34+ Rumah Adat Provinsi Tradisional Indonesia Lengkap Deskripsi

34+ Rumah Adat Provinsi Tradisional Indonesia Lengkap Deskripsi

Rumah Adat Indonesia – Sebagai rakyat negara Indonesia pasti kita tahu Negara tercinta ini mempunyai bermacam-macam adat dan budaya yang sangat luar biasa dan tidak akan pernah ditemui di Negara manapun. Dan yang masih lestari di Indonesia dari dahulu hingga sekarang adalah adat istiadat yang berupa rumah adat.

Rumah Adat Indonesia

Rumah Adat
moondoggiesmusic.com

Rumah adat yang ada di Indonesia yang berada di setiap provinsi mempunyai desain dan arsiterktur bangunan berbeda-beda antara satu sama lain. Rumah adat setiap daerah dibuat oleh para nenek moyang zaman dahulu diman setiap rumah mempunyai desain dan arsitektur yang disesuaikan dengan kebutuhan, wilayah, adat istiadat dan budaya.

Daftar Rumah Adat Lengkap

Ada sekitar puluhan jenis rumah adat di Indonesia yang mempunyai bentuk dan ciri khas yang berbeda antara lainya. Hal tersebut adalah bentuk adanya jiwa kreatifan dan keserasian yang tinggi yang dimiliki masyarakat Indonesia sejak dahulu.

Sebagai generasi penerus bangsa yang hidup di era modern seperti sekarang ini, kita diwajibkan untuk bisa menjaga dan melestarikan adat dan budaya yang telah ditinggalkan oleh para nenek moyang kita dahulu.

Apakah kamu tahu macam-macam rumah adat yang ada di negara kita? Jika tidak maka inilah kumpulan rumah adat yang ada di Indonesia terlebih lagi jika anda seorang pelajar!

Rumah Adat Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Rumah Adat
garisdesain45.blogspot.com

Rumah adat yang pertama saya jelaskan adalah rumah adat yang ada di Naggroe Aceh Dasussalam yaitu rumah adat Krong Bade. Rumah ini mempunyai ciri khas yakni mempunyai jumlah tangga yang selalu ganjil yang berada di depan sebagai jalan masuk ke dalam rumah, tangga yang berjumlah ganjil adalah hal yang wajib dimiliki oleh rumah adat Krong Bade.

Menurut kepercayaan masyarakat Aceh, karena tangga yang ganjil dapat memberikan perlindungan bagi pemilik rumah. Rumah adat Krong Bade mempunyai bentuk rumah yang memanjang dari arah barat ke timur, sedangkan atap rumah tersebut mengunakan daun rumbia sebagai penutup rumah, daun tersebut memberikan kesan rumah yang sederhana dan jauh dari kemodern seperti sekarang ini.

Untuk lantainya sendiri menggunakan bambu dan dinding rumahnya dipenuhi oleh hiasan atau lukisan dari kayu. Karena keunikan rumah adat krong bade banyak turis asing yang datang ke aceh untuk melihatnya.

Rumah Adat provinsi Sumatera Utara

Rumah Adat
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Rumah adat yang ada di provinsi sumatera utara biasa disebut dengan rumah adat bolon, bolon adalah rumah adat yang mempunyai beragam jenis seperti rumah bolon toba, rumah bolon simalungun, rumah bolon angkola, rumah bolon pakpak, rumah bolon karo dan rumah bolon mandaling.

Walupun masih bernama rumah bolon tetapi jenis rumah adat tersebut memiliki desain yang sedikit berbeda satu sama lain. Tetapi setiap rumah adat bolon memiliki ciri khas yang sama yaitu mempunyai bentuk panggung, mempunyai tiang bergaris di bagian tengah sebagai penyanggah, untuk rumah bolon simalungun memillik dinding yang dipenuhi oleh hiasan ornamin berwarna putih, hitam dan putih.

Rumah Adat Provinsi Sumatera Barat

Rumah Adat
fantasiholidays.com

Untuk daerah Sumatera Barat rumah adatnya mempuunyai begojang atau godang atau lebih dikenal dengan nama rumah gadang. Rumah gadang termasuk rumah adat yang unik, walaupun terlihat sangat elegan tetapi jika dilihat lebih seksama maka rumah gadang termasuk sederhana.

Keunikan yang dimiliki rumah gadang yaitu terletak dibagian atapnya yang mirip dengan dengan tanduk kerbau dan terbuat dari anyaman ijuk yang dibuat semirip mungkin. Seperti rumah adat lainya Rumah gadang tidak hanya

Dijadikan tempat tinggal bagi masyarakat Sumatera Barat.
Tetapi juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai tempat untuk merawat keluarga yang sakit, tempat untuk upacara adat, dan sebuah lambang adat bagi masyarakat sumatera barat.

Rumah Adat Provinsi Riau

Rumah Adat
rumahkris.blogspot.com

Rumah adat selanjutnya yaitu rumah Melayu Selaso yakni Rumah adat kepunyaan provinsi Riau. Rumah ini mempunyai ciri khas yang hampir sama dengan beberapa rumah adat lain yaitu rumahnya berbentuk panggung atau terdapatnya kolong di bawah bangunan. Tiangnya mempunyai bentuk persegi panjang

Rumah Adat Belah Bubung Rumah Adat Kepulauan Riau

Rumah Adat
satujam.com

Rumah adat di indonesia rumah adat kepulauan riau belah bubung, rumah adat selanjutnya bernama belah bubung yaitu rumah adat yang masih satu wilayah dengan riau yaitu dari kepulauan riau. Karena masih satu wilayah dengan riau maka rumah adar belah bubung mempunyai bentuk yang sama dengan rumah melayu selaso yaitu berbentuk panggung, yang membedakan yaitu tambahan variasi pada atap rumah tersebut.

Rumah Adat Tradisional Banten

Rumah Adat
rumahadatdiindonesia.blogspot.com

Rumah adat dari provinsi banten yaitu rumah badui, badui sendiri ialah suku yang menempati wilayah banten khususnya di pelosok ujung kulon atau di daerah pedesaan provinsi tersebut. Rumah badui juga mempunyai bentuk panggung dengan beberapa tiang penopang dibawahnya.

Atapnya sendiri menggunakan bahan dari rumput ilalang, dindingnya menggunakan anyaman bambu yang disusun membentuk persegi atau biasa disebut gedhek bagi masyarakat jawa.

Rumah Adat Provinsi Jambi

Rumah Adat
moondoggiesmusic.com

Rumah adat jambi sering disebut dengan nama kajang leko, untuk saat ini mungkin jika anda mendatangi provinsi jambi maka Rumah adat Provinsi Jambi kajang leko akan sulit untuk di jumpai karena masyarakat Jambi lebih suka membangun rumah dengan desain bangunan dan arsitektur yang lebih modern.

Ciri khas yang dipunyai rumah adat Provinsi Jambi adalah mempunyai bentuk yang lurus memanjang sehingga nama lain rumah adat tersebut adalah rumah adat Panjang. Rumah adat jambi mempunyai coraka yang berbeda dengan tempat lain sehingga mampu untuk membedakan keunikan rumah adat jambi dengan rumah adat wilayah lain.

Rumah Adat Provinsi Sumatera Selatan

Rumah Adat
moondoggiesmusic.com

Sumatera selatan mempunyai rumah adat yang bernama limas, seperti namanya atap rumah adat berbentuk limas sagi empat, fungsi rumah adat Limas lebih digunakan untuk tempat berkumpul masyarakat jika ada rapat atau suatu pembahasan yang penting daripada digunakan untuk tempat tinggal. Lantai sendiri mempunyai desain bertingkat-tingkat.

Rumah Adat Provinsi Bangka Belitung

Rumah Adat
meandyouculture.blogspot.com

Bangka belitung mempunyai rumah yang hampir sama dengan rumah adat yang ada di pulau sumatera yaitu rumah berbentuk panggung. Tetapi hal yang membuatnya unik yaitu ada satu adat melayu dimana melarang pemilik rumah untuk mengecat rumahnya, sehingga membuat rumah terlihat kusuh. Tetapi hal tersebutlah yang membuat rumah adat ini mempunayi daya tarik tersendiri

Rumah Adat Provinsi Bengkulu

Rumah Adat
moondoggiesmusic.com

Dengan nama Bubungan Lima, provinsi bengkulu memiliki rumah adat yang mempunyai ciri khas yang tidak kalah unik dibandingkan dengan rumah adat yang ada di provinsi lain, walaupun model rumah adat bubungan lima sama dengan beberapa rumah adat di indonesia yaitu berbentuk rumah panggung.

Yang membuatnya Unik, yaitu pada pemilihan kayu yang digunakan untuk penyangga rumah Bubungan lima, masyarakat bengkulu seringnya memilih kayu Medang Kemuning. Karena menurut kepercayaan masyarakat sekitar bahwa Kayu Medang Kemuning mempunyai kemampuan untuk menguatkan bangunan rumah sehingga tidak mudah roboh.

Rumah Adat Provinsi Lampung

Rumah Adat
ejudy.duckdns.org

Mungkin karena masih satu pulau (sumatera) dengan rumah adat yang lain yang mempunyai bentuk panggung maka rumah adat provinsi lampung juga mempunyai bentuk panggung. Untuk nama rumah adatnya sendiri bernama nowou sesat. Yang membuatnya unik yaitu pada ornamen khas lampung yang terdapat pada rumah ini.

Pada zaman dahulu rumah nowou sesat mempunyai ukuran yang cukup besar, tetapi karena adanya perubahan zaman maka masyarakat sekarang lebih memilih untuk membangun dengan ukuran yang lebih kecil.

Rumah Adat provinsi DKI Jakarta

moondoggiesmusic.com
moondoggiesmusic.com

Rumah adat selanjutnya yaitu dari ibukota negara kita, DKI jakarta. Jakarta mempunyai rumah adat yang bernama rumah adat kebaya, bentuk atapnya seperti pelana yang terlipat rapi dan apabila dilihat dari samping maka akan terlihat lebih indah. Hal lain yang membuatnya unik yaitu ornamen khas betawi yang menghiasi rumah tersebut sehingga membuatnya berbeda dengan rumah adat lain.

Rumah Adat Jawa Tengah

Rumah Adat
moondoggiesmusic.com

Rumah adat Masyarakat Jawa yang palilng terkenal adalah Rumah adat joglo. Rumah adat joglo menjadi rumah adat bagi provinsi jawa tengah dan jawa timur, walaupun banyak kesamaan tetapi ada sedikit perbedaan dalam rumah joglo jawa tengah dan jawa timur, yaitu tidak adanya ruang pringitan (tempat untuk memainkan wayang) di rumah joglo jawa timur.

Kesamaanya yaitu jika kita memasuki rumah adat tersebut, maka didalamnya kita akan menjumpai satu ruangan yang ada di depan yaitu pendopo. Fungsinya untuk menyambut dan sebagai ruang tamu. Ornamen jawa yang ada di sisi rumah juga adalah salah satu hal yang membuatnya rumah tersebut menjadi lebih unik.

Rumah Adat provinsi daerah Istimewa Yogyakarta

Rumah Adat
sahabatnesia.com

Wilayah yang berada tepat diantara provinsi jawa tengah dan jawa timur ini memiliki rumah adat bernama rumah Bangsal Kencono, rumah Bangsal Kencono sendiri adalah rumah pada zaman dahulu digunakan untuk tempat tinggal raja-raja dan para pejabat kerajaan yang ada di tanah jawa. Saat ini rumah adat tersebut juga menjadi kraton daerah istimewa kerajaan Yogyakarta.

Karena dijadikan sebagai kraton maka tak pelak rumah Bangsal Kencono memiliki desain yang terkesan mulia karena hanya digunakan oleh orang-orang mulia pada zaman dahulu. Ciri khas rumah Bangsal kencono yaitu memiliki corak ornament yang khas dimana didalamnya terdapat nilai kehidupan alam semesta.

Rumah Adat Provinsi Jawa Timur

Rumah Adat
moondoggiesmusic.com

Sama dengan rumah adat yang ada di jawa tengah, rumah adat jawa timur mempunyai nama rumah joglo, hal yang membedakan antara keduaanya yaitu terletak dari ukuran dan desain. Ukuran rumah adat joglo jawa timur lebih minimalis dan desainnya pun lebih artistik daripada rumah joglo yang ada di provinsi jawa tengah ditambah lagi dengan kentalnya kebudayaan leluhur didalamnya.

Rumah Adat Provinsi Bali

Rumah Adat
moondoggiesmusic.com

pulau bali atau provinsi bali mempunyai rumah adat yang nama Gapura Candi Bentar. Rumah adat bali mempunyai bentuk menyerupai pura hindu dan di depan rumah adat tersebut terdapat gapura. Rumah adat gapura candi bentar sering digunakan untuk upacara besar sehingga jika kita memasukinya didalamnya masih kental dengan nilai budaya dan agama hindu.

Sampai saat ini rumah adat gapura candi bentar masih mudah ditemui di pulau bali. Maka jika anda ingin melihat rumah adat Gapura Candi Bentar secara langsung berkunjunglah ke Bali karena masyarakat disana sangat menjaga rumah adat tersebut.

Rumah Adat Provinsi NTB

Rumah adat selanjutanya yaitu rumah istana sultan sumbawa. Rumah asli suku daearah NTB ini di bangun dengan desain dan arsitektur yang unik sehingga tidak dapat ditemui di daerah lain. Suku asli daerah ntb yang ikut serta dalam pembagunan atau yang biasa menggunakan rumah adat ini yaitu suku sumbawa, suku dongu, suku sasak, dan suku dompu.

Rumah Adat Provinsi NTT

Rumah adat yang ada di daerah nusa tenggara timur mempunyai ciri khas yaitu berbentuk kerucut dengan atapnya dari daun lontar. Karena keunikanya rumah Mbaru niang ( nama rumah adat nusa tenggara timur ) mendapat penghargaan dari Unesco yaitu sebagai salah satu warisan dunia.

Jumlahnya sendiri sekarang hanya ada 7 rumah. Karena kelangkaanya itulah pihak unesco memberikan penghargaan, walaupun sekarang masyarakat nusa tenggara timur sudah memilih rumah modern tetapi sebagai warga yang mencintai budayanya maka kita diharusakan untuk terus melestarikan dan menjaganya.

Rumah Adat Provinsi Kalimantan Barat

Rumah yang lebih dikenal dengan nama rumah adat kesultanan Pontianak ini mempunyai desain dan arsitektur yang elegan. Ukurannya juga bisa dibilang besar karena dapat ditempati oleh banyak orang, dan juga karena rumah ini mempunyai corak dinding yang unik dan terkesan mewah di dalamnya.

Pada zaman kerajaan zaman dahulu Rumah Kesultanan Pontianak diikhususkan untuk tempat bertemunya para pejabat kerajaan. Jika anda ingin lebih mengetahui lebih lanjut tentang keindahan rumah adat kesultanan pontianak, Anda bisa menemukannya ketika berkunjung ke daerah Pontianak karena disana masyarakatnya masih menjaga rumah adat tersebut.

Rumah Adat Kalimantan Tengah

Rumah adat daerah kalimantan tengah termasuk unik karena memiliki desain bangunan yang memanjang, karena panjangnya bisa sampai 200 dan dapat ditempati 30 sampai 35 kepala keluarga, ruangan dalam rumah ini juga ada sekitar 50 ruanagan. Rumah adat ini oleh suku asli kalimantan tengah yaitu suku dayak.
Rumah Adat Kalimantan Selatan

Walaupun masih dalam satu pulau Kalimantan, ternyata masing-masing rumah adat setiap provinsi memiliki rumah adat yang bentuknya berbeda antara satu dengan yang lainnya. jika rumah adat kalimantan tengah dihuni oleh masyarakat banyak dan kalangan biasa, maka rumah adat di Kalimantan Selatan dihuni oleh suku Dayak Selatan atau banjar yaitu suku asli daerah Kalimantan selatan. Rumah adat ini bernama bubugan

Rumah Adat Provinsi Kalimantan Timur

Tak kalah dengan provinsi lain Kalimantan Timur juga memiliki rumah adat yang sangat unik. Bahkan menurut pendapat beberapa orang rumah adat Kalimantan Timur mempunyai desain dan arsitekrur yang lebih mencolok dan menarik dibandingkan dengan rumah adat yang di daerah Kalimantan lainnya. Yang lebih menarik lagi rumah adat bernama lamin ini adalah rumah adat terbesar pertama di Indonesia. menarik sekali bukan?

Rumah Adat Kalimantan Utara

Dibandingkan dengan rumah adat yang ada di kalimantan yang lebih menonjol dari segi ukuran, maka rumah adat Kalimantan Utara lebih menonjolkan di sisi keindahan bangunan yang ekskotik. Karena keindahannya, rumah adat Kalimantan Utara yaitu rumah Baloy ini sering dijadikan sebagai mascot daerah untuk menarik wisatawan. Keindahan rumah Baloy ini terlihat pada ornament dan desain dinding.

Rumah Adat Sulawesi Barat

Seperti kebanyakan rumah adat yang lainya rumah adat dari sulawesi barat yang bernama rumah boyang ini berbahan utama dari kayu-kayuan. Ciri khas unik dari rumah ini yaitu berbentuk panggun dengan tangga dibagian depan dan belakang, tangga tersebut pun harus mempunyai jumlah yang ganjil seperti 7, 9, 11 sampai 11. Dengan pegangan disebalah kiri dan kanan.

Rumah Adat Sulawesi Tengah

Rumah adat yang berada di sulawesi tengah ada 2 yaitu rumah souruja dan rumah tambi, rumah souruja lebih banyak digunakan untuk para bagsawan, sebaliknya rumah tambi biasanya banyak digunakan untuk kalangan menengah ke bawah pada zaman dahulu.

Fungsi rumah tambi sebagai tempat tinggal juga menjadi tempat multifungsi bagi masyarakat setempat, hal itu karena ruangan rumah ini berbeda dengan rumah adat yang lain. Jika rumah adat lain mempunyai beberapa ruangan dalam satu rumah maka rumah ini hanya mempunyai satu ruangan saja sehingga dapat digunakan untuk berbagai fungsi.

Rumah Adat provinsi Sulawesi Utara

rumah adat Sulawesi Utara dibangun oleh Suku Minahasa suku asli sulawesi, rumah adat ini lebih menonjolkan desain ukirnya yang sangat indah dan luar biasa. Rumah ini berbentuk seperti rumah panggung yang memiliki dua tangga di bagian luarnya, hal yang unik dari rumah adat Sulawesi Utara yaitu seluruh bahan dasar menggunakan kayu. Nama rumah adat Sulawesi Utara yaitu Walewangko atau Pewaris.

Rumah Adat provinsi Sulawesi Tenggara

Rumah adat di sulawesi tenggara selanjutnya yaitu rumah adat Malige yang berasal dari Sulawesi Ternggara, ciri khas dari rumah adat ini yaitu mempunyai karakteristik desain yang baik dan unik. Yang lebih unik rumah adat ini dibangun tanpa pasak dan kayu, rumah ini menggunakan teknik kontruksi kayu kait sehingga tidak membutuhkan pasak ataupun paku.

Rumah Adat Provinsi Sulawesi Selatan

rumah adat dari daerah sulawesi selatan bernama tongkonan. Bentuknya seperti perahu dengan bentuk lancip pada bagian atapnya dan pada setiap depan rumah pasti terdapat tanduk kerbau sebagai hiasan rumah. Masyarakat toraja adalah masyarakat yang menghuni rumah adat tongkonan.

Rumah Adat Provinsi Gorontalo

Rumah Adat
moondoggiesmusic.com

Doholupa adalah Rumah adat Provinsi Gorontalo. Bangunanya mempunyai bentuk rumah panggung yang sangat menarik. Semua bagian rumah adat gorontalo menggunakan bahan kayu asli. Karena menggunakan kayu rumah adat Doholupa bisa menjadi sangat kuat dan sanggup bertahan puluhan tahun lamanya.

Rumah Adat Provinsi Maluku

Rumah Adat
moondoggiesmusic.com

Memasuki daerah Indonesia timur, rumah adat yang pertama akan saya jelaskan adalah rumah adat dari maluku yaitu rumah adat Baileo. Karena di Maluku terdapat bermacam agama maka rumah adat Balieo menjadi lambang kemajukan agama yang ada di Maluku.

Ciri khas rumah adat Baileo yaitu mempunyai ukuran yang besar karena pada zaman dahulu rumah di fungsikan untuk tempat musyawarah sesepuh dan tempat hiburan untuk masyarakat desa. Ciri khas lainya yaitu mempunyai satu ruangan khusus untuk menyimpan benda pusaka atau benda keramat yang diyakini suci oleh masyarakat setempat, dan tak sembarang orang boleh masuk.

Rumah Adat Provinsi Papua

Rumah Adat
moondoggiesmusic.com

Rumah adat Pulau Papua termasuk salah satu rumah adat yang tergolong sederhana, coba anda bayangkan saja bahan utama pembuatan rumah adat ini hanya dari ilalang dan juga kayu. Rumah mempunyai karakteristik arsitektur dan ciri khas yang unik yaitu ukuran rumah ini bisa dibilang tampak minimalis dan juga sempit.

Hal itu disebabkan sebagian besar masyarakat papua tinggal di daerah pegunungan atau di daerah yang mempunyai dataran tinggi, maka dari itu suhu di Papua sangat dingin, karena faktor tersebutlah rumah adat papua sengaja tidak dibuat tanpa jendela supaya didalam tetap terjaga suhunya.

Rumah Adat Provinsi Papua Barat

Rumah Adat
moondoggiesmusic.com

Hampir sama dengan rumah adat papua, rumah adat provinsi papua barat juga mempunyai ukuran yang minimalis, Rumah adat papua barat bernama rumah Honai, rumah ini mempunyai bentuk yang unik yaitu seperti jamur yang bersebaran di tanah. Sama dengan rumah adat sebelumnya rumah adat berbahan utama dari kayu dan ilalang yang tersusun padat dan rapi.

Pentingnya Mengetahui Rumah Adat di Indonesia!

Mengetahui beragam rumah adat yang ada di negara kita adalah salah satu bentuk kita mencintai negara ini, karena sekarang sudah banyak sekali kebudayaan kita yang di ambil oleh bangsa asing karena kita tak pernah berusaha untuk melestarikannya, dan ketika kebudayaan kita sudah di ambil oleh bangsa lain kita baru berusaha untuk mengakuinya.

Masih sangat banyak rumah adat yang ada di Indonesia yang belum kami jelaskan, tetapi beberapa rumah adat tersebut yang telah kami informasikan, kami rasa sudah cukup untuk mewakili berbagai rumah adat yang ada di Negara kita Indonesia.

Maka dari itu sebagai masyarakat dan bangsa Indonesia, kita harus bangga dengan adat istiadat dan kebudayaan Negara ini, dan selalu berusah menjaga dan melestarikan kebudayaan dan adat istiadat yang saat ini kita miliki agar tidak di akui oleh bangsa asing.

Walaupun sekarang zaman telah berkembang pesat, semoga kita tetap mampu untuk menjaga dan melestarikan setiap kebudayaan kita telebih lagi rumah-rumah adat di Indonesia dan tetap berpegang teguh pada semboyan negara kita meskipun pengaruh dari luar negeri sangat banyak dan kuat dan banyak.

Penutup

Itulah yang informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda sekalian, semoga artikel tadi bisa menambah ilmu pengetahuan kita tentang macam-macam rumah adat yang ada di negara kita Indonesia, semoga bermanfaat!

Rumah Adat Indonesia

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: