+ Pengertian Musik, Fungsi dan Unsur-Unsur Musik Penjelasan [LENGKAP]

+ Pengertian Musik, Fungsi dan Unsur-Unsur Musik Penjelasan [LENGKAP]

Pengertian Musik – Asal mula kata musik ini berasal dari bahasa Yunani yakni mousikos, yang mana kata tesebut diambil dari salah satu dewa mitologi Yunani. Mousikos sendiri adalah seorang Dewa yang menyimbolkan suatu keindahan dimana dia menguasai bidang keilmuan dan seni.

Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / blogaryasophia.wordpress.com

Pengertian musik sendiri terdapat berbagai versi dari berbagai sumber yang terpercaya, dibawah ini terdapat berbagai pendaptat yang pernah mendeskripsikan apa itu musik. Berikut berbagai sumber tulisan mengenai pengertian musik yang dijelaskan dalam beberapa macam pendapat:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI musik sendiri mempunyai arti yaitu suatu seni atau ilmu yang menyusun nada atau suara dalam suatu urutan, kombinasi, dan juga memiliki suatu hubungan temporal agar dapat menghasilkan suara yang mempunyai kesinabungan dan inilah Pengertian Musik yang dimaksud.

Sedangkan pengertian dari Wikipedia mengenai musik sendiri yaitu suatu nada atau suara yang sengaja disusun dengan demikian rupa sehingga dapat menciptakan irama yang indah, lagu, dan keharmonisan, terutama untuk suara yang diciptakan, dihasilkan, atau dibuat dari alat yang dapat menggeluarkan suatu irama yang indah.

Dan yang terakhir pendapat dari Jamalus, pendapatnya mengenai musik yaitu suatu karya seni berbentuk suara atau bunyi berupa komposisi atau lagu yang merupakan pikiran dan perasaan dari pencipta musik tersebut yang melalui beberapa unsur musik yaitu harmoni, irama, melodi dan beberapa bentuk struktur lagu dan juga sebuah ekspresi sebagai suatu kesatuan.

Fungsi Musik | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / keepsoh.com

Musik adalah unsur yang sangat penting bagi kehidupan manusia di dunia. Musik sendiri sudah ada sejak zaman dahulu dan berperan dalam beberapa dalam kehidupan manusia. Dibawah ini merupakan beberapa fungsi musik yang di kelompokan menjadi beberapa bagian, yaitu sebabai berikut:

Musik Menjadi Sarana Ekspresi Diri | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / medium.com/@adipura.pam

Biasanya seorang seniman dalam bidang musik akan lebih mudah mengungkapkan perasaanya atau ekspresinya melalui musik yang dimainkannya. Tak hanya untuk menunjukan bakatnya kepada beberapa orang, mengungkapkan perasaan melalui musik ini akan lebih mudah diterima oleh orang yang mendengarkanya.

Terlebih lagi jika musik berupa suara yang didalamnya berisi kata-kata yang telah disengaja disusun sebagus mungkin dan juga mudah dipahami dan dimengerti oleh banyak orang. Setelah itu musik tersebut diiringi dengan lantunan-lantunan yang berasal dari alat musik, maka akan lebih terkenana dalam perasaan seseorang.

Sebagi contoh jika kita mau mengekpresikan kebahagian atau kesenangan kita maka, nada-nada yang kita mainkan bertempo cepat dan menggebu-gebu. Begitupun sebaliknya jika kita ingin mengekpresikan kesedihan kita, maka nada-nada yang kita mainkan nada yang mempunyai tempo halus, lembut dan lambat.

Musik Menjadi Alat Penghibur | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / siswauniversitasimamsyafi.blogspot.com

Musik juga bisa sangat efektif sekali untuk menghibur seseorang. Jika musik itu masih diyakini indah maka dapat dipastikan jika musik tersebut dapat menghibur atau menyanangkan hati kita ataupun orang lain.

Bahkan terkadang seseorang sangat membutuhkan sekali adanya musik yang bertujuan untuk menghibur diri ketika sedang dilanda kebosanan, galau, sedih dan persoalan-persoalan lainnya.

Tak sekedar menghibur, musik juga mampu membuat manusia lalai dari kebiasaannya sehari-harinya, seperti saat manusia mendengarkan musik dengan keras maka dia tidak bisa mendengar suara adzan dan lupa dengan solat dan terkadang membuat manusia lalai dengan kewajiban hidup lainnya.

Musik Bisa dijadikan Sebagai Sarana Terapi | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / djarumcoklat.com

Musik pun bisa dijadikan untuk bahan terapi, awal mula musik dijadikan sebagai bahan terapi yakni pada saat perang dunia ke-II, kegunaanya untuk mengobati para korbang perang.

Sekarang musik-musik sudah banyak digunakan untuk mengobati penyakit, seperti kelainan jiwa atau penyakit mental dan juga untuk menyembuhakan kelumpuhan organ tubuh.

Tak hanya untuk menyembuhakan penyakit ternyata musik juga sangat bermanfaat untuk merefresh kembali kerja otak karena terlalu lama bekerja dan menjadi penat.

Musik Sebagai Sarana Upacara | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / youtube.com

Di berbagai negara termasuk Indonesia, musik sangat berkaitan erat dengan upacara tertentu seperti pernikahan, kelahiran seseorang, kematian dan upacara kegamaan atau kenegaraan. Di suatu daerah, bunyi yang dihasilkan dari alat musik dipercayai oleh masyarakat tertentu memiliki kekuatan ghoib.

Musik Sebagai Sarana Komersial | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / pxhere.com

Bagi seorang musisi atau seniman musik, musik adalah salah satu sumber pendapatan mereka. Yaitu dengan cara, para musisi merekam hasil karya mereka dalam CD. Dan setelah merekam maka mereka akan menjualnya ke produser lagu agar dipasarkan. Dari hasil tersebut, jika karyanya terkenal maka mereka akan terkenal dan mendapat penghasilan dari karyanya dan dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Selain dengan CD, para seniman musik juga bisa melakukan pertunjukan atau konser agar dibayar. Tak hanya itu musik juga biasa digunakan untuk OST (Original Soundtrack) atau musik untuk mengiringi sebuah film. Jika musik dari musisi tersebut dijadikan OST maka dia akan mendapat bayaran dari produser film tersebut.

Musik yang digunakan untuk Original Soundtrack sebuah film biasanya mempunyai kesamaan dengan film tersebut, seperti kesamaan lirik musik yang menggambarkan dengan cerita film tersebut. Musik pun biasa digunakan untuk Original Soundtrack sebuah iklan radio ataupun iklan televisi.

Musik Sebagai Sarana Tari | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / web.id.tc

Tari dan musik adalah dua hal sangat berkaitan. Keduanya saling berkaitan karena terdapatnya kemiripan seperti pola, ritme dan tempo, jika ada tarian yang tidak diiringi irama musik maka tarian tersebut akan terlihat membosankan dan hampa terlebih lagi bagi seorang penari maka akan menyusahkan.

Karena ketika penari melakukan tari maka dia memerlukan ritme dan tempo agar dapat menghasilkan gerakan yang indah. Di negara Indonesia, musik yang diciptakan oleh masyarakat daerah bertujun untuk mengiringi tarian daerahnya. Maka dari itu, biasanya tarian daerah di Indonesia hanya bisa dilakukan jika diiringi oleh musik daerahnya sendiri.

Musik Sebagai Sarana Pendidikan | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / musicalprom.com

Manfaat dari musik yang lain yaitu sebagai media pendidikan, musik dapat digunakan untuk pembelajaran di sekolah ataupun tempat pendidikan yang lain. Untuk digunakan sebagai sarana pendidikan biasanya disesuaikan dengan lagunya, jika untuk menambah rasa cinta terhadap tanah air maka siswa menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Contoh yang lain yaitu seperti lagu daerah yang digunakan untuk menumbuhkan sikap saling menghargai antar siswa dalam hal perbedaan suku, agama dan ras.

Disisi lain, musik juga dapat digunakan untuk mengetahui bakat seorang siswa. Tak hanya itu, musik juga dapat membentuk karakter setiap individu agar menjadi lebih baik. Moh. Hatta pernah berkata mengenai musik yakni, musik dapat mengubah perasaan menjadi halus dan budi pekerti yang baik dalam jiwa manusia.

Musik Sebagai Sarana Kreativitas | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / brilio.net

Di masa sekarang untuk membentuk sifat kreatif dapat menggunakan musik, contohnya seperti orang yang terbiasa mendengarkan musik yang tenang maka dia akan mudah berkonsentrasi untuk menciptakan sesuatu yang baru karena kreativitas adalah sifat yang ada dalam diri seseorang dan berhubungan dengan kemampuan untuk menciptakan sesuatu baru. Sifat kreativitas ini sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang selalu meningkat.

Unsur-unsur Dalam Musik

Melodi | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / 1freewallpapers.com

Unsur musik yang pertama yaitu melodi. Melodi sendiri mempunyai pengertian yaitu suatu ukuran panjang dan pendeknya nada dan tinggi rendahnya dan nada pada musik.

Biasanya sebuah musik memiliki melodi yang terdengar seperti nada yang bergerak dari rendah menuju puncak dan akhirnya kembali lagi pada keadaan sebelumnya. Dalam melodi ada 3 unsur yang harus diketahui yaitu pitch, tone dan durasi.

Pengertian tentang pitch atau yang mempunyai nama lain timbre (warna suara) yaitu suatu unsur dalam melodi yang mengatur serangkaian not yang disimbolkan dengan huruf A sampai G. Setelah itu not-not tersebut dijadikan melodi yang menmpunyai jangka waktu tertentu atau durasi yakni unsur melodi.

Cara menperoleh sebuah not bisa dilakukan dengan mengabungkan bermacam alat musik yang mempunyai warna suara berbeda, atau dalam unsur melodi dikenal dengan sebutan tone.

Ritme (Irama) | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / pxhere.com

Selain melodi unsur musik yang lain yaitu Ritme atau yang lebih kita kenal dengan nama irama yaitu serangkaian not yang bergerak beraturan dan menjadi unsur utama dari musik. Irama mempunyai fungsi untuk mengatur suara atau hening dalam musik.

Unsur dalam irama hampir sama dengan melodi yaitu not yang berbeda hanya pada ketukan dan tempo. Agar Irama dalam musik tetap bergerak teratur, agar dapat mendapatkan musik yang indah maka harus sesuai dengan tempo yang terdiri dari beberapa not pada musik tersebut dengan satu ketukan. Fungsi tempo yaitu untuk mengatur kecepatan musik agar dapat disesuaikan dengan unsur lain.

Harmoni | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / djarumcoklat.com

Harmoni adalah cabang dari ilmu musik yang menjabarkan dan menjelaskan tentang keindahan yang terkandung dalam komposisi musik. Unsur harmoni berfungsi untuk mengaitkan nada atau cord secara terus menerus.

Keberadaan harmoni dalam musik akan terlihat jika sebuah musik terdapat keseimbangan antara penekanan dan pelepasan suara. Harmoni pun mempunyai beberapa unsur yaitu kunci, skala dan interval.

Interval dalam harmoni berarti jarak yang berada diantara dua buah nada. Sedangkan untuk pengertian kunci sendiri yaitu serangkaian not yang berfungsi untuk mengatur keserasian suatu melodi didalam interval.

Arti skala yaitu kumpulan not-not yang mempunyai fungsi sebagai kerangka dari musik. Fungsi lain dari Skala yaitu sebagai tolak ukur untuk menentukan not apa yang akan dimainkan dalam musik tersebut.

Dinamik | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / musikseputar.blogspot.com

Unsur musik Dinamik adalah cara seseorang memainkan alat musiknya dilihat dari tingkatan keras dan lembutnya suara, fungsi keras atau lembutnya suara yaitu agar musik yang didengar tidak monoton atau datar.

Keadaan keras dan lembutnya musik atau dinamik mempunyai beberap istilah di dalam permainan musik, seperti fortissimo (ff) atau sangat keras, forte (f) atau keras, mezzo forte (mf) atau setengah keras, mezzo piano (mp) atau setengah lembut, piano (p) atau lembut, pianissimo (pp) atau sangat lembut.

Tanda dinamik yang lain yaitu Decrescendo dan Crescendo. Descrescendo menandakan bahwa agar musik dimainkan dengan lembut. Sebaliknya, Crescendo menandakan supaya musik dimainkan dengan keras.

Tangga Nada | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / berbagiilmuguitar.blogspot.com

Tangga nada adalah unsur dalam musik yang berfungsi untuk mengurutakan suatu nada yang tersusun seperti tangga. Tangga nada dibagi menjadi 2 unsur, yaitu tangga nada pentatonik dan diatonnik. Tangga nada diatonnik yaitu tangga nada yang berjumlah 7 nada yang sudah ditentukan melalui beberapa interval yang telah ditentukan.

Sedangkan penjelasan lain dari tangga nada pentatonik (pentatonis) yaitu tangga nada yang berjumlah 5 nada yaitu nada pokok. Dalam tangga nada pasti terdapat satu nada dasar yang kemudian dikembangkan menjadi nada-nada lainnya yang bisa lebih tinggi atau rendah dengan mengunakan pola interval tertentu, sehingga terciptalah bentuk nada yang khas.

Beberapa Genre Musik | Pengertian Musik

Musik Klasik | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / musicalprom.com

Genre musik yang pertama yaitu musik klasik, musik ini lebih banyak di temukan di eropa, namun ada pula di negara India, Persia dan yang lain sebagainya. Jenis musik klasik mempunyai beberapa jenis, yaitu barok, klasik dan romantik.

Jazz | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / mldspot.com

Genre musik selanjutnya yaitu Jazz atau musik jazz, musik ini pertama muncul di negara Amerika. Musik jazz hanya disukai oleh kalangan-kalangan tertentu karena jenis musik ini memang sarat akan makna dan bernilai elegan serta berkelas.

Di Indonesia musik jenis ini populer pada tahun 1930-an. Pertunjukan musik jazz para pemain musiknya menggunakan berbagai alat musik seperti gitar, piano, seksofon, trombon, dan terompet. Hal tersebut juga membuat keberadaan musik jazz memiliki ciri khas tersendiri.

Blues | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / enjoyjah.blogspot.com

Genre musik berikutnya yaitu musik blues. Blues sendiri dari segi arti mempunyai makna “rasa sedih atau frustasi”. Terkadang banyak orang yang salah menyamakan antara genre musik jazz dengan blues, hal tersebut karena kedua jenis musik ini memiki satu warna tetapi jika diteliti lagi maka keduanya cukup berbeda.

Dari ritmenya genre musik blues lebih pelan dan mendayu dari pada jazz. Walaupun segi pemakaian alat musiknya keduanya hampir sama. Musik blues pertama kali terkenal di Amerika dan Afrika pada tahun 1910, musik tersebut diciptakan untuk menyampaikan perasaan emosional di Negara tersebut.

Gospel | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / katholisch.de

Jenis genre ini mungkin kurang terkenal dibandingkan dengan genre lain, tetapi musik jenis ini mudah kita temukan di gereja. Genre gospel sendri pertama kali diperkenalkan pada acara ibadah di gereja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu genre musik ini juga sudah ditampilkan di luar gereja.

RnB | Pengertian Musik

Rhythym and Blues (RnB) adalah genre musik yang dihasilkan dari pengabungan beberapa jenis musik seperti blues, pop, jazz, dan gospel. Jenis musik ini berasal dari masyarakat Arfika sekitar pada tahun 1940. Musik RnB mempunyai suara yang enak didengar sehingga mudah diterima oleh berbagai macam kalangan.

Funk | Pengertian Musik

Funk adalah salah satu dari berbagai jenis-jenis genre musik yang ada. Yang perlu diperhatikan yaitu genre musik funk berbeda dengan punk. Genre funk juga berasal dari Amerika. Dihasilkan dari penggabungan dari berbagai jenis musik seperti jazz, soul, dan RnB

Yang paling membuat musik ini berbeda dari genre lain yaitu bass, gitar, dan drumnya. Musiknya juga mempunyai ritme yang tajam dan terpotong-potong. Tak sedikit para pecinta musik funk menilai bahwa musik funk menjadi salah satu genre yang pas untuk berdansa.

Rock | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / aiquntitled.blogspot.com

Genre musik rock adalah salah satu jenis musik yang terus mengalami perkembangan, musik rock yang diibaratka keras ini justru banyak disukai oleh berbagai kalangan. Musik yang dikenal dengan bunyi drumnya keras ini terkenal pada tahun 1940.

Metal | Pengertian Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik / sooperboy.com

Musik jenis ini hampir sama dengan jenis dari musik rock. Perbedaanya yaitu musik metal lebih keras, kencang, dan teriak-teriak. Musik metal terkenal pada sekitar tahun 1970-an karena perkembangan dari musik rock. Musik metal juga mempunyai banyak jenis yaitu black metal dan heavy metal.

Penutup

Nah itulah artikel kami salingamanah.com dengan tema tentang Pengertian, Unsur-unsur Musik, Fungsi Musik, semoga apa yang kami berikan ini ada manfaatnya. Jika Anda masih belum mengerti tentang Pengertian Musik, sahabat Amanah bisa langsung bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.

Pengertian Musik

Leave a Comment

%d bloggers like this: