TEKNIK DASAR BOLA VOLI: Pengertian, Service, Passing, Blocking, Smash Update 2019

Teknik Dasar Bola Voli – Assalamualaiku sahabat saling amanah, wahh berjumpa lagi dengan kami saling amanah yang menyajikan informasi yang menarik, aktual dan tentunya bermanfaat bagi kita semua tentang olahraga.

Sahabat saling amanah, sudah tidak diragukan lagi bahwa olahraga merupakan salah satu cabang yang sangat menarik untuk kita bahas. Mengapa semua orang tertarik untuk berolahraga ? Selain bermanfaat bagi tubuh, olahraga juga sangatlah mudah dan senang di lakukan, bahkan ditempat kerja saja kalian bisa melakukan olahraga.

Teknik Dasar Bola Voli

teknik dasar bola voli
teknik dasar bola voli

Akan tetapi tentunya olahraga yang kalian lakukan di tempat kerja tersebut hanyalah olahraga-olahraga yang hanya butuh ruangan kecil. Contohnya saja peregangan, kalian tidak bisa bermain sepakbola di tempat kalian kerja. Bisa-bisa kalian di hokum oleh atasan kalian.

Nah sahabat saling amanah, yang ingin kita bahas pada artikel kali ini ialah tentang olahraga bola voli. Bola voli merupakan olahraga beregu yang dimainkan oleh 2 tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain inti.

Dalam bermain voli kita tidak bisa sembarang asal main begitu saja, karena dalam permainan bola voli ini terdapat teknik-teknik dasar yang wajib kalian pelajari sebelum bermain voli.

Nah kalian jangan khawatir disini kami akan coba menjelaskan beberapa teknik dasar bola voli yang wajib kalian ketahui dan pelajari.

Teknik Dasar Bola Voli Gerakan Service

teknik dasar bola voli
teknik dasar bola voli

Permainan voli sudah kita ketahui bersama bahwa permainan akan dimulai dengan pukuklan service dari salah satu tim. Selain untuk mengawali pertandingan sevice juga digunakan pada saat mendapatkan poin dan terjadi pelanggaran.

Nah sahabat saling amanah service juga memiliki berbagai macam variasinya. Diantaranya ialah :

1. Teknik Dasar Bola Voli Service Bawah

Teknik service ini merupakan teknik yang sering digunakan oleh para pemula, karena teknik ini merupakan teknik yang paling mudah untuk dilakukan. Cara untuk melakukan teknik service bawah ialah.

  • Pegang bola dengan tangan yang terlemah, karena tangan terkuat akan digunakan untuk memukul.
  • Sedikit bungkukkan badan kalian untuk menambah kekuatan pada pukulan.
  • Ayunkan tangan terkuat untuk memukul bola dengan tangan yang mengepal.

2. Teknik Dasar Bola Voli Service Mengapung

Dikatakan melambung karena bola yang melambung tidak berputar dan terlihat mengapung atau mengambang di udara. Teknik mengapung ini dapat dilakukan dengan cara.

  • Posisikan kedua kaki sejajar dengan bahu.
  • Kemudian lempar bola melambung ke atas.
  • Dan pukul bola kearah daerah lawan.

3. Teknik Dasar Bola Voli Jumping Service

Jumping service adalah service yang tingkatannya paling sulit, dimana kita harus memukul bola sambil melompat. Ketepatan memukul dan kita melompat menjadi tolak ukur keberhasilannya dalam melakukan jumping service ini. Cara dalam melakukan jumping service adalah sebagai berikut:

  • Berdiri sedikit agak jauh dari garis belakang lapangan.
  • Pegang bola dengan kedua tangan.
  • Lambungkan bola keatas dengan perkiraan yang tepat.
  • Saat merasa tepat maka sedikit rendahkan badan untuk melompat setinggi-tingginya.
  • Pukul bola seperti melakukan smash dengan menekuk pergelangan tangan agar mendapatkan pukulan yang terbaik.

Variasi service ini tidak dapat dengan mudah kalian kuasai, harus latihan yang sungguh-sungguh agar dapat menguasai teknik service ini.

Teknik Dasar Bola Voli Passing

teknik dasar bola voli
teknik dasar bola voli

Teknik yang selanjutnya ialah passing. Teknik ini bisa digunakan untuk menahan serangan lawan atau juga untuk mengumpan kepada teman satu tim. Sama seperti service, passing juga dibagi menjadi berbagai macam variasi, berikut diantaranya.

1. Teknik Dasar Passing Atas

Teknik passing ini biasa dilakukan untuk mengumpan dari toser ke pemain yang akan melakukan smash, maka dari itu teknik passing ini sangat dibutuhkan. Cara-cara dalam melakukan passing atas ialah.

  • Bukalah kaki selebar bahu dan sedikit tekuk lutut.
  • Letakkan kedua tangan didepan dahi, dan kedua ibu jari dan telunjuk membentuk segitiga.
  • Saat bola datang terima bola dengan jari-jari tangan, dan rilekskan tangan saat menerima bola.
  • Dorong bola dengan cara menggerakkan pergelangan tangan kearah luar dan kemudian luruskan siku-siku kalian.
  • Gerakkan kaki agak sedikit menjijit.

2. Teknik Passing Bawah

Biasanya passing bawah ini dilakukan untuk menahan serangan dari lawan. Teknik ini teknik yang paling dasar dalam melakukan passing. Passing ini juga bisa menjadi jembatan bagi pemula untuk menjadi seorang professional.

Teknik dasar passing bawah juga dibagi menjadi dua yaitu passing bawah dengan satu tangan dan passing bawah dengan dua tangan. Biasanya passing bawah dengan satu tangan dilakukan saat bola sulit diraih.

Teknik Dasar Bola Voli Blocking

teknik dasar bola voli
teknik dasar bola voli

Teknik blocking ini haruslah dilakukan oleh orang yang mempunyai postur badan yang tinggi. Karena blocking ini dilakukan untuk menahan serangan dari smash lawan yang berbahaya.

Teknik ini sulit dilakukan, karena kalian harus memahami situasi lawan yang ingin melakukan smash atau melakukan tipuan. Cara untuk melakukan teknik blocking ini ialah antara lain.

  • Bersiap dan dekati net.
  • Tekuk lutut untuk bersiap melompat, posisikan tangan anda didepan dada.
  • Disaat yang tepat lompatlah sesuai dengan arah bola dan rapatkan tangan kalian agar kalian berhasil menahan smash dari lawan.
  • Untuk meminimalisir resiko, mendaratlah dengan kedua kaki yang agak mengeper.

Untuk menguasai teknik blocking ini, harus dengan kerja keras dan latihan yang rutin.

Inilah Teknik Dasar Bola Voli mulai dari teknik dasar Service, Passing, Blocking, Smash atau spike yang mudah dipelajari secara cepat.

Teknik Dasar Bola Voli Smash atau Spike

teknik dasar bola voli
teknik dasar bola voli

Teknik smash merupakan pukulan serangan memukul bola voli dengan kemiringan derajat sekecil mungkin dan kekuatan besar yang diarahkan kepada daerah permainan lawan. Pukulan smash ini ditujukan untuk mendapatkan tambahan perolehan angka.

Teknik ini tidak mudah untuk kita pelajari dan kuasai, karena dalam mempelajari teknik ini kalian harus memiliki insting kapan kalian harus melakukan pukulan smash dan kemana arah pukulan bola yang harus menjadi sasaran.

Dan saat kita akan melakukan smash, dari tim lawan pasti akan melakukan blocking. Maka dari itu kita harus mengetahui cara agar pukulan smash dari kita bisa melewati dan menembus blocking dari tim lawan.
Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk melakukan teknik smash atau spike dalam permainan bola voli.

1. Awalan

Yang dilakukan pertama kali dalam melakukan smash ialah awalan. Awalan yang baik akan menghasilkan smash atau spike yang maksimal. Atur jarak dari bola yang melambung, ambil langkah yang agak lebar dengan satu langkah diikuti kaki yang lainnya. Lalu ayunkan tangan tangan kedepan dengan kekuatan yang maksimal.

2. Loncatan

Lalu meloncatlah setinggi mungkin. Ketika meloncat pastikan tangan kalian terayun kedepan lalu keatas kemudian bersiap melakukan smash.

3. Pukulan

Lalu langkah selanjutnya pukul bola ke daerah lapangan lawan dengan sedikit polesan agar bola yang kita pukul dapat berputar dan turun menukik sehingga menyulitkan lawan.

4. Pendaratan

Langkah terakhir dalam smash ialah pendaratan. Untuk meminimalisir resiko mendaratlah dengan kedua kaki dengan sedikit mengeper.
Demikian sahabat saling amanah sedikit penjelasan kami mengenai teknik dasar bola voli yang wajib kalian pelajari apabila kalian ingin menjadi atlit bola voli. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan terimakasih sudah membaca artikel kami.

Teknik Dasar : Bola Voli, Basket, Sepak Bola, Lompat Jauh, Renang dan Bulu Tangkis Update 2019

Inilah Teknik Dasar Bola Voli mulai dari teknik dasar Service, Passing, Blocking, Smash atau spike yang mudah dipelajari secara cepat.

Teknik Dasar Bola Voli

Leave a Comment