PENGERTIAN MEMBRAN SEL : Struktur, Sifat dan Fungsi Penjelasan Lengkap

Pengertian Membran Sel – Hallo Sahabat Amanah, Kali ini kami akan membahas tentang pengertian membran sel, semoga pembahsan kami kali ini membantu bagi Anda yang lagi mencari referensi untuk menambah pengetahuan Anda.

PENGERTIAN MEMBRAN SEL (DINDING SEL)

Sahabat Amanah, Tahukah Anda Apa yang yang dimaksud membran sel atau (dinding sel) adalah seemua jenis sel manusia yang berfungsi sebagai pemisah antara lingkungan di dalam sel dan lingkungan di luar sel. Membran sel terdiri dari senyawa lipoprotein, yang merupakan kombinasi dari lemak (lipid) dan senyawa protein.

Sifat Protein dan lemak berbeda, lemak itu bersifat (hidrofobik) tidak larut dalam air sedangkan protein bersifat (hidrofilik) larut dalam air.

Karena permeabilitas selektif selaput sel (hanya dapat ditularkan oleh tertentu molekul). membran sel dapat membatasi aktivitas yang terjadi di dalam sel, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan eksternal.

FUNGSI MEMBRAN SEL (DINDING SEL)

Pengertian membran sel
Pengertian membran sel
  • Melindungi bagian sel dan membentuk sel
  • Membran sel dapat menjadi sarana komunikasi antara lingkungan sel dan lingkungan di luar sel.
  • Pemilihan zat yang akan masuk atau meninggalkan sel.
  • Sebagai reseptor untuk stimulasi yang diarahkan sel.
  • Di mana berlangusungnya berbagai reaksi kimia terjadi.

STRUKTUR PENYUSUN DAN KOMPOSISI KIMIA MEMBRAN SEL

Pengertian Membran Sel
Pengertian Membran Sel

Struktur membran sel menyerupai lembaran tipis molekul lipid, protein, karbohidrat, kolesterol dan sitoskeleton. Membran sel memiliki sifat dinamis dan asimetris.

  • Membran sel bersifat dinamis karena memiliki struktur yang mirip dengan air yang memungkinkan molekul dan protein lipid untuk bergerak.
  • Selaput sel tidak simetris karena komposisi protein dan lipid di luar tidak sama dengan protein dan lipid di dalam sel.

1. Fosfolipid

Molekul-molekul yang membentuk membran sel akan bergabung untuk membentuk lapisan fosfolipid gabung (ganda). Ini disebut lapisan ganda fosfolipid karena memiliki dua bagian yang berlawanan, yaitu daerah kepala yang hidrofilik (dapat berinteraksi dengan air) dan daerah ekor yang hidrofob (tidak dapat berinteraksi dengan air1).

2. Protein Membran

Selain fosfolipid, membran sel juga memiliki protein membran. Ada dua jenis protein dalam lapisan fosfolipid, yaitu protein integral (protein yang menenggelamkan dan menembus lapisan fosfolipid) dan protein perifer (protein yang menempel pada lapisan luar fosfolipid).

Protein integral berperan dalam proses transportasi molekul yang masuk dan keluar sel, sedangkan protein perifer berfungsi sebagai tempat untuk menempelkan hormon atau enzim.

3. Glikolipid dan Glikoprotein (Karbohidrat)

Glikolipid adalah molekul karbohidrat yang menempel pada lemak, sedangkan glikoprotein adalah molekul karbohidrat yang menempel pada protein. Glikolipid dan glikoprotein ini berfungsi sebagai penanda sel.

Semua orang dan bahkan setiap sel mempunyai susunan glikolipid dan glikoprotein yang berbeda. Karena itu, jika sel-sel asing memasuki tubuh, sistem kekebalan tubuh akan segera bereaksi terhadap sel-sel ini karena mereka tidak mengenali struktur glikolipid dan glikoprotein dari sel-sel asing ini.

4. Kolesterol

Kolesterol terletak di dekat kepala fosfolipid. Fungsi kolesterol adalah untuk menjaga stabilitas fosfolipid dalam segala keadaan. Saat panas, kolesterol bisa menghambat pergerakannya sehingga fosfolipid tidak menjadi terlalu cair.

Sementara itu, ketika suhu dingin, fosfolipid menghambat interaksi antara lemak, sehingga membran lemak tidak membeku.

5. Kerangka Membran (Sitoskeleton)

Faktanya, membran ini bukan bagian langsung dari membran sel, tetapi mereka terikat pada bagian bawah protein yang tidak terpisahkan. Ada tiga jenis utama sitoskeleton, yaitu mikrotubulus, mikrofilamen, dan filamen menengah. Fungsi utama sitoskeleton ini adalah untuk mempertahankan bentuk dan posisi organel sel.

SIFAT MEMBRAN SEL (DINDING SEL)

Berdasarkan kemampuannya untuk mengatur pengangkutan suatu zat ke dalam atau ke luar sel, sifat membran sel dibagi menjadi 3 jenis.:

1. Impermeabel

karakteristik membran yang mencegah zat di luar sel masuki ke dalam sel..

2. Semipermeabel

Kondisi di mana hanya zat-zat tertentu yang dibutuhkan oleh sel dapat memasuki dalam sel. Membran sel normal biasanya memiliki sifat semi permeabel.

3. Permeabel

Ini adalah sifat di mana semua zat dapat melewati membran sel untuk masuk ke dalam sel. Sifat ini biasanya di milik oleh membran sel yang rusak atau hampir mati sehingga sel tidak bisa bertahan atau hidup.

SISTEM TRANSPORT MEMBRAN SEL

pengertian membran sel
pengertian membran sel

Salah satu fungsi membran sel yang disebutkan di atas adalah untuk mengatur zat yang masuk atau keluar dari sel. Fungsi ini disediakan oleh sistem transportasi membran. Dua jenis transportasi dapat terjadi pada membran, yaitu:

1.Transport Pasif Membran

Pengertian Transport pasif membran ialah proses pertukaran molekul yang terjadi secara spontan dan otomatis tanpa memerlukan mekanisme khusus (tidak memerlukan energi).

Umumnya transpor aktif terjadi dalam molekul yang dapat melewati membran sel kapan saja (misalnya air dan glukosa). Biasanya penyebab transpor pasif adalah perubahan gradien konsentrasi molekul. Contoh transpor pasif adalah Difusi dan Osmosis.

2. Difusi

Difusi adalah pergerakan molekul dari area konsentrasi tinggi ke area konsentrasi rendah lainnya karena disebabkan oleh energi kinetik molekul-molekul ini. Kecepatan difusi tergantung pada perbedaan konsentrasi, ukuran molekul, muatan dan kelarutan molekul-molekul ini.

3. Osmosis

Osmosis adalah pergerakan molekul air melalui membran selektif permeabel dari pelarut konsentrasi tinggi (banyak air) ke pelarut konsentrasi rendah (sedikit air). Proses osmosi akan berhenti jika konsentrasi antara dua daerah di mana osmosis terjadi dalam keadaan seimbang

4. Transport aktif

Transport aktif ialah perpindahan atau pergerakan molekul yang terjadi melalui mekanisme tertentu yang membutuhkan energi. Transport aktif akan menentang sifat gradien konsentrasi.

Transpor aktif membutuhkan bantuan protein yang akan bertindak sebagai molekul transpor pada membran. Contoh transpor aktif molekul gula dan asam amino secara aktif diangkut ke dalam sel menggunakan energi.

Sekian Pembahasan kami tentang Pengertian membran sel mulai dari fungsi membran sel, struktur membran sel, sifat membran sel, sistem transpot membran sel. Kurang lebihnya mohon maaf, Terima Kasih.

Baca Juga : Bagian Bagian Sel : Pengertian, Fungsi, Contoh Sel, Beserta Gambarnya [update 2019]

 

Leave a Comment