PENGERTIAN TOPOLOGI TREE : Kelebihan dan Kekurangan Update 2019

Pengertian Topologi Tree – Assalmualaikum sahabat saling amanah, bertemu lagi dengan kami saling amanah. InSyaAllah artikel yang kami sajikan menarik dan tentunya bermanfaat bagi kalian semua. Berbeda dengan penjelasan-penjelasan sebelumnya, kali ini saling amanah akan coba sedikit menjelaskan mengenai hal yang berkaitan dengan salah satu jenis topologi jaringan.

Nah, sahabat saling amanah kali ini kita akan bahas tentang topologi tree atau yang bisa juga disebut topologi pohon. Apakah kalian tau apa itu pengertian topologi pohon ? Untuk kalian yang belum tau atau yang ingin memperdalam lagi pengetahuan tentang topologi tree, yuk simak artikel ini sampai selesai. Budayakan baca sampai selesai ya agar kalian tidak salah paham.

Topologi ini merupakan jenis topologi yang paling banyak digunakan pada suatu jaringan lokal yang menggunakan banyak komputer.

Kalau kita lihat dari alur berjalannya jaringan topologi tree ini, jenis topologi ini merupakan gabungan dari topologi bus dan topologi star. Mengapa demikian ? Berikut Penjelasannya.

Pengertian Topologi Tree

topologi tree

pengertian topologi tree

Pengertian Topologi Tree –Topologi yang satu ini disebut dengan Topologi tree atau Topologi pohon dikarenakan bentuk jaringan yang menyerupai pohon. Topologi tree disebut juga gabungan dari topologi bus dan topologi star dikarenakan dalam penyusunannya topologi ini menggunakan topologi bus sebagai tulang punggungnya dan yang kemudian dihubungkan dengan beberapa topologi jaringan dengan jenis star.

Topologi tree juga dapat diartikan sebagai jenis topologi bertingkat, karena dalam penggunaannya topologi tree ini merupakan interkoneksi antar hirarki, yaitu hirarki rendah untuk lokasi yang rendah dan hirarki tinggi untuk lokasi yang tinggi.

Sebenarnya apasih hirarki itu ? Hirarki dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai suatu urutan tingkatan atau jenjang jabatan.

Jadi dalam topologi tree ini, setiap node rendah hanya dihubungkan dengan node rendah yang lainnya, sedangkan node yang tinggi hanya dihubungkan dengan node yang tinggi lainnya juga.

Topologi ini sangat memudahkan kita dalam melakukan kendali dan memanajemen data serta mendukung jaringan dalam skala yang besar.

Karakteristik Topologi Tree

Sahabat saling amanah, setiap jenis topologi memiliki ciri-ciri atau karakteristiknya masing-masing. Mengapa demikian ? Ya agar kita sebagai pengaamat ataupun pengguna mengetahui jenis topologi apa yang sedang digunakan. Nah sahabat saling amanah berikut ini merupakan beberapa karakteristik yang dimiliki oleh topologi tree.

  • Karakteristik yang pertama ialah, pada topologi tree memiliki satu kabel utama sebagai backbone. Apa itu backbone ? Backbone merupakan saluran yang ada pada jaringan tersebut. Yang kemudian backbone ini menjadi penghubung jaringan antara computer satu dengan computer yang lainnya.
  • Nah yang kedua seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa pada topologi tree, didalamnya memiliki hirarki atau tingkatan – tingkatan dalam jaringan. Ini menjadi karakteristik yang sangat melekat dengan topologi tree dan yang menjadi pembeda antara topologi tree dengan topologi yang lainnya.
  • Pada topologi tree juga memiliki HUB seperti yang ada pada topologi star. Namun, yang menjadi pembedanya ialah pada topologi tree HUB sangat berperan sebagai pusat data dan pengendali jaringan.
  • Komunikasi data yang dilakukan pada topologi tree ini haruslah melalui HUB atau pusat kendali.

Pada topologi tree terdapat kabel utama (backbone) yang menjadi penghubung antara HUB satu dengan HUB lainnya, yang didalam HUB tersebut terdapat beberapa client.

Kelebihan Topologi Tree

Dengan sistem yang ada topologi tree memiliki beberapa kelebihan yang dapat membantu kalian dalam mengolah jaringan pada suatu perusahaan atau lembaga yang sedang anda jalankan.

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang ada pada jenis topologi tree yang wajib kalian ketahui.

  • Topologi yang satu ini sangatlah mendukung pada jaringan yang mempunyai skala besar.
  • Topologi tree juga memiliki komunikasi secara point to point, nah karena hal tersebutlah sistem manajemen topologi tree yang menjadi unggulan sangatlah baik.
  • Kelebihan selanjutnya ialah, saat terjadi kerusakan atau isolasi pada jaringan, sangatlah mudah di identifikasi sehingga dapat dengan cepat diperbaiki.
  • Apabila salah satu client pada topologi tree ini mengalami kerusakan, maka client lain yang ada tidak akan mengalami gangguan.

Nah beberapa hal diatas merupakan kelebihan yang dimiliki oleh topologi tree.

Kekurangan Topologi Tree

Pengertian Topologi Tree –  Sahabat saling amanah, selain kelebihan topologi tree juga memiliki kekurangan yang patutnya kita waspadai dalam menggunakan topologi tree. Seperti topologi yang lainnya, topologi tree ini juga mempunyai beberapa kekurangannya.

Berikut ini merupakan kekurangan yang ada pada topologi tree yang wajib untuk sahabat saling amanah ketahui.

  • Seperti yang sudah kita bahas bersama-sama diatas, bahwa topologi tree ini mempunyai backbone sebagai kabel utama. Nah menjadi salah satu kekurangan topologi tree apabila backbone ini rusak dapat dipastikan bahwa semua jaringan yang terhubung akan mengalami kerusakan juga.
  • Selain backbone, apabila HUB juga rusak maka semua jaringan yang terhubung juga akan mengalami kerusakan.
  • Yang menjadi kekurangan topologi tree yang selanjutnya ialah apabila jaringan yang berada pada hirarki itu mengalami kerusakan atau gangguan, maka jaringan yang berada pada hirarki dibawah juga akan mengalami gangguan.
  • Biaya yang dibutuhkan dalam menggunakan topologi tree juga sangatlah mahal karena membutuhkan banyak kabel dan HUB yang digunakan.
  • Selain itu konfigurasi dan pemasangan pada topologi tree merupakan konfigurasi dan pemasangan yang paling rumit dibandingkan dengan topologi yang lain.
  • Dalam merawat dan menjaga stabilitasi jaringan topologi sangatlah sulit dilakukan, karena perancangan node yang sangatlah banyak dan rumit.
  • Karena semua jaringan harus melalui HUB terlebih dahulu, hal ini menyebabkan kinerja jaringan pada topologi tree ini sangatlah lambat.
  • Lalu lintas data juga akan semakin padat, dikarenakan hanya ada satu backbone yang berfungsi sebagai kabel utama. Karena kemungkinan besar tabrakan file atau yan disebut collision akan terjadi.

Jadi sahabat saling amanah, gambaran tentang topologi tree ini sangatlah rumit dalam penyusunannya. Bagaimana tidak, topologi ini merupakan gabungan dari 2 jenis topologi jaringan yang ada yaitu topologi bus dan topologi star.

Karena kerumitannya tersebut sehingga topologi tree atau topologi pohon in sangat sulit untuk di rawat, maka dari itulah jarang sekali topologi tree inin digunakan. Padahal apabila suatu perusahaan atau lembaga menggunakan topologi ini, banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh topologi tree ini.

Seperti yang sudah kita bahas diatas tadi tentang kelebihan topologi yang satu ini. Walaupun dapat menampung jaringan dengan skala yang besar, namun manajemen data pada topologi tree ini sangatlah baik. Jadi sangatlah aman bagi perusahaan-perusahaan besar.

Demikian sahabat saling amanah sedikit penjelasan kami mengenai topologi tree. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua, dan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kami. Terimakasih sudah membacanya sampai selesai.

Pengertian Topologi Tree