Rumah Adat Jawa Timur yang Wajib Anda ketahui !

Rumah Adat Jawa Timur yang Wajib Anda ketahui !

Rumah Adat Jawa Timur – Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai keberagaman mulai dari suku, adat, agama dan lain sebagainya. Dan salah satu kebudayaan yang populer di negeri ini yaitu rumah adat. Karena setiap daerah mempunyai rumah adat masing-masing dan berbeda-beda dengan daerah asing.

Rumah Adat Jawa Timur
Rumah Adat Jawa Timur / youtube.com

Setiap rumah adat mempunyai keunggulan dan keunikan tersendiri. Sehingga rumah adat dijadikan sebagai salah satu kebudayaan di indonesia, negara yang tercinta. Untuk melestarikan kebudayan, saat ini masih terdapat rumah adat yang digunakan oleh masyarakat setempat sebagai peninggalan bersejarah di daerahnya masing-masing.

Karena ada banyaknya rumah adat Indonesi maka pada kesempatan kali ini, admin hanya akan mengulas tentang rumah adat yang berada di Jawa Timur. Karena rumah adat di daerah tersebut masih kental dengan beragam filosofi masyarakat setempat.

Pengertian Rumah Adat Jawa Timur

Rumah Adat Jawa Timur
Rumah Adat Jawa Timur / rumahadatistiadat.blogspot.com

Rumah adat jawa timuran bernama joglo merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi Jawa Timur. Karena masih berdekatan dengan daerah Jawa Tengah maka rumah adat Jawa Timur mempunyai banyak kemiripan dengan rumah adat joglo dari Jawa Tengah. Yang mendekannya yaitu rumah adat ini mempunyai bentuk yang lebih minimalis tetapi cukup artistik.

Salah satu filosofi yang terkandung dalam rumah adat ini yaitu sanepan (bentuk komunikasi dengan memberikan tanda melalui bahasa kiasan atau hiasan artistektur yang mengandung beberapa makna oleh masyarakat jawa). Oleh karena itu rumah adat jawa timur ini sangat kental dengan kebudayaan leluhur terdahulu.

Rumah adat Jawa Timur atau rumah joglo umunya mempunyai bentuk seperti limas atau dara gepak. Kabupaten Ponorogo adalah kabupaten di Jawa Timur yang masih mempertahankan ciri khas rumah adat joglo karena disana masih banyak ditemukan rumah adat tersebut.

Dalam segi arsitektur atau bentuknya, rumah adat daerah Jawa Timur mempunyai banyak kesamaan dengan arsitektur rumah adat yang berada di daerah Jawa Tengah. Dimana rumah Joglo jawa tengah juga masih kental dengan berbagai filosofi. Bahan rumah joglo pada umumnya berasal dari kayu jati murni.

Pemilihan kayu jati sebagai bahan bangunan rumah joglo karena mempunyai kekuatan yang baik dan selain itu kayu jati juga bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan kayu jenis lain.

Bentuk rumah adat joglo lebih mudah dikenali dari atapnya, karena atapnya mengarah pada bentuk mengerucut atau seperti limas segi empat. Pembentukan atap seperti itu karena menggambarkan stilasi bentuk gunung. Stilasi yang berbentuk gunung memiliki makna untuk mendapatkan filosofi yang terdapat pada atap rumah joglo.

Bagian-bagian Rumah Adat Jawa Timur

Bangunan rumah joglo yang ada di daerah Jawa Timur mempunyai beberapa ciri khas dan fungsi masing-masing yang terkandung di dalam bangunan tersebut. Hal pertama yaitu rumah adat tersebut pada umumnya masih terbuat dari kayu jati. Kayu jati menjadi bahan utama rumah joglo sudah dari dulu atau sudah digunakan oleh masyarakat sebelumnya.

Bangunan rumah joglo memiliki dua ruangan utama yaitu ruang pendopo dan ruang belakang. Dan setiap ruangan mempunyai kegunaan berbeda-beda, 2 ruangan tersebut yaitu :

Pendopo | Rumah Adat Jawa Timur

Rumah Adat Jawa Timur
Rumah Adat Jawa Timur / notepam.com

Pendopo adalah istilah untuk bagian depan dari Rumah Joglo jawa timur, dan juga semua rumah joglo lainnya di Indonesia. Pendopo mempunyai ukuran yang cukup luas dan berada tepat di depan rumah dan biasanya digunakan untuk menerima tamu.

Kegunaan lain dari pendopo yaitu bisa digunakan untuk balai pertemuan antara masyarakat Jawa sebagai tempat untuk saling berdiskusi atau bermusyawarah untuk mencari mufakat mengenai acara adat ataupun suatu hajatan yang akan digelar.

Ruang Belakang | Rumah Adat Jawa Timur

Ruangan kedua yaitu ruang belakang dan pada umumnya biasa dipakai sebagai kamar tidur atau ruang dapur. Pembagian kamar setiap rumah adat joglo tergantung pembagian yang dilakukan oleh pemilik rumah tersebut dalam menentukan ruang kamar.

Dalam penyekatan antara satu kamar dengan kamar lainnya biasanya dibuat tidak memakai dinding dari semen tetapi menggunakan papan kayu.

Dalam setiap rumah baik rumah adat ataupun modern pasti memiliki ruangan yang terbagi-bagi seperti kamar tidur, ruang tamu, dan dapur, hal tersebut dilakukan untuk terciptanya rumah yang lebih tertata dan rapi

Ciri Khas Rumah Adat Jawa Timur Lainnya

Rumah Adat Jawa Timur
Rumah Adat Jawa Timur / gardenmatrial.com

Selain mempunyai dua ruangan utama, rumah joglo juga mempunyai beberapa hal yang menjadi ciri khas sendiri rumah tersebut. Ciri unik pertama yang dimiliki oleh rumah joglo yaitu pada bagian atapnya yang menjulang tinggi, terutama di bagian tengahnya. Dan pada bagian ujung atap biasanaya dihiasi dengan bebarapa dekorasi atap dari tanah liat dimana hal tersebut menjadi ciri khas dari rumah joglo.

Seseorang yang sebelum masuk keruang utama rumah adat jawa timur joglo maka dia akan menemui sebuah pintu yang memiliki hiasan atau oleh masyarakat jawa disebut selur gelung.

Hiasan pada pintu tersebut menurut kepercayaan para masyarakatdan adat Jawa Timur memilliki tujuan untuk menangkal hal-hal negatif yang ada di dalam rumah seperti santet ataupun jin.

Untuk ruangan kamar pada rumah joglo jawa timur mempunyai pembagaian khusus agar dapat lebih indah dan tertata rapi. Pembahasan mengenai kamar akan saya jelaskan dibawah ini.

Kamar Kanan | Rumah Adat Jawa Timur

Sesuai namanya ruangan kamar ini berada di tepat bagian kanan rumah adat joglo jawa timur. Biasanya para masyarakat daerah jawa timur khususnya situbondo menyebutnya dengan istilah sentong tengen. Pada bagian kamar ini terdapat dapur, pendaringan atau tempat menyimpan beras dan juga terdapat gudang yang biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan pertanian.

Kamar Tengah | Rumah Adat Jawa Timur

Ruangan kamar ini berada di tepat bagian tengah rumah adat joglo jawa timur. Biasanya para masyarakat daerah jawa timur khususnya di daerah Situbondo menyebutnya dengan istilah sentong tengah. Bagi masyarakat Situbondo ruangan tengah merupakan ruangan yang sakral. Karena pada bagian kamar tengah terdapat ukiran yang memiliki makna sebagai pendidikan rohani bagi penghuninya.

Hal yang lain yaitu di sakralkan karena pada zaman dahulu masyarakat masih terpengaruh oleh kebiasaan mistis dan terpengaruh oleh ajaran hindhu dan budha. Oleh sebab itu ruangan tengah pada rumah adat joglo selalu menyalakan lampu entah itu pada waktu siang hari ataupun malam hari.

Pada ruangan ini karena lebih berfungsi sebagai tempat istirahat maka pemilik menyediakan tempat tidur yang didalamnya terdapat kasur dilengkapi dengan bantal, guling, cermin dan sisir dari tanduk.

Kamar Kiri | Rumah Adat Jawa Timur

Kamar Tengah | Rumah Adat Jawa Timur

Seperti ruangan kamar lainnya, kamar ini berada di tepat bagian kiri rumah adat joglo jawa timur. Biasanya para masyarakat daerah Situbondo juga menyebutnya dengan istilah sentong kiwo. Pada umumnya masyarakat Situbondo menyebutnya dengan sebutan dengan sentong kiwo. Pada kamar ini juga biasanya ada dempil yaitu ruangan tidur untuk orang tua.

Selain ketiga kamar yang telah dijelaskan tadi, rumah adat Jawa Timur juga terkenal dengan dekorasi pada pintunya. Setiap pintu di rumah joglo mempunyai ukiran dan oleh masyarakat Jawa Timur diyakini dapat melindunggi dari berbagai hal-hal buruk yang dapat menimpa anngota rumah tersebut.

Contoh Gambar Rumah Adat Jawa Timur

Rumah Adat Jawa Timur
Rumah Adat Jawa Timur / stickraft.blogspot.com
Rumah Adat Jawa Timur
Rumah Adat Jawa Timur / karyapemuda.com
Rumah Adat Jawa Timur
Rumah Adat Jawa Timur / karyapemuda.com

Rumah Adat Jawa Timur

Leave a Comment

%d bloggers like this: