Sejarah Singkat 25 Nabi dan Rasul Allah SWT beserta Perbedaan dan KreteriaNya [LENGKAP]

Sejarah Singkat 25 Nabi dan Rasul Allah SWT beserta Perbedaan dan KreteriaNya [LENGKAP]

Pengertian nabi dan rasul – Nabi ialah seseorang hamba Allah SWT yang menerima wahyu berkenaan dengan syariat agama tetapi tidak harus disampaikan kepada kepada orang banyak, sedangkan Rasul Allah SWT ialah orang atau hamba Allah SWT yang menerima wahyu dari Allah SWT berkenaan dengan syariat agama dan tugasnya untuk menyampaikan kepada orang banyak.

Pengertian nabi dan rasul
Pengertian nabi dan rasul / sepengetahuan.co.id

Nabi dan Rasul Allah SWT

Sahabat Amanah, kita sebagai umat muslim yang mempunyai keimanan tentu saja kita tahu bahwasannya Rukun Iman ada 6, yang terdiri dari:

1) Iman kepada Allah
2) Iman kepada malaikat-malaikat Allah
3) Iman Kepada kitab-kitab Allah
4) Iman kepada nabi dan rasul Allah
5) Iman kepada hari akhir (kiamat)
6) Iman kepada qada’ dan qadar.

Sahabat yang di ridhoi oleh Allah SWT, sebagaimana yang kita ketahui bersamasannya Rukun Iman adalah salah satu pilar yang sangat penting dalam agama Islam, yang menjadi asas atau keyakinan yang wajib diamalkan oleh seorang muslim diseluruh jagad raya ini. Sahabat, Ibarat sebuah rumahnya, rukun iman adalah merupakan pondasi yang mengokohkan iman seorang muslim.

Rasul dalam ajaran Islam

Secara bahasa kata Rasul berasal dari bahasa Arab yaitu رسول (Rasūl) dan bentuk jamaknya sendiri رسل (Rusul) yaitu manusia yang memperoleh wahyu dari Allah tentang agama dan mendapat perintah untuk mengamalkan pada dirinya sendiri dan wajib menyampaikannya kepada orang lain .

Setiap rasul sudah dapat dipastikan bahwa dia adalah seorang nabi, tetapi setiap nabi itu belum tentu seorang rasul, maka dari itu maka dapat dipastikan bahwa nabi mempunyai jumlah yang lebih banyak jauh lebih dibanding jumlah para rasul.

Menurut berbagai sumber jumlah rasul ada 312 salah satunya yaitu dari hadits yang telah yang diriwayatkan At-Turmudzi. Menurut Al-Qur’an sendiri, jumlah nabi yang telah Allah kirimkan kepada umat manusia sudah banyak.
Rasul sendiri mempunayai tingkatan yang lebih tinggi dari nabi karena menjadi pimpinan ummat.

Dan diantara beberapa rasul juga terdapat rasul yang mempunyai julukan khusus yaitu Ulul Azmi adalah Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan Muhammad.

Gelar tersebut diberikan kepada mereka dikarenakan memiliki tingkatan yang lebih tinggi di kalangan para rasul. Bani Israel adalah kaum yang paling banyak diberi dakwah oleh Allah melalui para Rasulnya, dari Musa sampai kepada Isa ada seribu nabi yang diutus kepada mereka.

Rasul dalam al-Qur’an dan hadits

Pengertian nabi dan rasul
Pengertian nabi dan rasul / harakahislamiyah.com

Di Al-Quran dan hadits ada beberapa nama nabi dan rasul yang wajib diketahui dan di Imani, di antaranya yaitu:
Perbedaan nabi dan rasul

Dibawah ini merupakan perbedaan antara nabi dan rasul:

1. Tinggkatan rasul lebih tinggi daripada tingkatan nabi.
2. Rasul diutus kepada kaum yang belum beriman atau biasa disebut kafir, berbeda dengan nabi yang diutus langsung kepada kaum yang sudah beriman.

Kriteria seorang nabi dan rasul

Seseorang dapat disebut sebagai seorang nabi atau rosul jika dia mempunyai kriteria seperti dibawah ini :
• Hanya Allah yang memilih dan mengangkatnya.
• Mendapatkan wahyu dari Allah baik untuk dirinya atau orang banyak.
• cerdas.
• Dari golongan manusia.
• Laki laki

Pengertian Ulul Azmi yang Harus Anda Ketahui Penjelasan [LENGKAP]

Sejarah Singkat 25 Nabi Lengkap

Pengetian nabi dan rasul
Pengetian nabi dan rasul / muallafworksfoundation.org

Sejarah Singkat Nabi Adam A.S

Nabi Adam adalah nabi sekaligus manusia pertama yang diciptakan oleh Allah, dan berasal dari tanah dan dibentuk dengan sebaik-baiknya bentuk, dan setelah itu ditiupkan roh kehidupan kedalamnya. Sebelum menciptakan manusia, Allah telah menciptakan setan dari api yang sangat panas dan menciptakan Malaikat dari nur atau cahaya.

Allah mengajarkan nama-nama semua benda kepada Adam. Setelah Adam tahu semuanya, maka Allah memanggil semua Malaikat dan setan dan menanyakan kepada mereka nama-nama benda.

Tetapi Malaikat tidak mengetahuinya karena Allah tidak mengajarkannya, kemudian Allah menyuruh Adam untuk menerangkan nama-nama benda yang telah diajarkan itu. Maka Adam menyebutkan semuanya dengan lancar.

Karen hal itu Allah menyuruh mereka semua untuk sujud kepada Adam. Maka semua malaikat bersujud, tetapi iblis tidak bersujud karena dia menyombongkan diri . karena kesombongannya Iblis pun diusir dari surga, karena hal itulah iblis menyimpan kebencian dan dendam pada Adam dan keturunnya.

Karena Adam merasa kesepian didalam surga sendirian, maka Allah menciptakan manusia wanita untuk Adam, yaitu Siti Hawa. Adam dan Hawa diperkenankan untuk tinggal didalam surga dan memakan semuanya yang ada didalamnya kecuali mendekati sebuah pohon kayu yang biasa disebut pohon Khuldi.

Setan yang benci kepada Adam, berusaha untuk menggoda Adam untuk mendekati pohon khuldi. Dan akhirnya Adam dan Hawa terbujuk oleh tipu daya setan yang mengukuhkan tipu dayanya. Akhirnya mereka pun diturunkan ke bumi dalam keadaan yang tidak baik.

Setelah itu Adam dan Hawa pun menangis dan memohon ampunan kepada Allah agar mengampuni dan memberikan rahmat kepada mereka supaya tidak termasuk kedalam golongan orang-orang yang merugi. Allah punmengampuni mereka dan memberikan beberapa petunjuk kepada Adam dan Hawa. Karena kebaikan Allah maka mereka menerima tobat dan kasih sayang.

karena rencana Allah menjadikan Adam khalifah di bumi, maka keduanya diturunkan ke bumi berlainan tempat dan jaraknya jauh. Mereka saling mencari, hingga akhirnya bertemu dipadang Arafah. Dan tempat tersebut menjadi tempat wuquf (berhenti) jamaah haji sebagai salah satu rukun ibadah Haji.

Hawa melahirkan anak sebanyak dua puluh satu kali dan setiap kali melahirkan anaknya selalu kembar, anak laki laki dan anak perempuan. Dan yang terakhir adalah Nabi Syits, hanya dia yang tidak lahir kembar.

Salah satu kisah nabi adam yang ada dalam alquran adalah kisah dari anaknya yaitu Habil dan Qabil. Hal yang terjadi diantara kedua anak Nabi Adam . adalah saat pernikahan dimana kembaran Qabil yang bernama Iqlima, Iqlima merupakan wanita yang lebih cantik dari pada Labuda kembaran Habil. Mereka akan dinikahkan secara silang. Iqlima dengan Habil dan Qabil dengan Labuda.

Karena Qabil lebih menyukai Iqlima maka dia tetap ingin menikahi saudaranya, tetapi ayahnya Nabi Adam menolak keinginan Qabil. Karena sesuai perintah Allah dimana Iqlima harus dikawinkan dengan Habil.

Karena iri maka munculah nafsu dari dalam diri Qabil yaitu untuk membunuh saudaranya, suatu hari Qabil mengajak Habil ketempat sepi, setelah sampai ditempat dia pun langsung membunuh Habil saudaranya. Dan setelah membunuh Habil maka Qabil pun kebingungan dan memikirkan bagaimana caranya agar mayat saudaranya itu tidak diketahui Nabi Adam.

Saat kebingungan maka Allah . menunjukan kepadanya dua ekor burung gagak yang berkelahi dan salah satunya mati, kemudian gagak yang masih hidup menggali tanah dan gagak yang mati itu dikuburkan ke lubang dan ditimbuninya.

Melihat burung itu, akhirnya Qabil bisa menyembunyikannya dengan cara menguburkan mayat saudaranya. Hal tersebut menjadikan Habil adalah manusia petama yang meninggal dimuka bumi ini, dan saudaranya Qabil manusia pertama kali yang membunuh orang dimuka bumi.

Menurut riwayat Nabi Adam wafat sekitar pada usia seribu tahun dan setahun setelah itu istrinya Siti Hawa meninggal dunia. Beberapa riwayat mengatakan Nabi Adam dimakamkan berdekatan dengan Siti Hawa. Riwayat lain menjelaskan bahwa Nabi Adam di ciptakan pada hari Jumat, makan buah Khuldi dan diturunkan ke bumi pada hari jumat dan wafat juga pada hari jumat.

Sejarah Singkat Nabi Idris A.S

Nabi Idris mendapatkan 30 shahifah atau lembaran dari Allah yang berisi petunjuk-petunjuk dam perintahkan untuk menyampaikan kepada umatnya, yaitu anak cucu Qabil yang durhaka kepada Allah.

Nabi Idris adalah manusia pertama yang ahli dalam menulis dan membaca serta ilmu hitung, ilmu falak atau perbintangan, ilmu menjahit, dan ilmu berkuda serta dialah manusia pertama yang memerangi orang durhaka.

Nabi Idris merupakan manusia yang gagah berani dan seorang yang mempunyai kekuatan luar biasa sehingga bisa memerangi orang-orang yang durhaka. Allah memberikan gelar As Adul Usud Singa dari segala Singa) kepada nabi Idris, dan memberikannya derajat yang tinggi di sisi Allah.

Sebagian ahli tafsir mengatakan, bahwa nabi Idris ingin melihat alam ghaib dan akhirnya dikabulkan oleh Allah sehingga naiklah Nabi Idris ke langit.

Hat tersebut karena dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori, saat Nabi Muhammad dan Malaikat Jibril melewati suatu tempat saat malam Isra Mi’raj, Nabi Muhammad bertemu dengan sesorang dan bertanya kepada Malaikat Jibril “siapakah dia?” malaikat Jibril pun menjawab “dialah Nabi Idris“.

Sejarah Singkat Nabi Hud A.S

Nabi Hud adalah keturunan dari nabi Nuh yang diutus kepada kaum ‘Ad. Kaum ‘Ad adalah kaum yang hidup pada zaman dan mempunyai sifat sombong dan takabur karena mereka pandai membuat bangunan yang tinggi dan kokoh.

Karena hal tersebut dan karena kaum ‘Ad menyembah berhala maka mereka dibinasakan dengan angin yang sangat dingin dan sangat kencang. Allah menimpakan angin tersebut selama tujuh malam delapan hari. Karena itu maka kaum ‘Ad mati seperti batang pohon yang tumbang dan hancur, dan musnah karena azab dari Allah yang sangat dahsyat.

Dan hal tersebut karena sifat mereka dan kedurhakanya kepada Allah, tidak ada yang selamat kecuali nabi Hud dan para pengikutnya yang beriman kepada Alla, Setelah azab yang hebat itu terjadi maka kemudian Nabi Hud pindah tempat tinggal ke negeri Hadralmaut karena negeri kamu ‘Ad sudah hancur rusak dan binasa. Dia di negeri Hadralmaut hingga akhir hayatnya.

Pengertian nabi dan rasul - Inilah nama nama nabi dan rasul yang wajib Anda ketahau tentang Perbedaan , Sejarah, Kreteria yang wajib diimani seorang muslim.

Sejarah Singkat Nabi Saleh A.S

Nabi Saleh masih satu keturunan dengan nabi Nuh. Ia adalah anak Ubaid bin Jabir bin Tsamud, dan di perintahkan kepada kaum yang hidup pada waktu itu yaitu kaum Tsamud. Nama Tsamud berasal dari nama kakeknya yang bernama Tsamud bin Amir bin Iram bin Sam bin Nuh.

Nabi Saleh adalah keturunan keenam dari nabi Nuh. Kaum Tsamud menempati bekas negeri kaum ‘Ad yang sudah hancur, yaitu terletak diantara negeri Hijaz dan Syam disebelah tenggara Madyan. Mereka tinggal dibukit-bukit pegunungan .

Sama seperti kaum ‘Ad, Bangsa Tsamud ini hidup dengan penuh kebahagiaan, kesenangan dan kemakmuran. Tetapi mereka juga menyembah berhala seperti kaum ‘Ad, maka mereka juga mengalami adzab seperti kaum terdahulu..

Sejarah Singkat Nabi Ibrahim A.S

Nabi Ibrahim adalah anak Azar yang masih keturunan Sam bin Nuh. Pada waktu itu Raja Namrud yang berkusa dinegeri Mausul mempunyai undang-undang yaitu agar setiap anak lelaki yang lahir di negeri tersebut harus dibunuh. Namun berkat rahmat dari Allah maka nabi Ibrahim dapat lahir dengan selamat.

Orang tuanya menyembunyikan nabi Ibrahim didalam gua, dan atas seizin Allah Nabi Ibrahim dapat hidup meskipun tidak ada seorang pun yang merawatnya dan tidak ada binatang buas yang dapat mengganggunya. Apabila dia lapar dan haus, maka dia akan ujung jarinya dan keluarlah air susu dari jari tersebut.

Ketika usianya yang semakin dewasa, Nabi Ibrahim mulai bertanya-tanya, mengapa kaumnya menyembah berhala yang terbuat dari batu dan tidak mempunyai kekuatan untuk berbuat apa-apa, maka dia menentang perbuataan kaumnya itu.

Suatu hari, Raja Namrud dan para kaum tersebut pergi berburu, kecuali nabi Ibrahim. Maka Nabi Ibrahim masuk ke tempat ibadah mereka dimana disana terdapat berhala-berhala dan setelah itu dia menghancurkan semua berhala, kecuali satu berhala yang paling besar. Berhala yang paling besar itu dikalungkan kampak di lehernya, dimana kampak tadi digunakan untuk menghancurkan berhala-berhala kecil lainnya.

Pulang dari berburu dan Raja Namrud dan pengiringnya tahu bahwa berhala mereka di tempat ibadah telah hancur, maka mereka pun murka. Dan mereka pun menuduh Nabi Ibrahim yang melakukannya, karena dia yang berada di negeri itu sendirian dan dia juga yang paling gigih menentang penyembahan berhala. Nabi Ibrahim pun dihadapkan kepada raja Namrud.

Dengan murka Raja Namrud bertanya “Hai Ibrahim! Apakah kamu yang menghancurkan semua berhala-berhala itu?“

Tanpa ragu-ragu Nabi Ibrahim menjawab “ aku tidak menghancurkan berhala-berhala itu, tetapi berhala yang paling besar lah yang menghancurkan semua itu. Buktinya kampaknya tergantung di lehernya!“

Raja Namrud pun menjawab dangan kesal “tidaklah mungkin berhala besar itu bisa melakukannya?“

Nabi Ibrahim pun menjawab perkataan raja Namrud “jika kalian mengetahui bahwa dia (berhala besar) tidak bisa melakukan apapun, mengapa kalian tetap saja menyembah sesuatu yang tidak dapat memberikan kalian perlindungan?“

Hal tersebut membuat raja Namrud tambah murka dan memerintahkan ke tentaranya agar Nabi Ibrahim di hukum mati dengan cara dibakar. Tetapi Allah memperlihatkan kekuasaanya, yaitu dengan cara mendinginkan apinya dan menyelamatkan Ibrahim. Maka setelah api padam, Nabi Ibrahim keluar tanpa mengalami luka sedikitpun.

Saat menjalankan tugasnya, Nabi Ibrahim pertama kali berusaha untuk menyadarkan bapaknya agar tidak menyembah berhala lagi, dan tidak mengikuti jalan setan agar terbebas dari siksaan Allah. Tetapi bapak Nabi Ibrahim menolak dan menentangnya.

Karena tetap saja durhaka kepada Allah. maka Allah akhirnya menghukum raja Namrud dan pengikutnya dengan nyamuk yang sangat banyak jumlahnya. Nyamuk-nyamuk tersebut masuk dan menggigiti tubuh raja Namrud dan para pengikutnya, masuk ke dalam lubang telinga, hidung, dan semua mulut. Semua kaum yang ingkarpun akhirnya mati dengan siksaan tersebut.

Nabi Ibrahim mempunayi dua orang isteri, yaitu Siti Hajar dan Siti Sarah. Dari Siti Hajar Nabi Ibrahim memiliki keturunan yang bernama Ismail, sedangkan dari Siti Sarah Nabi Ibrahim memiliki keturunan yang bernama Ishak setelah Siti Sarah beusia lanjut.

Pengertian nabi dan rasul - Inilah nama nama nabi dan rasul yang wajib Anda ketahau tentang Perbedaan , Sejarah, Kreteria yang wajib diimani seorang muslim.

Sejarah Singkat Nabi Luth A.S

Nabi Luth merupakan saudara laki-laki Nabi Ibrahim. Dia diutus oleh Allah ke negeri Sadum saat ini bernama Palestina. Dahulu penduduknya sangat durhaka kepada Allah dan mempunyai perilaku yang buruk sekali.

Kaum tersebut membuat kebijakan yaitu memutuskan perkawinan antara manusia untuk mengurangi keturunan, saat itu laki-laki tidak mau mengawini perempuan, akan tetapi mereka lebih menginginkan bawha laki laki harus mengawini laki laki juga atau bahwa sekarang lebih dikenal dengan nama homoseksual.

Kedurhakaan mereka tak hanya itu mereka juga kerap merampok harta orang lain, menganiaya dan jika dinasehati dengan balasan siksaan Allah oleh nabi Luth, mereka akan menjawab “ berikanlah kami siksaan dari Allah itu wahai Luth, jika memang apa yang kau ucapkan adalah sesuatu yang benar“

Sebelum negeri Nabi Luth terkena azab dan dimusnahkan oleh Allah, ada beberapa Malaikat yang menyerupai laki-laki yang sangat tampan datang sebagai tamu ke rumah Nabi Luth. Karena kelakuan kaumnya, nabi Luth merasa takut jika kaumnya tahu akan kedatangan tamu-tamunya dan mereka akan mengganggu tamu-tamunya karena kelakuan kaumnya yang sangat keji.

Dan kebetulan kaumnya tahu dan mengintai tamu-tamu Nabi Luth itu, akhirnya merekapun segera datang ke rumah Nabi Luth, dan meminta nabi Luth untuk memberikan tamu laki-laki yang tampan itu untuk memuaskan hawa nafsu terkutuk mereka masing-masing.

Nabi Luth pun menolak seraya menjawab “Wahai kaumku, janganlah kalian mengganggu tamu-tamuku. Apabila kalian ingin memuaskan hawa nafsu kalian, biarlah aku carikan isteri wanita yang halal untuk kalian, dan mengapa engkau sekalian tidak berpikir?“

Umatnya pun menjawab “Hai Luth, bukankan kamu tahu bahwa kami lebih menyukai laki-laki dan tidak suka terhadap wanita“

karena telah melampaui batas maka negeri kaum Nabi Luth dimusnahkan oleh Allah tetapi sebelumnya Nabi Luth dan para pengikutnya yang telah beriman sudah berpindah ke daerah yang lebih baik dan mereka semua mendapatkan lindungan dari Allah.

Isteri Nabi Luth juga salah satu kaum yang tertinggal dan dibinasakan karena dia tidak mau untuk mengikuti nabi Luth.

Sejarah Singkat Nabi Ismail A.S

Nabi Ismail adalah anak pertam Nabi Ibrahim istrinya yang kedua yaitu Siti Hajar. Siti Hajar adalah seorang budak wanita yang diberikan oleh Raja Mesir kepada Nabi Ibrahim saat dia datang ke Mesir. Siti Hajar diberikan sejak kecil dan saat dewasa Siti Hajar diperistri oleh Nabi Ibrahim karena istri nabi ibrahim yang pertama tidak bisa memberikan keturunan.

Istri pertamanya yaitu Siti Sarah baru bisa mendapatkan anak saat usianya sudah lanjut, dan anak tersebut diberi nama Ishaq dan menjadi nabi. Seperti banyaknya wanita yang lain, Siti Sarah merasa kurang senang karena Siti Hajar dapat memberikan keturunan terlebih dahulu dari pada dirinya untuk Nabi Ibrahim.

Maka Nabi Ibrahim membawa Siti Hajar dan Ismail yang masih kecil ke negeri Mekkah yang saat itu masih berupa padang pasir yang kosong dalam belum di huni oleh manusia. Kemudian perintah Allah Nabi Ibrahim pun kembali ke negerinya Syam.

Suatu hari Siti Hajar kehabisan air untuk minum, dia sangat kehausan dan menggakibatkan air susunya habis sehingga Ismail pun menangis. Dia pun berusaha untuk mencari air, Siti Hajar berlari dari bukit Shafa ke Marwah tapi tidak menemukannya hingga 7 kali.

Setelah beberapa lama akhirnya Siti Hajar mendengar suara dari Malaikat Jibril yang menunjuk tempat yaitu bukit Shafa, disana Ismail dibaringkan sambil menangis dan menghentak-hentakan kakinya dan atas seizin Allah maka memancarlah mata air.

Siti Hajar pun cepat-cepat mengumpulkannya. Kemudian Malaikat Jibril pun berkata “Zam-Zam” yang artinya “Berkumpullah!” maka air yang memancar itu berkumpul dan menjadi telaga sampai saat ini yaitu telaga Zam-zam.

Sedangkan usaha Siti Hajar dalam mencari air dari bukit Shafa ke Marwah menjadi salah satu rukun dari ibadah Haji yaitu Sha’i, yaitu berjalan kaki atau lari-lari kecil dari Shafa ke Marwah tujuh kali. Dan ketika Nabi Ibrahim kembali ke Mekkah, dia melihat keadaan disana telah berubah menjadi desa yang subur.

Beberapa waktu setelah peristiwa itua Nabi Ibrahim bermimpi mendapatkan perintah dari Allah untuk menyembelih anaknya yaitu Ismail . maka dia pun mengatakannya kepada Ismail, anaknya yang sudah besar, dan Ismail pun menyetujuinya tanpa membantah.

Maka Nabi Ibrahim membaringkan Ismail ke sebuah batu untuk menyembelihnya. Dan saat itulah Allah menunjukan kuasanya yaitu dengan mengganti nabi Ismai dengan seekor biri-biri atau kibas yang besar. Karena kesabaran dan ketakwanya, Ismail pun diangkat menjadi Rasul oleh Allah.

Setelah itu Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail mendirikan Ka’bah atau Baitullah yang sekarang menjadi qiblat bagi umat islam sedunia dalam beribadah.

Setelah dewasa Nabi Ismail menikahi seorang wanita Jurhum. Suatu hari, Nabi Ibrahim berkunjung kerumah nabi Ismail dan disambut oleh menantunya. Karena menyaksikan menantunya wanita yang kurang berbudi, maka Nabi Ibrahim pun berkata ke menantunya “Jika nanti suamimu Ismail pulang dari berburu, maka ceritakanlah kepadanya, bahwa ada orang tua yang mempunyai ciri-ciri sepertiku datang berkunjung.

Dan katakanlah bahwa aku tidak menyukai bandur di rumahnya, dan katakan hendaklah ditukar dengan bandur yang lain” setelah itu Nabi Ibrahim pun pulang.

Setelah Nabi Ismail pulang dari berburu, istrinya menceritakan kedatangan Nabi Ibrahim dan lengkap dengan pesannya “dia adalah bapakku” kata Nabi Ismail. “dia tidak menyukaimu karena perilaku dan budi pekertimu yang kasar” setelah itu Nabi Ismail menceraikan istrinya.

Dan kemudian menikah lagi dengan wanita jurhum lainnya. Dan Nabi Ibrahim sangat senang dengan menantunya yang kedua. Dari pernikahannya itu Nabi Ismail dikaruniai oleh Allah anak yang berjumlah dua belas dan mereka semua menjadi pemimpin Arab Musta’ribah.

Nabi Ismail salah satu nabi yang dicintai Allah dan dia diutus ke negeri Yaman dan negeri Amliq untuk berdakwah ke umat disana supaya bertaqwa kepada Allah dengan cara menaati perintahnya dan meninggalkan semua larangannya.

Salah satu riwayat menyebutkan bahwa Nabi Ismail meninggal saat berusia 137 tahun di negeri Palestina. Walaupun ada sebagian riwayat lain yang menyebutkan Nabi Ismail meninggal dunia di kota Mekkah.

Sejarah Singkat Nabi Ishaq A.S

Nabi Ishaq adalah putra Nabi Ibrahim yang kedua dari isteri yang pertama yaitu Siti Sarah. Nabi Ibrahim tidak menduga, jika Siti Sarah akan melahirkan putra umut mereka sudah tua untuk mempunyai keturunan.

Tetapi karena rahmat Allah, maka suatu saat Malaikat memberikan kabar gembira kepada keduannya jika Siti Sarah akan melahirkan. Maka nabi Ibrahim pun memberi nama puteranya dengan nama Ishaq yang mempunyai arti tertawa.

Nama tersebut karena mengingatkan mereka akan kekuasaan Allah, dimana walaupun mereka sudah tua tetapi masih dapat memperoleh putra dan juga karena rasa gembira yang besar terutama bagi Siti Sarah.

Nabi Ishaq juga diangkat oleh Allah menjadi Rasul setelah dewasa dan menyeru umatnya untuk beriman kepada Allah . sebagian riwayat mengatakan bahwa Nabi Ishaq wafat pada usia 180 tahun di negeri Hibron.

Sejarah Singkat Nabi Ya’qub A.S

Nabi Ya’qub adalah anak dari Nabi Ishaq atau cucu dari Nabi Ibrahim, dia diutus oleh Allah untuk memimpin umatnya agar beriman dan hanya menyembah kepada Allah. Sebagian riwayat mengatakan bahwa dia diutus dinegeri Kan’an atau desa Nabulis.

Selain berdakwah Kehidupan Nabi Ya’qub sendiri ialah bertani dan berternak. Nabi Ya’qub mempunyai dua orang isteri yang masih bersaudara kandung yaitu Layya dan Rabil. Perkawinan dua orang isteri yang masih sekandung ini pada waktu dulu masih diperbolehkan karena Allah masih belum melarangnya.

Dia pun menikahi dua hamba sahaya milik Layya dan Rabbil yaitu Zulfah dan Balhah. Dari isteri-isterinya dia dikaruniai dua belas orang anak laki-laki, yaitu ;

Layya melahirkan : Rabin, Syam’un, Lawi, Yahuza, Yakasir dan Zebulon
Rahil melahirkan Yusuf dan Bunyamin

Rahil wafat ketika dia melahirkan Bunyamin saudara kandung Nabi Yusuf, dan dari hamba sahayanya yaitu Zulfah dan Balhah dia mendapatkan keturunan dua anak laki–laki.

Suatu hari Nabi Ya’qub mendapati mimpi dari Allah dan berupa wahyu Ilahi yaitu “Aku adalah Allah, tak ada Tuhan yang wajib disembah selain Aku, Aku adalah Tuhanmu dan juga Tuhan bapakmu, Aku telah mewariskan kepadamu dan semua keturunanmu bumi yang suci (Baitul Maqdis), dan Aku telah memberikan berkat dari padanya.
Sebagian riwayat menyebutkan bahwa Nabi Ya’qub wafat pada usia 147 tahun di negeri Mesir.

Sejarah Singkat Nabi Yusuf A.S

Nabi Yusuf ialah putra dari Nabi Ya’qub dan juga keturunan ketiga dari nabi Ibrahim. Nabi Yusuf mempunyaii saudara kandung dari ibunya yang bernama Rahil yaitu Bunyamin. Ketika Nabi Yusuf mulai beranjak dewasa, di suatu malam dia bermimpi yang menurutnya aneh, dia pun menceritakan mimpinya kepada ayahnya Nabi Ya’qub.

Nabi Yusuf pun berkata kepada nabi ya’qub “Ayah, semalam aku telah bermimpi, dan di dalam mimpi tersebut aku pun melihat matahari, bulan dan juga 11 bintang, setelah itu mereka semua bersujud kepadaku“

Nabi Ya’qub pun menjawab “wahai Anakku, janganlah kamu menceritakan mimpimu kepada saudara-saudaramu“
Nabi Ya’qub berkata demikian karena khawatir dengan keselamatan Nabi Yusuf dimana semua saudaranya iri kepada dia.

Ditambah lagi jika suatu saat nanti Yusuf akan diperdaya saudaranya, karena mimpin tersebut mempunyai arti yaitu kelak Yusuf akan menjadi orang yang mulia dan ternama serta kelak akan menjadi utusan Allah.

Sejarah Singkat Nabi Ayyub A.S

Nabi Ayyub merupakan putra dari Nabi Ishak . dia merupakan Nabi yang sangat kaya raya dan mempunyai banyak anak serta harta benda, bersifat pemurah hati pada setiap fakir miskin dan selalu membantu anak yatim. Tak hamya itu dia juga nabi yang terkenal dengan ketabahan dan kesabarannya.

Meskipun Nabi Ayyub mempunyai harta benda yang banyak tetapi dia tetap teguh beriman kepada Allah. Karena hal itulah maka setan ingin sekali untuk menggoda Nabi Ayyub agar menjadi hamba yang durhaka dengan menghilangkan semua harta bendanya dan semua anak-anaknya.

Pertama-tama setang mencobanya dengan memusnahkan semua harta Nabi Ayyub sehingga dia menjadi miskin, tetapi nabi Ayyub tetap sabar dan tabah. Kemudian setan mencobanya lagi dengan meninggalnya semua anak nya, dan tetap dia masih tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan tersebut.

Cobaan selanjutnya yang diberikan setan yaitu dia diberikan sakit kulit yang berat, sehingga semua kerabat dan keluarga menjauhinya dan ditambah lagi istrinya kesanyangannya bernama Rahmah meninggalkannya juga.

Karena hal itu Nabi Ayyub berniat akan memukul istrinya jika dia telah sembuh nanti. Dan atas kekuasaan Allah maka Nabi Ayyub dapat sembuh. Dan kepada Istrinya dia melaksanakan janjinya yaitu untuk memukul istrinya 100 kali.

Dia mengumpulkan lidi bejumlah 100 dan memukulkannya ke istrinya sekaligus dan dengan pelan. Nabi Ayyub tidak memukul istrinya secara berturut-turut 1 demi 1, tetapi langsung memukulnya secara sekaligus.

Istrinya sebenarnya wanita yang sholehah dan taat kepada Allah dan suaminya, tetapi dia meninggalkan nabi Ayyub karena terkena godaan setan. Berkat rahmat dan kasih sayang dari Allah mereka hidup dengan aman dan damai.

Sejarah Singkat Nabi Syu’aib A.S

Nabi Syu’aib merupakan salah satu dari keturunan Nabi Luth yang sholeh. Dia diperintahkan oleh Allah mendakwahkan syariat agama ke negeri Madyan atau perbatasan negeri Syam sekarang disebut dengan Palestina.

Kaum negeri sangat durhaka kepada Allah dan banyak yang meninggalkan ajaran Agama yang telah disampaikan oleh Nabi-nabi terdahulu. Tak hanya durhaka mereka juga kerap berbuat kejahatan kepada manusia, merampok harta orang lain, dan menipu atau mengurangi timbangan serta banyak kemungkaran lainnya.

Karena hal itulah Nabi Syu’aib bertugas untuk menyeru kaumnya untuk meninggalkan berhala dan hanya menyembah kepada Allah saja, tidak berbuat kejahatan dan meninggalkan kemaksiaatan, tetapi kaum Nabi Syu’aib tetap saja durhaka dan ingkar kepada ajaran yang telah diperintahkan kepada mereka. Akhirnya Allah pun menghukum mereka dengan bencana alam berupa petir dan gempa bumi.

Karena negeri Madyan telah hancur terkena bencana maka Nabi Syu’aib pun hijrah ke negeri Aikah, sama seperti kaum sebelumnya yaitu tetap ingkar dan tidak mau mengikuti ajaran yang dibawakan oleh Nabi Syu’aib maka Allah juga menghukum mereka semua dengan awan yang sangat panas dan dapat mengeluarkan api sehingga mereka semua binasa.

Sejarah Singkat Nabi Musa dan Nabi Harun A.S

Nabi Musa seorang nabi keturunan bani Israel yang masih bersaudara dengan Nabi Harun . Nabi Musa dilahirkan saat Raja Fir’aun yang memerintah di negeri Mesir saat itu. Saat Raja Fir’aun berkuasa dia mengeluarkan undang-undang yang sama dengan undang-undang Raja Namrud yaitu setiap bayi laki-laki yang lahir dari keturunan Bani Israil harus langsung dibunuh.

Raja Fir’aun sangatlah zhalim, selain membuat peraturan tersebut, dia juga mengakui dirinya sebagai Tuhan. Dan jika ada rakyat yang tidak mau menuruti perintahnya maka dia akan langsung dihukum mati.

Penyebab dia mengeluarkan tersebut karena, pada suatu malam Fir’aun mendapatkan mimpi bahwa negeri Mesir akan terbakar habis dan rakyat mesir banyak yang mati kecuali budak-budak Bani Israil. Karena merasa aneh Fir’aun memerintahkan para ahli nujum untuk menta’wilkan atau mengartikan mimpinya.

Ahli nujumnya mengatakan bahwa arti mimpinya yaitu bahwa pemerintahan Fir’aun akan jatuh dan negeri Mesir akan dikuasai oleh seorang laki-laki dari Bani Israil. Maka dari itu Raja Fir’aun langsung memerintahkan para tentaranya untuk memeriksa setiap rumah Bani Israel dan mengeluarkan undang-undang untuk membunuh setiap bayi laki-laki lahir dari Bani Israil.

Pada masa itulah Nabi Musa dilahirkan, karena terdapat peraturan demikian maka Allah menurunkan ilham kepada ibunya agar menghayutkan Musa yang masih bayi kesungai Nil dengan menggunakan peti.

Dengan kuasa Allah maka peti yang berisi bayi itu ditemukan oleh istri Fir’aun sendiri yang sedang mandi ditepian sungai Nill. Siti Asiah nama istri Fir’aun sangatlah gembira dan menunjukan bayi Musa itu kepada suaminya, Fir’aun.

Fir’aun sangat curiga kepada bayi itu karena dia berpikir bahwa bayi tersebutlah yang kelak meruntuhkan kerajaannya dan sangat ingin membunuhnya, tetapi hal tersebut dicegah oleh istrinya sendiri karena mereka belum mempunyai anak.

Beranjak dewasa nabi Musa dianugerahi oleh Allah pangkat kenabian, serta kecerdasan dan ilmu pengetahuan yang sangat banyak. Hingga Suatu hari, saat Nabi Musa berada didalam kota Mesir dan penduduknya tidak mengenali dirinya, dia bertemu dengan dua orang yang berkelahi, yaitu seorang Bani Israil dan seorang Qubti (rakyat Mesir).

Nabi Musa berusaha untuk mendamaikan keduanya tetapi si Qubti tidak mau dan malah menentangnya maka Nabi Musa memukul si Qubti dan dia langsung mati hanya dengan sekali pukulan.

Kejadian tersebutpun dirahasiaakan oleh Musa, tetapi suatu saat datanglah seorang lelaki yang memberitahukan kepada Musa bahwa para pemuka Mesir telah mengetahui bahwa Musa telah membunuh seorang Qubri dan bersepakat untuk membunuh Musa. Karena khawatir maka Musa keluar dari negeri Mesir.

Singkat cerita setelah keluar dari Mesir Nabi Musa betemu dengan Nabi Syu’aib, dan suatu hari Nabi Syu’aib berkata kepada Musa “Aku ingin menikahkanmu dengan salah satu putriku.

Tetapi dengan maskawin yaitu kau harus bekerja kepadaku selama delapan tahun tetapi terserah jika kamu ingin menggenapkan menjadi sepuluh tahun. Aku tidak akan memaksamu untuk menyetujui permintaahku”
Karena Musa mengetahui kenabian Nabi Syu’aib maka diapun menyetujui perjanjian, maka dia pun menikah dengan salah seorang putri Nabi Syu’aib.

Nabi Musa menerima kerasulaanya yaitu saat dia sedang dalam perjalanan malam dengan istrinya menuju ke Mesir dan dari kejauhan dia melihat api. Setelah melihatnya, Nabi Musa mendekati api tersebut, dan dia sangat heran karena api itu berada pada sebuah pohon, tetapi pohon tersebut tidak terbakar api sedikitpun.

Setelah itu Nabi Musa mendengar sebuah suara wahyu Illahi dari Allah. Peristiwa itu terjadi dibukit Thursina dan Nabi Musapun dianggkat menjadi Rasul dan menerima mukjizat dari Allah berupa tongkat yang dapat berubah menjadi ular jika dilemparkan serta tanganya yang dapat bercahaya putih.

Mukjizat itulah yang akan digunakanya melawan Fir’aun. Selain itu Allah juga mengangkat saudara Nabi Musa yaitu Harun menjadi Nabi untuk membantu Musa dalam melawan Fir’aun dan menyebarkan syariata agama kepada kaum mereka.

Setelah mendapat wahyu dari Allah maka Nabi Musa mendatanginya dan menyerukan agar beriman kepada Allah. Tetapi Fir’aun menolak dan memerintahkan para penyihirnya untuk melawan Musa. Saat itulah Musa melemparkan tongkatnya dan berubahlah tongkat tersebut menjadi ular yang sangat besar dan menelan semua ular-ular penyihir Fir’aun.

Menyaksikan mukjizat tersebut, maka mereka semua bersujud kepada Musa dan menyatakan beriman kepada Allah. Diantara orang-orang yang menyatakan beriman ada Siti Asiah yaitu istri Fir’aun sendiri. Karean banyak yang beriman maka murkanlah Fir’aun, dan dia menyiksa orang-orang yang beriman itu sampai menemui ajalnya.

Karena banyak pengikutnya yang disiksa maka Nabi Musa dan sebagaian pengikutnya lari meninggalkan mesir. Mereka pun dikejar oleh tentara-tentara Fir’aun. Waktu sampai di tepi pantai laut merah Nabi Musa memukulkan tongkatnya ke arah laut hal tersebut membuat laut merah terbelah menjadi dua.

Nabi Musa dan pengikutnya pun menyebrangi Laut Merah melalui tengah laut yang telah menjadi jalan darat. Sedangkan Fir’aun dan tentaranya terus mengejar, tetapi sampai dipertengahan laut, air laut kembali menjadi satu hal tersebut membuat binasa Fir’aun dan semua tentaranya.

Meskipun Fir’aun telah mati dan binasa dari muka bumi, tetapi masih ada rakyatnya yang kafir. Suatu waktu Nabi Musa ke bukit Thursina untuk menerima wahyu dari Allah selama 40 hari 40 malam, karena pengikutnya masih mempunyai keimanan yang lemah maka mereka dipercayakan ke saudaranya Nabi Harun .

Diantara para pengikutnya ada seorang yang bernama Samiri, dia adalah orang yang membuat patung sapi dari emas untuk menjadi sesembahan. Mulut patung sapi itu dimasukan tanah bekas kaki kuda Malaikat Jibril, sehingga patung sapi tersebut bisa berbicara.

Samiripun berkata “Hai kaumku! Patung inilah Tuhan yang patut untuk kita sembah!” pengikut Nabi Musa pun banyak yang percaya dan menyebabkan mereka tersesat dan menyembah patung sapi buatan samiri.

Saat Nabi Musa selesai mendapatkan wahyu dan kembali ke kaumnya, dia marah dan sedih melihat kelakuan kaumnya, diapun akhirnya mengusir Samiri dan membakar patung Sapi buatan samiri.

Umat nabi Musa tidak mau menyakini keberadaan Allah sebelum mereka dapat melihat Allah dengan jelas secara langsung, karena hal tersebut maka Nabi Musa memilih 70 orang laki-laki untuk pergi ke bukit Thursina agar dapat melihat langsung dia menerima wahyu Allah.

Tetapi saat mereka sampai disana petir langsung menyambar mereka dan semuanya langsung mati. Kemudian Allah membangkitkan mereka kembali. Nabi Musa wafat pada usia 120 tahun di padang Tih, dan saudaranya harun wafat terlebih dahulu.

Sejarah Singkat Nabi Zulkifli A.S

Nama asli Nabi Zulkifli yaitu Basyar, dia diberi nama Zulkifli karena sanggup mengemban amanat Raja. Dalam bahasa arab Zulkifli mempunyai arti yaitu orang yang mampu atau sanggup. Pada masa itu dinegeri diperintah oleh seorang Raja yang sudah tua dan tidak mempunyai anak.

Karena tidak ada yang dapat melanjutkna memegang amanah dan Raja juga sudah tidak dapat meneruskan kerajaanya maka diapun mengumpulkan rakyatnya, saat para rakyat sudah berkumpul maka Raja bertanya “diantara kalian Siapakah yang mampu untuk berpuasa pada siang hari dan beribadat pada malam hari, dan mampu menahan amarahnya?“

Maka Basyar pun menjawabnya “Aku mampu!“
Karena tidak ada seorang pun yang menyanggupinya. Maka secara otomatis kerajaan diberikan kepada Basyar dan dia diberi gelar Zulkifli, walaupun pada waktu itu dia masih berusia sangat muda. Nabi Zulkifli menjadi Raja yang taat dan bertakwa kepada Allah. Pada siang hari dia puasa dan saat malam hari dia beribadah.

Sejarah Singkat Nabi Daud A.S

Nabi Daud merupakan putra dari Yasa dan masih keturunan dari Bani Israil. Sejak meninggalnya nabi Musa Kaum Bani Israil sudah tidak mempunyai pemimpin yang bisa dipercaya lagi. Saat itu ada seorang Nabi yang bernama Syamuel yang memerintahkan untuk menggangkat pemimpin dari bangsa Israwl yaitu Thalut.

Pada waktu ada seorang Raja yang sangat kejam dia bernama Djalut. Maka Thalut berusaha untuk melakukan perlawan terhadap Raja Djalut yang terkenal kejam dan Zalim. Saat berperang Daud yang masih bocah diperintahkan oleh ayahnya untuk ikut pergi berperang dengan tiga saudaranya.

Saat akan berperang Daud tidak ingin membawa pedang ataupun senjata tajam lainyya dia malah membawa lima buah kerikil dan tali yang serupa cambuk. Singkat cerita nabi daud dapat membunuh Raja Djalut dan akhirnya dia menjadi raja bagi bangsa Israel setelah menggantikan.

Saat Thalut menjadi Raja Bani Israil dia terkenal bijaksana, dan saat Raja Thalut meninggal dunia maka nabi daud menggantikannya dab sekaligus menjadi Rasul. Diapun memimpin dengan bijaksana dan damai.

Allah juga memberikan dia dengan beberapa mukjizat, yaitu nabi Daud mempunyai suara yang sangat merdu. Dan apabila dia sedang membaca zabur maka bagi orang yang mendengarkan jika di sakit maka otomatis dia akan sembuh.

Sejarah Singkat Nabi Sulaiman A.S

Nabi Sulaiman adalah keturunan langsung dari Nabi Daud atau anak kandungnya. Dan dia mewarisi kerajaan ayahny saat masih sangat muda yaitu saat masih berusia 13 tahun.

Allah memberikan mukjizat kepada nabi Sulaiman dengan ilmu pengetahuan yang sangat tinggi pada dia dan dia pun diutus menjadi Rasul bagi umatnya agar merekan mau beriman kepada Allah SWT.

Sebagai Raja, dia terkenal dengan kekuasaannya yang sangat luas, dan mempunyai sifat yang berwibawa serta bijaksana terlebih lagi dia sangat menyayangi semua makhluk baik manusia, hewan, dan jin. Maka sebab itu dia mempunyai bala tentara berupa manusia, hewan dan jin.

Dia pun mampu untuk memerintahkan para Jin untuk mengumpulkan mutiara dari dasar lautan, untuk dijadikan perhiasan dan bahan bangunan para jin juga diperintahkan untuk mendirikan bangunan-bangunannya.

Sejarah Singkat Nabi ILyas A.S

Nabi Ilyas merupakan keturunan dari Nabi Harun . dia diutus untuk membuat Bani Israil bertakwa kepada Allah karena sebagian dari mereka ada yang durhaka dengan menyembah berhala yang benama Ba’al.

Karena banyak kaumnya yang menentang maka Nabi ILyas selalu dikejar-kejar untuk dibunuh. Saat pengejaran dia selalu bersembunyi di dalam rumah-rumah kosong. Denga kekuasaan Allah maka setiap dia bersembunyi di rumah yang kosong maka dia akan selalu mendapatkan makanan didalamnya.

Suatu ketika Nabi ILyas dikejar-kejar kaumnya, dan dia masuk pada rumah yang kosong di dalamnya ditemukan seorang anak yang saleh. Anak itu pun mengikuti ajaran Nabi ILyas dan diangkat dia sebagai anak nabi Ilyas. Dia adalah Nabi ILyasa yang kelak akan menjadi rasul dan mengantikan Nabi ILyas untuk berdakwah keumatnya.

Sejarah Singkat Nabi Ilyasa A.S

Nabi Ilyasa adalah anak kandung dari Akhtub bin Ayuz, tetapi karena dia ditemukan dalam rumah kosong sendirian oleh nabi Ilayas. Setelah Nabi ILyas meninggal Nabi Ilyasa meneruskan dakwahny yaitu untuk menyerukan kepada kaumnya untuk beriman kepada Allah.

Kaumnya pun mengikuti setiap ajaran yang diberikan oleh Nabi ILyasa sampai dia wafat. Namun setelah dia meninggal dunia, kaumnya kembali durhaka dan menyekutukan Allah.

Sejarah Singkat Nabi Yunus A.S

Nabi Yunus menjadi Rasul saat berusia 30 tahun. dia berdakwah kepada umatnya agar mau beriman kepada Allah tetapi dari sekian banyak umatnya hanya 2 orang saja yang mau mengikutinya.

Para umatnya tidak mau mengikuti ajaran yang telah di berikan, dan hal tersebut membuatnya merasa putus asa hingga akhirnya dia berdoa kepada Allah agar memberikan azab ke para umatnya.

Diapun berkata pada kaumnya “apabila kalian tidak mau mengikuti ajaran dan beriman kepada Allah , maka Allah akan memberikan kepada kalian azab yang pedih dalam jangka waktu 40 hari lagi” setelah berkata demikian maka dia pergi meninggalkan negeri dan tidak ada satupun dari kaumnya yang mengetahui kepergiaannya.

Karena Mendengar ancaman tersebut akhirnya kaum Nabi yunus pun sadar dan percaya. Mereka semua pun mencari Nabi Yunus, tetapi mereka tidak dapat menemukan Nabi Yunus. Mereka pun berbondong-bondong ke lapangan untuk memohon ampunan kepada Allah serta meminta agar diberi siksaan karena mereka telah menjadi hamba yang beriman kepada Allah SWT.

Nabi Yunus pun pergi ke tanpa tujuan yang jelas. Sampai akhirnya dia berada di pelabuhan yang terdapat kapal yang siap melayar. Lalu Nabi Yunus pun ikut naik keatas ke kapal tersebut. Tetapi sampai ditengah laut ada angin kencang dan badai yang membuat kapal kehilangan kendali.

Nahkoda kapal tersebut pun panik karena muatan terlalu banyak dan dia pun mengambil keputusan yaitu untuk melakukan undian bagi orang yang mendapat undian maka dia akan diceburkan ke laut. Saat undian dilakukan, Nabi Yunuslah yang mendapatkan undian tersebut maka diapun diceburkan ke laut dan seekor ikan Hiu besar langsung memakannya.

Nabi Yunus pun berdoa kepada Allah agar dikeluarkan dari perut ikan tersebut dan Allah pun menggabulkan doanya, maka nabi Yunus pun keluar dari perut ikan Hiu yang terdampar ditepi sungai negerinya. Kaum Nabi Yunus yang saat itu menunggunya pun menyambut dengan riang gembira. Maka Nabi Yunus dan kaumnya hidup dengan keberkahan karena taat kepada Allah SWT.

Sejarah Singkat Nabi Zakariya A.S

Nabi Zakariya merupakan anak laki-laki dari Barkhiya dan merupakan Nabi dari bangsa Bani Israil. Dia mendapat tugas dari Allah untuk menyakinkan kembali Bani Israil agar mereka hanya beriman kepada Allah semata.

Istrinya bernama Elisabeth, dan dia tidak mempunyai keturunan sampai tua. Elisabeth mempunyai saudara perempuan bernama Hannah. Dimana, Suami Hannah adalah seorang pemuka dari bani Israil dia bernama Imran sama dengan zakariya pasangan ini juga belum mempunyai keturunan. Akhirnya mereka berdoa kepada Allah agar diberikan keturunan.

Dalam doanya bereka bernazar jika kelak memperoleh anak, maka anak tersebut akan diserahkan seutuhnya hanya kepada Allah agar dia dapat mengabdi di Baitul Maqdis untuk menjaga dan memelihara rumah suci tersebut.

Karena ketakwaan mereka maka, Doa mereka dikabulkan oleh Allah. Lahirlah anak perempuan yang di beri nama Maryam. Tetapi ketika Maryam masih kecil ayahnya Imron meninggal. Maka banyak orang ingin mengasuh Maryam, dan diadakanlah undian, dan yang mendapat undian untuk mengasuh Maryam adalah Nabi Zakariya. Maka sejak itu Maryam diasuh sekaligus menjadi anak angkat Nabi Zakariya.

Maryam semakin beranjak dewasa dan dalam dirinya mulai nampak tanda kemuliaan. Sedangkan Nabi Zakariya bertambah tua tetapi belum juga mempunyai anak, terlebih lagi istrinyapun sudah tidak memungkinkan untuk memberikan keturunan, walaupun Nabi Zakariya sangat ingin untuk mempunyai putra.

Maka saat dia sedang beribadah, Malaikat Jibril datang dan memberi kabar gembira bahwa dia akan mendapatkan putra. Maka lahirlah anak dari nabi zakariya dan istrinya yang diberi nama Yahya. Setelah Yahya besar, dia juga menjadi rasul dan dia diutus oleh Allah untuk menjadi menuntun umatnya bani Israil agar hanya beriman kepada Allah berhenti melakukan kemaksiaatan.

Sejarah Singkat Nabi Yahya A.S

Nabi Yahya merupakan putra dari Nabi Zakariya. Nabi Yahya merupakan orang yang diberi hikmah oleh Allah sehingga dia sangat bertakwa kepada Allah. Dari kecil pun sudah menunjukan ketakwaannya yaitu dengan menjadi anak yang berbakti kepada ayah dan ibunya, tidak pernah sombong dan tak pernah durhaka.

Pada zamannya terdapat Raja yang memerintah sebuah kerajaan dan dia mempunayi keinginan untuk mengawini anak tirinya sendiri. Karena terdapat larangan dari Allah yaitu Ayah ataupun Ibu tidak diperbolehkan mengawini anak tirinya maka nabi Yahya pun melarang dan mencegahnya. Karena merasa dilecehkan Raja menjadi marah dab lalu membunuh Nabi Yahya.

Terdapat sebuah riwayat yang menyatakan yakni pembunuhan Nabi Yahya adalah suatu hal yang mustahil, karena Nabi Yahya adalah seorang utusan Allah sehingga dia akan dilindungi dan di jaga oleh Allah. Beberapa sumber mengatakan bahwa berita tersebut adalah karangan dan merupakan salah satu kebiasaan dari orang-orang bani israil yang suka merendahkan para Nabi Allah.

Sejarah Singkat Nabi Isa A.S

Nabi Isa adalah seorang nabi yang dilahirkan oleh seorang ibu tanpa seorang ayah di adalah anak dari wanita mulia yaitu Maryam yaitu anak Imran dan Hannah. Karena bernadzar sebelum melahirkannya maka oleh ibunya, Maryam diserahkan ke Baitulmaqdis untuk mengabdi disana dan Maryam salah satu wanita yang salehah bahkan namanya menjadi nama sebuah surat didalam al quran.

Suatu ketika, Malaikat Jibril mendatangi Maryam dan memberitahunya bahwa dia akan memdapat seorang anak laki laki yang saleh. Maryam sangat terkejut dengan berita tersebut, dia belum mempunyai suami maka diapun berpikiran bagaimana dia bisa mempunyai keturunan sedangkan di belum bersuami.

Begitulah kehendak Allah, Dia dapat membuat sesuatu yang tidak dapat dipikirkan oleh otak manusia, maka Malaikat Jibril pun meniupkan roh suci kedalam rahimnya, maka Maryam pun menjadi hamil.

Penderitaan yang dialami oleh Maryam sangatlah berat, di selalu dihina dan olok-olok oleh kaumnya karena dia dapat hamil tanpa seorang suami.

Terlebih lagi setelah bayinya (Isa) lahir, para kaum bani Israil bertanya dengan nada mengolok kepada Maryam “Maryam, bagaimana kamu bisa mempunyai anak? padahal kamu belum bersuami dan terlebih lagi kamua adalah seorang wanita yang shalihah. Bapak ibumu juga orang yang mempunyai budi pekerti baik pula, mengapa sekarang engkau berubah menjadi wanita mesum?”

Mendengar perkataan demikian, Maryam hanya terdiam dan memberi isyarat dengan menunjuk bayi yang masih kecil. Maka bani Israil pun menjadi heran dan bertanyalah mereka “dengan cara apa kami dapat bisa bicara dengan bayi itu ?“

Dengan kekuasaan dan kebesaran Allah maka Nabi Isa yang masih bayi tersebut dapat berbicara selayaknya orang dewasa. Untuk melindungi nabi Isa yang masih kecil dari pengaruh kaumnya maka Maryam pun memutuskan pindah ke negeri Mesir bersama dengan Yusuf Najar saudaranya.

Setelah hampir dua belas tahun tinggal di Mesir maka merekapun kembali ke negeri asalnya yaitu Syam. Dan saat usia 30 tahun, nabi Isa diangkat menjadi utusan Allah, untuk menyerukan syariat-syariat Allah untuk Bani Israil yang masih banyak berbuat maksiat.

Allah mengajaran kepada Nabi Isa Al-kitab, hikmah atau ilmu, kitab Taurat, dan kitab Injil. Dan allah memberikannya memberikannya beberapa mukjizat, yaitu :

1. Dapat membuat burung dari tanah.
2. Menyembuhkan orang buta.
3. Dapat menyembuhkan orang yang mempunyai penyakit kusta berat.
4. menghidupkan orang sudah mati.
5. dan dapat menurunkan makanan untuk kaumnya dari langit.

Dari sekian banyak bani Israil yang ada hanyalah dua belas orang yang pertama beriman kepada Nabi Isa yaitu murid murid nabi Isa yang dalam al quran mereka disebut dengan nama Hawari yang artinya sahabat-sahabat Nabi Isa.

Meskipun lama kelamaan pengikut Nabi Isa semakin bertambah banyak, semua pengikutnya mempunyai nama Nasara atau sekarang lebih dikenal dengan nama Nasrani. Suatu saat diantara murid-murid Nabi Isa ada yang murtad kepada Allah yaitu Yahuza Iskarius.

Tugas nabi Isa sangat berat di mendapat tantangan dari orang-orang kafir karena dia melaksanakan tugasnya yaitu untuk menegakan kebenaran Allah dan mengembalikan umatnya agar kembali beriman.

Tantangan keras dari orang-orang kafir ialah sangat ingin untuk membunuh nabi Isa, mereka pun mencari orang yang bisa menangkap Nabi Isa baik dalam keadaan mati ataupun hidup, bahkan mereka sanggup mebayar penangkap dengan upah yang sangat besar.

Karena ketamakan harta maka Yahuza Iskarius si murid murtad itu menyanggupi pekerjaan itu. Dia pun membuka rahasia dimana Nabi Isa berada. Akhirnya nabi Isa pun berhasil ditemukan oleh tentara-tentara kafir, saat dia sudah terkepung oleh tentara kerajaan Romawi yang saat itu diperintah oleh seorang raja kafir bernama Raja Hirdaus.

Dalam keadaan terdesak dan tersudut maka Allah pun mengangkat Nabi Isa ke alam yang tidak dapat diketahui oleh manusia (tempat mulia di sisi Allah) saat penganggkatan nabi Isa, dia berusia 33 tahun. Dan dengan kekuasaannya maka Allah mengganti nabi Isa dengan orang lain yaitu murid nya yang durhaka Yahuza Iskarius.

DijadikanNya mirip dengan Nabi Isa. Maka murid murtad inilah yang tertangkap dan kemudian disalib oleh tentara kafir.

Sejarah Singkat Nabi Muhammad S.A.W.

Nabi Muhammad adalah putra Abdullah sedangkan Ibunya yaitu Aminah, dia berasal dari suku Quraisy yang pada saat itu sangat terpandang kemuliaanya di Jazirah Arab. Nabi penutup Al Anbiya’ ini lahir hari senin 12 bulan rabiul awal atau tanggal 20 april 571 Masehi dikota Mekkah.

Ayahnya merupakan seorang pedagang atau saudagar yang mendanggangkan barang daganganya ke negeri Syam. Saat nabi masih dalam kandungan ibunya Aminah, dan ketika Ayahnya kembali dari Syam ke Mekkah, sampai di Madinah mendadak dia menderita sakit sehingga akhirnya meninggal dunia saat usianya masih sangat muda yaitu 18 tahun, dan langsung dimakamkan di kota tersebut.

Lahirnya Nabi Muhammad dalam keadaan yatim, terlebih lagi berada diantara masyarakat jahiliyah arab yang musyrik mereka kerap kali melakukan kemaksiatan seperti, memuja berhala, menindas kaum yang lebih lemah, mengambil hak orang lain secara paksa dan tak segan untuk membunuh, bahkan pada waktu itu wanita sangat direndahkan.

Kelahiran Nabi Muhammad bertepatan dengan serangan Raja Najasi yang beragama Nasrani dari negeri Shan’a atau sekarang lebih dikenal dengan negara Yaman, dia menggunaka bala tentara dari kumpulan para gajah, dan berada dibawah komando Abrahah dengan tujuan untuk menghancurkan Ka’bah.

Pada waktu itu Pembesar-pembesar Makkah dan Abdulmuthalib tidak mempunyai daya utnuk melawan Raja Abrahah yang sangat kuat terlebih lagi ditambah dengan alat-alat senjatanya yang pada saat itu mungkin tergolong sudah canggih pada masanya.

Maka Pembesar-pembesar Makkah yang memelihara Ka’bah berdoa kepada Tuhan agar memberikan perlindungannya kepada Ka’bah. Maka doa merekapun terwujud dalam surah al fill telah dijelaskan bahwa mereka dikalahkan oleh kumpulan burung-burung Ababil yang membawa batu dari neraka, maka hanya dalam sekejap kumpulan raja Abrahah pun mati semua.

Sesuai adat masyarakat jazirah arab yaitu bayi yang kecil disusui oleh wanita baduy yang berada di pedalaman aran, makaNabi Muhammad pun diserahkan oleh ibunya untuk disusui oleh wanita baduy. Pengasuhnya bernama Halimatu Sa’diyah. Dengan kekuasaan Allah maka selama dia menyusui Nabi Muhammad dia selalu mendapatkan rizki yang sangat berlimpah.

Singkat cerita nabi Muhammad pun dapat mengubah masyarakat Arab saat itu dan dapat mengembangkan Islam sepanjang sejarah Jazirah Arab, bahkan para penerusnya dapat menyebarkanluaskan agama Islam sampai saat ini.

Penutup

Demikian artikel agama yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah wawasan kita.

Sahabat sekian dulu ya? Lebih dan kurangnya kami mohon dimaafkan, yang benar datangnya dari Allah SWT Yang Maha Benar, dan yang salah, khilaf, atau keliru itu datangnya dari kami pribadi sebagai manusia biasa yang tidak pernah luput dari salah, khilaf dan dosa.

Pengertian nabi dan rasul

Leave a Comment

%d bloggers like this: