dalam pengertian yang lainnya Majas Litotes adalah majas yang mengecilkan / mengubah suatu hal yang awalnya positif menjadi negatif atau dalam kata lain mengecilkan / mengubah kenyataan yang sebenar – benarnya.

Majas litotes termasuk kedalam jenis majas pertentangan yang memiliki tujuan untuk mempengaruhi orang lain dengan cara merendahkan diri di hadapan orang lain. Dalam pengungkapannya / penerapannya, Majas Litotes sendiri mengurangi atau melemahkan kenyataan yang sebenarnya menjadi kenyataan yang berbeda.

Litotes sendiri dapat diartikan sebagai ungkapan yang berupa mengecilkan suatu fakta yang ada dan mengubahnya menjadi yang lain. Hal ini biasanya digunakan untuk menjaga kesopanan atau menghaluskan bahasa kita.

Ini adalah Pengertian Majas Litotes dan contohnya Mungkin ini yang terbaru dimana contoh-contohnya juga update.

Contoh Majas Litotes

Pengertian Majas Litotes

Pengertian Majas Litotes /babacaca.com

“Ayo main ke gubuk kecilku”

Unsur merendah (litotes) yang terdapat dalam contoh kalimat di atas yaitu terdapat pada pilihan kata “gubuk kecilku”.

“Maaf saya hanya bisa menyediakan makanan kampung saja”

Kalimat di atas juga termasuk dalam Majas Litotes. Kesan merendahnya (litotes) muncul saat menggunakan kata “makanan kampung”.

“Perjuangan kami hanya setitik di luas nya samudra yang luas ini”

Contoh di atas juga termasuk dalam Majas Litotes dengan dipergunakannya kalimat yang merendah yaitu “setitik air di luas nya samudra”.

“Hanya televisi yang butut ini yang menjadi hiburan kami sehari – hari”

Contoh di atas juga termasuk dalam Majas Litotes dengan dipergunakannya kalimat yang merendah yaitu “televisi yang butut”.

“Baju yang sangat mahal ini tidak akan cocok untuk tubuhku yang sangat besar ini”

Unsur merendah (litotes) yang terdapat dalam contoh kalimat di atas yaitu terdapat pada pilihan kata “tubuhku yang sangat besar ini”.

“Tidakkah kau bertemu orang lain yang sebodoh diriku ini”

Unsur merendah (litotes) yang terdapat dalam contoh kalimat di atas yaitu terdapat pada pilihan kata “sebodoh ini”.

“Pegawai rendahan seperti aku ini tidak akan mampu pergi berlibur ke tempat semewah itu”

Unsur merendah (litotes) yang terdapat dalam contoh kalimat di atas yaitu terdapat pada pilihan kata “rendahan”.

“Meskipun anak seorang profesor, aku tetaplah seorang manusia biasa”

Contoh di atas juga termasuk dalam Majas Litotes dengan dipergunakannya kalimat yang merendah yaitu “tetaplah”.

“Aku hanyalah seorang penjual donat yang ingin mempunyai bisnis yang sukses”

Contoh di atas juga termasuk dalam Majas Litotes dengan dipergunakannya kalimat yang merendah yaitu “hanyalah”.

“Usaha sampinganku yang menghantarkanku membuka toko di sebuah pusat perbelanjaan di kota”

Contoh di atas juga termasuk dalam Majas Litotes dengan dipergunakannya kalimat yang merendah yaitu “sampinganku”.

Nah, setelah kalian membaca uraian pengertian dan contoh Majas Litotes dalam artikel ini, apakah Anda dapat memahami Majas Litotes? Itulah Pengertian Majas Litotes dan contohnya, yang kami rangkumkan untuk anda semua. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sedang belajar tentang Majas Litotes. Selamat Membaca!

Pengertian Majas Litotes